Jasa Konsultan Pajak Bandung | Tips Memilih Konsultan Pajak

Jasa Konsultan Pajak Bandung siap membantu Anda dalam penyelesaian masalah perpajakan Anda. Berbicara mengenai masalah pajak, pasti sering kali membuat kebanyakan orang merasa kebingungan. Masalah pajak pasti sangat rumit bagi orang awam dan tidak memiliki pengetahuan pajak yang mumpuni. Ditambah  sistem dan aturan pajak yang ada juga kerap kali mengalami perubahan. Hal itu menjadi salah satu faktor mengapa masalah pajak tidak jarang membuat wajib pajak sakit kepala.

Saat ini banyak sekali penyedia jasa konsultan pajak yang hadir ditengah masyarakat, sebagai solusi untuk permasalahan diatas. Salah satunya adalah jasa konsultan pajak Bandung. Merupakan jasa konsultan pajak yang menyediakan pelayanan penyelesaian masalah pajak Anda, dengan tenaga konsultan pajak yang kompeten dan profesional. Hal ini tentu saja  membuat kerumitan permasalahan pajak tidak lagi menjadi alasan untuk menghindari kewajiban pajak Anda.

Cari Jasa Konsultan Pajak Bandung? Hubungi Whatsapp : 081350882882

Mengingat permasalah pajak adalah sesuatu yang kompleks. Oleh karena itu jasa konsultan pajak Bandung menawarkan jenis layanan yang bermacam-macam, dan dapat client pilih sesuai dengan jenis masalah yang dihadapinya. Hal ini dimaksudkan untuk menyediakan jenis layanan pajak yang dapat membantu permasalahan client. Jasa konsultan pajak juga mengupayakan penyelesaian masalah, pemenuhan hak dan kewajiban pajak client sesuai dengan aturan yang ada.

Apa Itu Jasa Konsultan Pajak Bandung?

Apa Itu Jasa Konsultan Pajak Bandung?

Sumber foto : Nerdwallet.com

Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan jasa konsultan pajak. Hal ini karena banyaknya masyarakat yang banyak yang belum  tau mengenai jasa konsultan pajak. Padahal saat ini, mulai banyak masyarakat yang menyadari pentingnya membayar pajak menjadi  salah satu kewajibannya.

Namun  karena ribetnya pengurusan pajak, regulasi dan aturan pajak yang sering berubah. Justru membuat masyarakat menjadi malas untuk membayar pajak. Jika sebagai wajib pajak Anda pernah mengalami hal itu. Saat ini Anda tidak perlu lagi khawatir, sebab terdapat jasa konsultan pajak Bandung yang siap membantu penyelesaian masalah pajak Anda dengan lebih cepat dan gampang.

Jadi apa itu jasa konsultan pajak Bandung? Jadi yang dimaksud dengan jasa konsultan pajak Bandung adalah perorangan atau badan yang bertugas untuk menyediakan jasa layanan konsultasi perpajakan, dalam rangka penyelesaian masalah pajak yang dialami oleh wajib pajak.

Penyelesaian masalah tersebut dilakukan oleh tenaga profesional dalam bidang perpajakan, untuk mengupayakan penyelesaian masalah pajak client sesuai dengan aturan yang berlaku. Sekaligus juga memiliki tujuan dalam pelaksanaan pemenuhan hak dan kewajiban perpajakan wajib pajak yang telah diatur dalam undang undang perpajakan.

Jadi secara singkatnya, jasa konsultan pajak Bandung merupakan sebuah wadah yang bertugas untuk memberikan konsultasi terkait masalah perpajakan sekaligus penyelesaiannya. Jasa konsultan pajak seperti pengertiannya dapat dimanfaatkan jasanya oleh wajib pajak. Selain itu perlu digaris bawahi, bahwa untuk menjadi seorang konsultan pajak tidak boleh sembarang orang. Untuk menjadi seorang konsultan pajak haruslah memenuhi beberapa  syarat penting, diantaranya:

  1. Konsultan pajak haruslah terdaftar sebagai anggota dalam salah satu asosiasi konsultan pajak Indonesia, yang juga telah terdaftar dalam Direktorat Jenderal Pajak.
  2. Seorang konsultan pajak haruslah memiliki sertifikat konsultan pajak. Sertifikat konsultan pajak merupakan surat yang menjelaskan tingkatan keahlian seorang konsultan pajak. Sertifikat ini dapat diperoleh dari Ujian Sertifikasi Konsultan pajak atau USKP. Adapun sertifikasi konsultan pajak yang biasa digunakan adalah Brevet. Brevet dan juga USKP sama-sama sebuah stAndar tingkatan konsultan pajak yang sudah diakui.

Standar kompetensi konsultan pajak yang tertera dalam izin dan sertifikasi dalam dilihat dalam pemaparan dibawah ini:

Baca Juga : Pengertian Konsultasi Pajak dan Manfaat-Manfaatnya

1. Tingkat A

Merupakan izin dan sertifikasi yang diberikan kepada seorang konsultan pajak yang tugasnya menyelesaikan masalah perpajakan kepada wajib pajak perorangan dalam negeri. Jadi konsultan pajak yang memiliki sertifikat tingkat A dapat menyediakan segala jenis layanan pajak baik itu konsultasi maupun penyelesaian masalah terbatas dalam client wajib pajak perorangan.

2. Tingkat B

Izin dan sertifikat ini diberikan kepada konsultan pajak yang ruang lingkup kerjanya memberikan bantuan pada wajib pajak perorangan dan juga wajib pajak badan, untuk pemenuhan hak dan kewajiban dalam bidang pajak sesuai dengan aturan yang ada. Namun terdapat batasan bantuan penyelesaian tidak bisa diberikan kepada client yang menetap di luar negeri. Begitu pula bagi perusahaan penanaman modal asing atau PMA agar tidak terkena pajak berganda.

3. Tingkat C

Izin dan sertifikat pajak tingkat C merupakan izin yang diberikan kepada seorang konsultan pajak yang bertugas untuk memberikan bantuan kepada wajib pajak orang pribadi dan juga wajib pajak badan. Berbeda dengan tingkat B, sertifikat ini dapat memberikan kuasa kepada konsultan pajak untuk memberikan bantuan penyelesaian masalah pajak Internasiona. Jadi, tingkat C mempelajari aturan pajak dalam negeri dan juga aturan pajak luar negeri.

Jasa konsultan pajak membantu Anda untuk memperoleh pemenuhan dan kewajiban sebagai seorang wajib pajak agar berjalan serasi. Sehingga mampu menjadikan pemenuhan bayar pajak kepada negara. Faktanya, dengan kehadiran jasa konsultan pajak juga membantu program pemerintah dalam bidang perpajakan.

Saat ini sudah banyak perusahan perusahaan yang menggunakan jasa konsultan pajak untuk mengurus masalah perpajakannya. Sebab dalam sebuah perusahaan pastinya juga memiliki kewajiban akan komponen pajak yang jauh lebih rumit dan menyita pikiran juga. Dengan memakai jasa konsultan pajak, tentu dapat mempermudah pemenuhan kewajiban pajaknya.

Apalagi saat ini regulasi perpajakan sering kali mengalami perubahan, tentu saja hal itu menjadi titik rawan terjadinya kesalahan yang dapat menimbulkan kerugian yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, dengan menggunakan jasa konsultan pajak sudah menjadi pilihan yang paling tepat.

Meskipun jasa konsultan pajak kebanyakan dipakai oleh wajib pajak badan atau perusahaan. Hal ini tidak menutup kemungkinan bagi wajib pajak orang pribadi juga memakai jasa konsultan pajak. Bagi wajib pajak pribadi meskipun tidak memiliki kewajiban pajak yang lebih banyak dibanding wajib pajak badan, namun juga sering mengalami kekeliruan. Seperti contohnya dalam pelaporan SPT atau Surat Pemberitahuan Tahunan.

Jadi sudah pasti, jasa konsultan pajak adalah solusi dari setiap permasalahan pajak yang sering ada di masyarakat. Meski Anda tidak memahami aturan pajak terkini tentu saja hal itu tidak bisa menjadi alasan Anda untuk menghindari kewajiban sebagai wajib pajak.

Terlebih saat ini pemerintah menaikkan pemasukan negara dari sektor perpajakan. Tentu hal ini pasti akan diimbangi dengan aturan dan sanksi yang lebih ketat lagi jika masih ada wajib pajak nakal yang tidak membayar pajak.

Baca Juga : Konsultasi Pajak Pribadi

Tugas Konsultan Pajak Bandung

Tugas Konsultan Pajak Bandung

Sumber foto : Oscemaster.com

Dilihat dari pemaparan diatas, dapat dipastikan tugas seorang konsultan pajak sangatlah penting. Selain itu banyaknya aturan dan objek pajak yang ada juga ikut menjadi alasan tugas konsultan pajak yang sangat banyak. Lantas apa saja tugas konsultan pajak Bandung? Supaya Anda lebih paham terkait tugas dan fungsi konsultan pajak, silahkan simak tugas konsultan pajak di bawah ini:

  1. Konsultan pajak bertugas untuk memberikan konsultasi kepada wajib pajak terkait masalah perpajakan yang dihadapinya. Selain itu juga bertugas untuk memberikan nasihat, bimbingan, saran dan juga pengarahan terkait masalah perpajakan client.
  2. Membuat susunan atau estimasi hitungan pajak yang menjadi kewajiban pajak clientnya. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah client dalam membayar pajak dan sekaligus bertugas untuk melakukan koreksi fiskal.
  3. Seringnya regulasi pajak yang ada membuat konsultan pajak harus mampu membuat pengaturan pajak client yang sesuai dengan aturan perundangan undangan yang ada, dan juga aturan pajak paling terkini. Contohnya dengan pemberlakuan Undang Undang Harmonisasi Pajak yang  membuat kenaikan pajak penghasilan. Oleh karena itu sebagai seorang konsultan pajak dituntut untuk terus berkembang dan up to date mengenai perubahan aturan perpajakan.
  4. Ikut membantu clientnya dalam mempersiapkan data, dokumen dan informasi perpajakan untuk laporan pajak client.
  5. Memberikan informasi dan mensosialisasikan kepada client terkait aturan pajak terkini.
  6. Membantu client untuk mendapat manfaat yang maksimal, dengan cara menekan pajak yang harus dibayar tanpa melanggar aturan pajak dan hukum di Indonesia.
  7. Meminimalisir kesalahan dalam pelaporan pajak client. Konsultan pajak profesional akan membantu Anda untuk menghindari kesalahan dalam pelaporan pajak Anda. Selain itu hal ini juga membuat Anda terhindar dari pengenaan sanksi pajak.
  8. Saat client terkena pemeriksaan pajak, seorang konsultan pajak juga bertugas untuk mendampingi atau mewakili client saat pemeriksaan. Selain itu konsultan pajak juga bertugas untuk menyiapkan dokumen untuk keperluan pemeriksaan.
  9. Bagi perusahaan yang menggunakan jasa konsultan pajak, manajerial kerja dapat lebih tertata. Perusahaan dapat lebih fokus untuk kemajuan dan pengembangan bisnisnya.
  10. Mengurangi beban perusahaan dalam bidang pengelolaan pajak.

Dari point point diatas dapat menjadi alasan kenapa banyak perusahaan  yang saat ini lebih suka untuk menggunakan jasa konsultan pajak. Konsultan pajak ibaratnya sudah menjadi jawaban atas permasalahan pengurusan pajak yang sering terjadi. Selain tugas yang penting ternyata tanggung jawab konsultan pajak juga menyeluruh. Sehingga wajib pajak dapat memenuhi kewajiban pajaknya tepat waktu.

Biaya Konsultan Pajak Bandung

Pasti banyak masyarakat yang masih menganggap biaya jasa konsultan pajak Bandung itu mahal. Lantas apakah pendapat itu benar? Sebenarnya pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah namun juga tidak dapat dibenarkan. Untuk meluruskan persepsi masyarakat tersebut Anda dapat menemukan jawabannya disini.

Biaya yang harus Anda keluarkan untuk menggunakan jasa konsultan pajak, tentu saja tidak pernah bisa dipastikan nominal pastinya. Hal ini karena biaya konsultan pajak yang ada di Indonesia itu berbeda-beda. Selain itu jenis layanan yang diberikan oleh konsultan pajak juga mempengaruhi besarnya biaya yang harus Anda keluarkan.

Dengan begitu dapat dipastikan semakin sulit masalah yang Anda punya membuat Anda harus merogoh kocek lebih mahal lagi. Oleh karena itu alangkah baiknya untuk mengetahui jenis layanan apa saja yang disediakan oleh jasa konsultan pajak, diantaranya:

Cari Jasa Konsultan Pajak Bandung? Hubungi Whatsapp : 081350882882

1. Layanan Patuh Pajak

Dengan adanya jasa konsultan pajak juga ikut membantu menjalankan kepatuhan pajak di Indonesia. Sebab konsultan pajak akan memberikan sosialisasi terkait pentingnya membayar pajak tepat waktu, sekaligus mempermudah penyelesaian masalah pajak wajib pajak.  Hal inilah yang menjadikan tingkat kepatuhan pajak meningkat.

2. Layanan Perencanaan Pajak

Dalam melakukan pembayaran pajak, tetap saja membutuhkan perencanaan. Hal ini dimaksudkan untuk melihat adakah variabel yang bisa ditekan untuk mendapatkan biaya pembayaran pajak yang lebih kecil untuk mengoptimalkan manfaat bagi client. Tentu saja hal ini dilakukan dengan tetap patuh terhadap aturan yang ada.

Selain itu tax planning dimaksudkan untuk membantu wajib pajak mendapatkan perencanaan yang efektif. Seperti yang sudah diketahui, jenis pajak yang  ada saat ini bermacam-macam. Dengan adanya tax planning yang efisien dapat membantu wajib pajak untuk mendapat pengurangan beban pajak sesuai dengan aturan yang berlaku.

3. Layanan Pendampingan Client

Saat terjadi pemeriksaan pajak oleh petugas pajak. Konsultan pajak dapat bertugas untuk membantu client dalam melakukan perhitungan pajak. Tidak hanya itu, konsultan pajak juga dapat turut serta untuk mendampingi client dan sekaligus menyiapkan beberapa dokumen dan informasi untuk keperluan pemeriksaan pajak.

4. Layanan Pemeriksaan Laporan Pajak

Layanan pemeriksaan laporan pajak atau review pajak biasanya digunakan oleh perusahaan yang telah menyelesaikan laporan pajaknya. Namun menggunakan jasa konsultan pajak untuk memastikan kebenaran laporan tersebut. Disini konsultan pajak akan mengevaluasi dan memeriksa apakah laporan pajak tersebut sudah dibuat berdasarkan aturan dan prosedur yang berlaku. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kesalahan dari pengerjaan laporan pajak.

5. Layanan Restitusi Pajak

Dalam proses pembayaran pajak oleh wajib pajak, kadang terjadi kelebihan bayar setelah dicek oleh Direktorat Jenderal Pajak. Proses pengembalian dana lebih tersebut lah yang dinamakan dengan restitusi. Dalam proses restitusi tetap harus dilakukan sesuai dengan birokrasi yang ada.

Oleh karena itu disini konsultan pajak akan membantu Anda dalam menyiapkan segala sesuatu keperluan yang dibutuhkan untuk restitusi. Mulai dari menyiapkan data, menyampaikan restitusi, pemeriksaan data dan hingga proses akhir dana lebih bayar diterima oleh wajib pajak.

6. Layanan Konsultasi

Hal ini sudah menjadi layanan paling mendasar pada jasa konsultan pajak. Disini konsultan pajak akan memberikan konsultasi kepada wajib pajak terkait masalah pajak yang dihadapi.

7. Layanan Penyelesaian Sengketa Pajak

Tak jarang wajib pajak dapat terkena sengketa pajak dan harus menyelesaikannya pada Pengadilan Pajak. Disini wajib pajak tetap memiliki hak untuk memperoleh bantuan dari profesional untuk menyelesaikan masalah pajaknya.

Baca Juga : Layanan Konsultasi Pajak Online

Tips Memilih Konsultan Pajak Bandung

Tips Memilih Konsultan Pajak Bandung

Sumber foto : Caltaxadviser.com

Cara memilih konsultan pajak Bandung yang tepat adalah:

1. Memiliki Sertifikat dan Izin

Konsultan pajak yang baik haruslah memiliki izin beroperasi dan sertifikat yang menerangkan kualifikasi profesinya yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

2. Telah Menjadi Anggota dari Asosiasi Konsultan Pajak

Hal ini termasuk dalam salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh konsultan pajak. Oleh karena itu pastikan keanggotaan konsultan pajak yang ingin Anda gunakan untuk memastikan legalitasnya.

3. Memiliki Reputasi yang Baik

Hal yang tidak kalah penting adalah memilih konsultan pajak yang memiliki reputasi yang baik. Pastikan untuk melihat track record konsultan pajak yang ingin Anda gunakan.

4. Dapat Bekerja Secara Profesional

Dalam menggunakan jasa konsultan pajak, tentu saja membutuhkan konsultan pajak yang profesional. Sebab dalam penyelesaian masalah pajak biasanya tidak dapat diselesaikan dalam waktu yang sebentar. Saat Anda memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan pajak, tentu saja kedepannya berubah menjadi hubungan bisnis yang harus tetap menguntungkan.

Oleh karena itu Anda harus memiliki konsultan pajak yang mampu bersikap profesional, agar kerjasama Anda tetap terjalin dengan lancar. Salah satu bentuk profesionalisme konsultan pajak yang harus dimiliki adalah kemampuannya untuk menjaga segala informasi client yang bersifat rahasia.

Kesimpulan

Jasa konsultan pajak Bandung dapat memberikan bantuan penyelesaian masalah pajak Anda dengan cepat dan tepat. Baik bagi wajib pajak pribadi maupun wajib pajak badan dapat menggunakan jasa konsultan pajak. Banyaknya aturan pajak yang ada membuat masyarakat seringkali malas untuk mengurus pajak karena tidak mau ribet. Namun dengan keberadaan jasa konsultan pajak, hal itu tidak lagi dapat menjadi alasan untuk mangkir membayar pajak.

Cari Jasa Konsultan Pajak Bandung? Hubungi Whatsapp : 081350882882

Jasa konsultan pajak memiliki tugas yang sangat penting dan fungsi yang menyeluruh. Hal ini dimaksudkan untuk membantu wajib pajak secara maksimal dalam pemenuhan hak dan kewajibannya sesuai dengan aturan yang ada.

Selain itu wajib pajak juga dapat memilih jenis layanan yang ingin digunakan dan disesuaikan dengan masalah yang dihadapi. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa jasa konsultan pajak Bandung dapat membuat segala urusan pajak jadi lebih mudah.