Cara Tepat Memilih Software Akuntansi

cara tepat memilih software akuntansi

Perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat tentu saja juga memengaruhi software dan aplikasi yang ada di dalamnya. Berbagai software yang muncul pun sangat membantu pekerjaan manusia dan sebagian software tersebut seperti wajib kita miliki karena sudah ketergantungan dengan beragam manfaatnya.

Sebagai seorang pebisnis tentu saja kita harus mampu terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang kian hari semakin tak terbendung. Salah satunya adalah pengelolaan keuangan perusahaan yang juga semakin mudah dan praktis menggunakan sebuah software akuntansi.

Software akuntansi adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk memudahkan semua proses kegiatan akuntansi mulai dari penyimpanan data, pencatatan, perhitungan, analisa hingga aktivitas akuntansi yang lain. Sejauh ini para perusahaan besar lebih menyukai jenis software akuntansi online karena fleksibel dan mudah di akses.

Satu hal yang perlu Anda pahami bahwa software akuntansi tidak dapat menggantikan konsep pelaporan keuangan namun yang dapat diganti adalah proses pengolahan datanya. Karena tujuan dan manfaat utama dari software akuntansi adalah membantu seorang akuntan untuk menghasilkan laporan keuangan seperti cash flow, neraca (Balance Sheet), rugi laba (Profit Lost Statement) dan Laporan Akhir Keuangan. Anda harus tetap menggunakan jasa seorang akuntan profesional ataupun konsultan yang dapat membantu Anda  dalam pembuatan laporan keuangan menggunakan software akuntansi tersebut.

Apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum memilih software akuntansi sebagai berikut ini.

1. Berbasis Online atau Offline
Saat ini ada beberapa produk software akuntansi tersedia di pasaran, ada yang berbasis online dan ada juga yang offline. Untuk software akuntansi yang berbasis offline tetap membutuhkan kehadiran Anda di perusahaan untuk memasukkan data melalui komputer dan Anda tidak bisa memantau laporan keuangan secara berkala. Sedangkan untuk software akuntansi yang berbasis online Anda bisa mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja sehingga sangat memudahkan fleksibilitas Anda. Namun untuk fungsinya baik software akuntansi online maupun offline masih sama.

2. Keamanan Data
Jika Anda ingin menggunakan software akuntansi berbasis offline keamanan datanya tergantung dari pihak Anda karena aplikasi akan diinstal dalam komputer dan data-data akan tersimpan dalam komputer yang Anda gunakan. Namun jika ingin menggunakan software akuntansi berbasis online Anda dapat menanyakan bagaimana cara penyimpanan dan cara melindungi data Anda kepada perusahaan penyedia jasa software akuntansi tersebut. Atau Anda juga bisa berkonsultasi kepada konsultan pengguna software akuntansi tersebut.

3. Sistem Back Up Data
Pilihlah software akuntansi yang menyediakan fasilitas ekspor dan impor data berupa excel. Selain dapat memudahkan Anda untuk melakukan pembacaan data ini juga akan menyelamatkan data-data perusahaan Anda jika terjadi situasi bug pada software akuntansi online tersebut.

4. Interface User dan Kompleksitas
Banyak sekali pebisnis atau pemilik usaha yang bukan berlatar belakang dari bidang akuntansi sehingga mereka harus menggunakan software akuntansi yang memiliki user interface sederhana dan efisien agar dapat lebih mudah untuk memahami informasi dari software akuntansi tersebut.

5. Supporting Customer
Salah satu hal penting dalam layanan software akuntansi yaitu memiliki dukungan support dengan baik ketika Anda memiliki pertanyaan atau pun kendala ketika menggunakannya. Jangan hanya terjebak dengan bagus dan kemudahan yang ditawarkan oleh software akuntansi tersebut karena jika suatu saat software akuntansi yang Anda gunakan mengalami kendala dukungan customer support menjadi hal yang sangat penting.
Namun hal yang juga perlu Anda ingat adalah jika sebuah perusahaan memberikan dukungan support yang baik biasanya mereka juga akan menawarkan harga yang lebih tinggi dari para pesaingnya. Dan hal ini pun juga berlaku untuk kebalikannya.

Apabila Anda membutuhkan Software Akuntasi atau Konsultan Mengenai Akuntansi bisa langsung hubungi kami Proconsult : WA atau telepon ke nomor 081350882882.