Jasa Pengacara Murah Terbaik | Tips Memilih

Pengacara adalah salah satu profesi yang sangat penting di Indonesia, khususnya untuk masalah yang berkaitan dengan hukum. Jasa pengacara akan sangat membantu setiap masyarakat yang memang memiliki urusan dengan hukum dan ingin menyelesaikannya. Anda pun bisa menemukan jasa ini dengan mudah.

jasa pengacara

Jasa pengacara tersebar luas di Indonesia dan memiliki konsentrasi layanan yang berbeda. Nantinya, Anda bisa memilih pengacara tersebut sesuai dengan permasalahan hukum yang Anda hadapi. Meski begitu, dari sekian banyak pengacara Anda tidak bisa memilihnya sembarangan.

Punya Masalah Hukum? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Sebab, tidak semua pengacara tersebut bisa memberikan pelayanan yang baik dan maksimal untuk para klien. Sebagai referensi, inilah beberapa cara memilih jasa yang satu ini yang bisa Anda simak agar tidak salah pilih. Yuk, simak hingga akhir!

Jasa Pengacara Adalah

Jasa Pengacara Adalah

Sumber foto : Wnhplaw.com

Di kehidupan ini pastinya banyak sekali profesi yang ditekuni seseorang. Profesi tersebut berbeda bidang yang ditekuni. Salah satu profesi yang sudah banyak didengar oleh masyarakat adalah pengacara. Namun tahukah Anda pengertian dari profesi tersebut?

Banyak sekali orang menyebutkan pengacara dalam berbagai hal. Namun faktanya banyak diantaranya yang belum mengetahui pengertian dari profesi tersebut. lantas apa itu jasa pengacara? Ketika mendapatkan pertanyaan tersebut maka Anda bisa menjawab bahwa pengertian jasa pengacara adalah seseorang,yang memiliki profesi dalam bidang hukum dan memberikan bantuan hukum.

Baca Juga : Berapa Biaya Pengacara Perceraian Terbaru? Cek Disini

Proses kerja dari seorang pengacara tersebut bisa dilakukan di dalam ruang pengadilan maupun di luar Pengadilan. Meski demikian dalam proses kerjanya seorang pengacara tetap harus bekerja sesuai dan patuh terhadap syarat, yang ada pada ketentuan UU advokat.

Dalam menjalankan profesinya seorang pengacara harus selalu patuh dengan ketentuan dan kode etik, yang dimilikinya sebagai advokat Indonesia. Layanan jasa ini berbeda dengan penyedia jasa hukum lainnya. seperti jasa notaris maupun konsultan HAKI. Sehingga untuk bidang pekerjaannya juga berbeda antara kedua profesi tersebut.

Manfaat

jasa pengacara

Pengacara merupakan seseorang yang bertugas dalam bidang hukum. Hal ini menjadikan tugasnya sangat kompleks karena ranah hukum juga sangat luas. Namun perlu diketahui bahwa banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh pengacara bagi masyarakat.

Dalam hal ini pengacara memiliki manfaat dalam mewakili kepentingan clientnya, yang mencoba untuk menyelesaikan perselisihan. Bukan hanya itu saja masih banyak tugas yang dimiliki oleh pengacara ketika bertugas dan menjalankan profesinya. Namun sebagai masyarakat Anda bisa mengetahui manfaatnya ketika Anda menggunakan jasa satu ini, yaitu:

Punya Masalah Hukum? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

  1. Membuat proses penyelesaian masalah hukum menjadi mudah dan cepat.
  2. Masyarakat tidak perlu lagi pusing dan bingung memikirkan permasalahan yang tidak dimengertinya.
  3. Masyarakat hanya perlu terima jadi karena semua proses penyelesaiannya sudah diselesaikan oleh pengacara.
  4. Memiliki seorang pengacara akan memberikan batasan bagi individu untuk mengetahui keputusan terbaik untuk dilakukan. Selain itu dengan nasehat yang ada akan membuat individu terhindar dari permasalahan hukum.
  5. Menggunakan pengacara akan memberikan keadilan dan kesatuan hukum. Dimana Anda bisa mendapatkan hak secara tepat.
  6. Segala proses persidangan mulai dari tahap persiapan, pelaporan dan penyelesaian akan dibantu oleh pengacara.
  7. Sebagai seorang client Anda bisa fokus pada pekerjaan, kegiataan sehari-hari atau usaha yang tengah dijalankan.
  8. Membuat proses penyelesaian masalah hukum menjadi lebih efisien.
  9. Melindungi hak dan kewajiban yang dimiliki.
  10. Sebagai masyarakat Anda bisa menegakkan hukum Anda sendiri dengan baik.

Jenis

Jenis Jasa Pengacara

Sumber foto : Lawyer-monthly.com

Perkembangan dunia membuat permasalahan yang ada saat ini bervariasi. Hal tersebut juga berlaku dalam bidang hukum, dimana permasalahannya tidak hanya pada satu sektor. Saat ini beberapa sektor kehidupan tidak terlepas dari konsekuensi hukum yang menyertainya.

Maka dari itu untuk membantu proses penyelesaiannya yang maksimal. Terdapat beberapa jenis pengacara yang sesuai dengan permasalahan client tersebut. berikut ini adalah beberapa jenis pengacara yang bisa Anda ketahui, yaitu:

1. Pengacara Perceraian

Profesi pengacara satu ini merupakan jasa pengacara yang akan membantu masyarakat dalam proses penyelesaian masalah perceraian. Bukan hanya membantu proses penyelesaian sampai selesai, namun jasa ini juga bertugas dalam beberapa hal lainnya. seperti hak waris dan hak asuh.

2. Pengacara Hutang Piutang

Pengacara hutang piutang merupakan seorang tenaga pengacara yang memang terfokus untuk membantu client dalam menyelesaikan masalah terkait hutang piutang. Hutang adalah permasalahan yang sering dialami oleh masyarakat di Indonesia. Sedangkan ketika Anda memiliki masalah terkait hal tersebut dapat menggunakan layanan pengacara satu ini.

Baca Juga : Jasa Pengacara Perceraian Murah | Tips Memilih

3. Pengacara Sengketa Tanah

Tanah masuk dalam kategori harta yang bernilai. Sehingga seringkali jenis harta kekayaan tersebut juga terkena permasalahan sengketa. Maka dari itu ketika Anda mengalami masalah sengketa terkait gugatan dan lainnya, silahkan untuk menggunakan pengacara sengketa tanah.

4. Pengacara Pidana

Pengacara pidana adalah pengacara yang bertugas untuk menyelesaikan permasalahan client yang berkaitan dengan kasus pidana dan perkara pidana.

5. Pengacara Perdata

Sedangkan pengacara perdata merupakan tenaga pengacara profesional, yang bertugas untuk membantu client dalam menyelesaikan kasus perdata. Hal ini dapat berupa memberikan konsultasi, bantuan hukum sampai dengan permasalahan. Berbeda dengan kasus pidana maka kasus perdata ini akan berkaitan dengan data-data dan dokumen yang dinilai memiliki kesalahan dan digugat dalam pengadilan.

6. Pengacara Kartu Kredit

Pengacara kartu kredit merupakan jasa profesional, yang nantinya akan membantu Anda dalam menyelesaikan permasalahan terkait kartu kredit. Hal ini terkait hutang kartu kredit yang dimiliki oleh client.

Biaya

jasa pengacara

Selain mengetahui pengertian dari pengacara maka selanjutnya Anda perlu mencari informasi terkait biaya, yang dimiliki oleh jasa tersebut. Pengacara memiliki patokan harga, yang nantinya akan menjadi patokan baku untuk dibebankan kepada clientnya.

Perlu masyarakat ketahui bahwa pengacara akan menentukan biaya jasa sesuai dengan ketentuan pada UU. Sedangkan pengacara memiliki Lawyer Fee atau standar dalam hal penentuan imbalan jasa. Sehingga besaran pemungutannya tidak ditentukan secara asal sebatas ingin mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Namun memang pengacara memiliki standar penentuan tarif yang telah diatur oleh UU.

Pada UU Advokat dapat diketahui bahwa penentuan biaya pengacara berdasarkan beberapa hal berikut ini, yaitu:

1. Imbalan Jasa

Merupakan sejumlah imbalan yang memang harus dibayarkan oleh client sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

2. Wajar

Penentuan besaran imbalan jasa dari pengacara akan ditetapkan secara wajar. Dasar acuan penetapan tarif pengacara tersebut sesuai dengan ketentuan pada Lawyer Fee. Pengacara perlu menetapkan biaya secara wajar yang ditentukan dengan kepentingan dan kemampuan seorang client.

3. Sesuai dengan Kepentingan

Selain harus memberikan biaya yang wajar dan sesuai dengan kepentingan client. Seorang pengacara juga harus membebankan biaya yang dibenarkan dan memang sesuai dengan keperluan client, yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan hukumnya.

Jika Anda ingin menggunakan pengacara Anda juga perlu mengetahui jenis biaya yang dibebankan kepada client. Berikut ini informasinya secara lengkap:

Punya Masalah Hukum? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

a. Consultant Fee

Jenis biaya ini merupakan tarif yang akan dibebankan dalam hal pemeriksaan berkas perkara atau audit. Pendapat hukum atau legal opinion dan konsultasi juga akan dibebankan biaya ini.

b. Lawyer Fee

Biaya ini merupakan imbalan jasa profesional dan pemakaian layanan hukum.

c. Operational Fee

Merupakan biaya operasional yang digunakan oleh pengacara dalam penyelesaian masalah client.

d. Success Fee

Merupakan biaya imbalan dari pemakaian pengacara yang berhasil menjalankan kuasa sesuai dengan keinginan client.

e. Retainer Fee

Jenis biaya ini merupakan biaya berupa uang muka yang akan diberikan oleh client kepada pengacara.

Tugas

Tugas Jasa Pengacara

Sumber foto : Prosperlaw.com.au

Pengacara merupakan tenaga profesional yang bisa digunakan oleh masyarakat dalam hal kebutuhan jasa. Sedangkan beberapa jasa yang bisa diberikan oleh pengacara tersebut sesuai dengan acuan dan tugas yang dimiliki. Berikut ini adalah tugas pengacara yang bisa Anda ketahui, yaitu:

Baca Juga : Jasa Pengacara Kepailitan Terbaik | Tips Memilih

  1. Memberikan konsultasi hukum kepada klien terkait permasalahan yang dimiliki.
  2. Memberikan bantuan hukum kepada client, pencari keadilan dan tersangka sesuai dengan ketentuan UU.
  3. Menjalankan kuasa yang dibebankan kepadanya.
  4. Mewakili, membela, mendampingi dan melakukan beberapa tindakan hukum yang lainnya, sesuai dengan peraturan UU. Hal ini untuk menjalankan tugasnya sebagai pengacara dan kepentingan hukum yang dimiliki client.
  5. Merahasiakan segala hal yang terkait privasi dan permasalahan client.
  6. Memberikan nasihat hukum kepada orang yang membutuhkan.

Tips Memilih

jasa pengacara

Setelah membaca penjelasan diatas, maka Anda sudah mengetahui pengertian dari jasa pengacara. Sehingga bagi Anda yang membutuhkan jasa bantuan layanan hukum, tentu dapat berpikir untuk memakai jasa satu ini. hal tersebut sejalan dengan perkembangan teknologi di dunia saat ini, yang semakin waktu semakin berkembang secara pesat. Dunia modern membuat masalah dalam bidang apapun terutama hukum semakin meningkat pesat dan bervariasi.

Maka dari itu berdasarkan hal tersebut Anda membutuhkan layanan pengacara, yang bertugas untuk membantu proses hukum Anda. Sebab masalah hukum tersebut tidak hanya dikenakan kepada perusahaan atau badan saja. Saat ini semakin banyak perorangan yang bisa terkena masalah hukum. Maka dari Itu untuk membantu proses penyelesaian masalah secara cepat dan tepat, Anda perlu menggunakan pengacara.

Beberapa masalah hukum yang membutuhkan pengacara tentunya bervariasi. Namun beberapa contohnya seperti perceraian, pembelian properti, surat wasiat dan ketentuan lainnya. sehingga jika Anda membutuhkan bantuan profesional dalam bidang hukum, silahkan untuk menggunakan pengacara dengan memperhatikan beberapa tips di bawah ini:

1. Mengetahui Bidang Keahlian

Perlu diketahui oleh masyarakat luas bahwa profesi seorang pengacara di Indonesia saat ini tidak hanya satu jenis bidang saja. Sejalan dengan banyaknya masalah hukum yang ada, maka pengacara terdapat berbagai kualifikasi bidang. Hal ini untuk membantu client dalam menyelesaikan masalahnya dengan maksimal.

Sehingga bisa dikatakan bahwa pengacara saat ini dibedakan menjadi beberapa bidang, yang sesuai dengan keahliannya. Maka dari itu tidak mungkin bagi Anda untuk menyerahkan persoalan kepada pihak yang bukan ahlinya.

Oleh sebab itu untuk menghindari kemungkinan tersebut, silahkan untuk berhati-hati dalam tahap pemilihan jpengacara. Pertama adalah pastikan Anda mengetahui bahwa tidak semua pengacara memiliki kemampuan pada seluruh bidang hukum.

Pastikan Anda menggunakan layanan pengacara, yang mempunyai keahlian sesuai dengan bidang hukum permasalahan Anda. Sebagai contoh adalah ketika Anda mengalami kasus perceraian, usahakan untuk memilih pengacara perceraian. Hal ini akan memudahkan proses penyelesaiannya menjadi lebih mudah dan cepat. Berbeda jika Anda tidak memperhatikan hal tersebut maka proses penyelesaian bisa terhambat.

2. Track Record

Tidak bosan-bosan dijelaskan bahwa dalam memilih seorang tenaga ahli dan profesional Anda perlu mengetahui track recordnya. Hal ini menjadi dasar penentuan pemilihan yang tidak boleh sampai dilewatkan. Pastikan Anda tidak mengambil risiko dengan menggunakan pengacara tanpa tahu riwayat dan latar belakangnya terlebih dahulu.

Dalam tahapan ini usahakan Anda jeli dalam mengetahui dan menggali informasi terkait jasa layanan pengacara tersebut. saat ini banyak sekali jalan yang bisa Anda gunakan untuk mencari informasi tersebut. Gunakanlah seluruh platform yang tersedia untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya, entah itu melalui media online maupun offline. Anda juga bisa bertanya kepada pihak, yang sebelumnya pernah memakai jasa layanan pengacara yang ingin Anda gunakan.

Punya Masalah Hukum? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

3. Mengetahui Lisensinya

Tips selanjutnya yang harus Anda lakukan dalam menggunakan pengacara adalah mengetahui lisensi yang dimiliki. Selain itu Anda juga perlu memastikan dan mengecek kebenaran data yang ada pada lisensi tersebut.

Perlu diketahui bahwa lisensi seorang pengacara akan dikeluarkan langsung oleh organisasi advokat. Hal ini sesuai dengan bunyi dan ketentuan pada UU. Sedangkan bagi masyarakat yang hendak mengecek lisensi dari seorang pengacara tersebut, pastikan untuk mencari informasinya pada situs web resmi, yang dimiliki oleh organisasi advokat tempat pengacara tersebut mendaftar.

4. Jujur

Selanjutnya jangan lupa untuk menggunakan pengacara yang jujur dan bertanggung jawab. Hal ini akan membantu Anda dalam menyelesaikan masalah hukum secara baik. Kejujuran adalah salah satu sikap wajib, yang harus dimiliki oleh semua orang. Terlebih bagi seorang pengacara, yang menyediakan layanan jasa kepada masyarakat.

Pastikan Anda memilih pengacara yang jujur kepada client. Hal tersebut terkait dengan transparansi proses penyelesaian masalah yang ada. Selanjutnya pastikan juga Anda menggunakan pengacara yang mampu bersikap jujur terhadap peraturan hukum yang ada. Sehingga dalam bekerja pengacara tersebut patuh terhadap aturan hukum yang berlaku dan UU.

5. Biaya Jasa Pengacara

Hal berikutnya yang tidak kalah penting dan harus dilakukan adalah dalam aspek biaya. Saat ini banyak sekali pengacara yang bisa Anda gunakan di masyarakat. keseluruhan jasa tersebut mempunyai biaya layanan yang tidak sama. Sehingga hal ini dapat menjadi pilihan bagi masyarakat, untuk memilih layanan pengacara sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Biaya adalah salah satu poin penting yang tidak boleh sampai dikesampingkan oleh masyarakat yang ingin memakai jasa dari pengacara. Sebab biaya tinggi tidak selalu menjadi takaran kualitas dari seorang pengacara tersebut. ketika Anda menerapkan beberapa tips di atas tentang proses pemilihan pengacara, maka Anda bisa menggunakan  pengacara terbaik dan berkualitas.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas maka Anda sudah bisa mengetahui bahwa jasa pengacara ini berperan penting dalam masyarakat. Kehadirannya mampu membantu masyarakat dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada terkait hukum.

Sehingga bagi masyarakat yang tidak mempunyai pengetahuan dan pemahaman terkait hukum akan mendapatkan keadilan dan kesempatan sama. Maka dari itu bagi Anda yang ingin menggunakan pengacara pastikan memahami informasi dasar diatas.

Jika Anda ingin mencari pengacara murah terbaik, silahkan untuk menggunakan jasa dari Proconsult.id. Disini semua permasalahan hukum yang Anda miliki akan dibantu proses penyelesaiannya oleh jasa profesional di bidangnya.

Pengacara dari Proconsult.id sudah banyak membantu masyarakat dalam rangka menyelesaikan masalah hukum yang ada. Hal ini membuktikan bahwa kualitas penyelesaiannya memang terbaik dan tidak diragukan lagi.

jasa pengacara