Jasa TP Doc Terbaik di Indonesia | Tips Memilih Jasa TP Doc

Pernahkah Anda mendengar jasa TP Doc? Bagi pelaku bisnis yang menjalankan perusahaan multinasional pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah penyedia jasa yang satu ini. Namun bagi yang masih baru pertama kali mendengarnya tentu jasa ini akan terdengar sedikit asing. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa menghubungi jasa konsultan pajak Jakarta atau DM instagram @alberthmandau.

Sebenarnya, jasa TP Doc merupakan suatu penyedia layanan yang bergerak di bidang perpajakan juga. Kehadiran jasa ini sangat berguna untuk membantu para wajib pajak dalam mengurus urusan transfer pricing yang mereka lakukan.  TP Doc sendiri adalah sebuah dokumen yang berhubungan dengan perpajakan atau lebih tepatnya Transfer Pricing yang disingkat menjadi TP.

Cari Jasa TP Doc? Hubungi Whatsapp : 081350882882

Sayangnya, masih cukup banyak pihak yang belum memahami penyedia jasa ini beserta fungsinya. Padahal dengan menggunakan jasanya, Anda sebagai wajib pajak bisa sangat terbantu. Untuk lebih lengkap dan jelasnya mari langsung saja membahas jasa TP Doc di bawah ini.

Apa Itu Jasa TP Doc?

Apa Itu Jasa TP Doc?

Sumber foto : Vietbiz.jp

Jasa TP doc adalah jasa pembuatan Transfer Pricing Document, sebuah berkas atau dokumen yang dibuat oleh pihak Wajib Pajak sebagai dasar dalam menerapkan Prinsip Kewajaran dan Kelaziman Usaha dalam Penentuan Harga Transfer yang dilakukan oleh Wajib Pajak itu sendiri. Jadi dapat dikatakan di sini, jasa TP doc merupakan orang yang membantu dalam membuat serta menerbitkan Transfer Pricing Document.

Transfer Pricing Document yang biasa disebut dengan TP Doc tersebut adalah sebuah dokumen penting khususnya bagi pemilik perusahaan multinasional. Perlu atau tidaknya TP Doc ini biasanya dilihat dari SPT Tahunan pada tahun pajak sebelumnya, apakah ada transaksi afiliasi atau tidak.

Secara umum jasa TP Doc sendiri memiliki tugas untuk memberikan masukan serta menyusun dan membuat dokumen transfer pricing document, serta memberikan masukan atau membantu penentuan strategi TP yang sesuai dan menguntungkan bagi Wajib Pajak atau klien.

Transfer Pricing Document sendiri ada beberapa jenis, mulai dari dokumen induk, dokumen lokal, dan laporan per Negara. Setiap jenis dokumen tersebut pun memiliki persyaratannya sendiri-sendiri, seperti berikut:

Baca Juga : Jasa Pendamping Pemeriksaan Pajak Pribadi | Tips Memilih

1. Dokumen Induk

Dokumen induk juga biasa disebut dengan master file dimana isinya memuat informasi tentang grup usaha dan beberapa hal penting lain seperti:

  • Struktur atau bagan kepemilikan daripada grup usaha atau masing-masing yurisdiksi anggota pada grup usaha terkait.
  • Kegiatan usaha apa saja yang dilakukan oleh grup usaha terkait.
  • Harta tidak berwujud yang menjadi milik grup usaha terkait.
  • Segala aktivitas keuangan serta pembiayaan dalam grup usaha tersebut.
  • Laporan keuangan konsolidasi entitas induk serta semua informasi perpajakan yang berhubungan dengan transaksi afiliasi.

Selain harus tahu isi dari dokumen induk atau master file untuk Transfer Pricing Document ada juga syarat-syarat yang perlu diperhatikan dalam membuat TP Doc Master File, antara lain:

  • Mempunyai transaksi barang berwujud dengan nilai lebih dari 50 miliar rupiah di tahun pajak sebelumnya.
  • Mempunyai transaksi afiliasi barang berwujud dengan nilai lebih dari 20 miliar rupiah pada tahun pajak sebelumnya.
  • Memiliki transaksi afiliasi baik itu jasa, bunga, dan barang tidak berwujud dengan nilai lebih dari 5 miliar rupiah pada tahun pajak sebelumnya.
  • Pihak afiliasi yang berada di Negara yang memiliki tariff pajak lebih rendah dari tariff yang tercantum pada pasal 17 UU Pajak Penghasilan.

2. Dokumen Lokal

Istilah lain dari dokumen yang satu ini adalah local file. Isi dari local file ini antara lain:

  • Identitas serta kegiatan usaha yang telah dilakukan Wajib Pajak terkait.
  • Informasi tentang semua transaksi afiliasi dan transaksi independen yang dilakukan oleh Wajib Pajak terkait.
  • Penerapan dari prinsip kewajaran dan kelaziman usaha atau Arm’s Length Principle.
  • Informasi seputar keuangan.
  • Kejadian dan semua fakta non keuangan yang memberikan pengaruh pada pembentukan harga atau tingkat laba.

Sementara untuk syarat dalam membuat dokumen lokal atau local file meliputi:

  • Memiliki transaksi barang berwujud dengan nilai lebih dari 50 miliar rupiah pada tahun pajak sebelumnya.
  • Mempunyai transaksi afiliasi barang berwujud dengan nilai lebih dari 20 miliar rupiah pada tahun pajak sebelumnya.
  • Ada transaksi afiliasi terkait jasa, bunga, serta barang tidak berwujud lebih dari 5miliar rupiah pada tahun pajak sebelumnya.
  • Pihak afiliasi berada di Negara yang memiliki tarif pajak lebih rendah dari tariff yang ada di dalam pasal 17 UU PPh.

3. Laporan per Negara

Dokumen ini juga dikenal sebagai CbCR yang merupakan singkatan dari Country by Country Report. Isi dalam transfer pricing dokumen yang satu ini antara lain:

  • Alokasi penghasilan, lalu ada juga pajak yang sudah dibayarkan, serta usaha per Negara dari seluruh anggota Grup Usaha baik yang di dalam negeri atau di luar. Usaha per Negara tersebut perlu mencantumkan nama negaranya, peredaran brutonya sebelum kena pajak, serta PPh atau Pajak Penghasilan yang sudah dibayar secara mandiri, pajak penghasilan terutang, modak, akumulasi laba yang ditahan, jumlah pegawai yang statusnya tetap, serta harta berwujud selain kas.
  • Mencakup juga daftar anggota Grup Usaha serta kegiatan dari usaha utama per Negara.

Sementara itu untuk syarat yang harus dipenuhi ketika membuat dokumen CbCR tersebut ada beberapa poin, yaitu:

  1. Mekanisme Pengarsipan Primer: merupakan entitas induk dari grup usaha yang ada di Indonesia, serta peredaran bruto konsolidasi pada tahun 2016 yang nilainya sudah lebih dari 11 triliun rupiah.
  2. Mekanisme Pengarsipan Sekunder: Wajib Pajak dalam negeri Indonesia yang menjadi anggota dari grup usaha yang induknya ada di luar negeri. Jika Negara entitas induk tidak memiliki peraturan yang mewajibkan CbCR maka WP dalam negeri Indonesia wajib membuat CbCR.

Selain itu jika Negara entitas induk tidak mempunyai perjanjian pertukaran laporan Negara dengan Indonesia maka WP dalam negeri juga wajib membuat CbCR. Negara entitas induk yang memiliki perjanjian laporan Negara dengan Indonesia dan laporan tersebut sulit didapatkan maka WP dalam negeri Indonesia juga harus membuat CbCR.

Cari Jasa TP Doc? Hubungi Whatsapp : 081350882882

Jasa TP Doc tentu sudah sangat memahami semua hal terkait syarat dan isi dari setiap jenis dokumen Transfer Pricing. Tak hanya itu saja dalam membuat TP Doc maka perlu juga mengetahui kriteria Wajib Pajak yang harus dan wajib membuat dokumen tersebut. Jadi di sini, WP yang harus membuat TP Doc dibagi menjadi dua kelompok:

1. Wajib Pajak yang wajib membuat dokumen induk dan dokumen lokal adalah yang melakukan transaksi afiliasi dengan kondisi sebagai berikut:

  • Nilai peredaran bruto pada tahun pajak sebelumnya dalam kurun waktu 12 bulan sudah lebih dari 50 miliar rupiah.
  • Nilai transaksi afiliasi pada tahun pajak sebelumnya dalam waktu 12 bulan melebihi 20 miliar rupiah untuk transaksi barang berwujud, sementara untuk penyediaan jasa ketika nilainya sudah melebihi 5 miliar rupiah begitu juga dengan pemanfaatan barang tak berwujud.
  • Pihak afiliasi ada di Negara yang memiliki tarif Pajak Penghasilan yang lebih rendah dari tarif pajak di dalam UU PPh pasal 17.

2. Wajib Pajak yang harus membuat dokumen induk, dokumen lokal, dan CbCR dengan kriteria sebagai berikut:

  • Wajib pajak atau entitas induk dari satu grup usaha yang mempunyai peredaran bruto pada tahun pajak yang bersangkutan paling sedikit 11triliun rupiah.
  • Wajib Pajak dalam negeri yang memiliki kedudukan sebagai anggota Grup Usaha dan entitas induk satu Grup Usaha yang merupakan subjek pajak luar negeri, maka WP dalam negeri wajib membuat CbCR sesuai dengan domisili.
  • Tidak mempunyai perjanjian dengan pemerintah Indonesia terkait perpajakan, atau memiliki perjanjian dengan pemerintah tentang pertukaran infromasi perpajakan, dalam hal ini laporan per Negara tidak bisa diperoleh pemerintah dari Negara terkait.
  • Tidak wajib melakukan menyampaikan CbCR.

Tugas Jasa TP Doc

Tugas Jasa TP Doc

Sumber foto : Satvika.co.id

Jasa TP Doc memang sudah pasti tugas utamanya membantu klien dalam pembuatan dokumen transfer pricing. Namun tak sesederhana itu, banyak yang harus dikerjakan sebagai seorang konsultan TP Doc. Seorang konsultan atau penyedia jasa TP Doc juga memiliki tugas untuk memberikan konsultasi dan menyusun strategi transfer pricing yang baik dan menguntungkan bagi klien.

Baca Juga : Jasa Audit Pajak Perusahaan | Tips Memilih Jasa Audit Pajak Perusahaan

Tentunya semua tugas yang dilakukan oleh jasa TP Doc harus didasari dan menerapkan aturan serta hukum perpajakan yang berlaku. Setiap masalah pajak sudah diatur sedemikian rupa oleh pemerintah dalam UU dan peraturan menteri keuangan. Jadi semua itu harus dijadikan pedoman ketika jasa TP Doc membuat dokumen transfer pricing serta saat membuat dan menentukan strategi TP yang menguntungkan klien.

Disamping itu, sebagai klien juga harus melakukan tugasnya dengan baik yaitu menyediakan dan menyiapkan data base yang akan digunakan konsultan TP Doc untuk menyusun dan membuat TP Doc, baik itu Master Document, Local Document, atau CbCR.

Tarif Harga Jasa TP Doc

Pada kenyataanya banyak wajib pajak yang masih berpikir dan mempertimbangkan baik-baik apakah memang harus menggunakan jasa TP Doc atau tidak. Hal ini tidak lain karena tarif yang cukup tinggi dan menguras isi kantong. Namun pembuatan Transfer Pricing Document sendiri sifatnya wajib bagi WP yang sudah memenuhi kriteria untuk menerbitkan TP Doc tersebut.

Menggunakan jasa konsultan pajak memang membutuhkan dana sedikitnya 1 juta rupiah bahkan bisa lebih dari itu. Semua itu tergantung dari kebijakan penyedia jasa TP Doc itu sendiri serta dilihat juga dari layanan apa yang dibutuhkan klien, dan bentuk klien apakah perorangan atau badan usaha.

Jika Wajib Pajak yang membutuhkan bantuan membuat TP Doc adalah orang pribadi maka kisaran biaya yang perlu disiapkan antara 1 juta rupiah sampai 5 juta rupiah. Berbeda dengan WP perorangan, badan usaha yang menggunakan jasa TP Doc harus menyiapkan dana mulai 2,5 juta rupiah hingga 7 juta rupiah. Tarif itu sudah masuk dalam kisaran normal dan berlaku sejak tahun 2020 kemarin.

Cari Jasa TP Doc? Hubungi Whatsapp : 081350882882

Tips Memilih Jasa TP Doc

Tips Memilih Jasa TP Doc

Sumber foto : Hadi.co.id

Agar bisa membuat TP Doc dengan cara yang cepat namun tetap aman dan sesuai dengan aturan maka sangat disarankan untuk menggunakan jasa konsultan pajak yang sekarang ini sudah tersebar di seluruh kota besar di Indonesia. Ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan Wajib Pajak yang tidak terlalu menguasai masalah perpajakan namun memiliki kewajiban yang harus dipenuhi.

Baca Juga : Jasa Pendampingan Pemeriksaan Pajak | Tips Memilih Jasa Pendampingan Pajak

Konsultan pajak sendiri tidak hanya memberikan pelayanan untuk masalah transfer pricing saja, namun banyak sekali layanan yang disediakan terkait masalah perpajakan mulai dari konsultasi, sengketa pajak, hingga masalah TP Doc sendiri.

Dikarenakan sekarang semakin banyak konsultan pajak yang menyebar di seluruh wilayah Indonesia, sebagai Wajib Pajak yang cerdas harus memperhatikan beberapa hal penting berikut ini ketika memilih konsultan pajak mana yang bisa diajak bekerja sama secara profesional.

1. Surat Izin Praktek

Hal pertama yang perlu dicari tahu adalah surat izin praktek. Konsultan pajak yang sudah mengantongi surat izin praktek dari DJP atau Direktorat Jenderal Pajak bisa dijadikan salah satu kandidat sebagai partner dalam menyelesaikan masalah pajak yang Anda miliki. Surat izin itu sendiri menjadi salah satu bukti kuat kalau konsultan pajak terkait sudah resmi dan berada di bawah pengawasan DJP.

2. Sertifikat

Dokumen penting yang kedua ada sertifikat konsultan pajak. Dokumen ini juga penting untuk dimiliki konsultan pajak yang sudah praktek. Hal ini menjadi bukti kalau penyedia jasa TP Doc tersebut sudah menempuh pendidikan dalam bidang perpajakan serta sudah diakui kemampuannya oleh instansi resmi perihal memahami aturan dan hukum perpajakan yang berlaku di Indonesia.

Dapat dikatakan kalau sertifikat ini menentukan proses dan hasil akhir seorang konsultan pajak yang sedang mengatasi satu masalah pajak misalnya saja pembuatan dokumen transfer pricing. Jika sudah memiliki sertifikat konsultan pajak artinya apapun masalah pajak yang klien hadapi =, konsultan pajak terkait bisa mengatasinya dengan baik dan sesuai dengan aturan yang ada.

3. Tetapkan Budget

Saat memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan pajak dalam menyelesaikan masalah pembuatan dokumen transfer pricing maka tetapkan budgetnya sebelum melakukan survey kantor konsultan pajak setempat. Tanyakan pada kantor konsultan pajak tarif yang diberlakukan serta sistem pembayarannya. Hal ini perlu dilakukan agar kerja sama yang nanti terjalin tidak terganggu dengan urusan pembayaran atau biaya.

4. Lihat Review

Ketika melakukan survey ada baiknya lihat kinerja dari kantor konsultan pajak terkait dengan cara melihat review atau testimoni klien yang sudah pernah menggunakan jasa konsultan pajak terkait. Jika komentar yang ada pada website atau media sosial jasa TP Doc terkait banyak yang positif maka konsultan pajak tersebut dapat dipertimbangkan atau bisa langsung diajak bekerja sama untuk menyelesaikan masalah pajak yang ada.

Kesimpulan

Dilihat dari penjelasan di atas, jasa TP Doc sama saja dengan konsultan pajak hanya saja memiliki tugas lebih spesifik yaitu membuat dokumen transfer pricing dan membantu klien menentukan strategi TP yang tepat dan sesuai sehingga bisa mendatangkan keuntungan untuk klien.

Cari Jasa TP Doc? Hubungi Whatsapp : 081350882882

Jasa TP Doc sendiri sekarang sudah tersebar dengan merata di kota-kota besar di Indonesia. Oleh sebab itu sebagai Wajib Pajak atau calon klien harus bisa mencari konsultan pajak yang sesuai dengan kebutuhan. Proconsult.id adalah konsultan pajak yang aman dan terpercaya.

Jasa TP Doc yang bisa membantu Anda untuk membuat dokumen transfer pricing serta dalam membuat strategi TP yang menguntungkan untuk bisnis yang sedang dijalankan adalah Proconsult.id. Tak hanya itu saja, ada banyak layanan lain terkait perpajakan yang bisa dipilih klien. Sesuaikan saja mana layanan yang dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah pajak yang WP sedang hadapi.

Di sini Proconsult.id siap menjadi partner Anda dalam mengurus semua masalah pajak yang ada pada perusahaan. Tunggu apalagi, mari penuhi kewajiban pajak serta tuntaskan masalah perpajakan Anda hanya bersama Proconsult.id yang sudah terbukti kinerjanya aman, profesional, terpercaya.