Apa Saja Keunggulan Aplikasi Berbasis Web

Apa Saja Keunggulan Aplikasi Berbasis Web

Apa Anda pernah mendengar istilah dari aplikasi? Seringkali kita mengartikan aplikasi sebagai sesuatu yang harus diinstal. Namun tidak semua aplikasi memerlukan penginstalan. Dalam dunia pemrograman ada juga yang dikenal dengan aplikasi berbasis web.

Aplikasi berbasis web merupakan aplikasi yang dapat diakses melalui web browser saat tersambung dengan jaringan internet atau intranet. Aplikasi ini juga merupakan software atau perangkat lunak yang menggunakan bahasa pemrograman seperti html, css, jquery dan bahasa pemrograman lainnya.

Saat ini banyak perusahaan menggunakan aplikasi berbasis web dalam merencanakan program untuk mengelola perusahaan, hingga pengolahan data persediaan barang dan data karyawan. Dalam bidang keuangan, jenis aplikasi ini dapat juga digunakan untuk membuat jurnal keuangan, invoice perusahaan, hingga pengelolaan pajak.

Ada beberapa keunggulan aplikasi berbasis web sebagai berikut:

1. Tanpa Perlu Instalasi
Aplikasi berbasis web tidak membutuhkan instalasi di komputer atau gadget Anda. Instalasi akan dilakukan di server sehingga proses penginstalannya dapat berjalan dengan lebih cepat.

2. Lebih Cepat Update
Semua maintenance dan update dapat dilakukan pada server dan bersifat terpusat. Hal ini membuat proses maintenance (pemeliharaan) dapat berjalan dengan lebih cepat.

3. Multiplatform
Keuntungan lain menggunakan aplikasi web adalah bersifat multiplatform atau dapat digunakan dari semua gadget. Mulai dari komputer, tablet, hingga smartphone. Hal ini tentu saja memudahkan pengguna untuk memiliki akses yang fleksibel sehingga produktivitas pekerjaan tidak terganggu.

4. Fleksibilitas Sistem Operasi
Pengembangan aplikasi desktop ataupun mobile harus disesuaikan dengan platform dan sistem operasi yang akan digunakan, sehingga aplikasi harus terus diperbarui sesuai dengan pembaruan software yang digunakan pada platform. Ada beberapa kasus ketika aplikasi sudah tidak dapat digunakan, karena software di gadget pengguna sudah sudah mencapai titik update maksimal. Pengguna tentu saja harus mengganti gadget untuk bisa menikmati fitur-fitur terbaru dalam aplikasi.