Perpajakan atas Impor Barang Pandemi COVID-19

Pemberian Fasilitas Kepabeanan dan Perpajakan atas Impor Barang Penanganan Pandemi COVID-19

Atas impor barang untuk keperluan penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)
diberikan fasilitas kepabeanan dan/atau cukai serta perpajakan berupa:
a. pembebasan bea masuk dan/atau cukai;
b. tidak dipungut Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas
Barang Mewah; dan
c. dibebaskan dari pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22.

Jenis barang impor yang diberikan fasilitas kepabeanan dan/atau cukai serta perpajakan tercantum pada Lampiran huruf A

Impor barang yang mendapatkan fasilitas kepabeanan dan/atau cukai serta perpajakan dapat dilakukan melalui pusat logistik berikat.
Fasilitas kepabeanan dan/atau cukai serta perpajakan juga diberikan terhadap pengeluaran barang asal impor dan/atau tempat lain dalam daerah pabean dari:
a. kawasan berikat atau gudang berikat;
b. Kawasan Bebas atau kawasan ekonomi khusus; dan/atau
c. Perusahaan Penerima Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor.

Atas pengeluaran barang tersebut, pengusaha kawasan berikat, pengusaha gudang berikat, pengusaha di Kawasan Bebas, pelaku usaha di kawasan ekonomi khusus, atau Perusahaan Penerima Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor:
a. dibebaskan dari kewajiban untuk melunasi bea masuk dan/atau cukai serta dikecualikan dari kewajiban melunasi pajak dalam rangka impor; dan/atau
b. dikecualikan dari kewajiban untuk melunasi Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah,
yang pada saat pemasukannya belum dilunasi.

Pengeluaran barang yang dikecualikan dari kewajiban untuk melunasi Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah sebagaimana dimaksud merupakan penyerahan barang kena pajak ke tempat lain dalam daerah pabean yang ditanggung pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan.

Bea masuk yang diberikan pembebasan termasuk bea masuk antidumping, bea masuk imbalan, bea masuk tindakan pengamanan, dan/atau bea masuk pembalasan.

Tata laksana impor atau pengeluaran barang yang mendapatkan fasilitas kepabeanan dan/atau cukai serta perpajakan, dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai impor barang untuk dipakai, impor barang melalui pusat logistik berikat, kawasan berikat, gudang berikat, Kawasan Bebas, kawasan ekonomi khusus, Kemudahan Impor Tujuan Ekspor, barang kiriman, dan barang bawaan penumpang.

Untuk lebih detailnya Anda bisa hubungi Proconsult : WA atau telepon ke nomor 081350882882.

Untuk lebih jelasnya mengenai Pemberian Fasilitas Kepabean Dan/Atau Cukai Serta Perpajakan Atas Impor Barang Untuk Penanganan Pandemi COVID-19 dapat Anda download file dibawah ini.