Informasi cara cek nomor induk kepabeanan terbaru dan permasalahan kepabeanan bisa ditanyakan ke konsultan kepabeanan Alberth Limandau Alikin, S.H di nomor 081350882882. Pastinya setiap orang sudah mengetahui bahwa semua aktivitas yang dilakukannya memiliki aturan. Hal tersebut berkaitan pada mekanisme hukum yang berlaku dalam setiap negara. Dimana setiap negara pasti akan mempunyai regulasi hukum berbeda-beda.
Dalam melakukan aktivitas bisnis saat ini perusahaan dan masyarakat memiliki cakupan yang lebih luas. Bahkan saat ini setiap orang dapat melakukan hubungan perdagangan lintas negara secara internasional dengan banyak konsumen di luar negeri.
Dalam melaksanakan aktivitas bisnis internasional tersebut seseorang perlu mengetehui beberapa persyaraannya secara lengkap. Salah satunya adalah kelengkapan dokumen administrasi seperti nomor induk kepabeanan. Hal tersebut menjadi salah satu persyaratan penting, yang perlu Anda perhatikan.
Saat ini masih banyak masyarakat, yang belum mengenai nomor induk tersebut secara menyeluruh. Oleh sebab itu pastikan Anda menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini:
Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882
Apa Itu Nomor Induk Kepabeanan?
Dalam melaksanakan aktivitas perdagangan internasional pastinya ada beberapa hal penting, yang perlu Anda perhatikan. Informasi tersebut perlu Anda ketahui terutama perusahaan, yang secara aktif melakukan perdagangan lintas negara.
Selain itu dalam pelaksanaan kegiata tersebut pastinya membutuhkan proses administrasi secara teratur dan tertata. Hal ini menjadi salah satu cara terbaik dalam melakukan identifikasi administrasi bisnis yang ada.
Dalam hal ini penting bagi Anda untuk mengetahui adanya nomor induk kepabeanan, yang mempunyai peran penting di dalamnya. Meski demikian saat ini masih banyak sekali perusahaan, yang belum familiar pada dokumen tersebut.
Nomor Induk Kepabeanan adalah sebuah dokumen penting, yang menjadi bukti identitas dan bersifat pribadi. Nomor tersebut nantinya akan diberikan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai khusus kepada pengguna jasa, yang sudah melaksanakan registrasi kepabeanan.
Baca Juga : Konsultan Kepabeanan 081350882882, Hubungi Sekarang Juga!
Adanya nomor identitas tersebut nantinya akan berfungsi dalam mengakses sekaligus berhubungan pada sistem kepabeanan. Dimana sistem tersebut nantinya akan menggunakan teknologi informasi dan secara manual.
Sehingga dari sini bisa Anda simpulkan pengertian Nomor Induk Kepabeanan sebagai nomor identitas bagi pelaku usaha, yang sering menggunakan layanan dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Dimaan pihaknya nanti sebagai pelaku usaha akan terbiasa melakukan aktivitas bisnis lintas negara, seperti ekspor, impor serta berbagai aktivitas lainnya.
Tentunya aktivitas impor dan ekspor akan selalu berkaitan pada aspek kepabeanan. Sehingga adanya NIK tersebut akan memudahkan dalam proses administrasi pelaku usaha.
Untuk mendapatkan nomor induk kepabeanan tersebut Anda harus melaksanakan registrasi terlebih dahulu. Hal tersebut menjadi salah satu aktivitas wajib, yang harus dilakukan pengguna jasa dari layanan DJBC.
Registrasi tersebut bertujuan dalam membantu pengguna jasa, untuk mendapatkan NIK. Tentuny NIK ini akan bersifatr pribadi, yang secara langsung terintegrasi dengan sistem dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.
Sesuai dengan penjelasan tersebut maka Anda juga dapat menyimpulkan bahwa registrasi tersebut menjadi salah satu kewajiban, yang harus dilakukan oleh pemakai jasa dari kepabeanan. Hal tersebut berlaku untuk beberapa pihak, seperti:
- Eksportir
- Importir
- Pengusaha pengurusan dari jasa kepabeanan atau PPJK
- Pengangkut
Adanya aturan mengenai registrais tersebut akan memberikan kesempatan pada semua pihak, untuk melaksanakan kegiatan kepabeanan. Namun meskipun bersifat wajib nantinya ada beberapa pengecualian bagi beberapa pihak, untuk tidak melaksanakan registrais kepabeanan. Pengecualian tersebut berlaku bagi importif yang melakukan aktivitas berkaitan pada:
- Kegiatan distribusi barang perwakilan dari negara asing beserta pejabatnya yang ada di Indonesia.
- Barang yang nantinya digunakan bagi keperluan badan internasional serta pejabatnya yang tengah bertugas di Indonesia.
- Barang pribadi miliki awak sarana pengangkut, penumpang serta pelintas batas serta barang kiriman.
- Barang pindahan.
- Barang hibah atau hadiah, yang digunakan untuk keperluan ibadah, sosial, amal, kebudayaan serta demi kepentingan penanggulangan bencana alam lainnya.
- Barang yang digunakan untuk berbagai kebutuhan pemerintah daerah dan pusat, yang ditujukan bagi kepentingan umum.
- Barang yang memperoleh persetujuan impor tanpa perlu API.
Sementara itu pengecualiannya juga berlaku bagi eksportif, yang melaksanakan kewajiban registrasi kepabeanan. Hal tersebut akan diberlkaukan bagi beberapa kegiatan eksportir, yang berkaitan pada:
- Barang kiriman
- Barang pindahan
- Barang badan internasional atau perwakilan negara asing
- Barang yang dipakai untuk kebutuhan ibadah, pendidikan, sosial, kebudayaan dan olahraga
- Barang cindera mata
- Barang contoh
- Ekspor yang dilaksanakan dari perorangan, yang tidak bertujuan sebagai barang dagang
- Untuk kebutuhan penelitian
Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882
Cara Cek Nomor Induk Kepabeanan
Dalam melaksanakan berbagai aktivitas impor tentunya ada salah satu aspek penting, yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah mengenai dokumen administrasi seperti NIK atau Nomor Induk Kepabeanan.
Di Indonesia sendiri aktivitas impor dapat dilakukan oleh perusahaan, yang sudah menjadi bagian dari pendataan sistem administrasi kepabeanan. Mengingat impor juga menjadi salah satu bagian penting, yang berperan dalam membantu peningkatan perekonomian negara.
Sementara itu agar Anda bisa menjalankan rangkaian aktivitas impor secara sah, maka perlu memahami berbagai prosedur dalam pengruusan izin impor barang. Hal ini merupakan salah satu persyaratan penting, yang erat kaitannya pada legalitas barang impor tersebut.
Baca Juga : Cara Bayar Bea Cukai Terbaru untuk Pemula
Sementara itu NIK menjadi salah satu bagian dari kebutuhan administrasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, yang melibatkan rangkaian dokumen penting lainnya. Untuk mengurus NIK tersebut ada beberapa dokumen, yang perlu Anda lengkapi, yaitu:
1. Akte perusahaan sekaligus SK kehakiman, yang secara langsung mengonfirmasi legalitas perusahaan.
2. Domisili perushaaan yang dapat dipakai sebagai bukti Alamat dan keterangan domisili perusahaan.
3. NPWP perusahaan.
4. SKT atau Surat Keterangan Tanda Terdaftar beserta NPWP, yang perlu disediakan sebagai bukti perusahaan telah terdaftar secara resmi.
5. SPPKP yang merupakan dokumen berupa Surat Pemberitahuan Pajak Kendaraan Bermotor.
6. Tanda Daftar Perusahaan sebagai dokumen administrasi yang wajib diajukan.
7. API yang perlu dilegalisir jika perusahaan tergabung dalam aktivitas impor.
8. Izin prinsip/SIUP/IUT dari perusahaan PMK yang melaksanakan penanaman modal asing.
9. NPWP dan KTP dari anggota direksi perusahaan, yang perlu diserahkan menjadi bagian persyaratan.
10. Melampirkan KTP dan NPWP kuasa jika perusahaan menggunakan perwakilan dalam pengurusan.
11. Rekening korang dari perusahaan, yang menjadi tanda bukti adanya transaksi kuangan.
12. Memberikan informasi secara lengkap mengenai barang impor dan ekspor.
13. Menyertakan HS yang sesuai sebagai kebutuhan pengecekan nomor induk kepabeanan.
14. Melampirkan dokumen keuangan lain, seperti:
- Neraca
- Laporan rugi laba
- Laporan keuangan lainnya
Selanjutnya perlu Anda ketahui juga bahwa cara pengecekan NIK ini sama dengan proses pengecekan NIK atau Nomo Induk Berusaha. NIB tentunya menjadi salah satu media yang lebih mudah bagi para pengusaha untuk melakukan berbagai aktivitas.
NIB tersebut menjadi salah satu pengganti dari Sertifikat Registrasi Perusahaan serta Nomor Identifikasi Importir sebagai izin impor. Dalam hal ini NIB juga menjadi pengganti dari NIK atau Nomor Induk Kepabeanan.
Tentunya untuk mengecek NIB perusahaan tersebut sudah bisa Anda lakukan secara mudah. hal ini perlu Anda lakukan agar bisa memastikan legalitas perusahaan, yang dapat dilakukan oleh siapa sama. Untuk lebih jelasnya silahkan melihat informasinya disini:
- Pertama silahkan buka situs nswi.bkpm.go.id.
- Lanjutkan dengan klik menu tracking.
- Kemudian masukkan kembali nomor NIB perusahaan yang ingin dicek legalitasnya.
- Jika sudah selanjutnya status perusahaan akan muncul jika nomor NIB tersebut sesuai.
Sementara itu Anda juga bisa menggunakan alternatif lainnya, untuk melakukan pengecekan nomor NIB tersebut. Anda dapat mengeceknya pada situs INSW dan masukkan NIB perusahaan. Selanjutnya klik opsi pengecekan dan status perusahaan akan langsung muncul.
Contoh
Tentunya hadirnya NIK bagi para pengusaha akan mempunyai banyak sekali peran penting, yang dapat Anda perhatkan. Dalam hal ini NIK tersebut mempunyai beberapa fungsi penting yang bisa Anda ketahui. Dalam konteks perdagangan internasional berikut beberapa fungsi penting NIK tersebut, yaitu:
1. Identifikasi Pelaku Usaha
Nantinya NIK dapat digunakan sebagai salah satu alat, untuk melakukan identifikasi pelaku usaha. Khususnya bagi pengusaha yang melaksanakan kegiatan kepabeanan, baik importir, eksportif atau agen pabean lainnya.
Adanya NIK tersebut akan memudahkan pihak berwenang dalam melacak aktivitas perdagangan. Sehingga nantinya proses administrasi kepabeanan Anda juga dapat berjalan secara mudah.
2. Memantau Transaksi Dagang
Berikutnya NIK ini juga memiliki peran penting dalam memantau terjadinya transaksi perdagngan internasional. Sehingga hadirnya NIK tersebut akan memudahkan proses pengendalian arus barang masuk dan keluar dari suatu negara. Sehingga hal ini juga akan meningkatkan kepatuhan perusahaan terhadap regulasi kepabeanan yang ada.
3. Pengaturan Tarif
Perlu Anda ketahui juga bahwa kepemilikan NIK tersebut menjadi salah satu aspek penting, yang berperan dalam pengaturan tarif dan BEA. Hal ini nantinya akan dipakai oleh pemerintah dalam penentuan tarif impor ekspor bagi para pelaku usaha.
4. Bukti Legalitas
Aspek penting lainnya adlaah Nomor Induk Kepabeanan ini akan berperan sebagai bukti legalitas barang impor atau ekspor. Sehingga adanya Nomor Induk Kepabeanan akan membantu pihak berwenang dalam mengetahui legalitas barang tersebut secara mudah. tentunya hal ini akan membantu menghindari etrjadinya penyelundupan barang secara illegal.
5. Memudahkan Administrasi
Dalam melakukan berbagai aktivitas tentu tidak akan terlepas dari kegiatan admiinistrasi. Tentunya hal tersebut juga berlaku dalam proses transaksi perdagangan internasional. Sehingga adanya Nomor Induk Kepabeanan tersebut akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai kegiatan administrasi secara lancar.
Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882
Sementara itu sebagai pengusaha Anda juga harus bisa mengetahui contoh Nomor Induk Kepabeanan yang sudah dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Dalam kaitannya pada contoh Nomor Induk Kepabeanan tersebut nantinya akan hadir dalam bentuk surat, yang menyatakan pemberian Nomor Induk Kepabeanan kepadA perusahaan tertentu.
Nomor Induk Kepabeanan nantinya dapat Anda gunakan dalam berbagai akses kepabeanan, yang tentunya hanya berlaku bagi perusahaan tercantum. Didalamnya juga ada informasi mengenai Alamat, nomor teleport, nama statusnya sebagai importir atau eksporti serta nomor perijinan tersebut.
Sementara itu dalam surat Nomor Induk Kepabeanan tersebut juga mencantumkan beberapa informasi, sepetri:
1. Nama perusahaan
2. NPWP perusahaan
3. Alamat perusahaan
4. Nomor telepon atau faksimili
5. Pimpinan atau penanggung
6. Status sebagai pengguna jasa
7. Dokumen perizinan, yang mencantumkan beberapa nomor identitas, seperti:
- API
- NP PPJK
- SIUP
- SIUPAL
8. Tanda tangan kepabeanan
Dalam kaitannya pada dokumen tersebut nantinya aka nada catatan menggenai penggunaan NIK. Disini NIK tersebut hanya bisa dipakai dalam kebutuhan akses kepabeanan yang bersifat pribadi.
Sementara itu penggunaan NIK oleh pihak lain akan memberikan risiko serta tanggung jawab dari pemilik NIK. Terakhir adanya penerbitan NIK tersebut maka nama pengguna jasa, yang sebelumnya pernah diterbitkan akan dicabut dan tidak berlaku kembali.
Tips Memilih Jasa Konsultan Kepabeanan
Konsultan kepabeanan menjadi salah satu layanan penting, yang dapat Anda gunakan. Tentunya jasa kepabeanan tersebut akan memudahkan dalam berbagai pengurusan dokumen penting, yang erat kaitannya pada proses administrasi perdagangan internasional.
Di era globalisasi seperti saat ini perdagangan internasional menjadi salah satu hal lumrah. Namun penting bagi Anda untuk memperhatikan bagaimana pelaksanaan mekanisme kepabeanan secara benar. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam menjalankan berbagai kebutuhan kepabeanan.
Tentunya menjalankan aktivitas kepabeanan tersebut akan jauh lebih mudah jika Anda memakai jasa kepabeanan. Pihaknya adalah tenaga profesional dalam kebapeanan dan cukai. Sehingga pihaknya akan membantu Anda dalam semua pengurusan administrasi kepabeanan secara mudah.
Baca Juga : Cara Mengatasi Penipuan Bea Cukai yang Benar
Pastinya dalam menggunakan jasa tersebut penting bagi Anda, untuk mendapatkan tenaga terbaik dan terpercaya. Salah satu caranya dapat Anda lakukan dengan memperhatikan tips pemilihannya di bawah ini:
1. Pengalaman
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam pemilihan konsultan kepabeanan adalah dari pengalamannya. Pengalaman menjadi salah satu aspek penting, yang mempengaruhi kualitas dan kualfiikasi tenaga jasa tersebut.
Semakin baik pengalaman yang dimiliki oleh konsultan kepabeanan, maka memberikan lebih banyak keuntungan bagi Anda. Tentunya konsultan kepabeanan yang berpengalaman akan membantu Anda dalam menyelesaikan semua urusan secara mudah dan lancar.
2. Legalitas
Selanjutnya jangan lupa untuk memperhatikan legalitas jasa, yang dimiliki oleh konsultan kepabeanan tersebut. Hal ini menjadi salah satu langkah penting, yang membantu dalam proses pemilihan jasa secara tepat.
Jasa yang memiliki legalitas terpercaya akan memberikan jaminan kualitas layanan secara baik. Sehingga nantinya Anda dapat dengan mudah menjalankan berbagai kebutuhan kepabeanan secara lancar. Sementara itu jasa konsultan kepabeanan yang memiliki legalitas juga terbukti secara resmi oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.
3. Paham pada Industri
Sementara itu dalam pemilihan jasa konsultan kepabeanan juga harus mempertimbangkan pemahamannya dalam industry tersebut. Hal ini menjadi salah satu aspek penting, yang harus Anda perhatikan. Mengingat salah satu syarat bagi seseorang, yang ingin menjadi konsultan kepabeanan adalah memiliki pengalaman minimal 1 tahun dalam ruang lingkup kepabeanan.
4. Track Record
Terakhir jangan lupa untuk memastikan track recordnya sebagai penyedia jasa kepabeanan. Usahakan menggunakan jasa kepabeanan, yang mempunyai track record baik dan tidak pernah terkenak sanksi pidana dalam ruang lingkup kepabeanan.
Informasi Kontak Jasa Konsultasi Pajak Online
ALBERTH LIMANDAU ALIKIN, S.H.
NIA : 01. 002683
SK Pengangkatan : 11.2682/SKEP-ADV/PPKHI/VIII/2022
Email : alberthmandau@gmail.com
Whatsapp : 081350882882
Facebook : https://web.facebook.com/alberth.alikin
Instagram : https://www.instagram.com/alberthmandau
Office : Jl. Ngagel Tirto II No. 44 Surabaya
Kesimpulan
Melihat penjelasan diatas Anda tentunya dapat mengetahui beberapa informasi terbaru. Hal tersebut erat kaitannya pada aktivitas perdagangan internasional, yang melibatkan hubungan bisnis dengan negara lainnya.
Berdasarkan informasi diatas Anda juga dapat menyimpulkan bahwa Nomor Induk Kepabeanan merupakan salah satu dokumen penting, yang menjadi kode identifikasi ketika melakukan perdagangan internasional.
Sesuai informasi tersebut maka dapat dikatakan bahwa keberadaan Nomor Induk Kepabeanan termasuk salah satu komponen penting, yang harus ada ketika melakukan perdagangan internasional.
Keberadaan Nomor Induk Kepabeanan tersebut akan membantu pengusaha dalam melakukan identifikasi serta pelacakan perdagangan secara mudah. maka dari itu bagi Anda yang ingin melaksanakan transaksi lintas negara pastikan untuk mempunyai dokumen tersebut secara baik.
Saat ini Anda juga dapat mengurus dan mempersiapkan semua kebutuhan kepabeanan secara mudah. salah satu caranya dengan menggunakan jasa konsultan kepabeanan, yang disediakan oleh Proconsult.id. hadirnya layanan perpajakan tersebut nantinya akan memudahkan Anda dalam menjanlankan berbagai aktivitas secara mudah.
Sementara itu penggunaan jasa konsultan kepabeanan tentunya juga memberikan lebih banyak kemudahan bagi Anda. Maka dari itu pastikan untuk mempercayakan semua urusan kepabeanan tersebut bersama Proconsult.id sekarang juga!