Begini Cara Kerja Konsultan Pajak yang Harus Diketahui

Meski terlihat sederhana, tetapi proses pelaporan dan pembayaran pajak memiliki rangkaian yang cukup rumit. Supaya lebih lancar dan praktis, wajib pajak bisa menggunakan jasa konsultan pajak. Nantinya konsultan pajak tidak hanya akan membantu proses pelaporan dan pembayaran pajak saja, melainkan juga membantu dalam menghitung pajak yang harus dibayarkan. Lalu, Seperti apa cara kerja konsultan pajak? Simak pembahasannya berikut ini.

7 Cara Kerja Konsultan Pajak yang Harus Diketahui

Cara Kerja Konsultan Pajak

Inilah cara kerja dari jasa konsultan pajak:

1. Membuat Rencana Pajak

Cara kerja yang pertama adalah membuat rencana pajak untuk kliennya. Rencana pajak yang dibuat berguna untuk memudahkan klien dalam melakukan pelunasan. Selain itu, juga berguna untuk membantu klien dalam mengoptimalkan keuntungan yang didapatkan. Rencana pajak yang dibuat didalamnya berisi tentang banyak hal, salah satunya pembuatan laporan tahunan bagi konsultan.

2. Melayani Konsultasi

Sebagian besar wajib pajak menggunakan jasa konsultan pajak supaya bisa dengan mudah melakukan konsultasi. Konsultasi yang dilakukan diharapkan mempermudah wajib pajak dalam menyelesaikan masalah pajak yang dihadapi. Maka dari itu, setiap jasa konsultan pajak pasti akan melayani semua wajib pajak yang ingin melakukan konsultasi. 

3. Mengurusi Kepatuhan Pajak

Konsultan pajak merupakan suatu profesi yang bertugas untuk menyelesaikan masalah pajak. Salah satu contohnya adalah untuk mengurusi kepatuhan pembayaran pajak kliennya. Dalam hal ini, konsultan pajak harus menjaga serta mengingatkan wajib pajak yang menjadi kliennya untuk melakukan pelaporan dan pembayaran pajak secara berkala.

Keberadaan jasa konsultan pajak di setiap daerah diharapkan bisa menurunkan angka ketidakpedulian wajib pajak untuk membayar pajak secara rutin dan tepat waktu. Perlu diingat bahwasanya membayar pajak merupakan suatu kewajiban demi meningkatkan perekonomian negara.

4. Memeriksa Laporan Pajak

Cara kerja konsultan pajak selanjutnya adalah memeriksa laporan pajak. Setelah menjalin kerja sama dengan salah satu konsultan pajak, wajib pajak akan menyerahkan informasi pajak kepadanya. Setelah itu, konsultan pajak bertugas untuk memeriksa laporan pajak tersebut.

Data yang berhubungan dengan masalah perpajakan klien nantinya akan diolah lalu dianalisis terlebih dahulu. Pemeriksaan pajak bisa dilakukan dengan efektif dan efisien jika dilakukan oleh profesional. Jika dilakukan sendiri akan membutuhkan banyak waktu dan berpotensi terjadi kesalahan.

5. Membuat Restitusi

Restitusi pajak adalah permohonan pengembalian kelebihan pembayaran pajak. Masalah pajak satu ini bisa dialami wajib pajak orang pribadi maupun badan. Permasalahan ini bisa diselesaikan dengan mudah apabila meminta bantuan konsultan pajak. Tugas konsultan pajak dalam masalah ini adalah untuk menyusun data serta menyampaikan restitusi hingga proses pengembalian kelebihan pembayaran pajak diwujudkan.

Baca Juga : Jasa Konsultasi Pajak via WA | Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak

6. Mendampingi Proses Pemeriksaan

Saat wajib pajak menghadapi masalah perpajakan biasanya akan dilakukan proses pemeriksaan. Dalam proses ini, wajib pajak memiliki hak untuk mendapatkan pendampingan dari konsultan pajak. Ketika proses pemeriksaan berlangsung, konsultan pajak bisa membantu kliennya untuk menjawab pertanyaan yang tidak dipahami. Oleh karena itu, sebelum proses pemeriksaan dilakukan biasanya konsultan pajak akan mempersiapkan data dan dokumen yang dibutuhkan.

7. Menyelesaikan Sengketa

Sengketa perpajakan yang melibatkan uang dengan jumlah besar bisa dialami oleh siapa saja. Dalam menyelesaikan masalah ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup panjang dan prosesnya cukup rumit. Supaya prosesnya bisa berjalan dengan baik disarankan untuk meminta bantuan dari konsultan pajak. Kenapa konsultan pajak? Sebab konsultan pajak memiliki ilmu dan pengetahuan mumpuni mengenai hal ini, termasuk data apa saja yang dibutuhkan dan strategi apa yang akan digunakan.

Nah itulah 7 cara kerja konsultan pajak yang harus diketahui. Perlu diketahui jika konsultan pajak bekerja sesuai dengan permintaan klien. Dalam menyelesaikan masalah pajak konsultan pajak akan mengumpulkan data, menyusun laporan dan mengajukan permohonan untuk restitusi maupun penyelesaian sengketa.

Bagi Anda yang sedang mencari dan membutuhkan jasa konsultan pajak, direkomendasikan untuk menggunakan jasa terbaik, seperti Proconsult.id. Jasa konsultan pajak ini sudah sangat berpengalaman, profesional dan memiliki tim yang berkompeten. Dengan begitu, urusan pajak perorangan maupun perusahaan bisa diselesaikan dengan cepat dan akurat.