Cara Menjaga Awet Flashdisk dari Kerusakan dan Virus

Cara Menjaga Awet Flashdisk dari Kerusakan dan Virus pada Komputer

Flashdisk merupakan media yang paling sering digunakan menyimpan data yang mudah di bawa kemana-mana. Banyak orang kerja di kantor maupun di luar kantor yang masih belum sepenuhnya paham bagaimana tahu cara menjaga awet Flashdisk dari kerusakkan dan virus komputer. Tentunya kita tidak mau jika data yang tersimpan mengalami rusak. Jika Flashdisk sudah rusak maka data yang disimpan di dalamnya tidak akan bisa dibuka. Sehingga data yang  penting hilang dan pekerjaan pun terhambat dan terganggu.

Bagaimana hal ini bisa kita cegah? Kemungkinan dapat kita lakukan agar flashdisk bisa terjaga dan tidak cepat rusak antara lain sebagai berikut.

Penyimpanan Data

Menyimpan file dengan jumlah kapasitas yang terlalu besar sangat tidak baik untuk flashdisk. Apabila file yang akan disimpan memiliki size yang besar, kita bisa gunakan zip untuk mengkompresnya menjadi kecil. Ddan juga jangan terlalu sering untuk melakukan format terhadap flashdisk itu sendiri. Selain itu usahakan untuk tidak mengedit data langsung dari flashdisk. Sebaiknya, copy dulu data yang ingin Anda edit ke komputer lalu edit. Setelah selesai baru di-copy kembali ke flashdisk.

Tidak Lupa Untuk Selalu Scan Virus

Karena sangking fleksibel-nya flashdisk, membuat kita mudah untuk colok dari komputer satu ke komputer lain. Sehingga dengan mudah pula virus dari salah satu komputer menyebar ke komputer lain, sehingga komputer yang tadinya bersih dari virus ikut terjangkit dan membuat kinerjanya menurun. Ini.ah yang sering terjadi pada kebanyakan orang, terlebih bagi mereka yang awam tentang komputer.

Ada baiknya kita membiasakan scanning virus terhadap flashdisk yang sering kita gunakan, karena kita tidak tahu apakah flashdisk tersebut masih terjaga dari virus atau tidak. efek terburuk dari flashdisk yang terkena virus ialah data yang tersimpan bisa rusak.

Tutup Socket USB Saat Tidak Digunakan

Flashdisk yang kamu beli pasti dilengkapi pelindung pada bagian USB-nya. Saat sedang tidak digunakan, tutup socket USB tersebut dengan pelindung yang tersedia. Hal ini menghindari debu masuk ke bagian dalam flashdisk.

Mengeject Flashdisk Setelah Digunakan

Seringkali kita malas untuk melakukan eject atau stop flashdisk sebelum mencabutnya dari port USB. Hilangkan kebiasaan negatif tersebut mulai dari sekarang! Karena jika flashdisk tidak di-eject, flashdisk akan berpotensi lebih cepat rusak. Proses eject atau stop tersebut bertujuan untuk menghindari corruptnya data.

Hindari Flashdisk Terkena Benturan Keras

Benturan keras akan menyebabkan kerusakan pada flashdisk, atau bisa jadi data-data yang ada di dalamnya juga hilang.

Sebenarnya beberapa tips diatas sangat mudah untuk dilakukan. Namun karena kelalaian ataupun ketidak rajinan kita dalam merawat flashdisk membuat kita menyepelekan sesuatu yang mudah, sehingga beberapa hal diatas menjadi sulit untuk dilakukan.

Simpan Flashdisk di Tempat yang tepat

Untuk menyimpan flashdisk usahakan jangan di dekat peralatan elektronik, terutama yang memiliki magnet yang besar seperti Kulkas, TV, ponsel dan lainnya. Medan magnet yang besar tentunya akan mempengaruhi flashdisk. Selain itu hindari flashdisk dari panas. Jadi jangan simpan flashdisk di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung.