Cara Memilih Laptop Untuk Pekerja Kantoran

cara memilih laptop untuk pekerja kantoran

Kebutuhan akan laptop bisa dibilang sangat penting, baik dalam bidang pendidikan maupun pekerjaan. Terlebih lagi bagi Anda yang bekerja di kantor untuk bidang administrasi, akuntansi dan sejenisnya, laptop tentu menjadi barang wajib yang harus dimiliki. Perangkat elektronik ini bisa membuat pekerjaan lebih efisien, dan efektif.

Khususnya untuk para pekerjaan kantoran, tentu saja laptop yang digunakan harus benar-benar tepat. Agar Anda dapat memilih laptop sesuai dengan kebutuhan maka dapat ikuti beberapa tips beberapa di bawah ini.

1. Menyiapkan Dana
Sebelum Anda membeli laptop tentu Anda harus menyiapkan anggaran terlebih dahulu. Karena Anda ingin membeli laptop untuk kebutuhan kerja, tentu Anda membutuhkan laptop dengan performa terbaik dan berkualitas. Oleh karena itu, siapkan dana yang memadai.

2. Mengecek Spesifikasi Laptop
Terlebih dahulu membaca, melihat, dan membandingkan spesifikasi antar satu laptop dengan laptop yang lainnya. Setiap laptop tentu menawarkan spesifikasi yang berbeda-beda. Beberapa spesifikasi utama yang perlu Anda perhatikan yaitu kapasitas prosesor, hardisk, memory, vga.

3. Ukuran Layar
Idealnya ukuran layar untuk laptop kerja yaitu 13 inch hingga 14 inch. Ukuran tersebut merupakan ukuran yang cukup ideal untuk kebutuhan pekerjaan kantor secara umumnya.

4. Kapasitas Baterai
Sebelum membeli laptop pastikan kapasitas daya baterai laptop. Pilih laptop yang memiliki kapasitas dan daya tahan baterai yang tinggi. Hal ini untuk mengantisipasi apabila Anda harus menggunakan laptop dalam waktu yang lama, khususnya saat meeting di luar kantor. Akan sangat merepotkan jika sebentar-sebentar Anda harus mencharger laptop karena kehabisan baterai.

5. Merk Laptop
Setiap perusahaan atau instansi biasanya menggunakan laptop dengan merek-merek tertentu. Pastikan Anda membeli dengan merk yang terpercaya terhadap kualitas dan performance laptop tersebut meskipun merk laptop tidak menjamin laptop dapat bertahan lebih lama.

6. Sistem Operasi
Sebelum membeli laptop baru, tanyakan terlebih dahulu sistem operasi yang didukung oleh laptop tersebut. Sistem operasi inilah yang nantinya dapat mempengaruhi kecepatan dalam mengoperasikan dan menjalankan program-programnya. Pastikan pula bahwa laptop yang Anda beli mendukung software-software kantor yang akan Anda install.