Perbedaan Lumpsum dan Reinbursment

Perbedaan Lumpsum dan Reinbursment

Lumpsum adalah pembayaran yang dilakukan secara sekaligus secara dimuka, uang tersebut diberikan dengan jumlah tertentu yang bersifat tetap dan apabila terjadi kelebihan atau kekurangan tidak ada pengembalian.

Reinbursment adalah penggantian untuk pengeluaran uang yang telah dibayarin dahulu oleh WP / dikasih uang muka sebagai pegangan dengan jumlah tertentu tetapi apabila lebih harus dikembalikan dan apabila kurang bisa ditagih ke perusahaan karena telah ditalangi dahulu oleh WP.

Bagaimana perlakuan perpajakannya? Yuk, kita bahas…

Lumpsum dan reinbursment yang dimaksud sebagai contoh untuk perjalanan dinas, maka :
a. Lumpsum akan diperlakukan sebagai obyek PPh 21 yaitu penghasilan karyawan karena dapat dikategorikan sebagai tunjangan perjalanan dinas. Namun apabila ada pengeluaran terkait tunjangan tersebut perusahaan tidak perlu meminta bukti eksternal karena sudah menjadi penghasilan karyawan dan telah di potong PPh 21.
b. Reinbursment akan diperlakukan sebagai biaya perjalanan dinas oleh perusahaan dan dapat dibiayakan oleh perusahaan namun pihak perusahaan akan meminta bukti eksternal sebagai arsip pembukuan perusahaan.

Lebih efektif mana penggunaannya bagi perusahaan? Yuk kita diskusi….