Ada beberapa cara mengurus NPWP hilang yang penting diketahui. Sebagai wajib pajak pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah NPWP. Hal ini menjadi salah satu dokumen sangat penting, yang perlu dimiliki oleh semua wajib pajak. sehingga sudah pasti semua wajib pajak akan memahaminya secara baik.
Meski demikian masih banyak wajib pajak, yang kurang memahami fungsi serta betapa pentingnya NPWP tersebut. Padahal sebagai wajib pajak hal ini harusnya sudah menjadi pengetahuan di luar kepala. Mengingat ada banyaknya peran penting NPWP dalam berbagai proses perpajakan.
Dalam setiap pelaksanaan aktivitas pajak baik pelaporan, pembayaran maupun perhitungan pasti Anda membutuhkan NPWP. Sementara itu diluar ruang lingkup perpajakan NPWP juga memegang banyak peran penting.
Namun sebelum membaahas lebih jauh terkait fungsi maupun cara mengurus NPWP hilang, silahkan mengetahui definisinya lebih dulu. Berikut adalah penjelasan lengkapnya untuk Anda.
Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882
Apa Itu NPWP
Dalam ruang lingkup pajak pastinya Anda sudah tidak asing dengan istilah NPWP. Setidaknya anda juga pasti sudah pernah mendengar terkait istilah NPWP tersebut. mengingat NPWP dalam bidang perpajakan sangat penting dan banyak digunakan oleh wajib pajak dalam berbagai kegiatan.
NPWP adalah kependekan dari Nomor Pokok Wajib Pajak, yang diberikan kepada wajib pajak badan maupun perorangan. Hal ini akan digunakan sebagai nomor identitas, yang menunjukkan status dari badan atau perorangan tersebut sebagai wajib pajak.
Sehingga bisa disimpulkan pengertian NPWP adalah nomor identitas, yang menjadi tanda bahwa pihak tersebut memiliki kewajiban pembayaran pajak. umumnya orang yang memiliki NPWP memang memiliki kewajiban pembayaran pajak.
Meski demikian ada juga beberapa wajib pajak memiliki NPWP namun tidak memiliki kewajiban pembayaran pajak. seperti NPWP dengan status NE atau Non Efektif. Serta wajib pajak pemegang NPWP, yang memiliki penghasilan di bawah batas pengenaan pajak.
Umumnya NPWP tersebut akan menjadi sebuah alat untuk pemenuhan administrasi perpajakan. Hal ini juga merupakan sebuah tanda pengenal, yang dimiliki wajib pajak sebagai alat untuk menjaga ketertiban dalam bidang perpajakan.
Secara langsung baik wajib pajak peorangan atau badan, yang memiliki NPWP harus melaksankaan hak serta kewajibannya dalam bidang perpajakan. Mengingat ada banyak sekali fungsi NPWP, yang nantinya bisa Anda ketahui dalam penjelasan di bawah.
Baca Juga : Cara Mengecek NPWP Perusahaan Terbaru
Perlu Anda ketahui juga bahwa saat ini semua dokumen pajak akan senantiasa berkaitan dengan NPWP. Sehingga penting bagi Anda untuk menjaga ataupun memastikan NPWP dalam kondisi baik.
Umumnya setiap wajib pajak akan diberikan satu NPWP saja. Hal ini berlaku baik wajib pajak badan atau perorangan pihaknya hanya diberikan 1 NPWP saja. Sementara itu NPWP akan memiliki 15 digit angka yang memiliki definisinya sendiri.
Pada 9 digit angka pertama ini akan menunjukkan informasi kode yang dimiliki wajib pajak. sedangkan untuk 6 digit terakhir adalah penunjuk dari kode administrasi. Selain itu untuk struktur NPWP yang lebih rinci dan penjelasannya bisa Anda ketahui di bawah ini:
1. Dua digit pertama (XX) hal ini menunjukkan nomor identitas dari wajib pajak.
Contohnya: 01 – 03 bagi wajib pajak badan, sementara untuk kode 04 – 06 adalah WP bagi pengusaha
2. Enam digit setelahnya (YYYYYY) sebagai penunjuk nomor registrasi maupun nomor urut KPP, yang diperoleh dari kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak.
3. Satu digit lainnya (Z) merupakan kode pengaman, yang memberikan perlindungan kepada data wajib pajak. Selain itu satu digit tersebut juga berperan sebagai kode pengaman dan menghindari terjadinya pemalsuan maupun kesalahan NPWP.
4. Tiga digit selanjutnya (XXX) menjadi kode KPP dimana Anda terdaftar.
5. Tiga digit terakhir (YYY) adalah status yang dimiliki oleh wajib pajak. baik tunggal, pusat maupun cabang.
Contoh : kode 000 digunakan sebagai status WP pusat atau tunggal, sementara untuk kode 001, 002 dan seterusnya dipakai untuk status wajib pajak cabang.
Fungsi NPWP
NPWP dalam bidang perpajakan memegang peranan yang sangat penting bagi wajib pajak. namun di luar perpajakan juga ada banyak sekali fungsi, yang dimiliki oleh NPWP dan pastinya perlu anda ketahui.
Umumnya dari penjelasan sebelumnya Anda sudah mengetahui bahwa NPWP ini merupakan dokumen penting. Namun sayangnya tidak semua wajib pajak memahami peran serta fungsi tersebut secara baik. Bahkan masih banyak sekali masyarakat, yang belum membuat dan mendaftarkan dirinya untuk memperoleh NPWP.
Umumnya NPWP ini mempunyai banyak sekali fungsi penting yang dapat Anda ketahui. Berikut adalah beberapa fungsi penting dari NPWP, yaitu:
1. Syarat Administrasi
Fungsi penting pertama dari NPWP adalah sebagai salah satu persyaratan administrasi dalam bidang perpajakan. Pasalnya dengan kepemilikan NPWP Anda bisa melaksankaan semua aktivitas pajak secara lebih mudah.
Bukan hanya itu saja, namun kemudahan dalam aspek administrasi ini juga berlaku di luar ruang lingkup perpajakan. Umumnya Anda bisa menggunakan NPWP sebagai salah satu syarat penting, untuk memudahkan pengurusan administrasi perbankan.
Saat ini beberapa instansi perbankan mewajibkan nasabahnya memasukkan nomor identitas NPWP. Hal tersebut menjadi salah satu syarat dokumen penting, yang mendukung pengurusan administrasi perbankan.
Salah satu contohnya adalah kekebutuhan pembukaan kredit bank, rekening efek, rekening dana nasabah atau RDN dan rekening bank. Sementara itu beberapa kebutuhan lain yang memerlukan nomor NPWP adalah pembuatan SIUP serta paspor.
2. Memudahkan Pengurusan Pajak
Fungsi berikutnya ini sangat erat kaitannya dengan bidang perpajakan. Dimana manfaat tersebut akan berhubungan langsung dengan aktivitas pajak wajib pajak, baik perorangan maupun perusahaan. Dimana NPWP akan memudahkan proses pengurusan berbagai administrasi pajak.
Ketika Anda tidak mempunyai NPWP, maka WP tida diperkenankan membuat beberapa dokumen. Beberapa contoh dokumen yang membutuhkan NPWP adalah:
- Pengurusan restitusi pajak.
- Pengajuan pengurangan pembayaran pajak.
- Melihat jumlah pajak wajib pajak.
- Dll.
Tentunya kepemilikan NPWP akan menghindarkan wajib dari pengenaan sanksi hukum. Sehingga nantinya setiap wajib pajak yang mempunyai NPWP bisa melaksanakan semua aktivitas pajak secara baik.
Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882
3. Kode Unik
NPWP ini pada penjelasan diatas sudah disebutkan bahwa memiliki rangkaian digit kode, yang berbeda antara wajib pajak satu dengan lainnya. Hal tersebut menjelaskan fungsi NPWP sebagai kode unik, yang memudahkan proses pengurusan pajak.
Umumnya kode unik dari NPWP tersebut akan membuat data pajak setiap wajib pajak tidak tertukar. Sehingga NPWP juga berpengaruh dalam keamanan setiap aktivitas perpajakan wajib pajak.
4. Meringankan Beban Pajak
Manfaat berikutnya adalah sebagai alat untuk meringankan beban perpajakan. Hal ini sangat jelas terlihat ketika wajib pajak dengan kepemilikan NPWP membayar pajak dibandingkan WP tanpa NPWP.
Bagi dua pihak ini akan mempunyai perbedaan tarif yang cukup signifikan. Dimana untuk jenis PPh pasal 21 tidak punya NPWP bisa dikenakan tarif senilai 20% lebih besar dari wajib pajak, yang sudah mempunyai NPWP.
Cara Membuat NPWP
Melihat dari banyaknya fungsi NPWP bagi wajib pajak tentu menunjukkan pentingnya Anda mempunyai dokumen tersebut sekarang juga. Sementara itu dari sini juga dapat diketahui bahwa fungsi pajak tidak hanya bisa Anda peroleh dalam ruang lingkup pajak.
Ada banyak fungsi lain yang dapat Anda dapatkan dari NPWP diluar konteks perpajakan. Sehingga bagi Anda yang belum mempunyai NPWP silahkan membuatnya terlebih dahulu.
Dalam hal ini proses pembuatan NPWP bisa dilakukan secara online maupun offline. Tentunya Anda bisa memilih metode pembuatan NPWP sesuai keinginan dengan menyesuaikan kesibukan masing-masing. Berikut panduan pembuatan secara online dan offline:
Baca Juga : Penyebab NPWP Non Efektif yang Wajib Diketahui
1. Pembuatan Offline
- Pertama silahkan datang langsung ke KPP terdekat dari domisili Anda dengan membawa berkas persyaratan. Disini semua berkas perlu Anda fotokopi dan dilengkapi formulir pendafataran, yang Anda dapatkan dari petugas KPP.
- Isi formulir pendaftaran NPWP dengan data-data yang sesuai dan benar.
- Jangan lupa membubuhkan tanda tangan di bagian bawah surat formulir.
- Jika Anda memiliki alamat domisili berbeda dengan KTP, maka perlu disiapkan juga surat keterangan tinggal, yang diperoleh dari kelurahan Anda berdomisili.
- Berikutnya serahkan semua berkas kepada petugas pendaftaran setelah nomor antrian Anda dipanggil.
- Disini Anda akan ditanyai keperluan pembuatan NPWP oleh petugas berwenang.
- Proses pembuatan NPWP hanya membutuhkan waktu sebentar dan Anda bisa memperoleh tanda terima, yang menunjukkan penyelesaian pendaftaran Anda.
- Hanya dalam waktu 1 hari Anda sudah bisa memperoleh NPWP, yang dikirimkan ke alamat rumah lewat pos. Untuk pembuatan NPWP gratis.
2. Pembuatan Online
- Pertama silahkan mengunjungi website https://ereg.pajak.go.id/daftar.
- Lalu silahkan melakukan pendaftaran dengan klik menu “Daftar”.
- Disini Anda perlu mengisi semua data pendaftaran pengguna secara benar, seperti nama, email, password, alamat dan lainnya.
- Berikutnya lakukan aktivitas akun melalui tautan, yang dikirimkan melalui email.
- Lanjutkan menyelesaikan proses pendaftaran dengan mengisi formulir di sistem e-registration. Anda hanya perlu memasukkan email atau password ke akun untuk aktivasi.
- Jika sudah login disini Anda akan lansgung menuju laman registrasi data dari wajib pajak.
- Silahkan mengisi semua formulir secara benar dan mengikuti keseluruhan tahapan secara benar.
- Kirim formulir pendaftaran jika Anda sudah selesai mengisi dan memastikan datanya benar.
- Jika sudah silahkan klik opsi “Cetak”.
- Jika sudah mencetaknya pastikan Anda membubuhkan tanda tangan sebelum mengirimkannya kepada KPP melalui pos.
- Namun saat ini Anda juga bisa langsung memindainya dan mengirim dalam bentuk softfile lewat apk e-registration.
- Cek status secara berkala dan tunggu kartu NPWP dikirim kealamat Anda.
Cara Mengurus NPWP Hilang
NPWP merupakan sebuah dokumen penting yang perlu diperhatikan secara baik penyimpannnya. Namun sebagai manusia memang tidak pernah luput dari kesalahan. Hal ini membuat beberapa wajib pajak sering mengalami kendala NPWP hilang atau rusak.
Jika mengalami kendala tersebut maka sebagai wajib pajak Anda perlu melakukan pengurusan lebih dulu. Lantas bagaimana cara mengurus NPWP hilang? Berikut penjelasan cara mengurus NPWP hilang secara lengkap:
1. Cara Mengurus NPWP Hilang Secara Online
Pertama Anda bisa melakukan cara mengurus NPWP hilang secara online dengan mengunjungi laman DJP online. Namun sebelum itu pastikan Anda sudah mempunyai akun di situs DJP online tersebut. Sedangkan untuk panduan cara mengurus NPWP hilang adalah sebagai berikut:
- Silahkan kunjungi laman pajak.go.id dan login ke akun Anda.
- Jika Anda tidak hafal NPWP silahkan login memakai nomor NIK KTP.
- Berikutnya klik opsi “Informasi”.
- Jika sudah akan muncul informasi terkait NPWP elektrobik Anda dan klik pilihan “kirim e-mail”.
- Beirkutnya Anda bisa mengakses NPWP tersebut melalui pesan yang ada di email masing-masing.
Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882
2. Secara Offline
Metode berikutnya adalah cara mengurus NPWP hilang secara offline dengan mengujungi KPP tempat Anda terdaftar. Hal tersebut bisa menjadi salah satu metode terbaik dan mudah jika Anda mengalami kesulitan dalam melakukan cara mengurus NPWP hilang secara online.
Untuk itu dalam prosesnya Anda hanya perlu membawa beberapa keperluan dokumen, yaitu:
- FCP surat kehilangan yang didapatkan dari kepolisian.
- FCP KTP maupun kartu keluarga.
- FCP NPWP jika Anda memilikinya.
Jika sudah melengkapi semua persyaratan ini Anda bisa langsung menuju KPP untuk mengurus kehilangan. Berikut tahapannya secara lengkap:
- Silahkan mengisi formulir permohonan untuk pencetakan ulang NPWP lengkap dengan materai Rp. 10.000. untuk formulir ini bisa Anda dapatkan di kantor pajak.
- Berikutnya ambil nomor antrian untuk pencetakan NPWP.
- Sampaikan kepada petugas tentang keperluan kedatangan Anda.
- Pastikan dulu identitas yang tercetak sudah benar sesuai dengan data yang ada.
Tips Memilih Konsultan Pajak
Sebenarnya proses pembuatan NPWP ini bisa dilakukan secara mudah oleh wajib pajak. baik secara online maupun offline. Namun sayangnya masyarakat kita saat ini memiliki kesibukan pekerjaan yang cukup padat. Sehingga bisa jadi tidak sempat melakukan pengurusan secara mandiri.
Baca Juga : Cek Tagihan NPWP Terbaru, Berikut Caranya!
Untuk menjawab permasalahan ini Anda bisa menggunakan jasa konsultan pajak. Pihaknya merupakan tenaga ahli dalam bidang perpajakan, yang memberikan banyak kemudahan bagi wajib pajak. sehingga Anda dapat menyerahkan semua proses perpajakan kepada jasa konsultan pajak tersebut.
Tentunya kehadiran jasa konsultan pajak sudah banyak digunakan oleh wajib pajak di Indonesia. Bahkan layanan ini menjadi salah satu solusi terbaik bagi semua wajib pajak. Namun sebelum itu pastikan Anda menggunakan jasa konsultan pajak dengan menerapkan tips berikut:
- Melihat izin praktik.
- Mengetahui sertifikat konsultan pajaknya.
- Memastikan biaya layanan sesuai dengan anggaran.
- Melihat track record konsultan pajak sebelum memilih.
- Memastikan kepuasan pelanggan melalui review maupun kenalan.
- Memastikan jasa konsultan pajak tersebut dapat dipercaya, profesional dan bertanggung jawab.
Itulah tadi beberapa tips dalam memilih konsultan pajak, yang perlu Anda terapkan. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan layanan terbaik sesuai kebutuhan. Selain itu menerapkan tipsnya juga membantu Anda dalam memilih tenaga jasa secara tepat.
Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882
Kesimpulan
Itulah cara mengurus NPWP hilang yang bisa dicoba. Jika melihat penjelasan diatas, maka Anda bisa mengetahui bahwa NPWP merupakan Nomor Pokok Wajib Pajak. Hal tersebut bisa berupa nomor identitas, yang menunjukkan status individu atau badan sebagai wajib pajak.
Adanya NPWP tentu sangat penting karena nomor tersebut merupakan kode unik, yang berfungsi sebagai identifikasi antara wajib pajak satu dengan lainnya. Maka dari itu jika NPWP Anda hilang maka wajib mengurus sesuai regulasi yang tepat.
Pengurusan NPWP hilang pastinya cukup mudah jika Anda mengetahui cara-caranya. namun jika Anda memiliki kesibukan yang tidak bisa ditinggal, maka silahkan memakai jasa konsultan pajak dari Proconsult.id. Jasa tersebut merupakan penyedia layanan perpajakan profesional, yang bisa Anda percaya dalam penyelesaian urusan perpajakan.
Sementara itu jasa konsultan pajak dari Proconsult.id juga memiliki pengetahuan serta keterampilan di bidang perpajakan. Semua jasan. Hal tersebut akan membantu Anda dalam menemukan tenaga terbaik, untuk menyelesaikan urusan perpajakan Anda.
Selain itu jasa kami juga terpercaya serta menyediakan banyak layanan sesuai kebutuhan client. Bahkan dari segi biaya kami menawarkan tarif terjangkau sehingga tidak memberatkan wajib pajak. Maka dari itu tunggu apalagi pastikan menggunakan jasa konsultan pajak terbaik dari Proconsult.id sekarang juga!