Perpu 1 Tahun 2020 Untuk Penanganan Pandemi Covid-19

Perpu 1 Tahun 2020 untuk Penanganan Pandemi Covid-19 penting diketahui. Jika punya masalah pajak lainnya bisa menghubungi jasa konsultasi pajak Alberth Limandau Alikin, S.H di nomor 081350882882Masih ingatkah Anda dalam masa kelam sewaktu pandemi covid-19? Pastinya banyak orang merasa trauma cukup mendalam ketika mengingat terjadinya pandemi covid-19. Sebab ada banyak sekali korban jiwa dan harta sewaktu pandemi tersebut.

Proconsult

Pandemi covid-19 tidak hanya wabaah yang menyerang kesehatan manusia. Namun juga memberikan pengaruh perekonomian, pertahanan nasional, keuangan bahkan kestabilan negara. Sehingga aspek perpajakan juga menjadi sektor riskan, yang tidak terlepas dari dampak covid-19.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Pemerintah dalam menyikapi pandemi tersebut juga tentunya terus berupaa dalam mengeluarkan berbagai kebijakan. Salah satunya di bidang perekonomian dan perpajakan seperti Perpu 1 tahun 2020. Berikut adalah penjelasan lengkeap mengenai Perppu tersebut untuk Anda ketahui.

Apa Itu Perpu 1 Tahun 2020?

Apa Itu Perpu 1 Tahun 2020

Sumber foto : Kontras.or.id

Ruang lingkup perpajakan menjadi salah satu acuan penting dalam melaksanakan berbagai program negara oleh sebab itu sektor perpajakan menjadi salah satu instrumen penting, yang ada dalam ruang lingkup keuangan.

Pada masa pandemi Covid-19 keuangan di Indonesia sudah pasti mengalami dampak cukup besar. Oleh sebab itu muncul berbagai kebijakan negara, yang diharapkan mampu menjadi solusi mengatasi krisis semasa pandemi Covid-19.

Salah satu bentuk kebijakan tersebut adalah mengenai Perpu 1 tahun 2020. Lantas apakah yang disebut sebagai Perpu 1 tahun 2020?

Baca Juga : WhatsApp Pajak 081350882882, Konsultasi Pajak Disini

Pengertian Perpu 1 Tahun 2020 adalah sebuah kebijakan keuangan negara serta stabilitas keuangan. Tujuannya adalah demi menangani dampak dari pandemi Covid-19 serta menghadapi ancaman yang membahayaakan perekonomian nasional maupun stabilitas sistem keuangan.

Secara umum Perpu 1 Tahun 2020 adalah sebuah kebijakan, yang mengatur tentang cara pemerintah dalam menangani krisis semasa pandemi Covid-19. Perpu 1 Tahun 2020 layaknya sebuah dasar hukum, yang memudahkan proses pengelolaan keuangan negara dalam menghadapi situasi krisis tersebut.

Melalui aturan tersebut memungkinkan bagi pemerintah, untuk bisa bertindak cepat dalam berbagai situasi darurat. Selanjutnya pengesahan Perpu tersebut juga akan menjadi UU, yang dapat menunjukkan komitmen dari pemerintah serta parlemen dalam menghadapi tantangan berupa pandemi global.

Proconsult

Secara sederhana Anda dapat menyimpulkan bahwa Perpu 1 Tahun 2020 tidak hanya sebagai kerangka kerja pemerintah. Namun juga menyediakan manfaat dalam proses menjaga keuangan dan stabilitas ekonomi suatu negara.

Perlu Anda ketahui juga bahwa saat ini Perpu No. 1 Tahun 2020 tersebut telah disahkan menjadi UU. Anda dapat mengetahuinya pada UU No. 2 Tahun 2020.

Saat ini banyak negara lain termasuk Indonesia sedang menghadapi pandemi virus corona. Wabah ini bukan hanya membawa masalah kesehatan, tetapi juga membawa implikasi ekonomi yang sangat luas.

Perpu ini memberikan fondasi bagi pemerintah, bagi otoritas perbankan, dan bagi otoritas keuangan untuk melakukan langkah-langkah luar biasa dalam menjamin kesehatan masyarakat, menyelamatkan perekonomian nasional, dan stabilitas sistem keuangan.

Perpu ini terdiri dari 46 halaman, dengan 29 pasal. Hal-hal yang mendasar mengenai Perpu ini dapat Anda download file dibawah ini.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Perpu 1 Tahun 2020 Untuk Penanganan Pandemi Covid-19

Perpu 1 Tahun 2020 Untuk Penanganan Pandemi Covid-19

Sumber foto : Pshk.or.id

Hadirnya pandemi Covid-19 tidak hanya membuat bingung banyak individu atau masyarakat. namun juga bagi pemerintah, yang tentunya dalam sejarah peradaban baru pertama kali mengaalami krisis dan bencana global seperti wabah tersebut.

Oleh karenanya muncul berbagai aturan dan mekanisme baru, yang bertujuan dalam mengatasi pendemi tersebut. Atau mungkin membantu mengatasi dampak serta memberikan keringanan kepada masyarakat, yang tengah mengalami wabah tersebut.

Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang aatau Perppus tersebut menjadi salah satu ketentuan, yang hadir semasa pandemi covid-19. Perppu tersebut berisi tentang kebijakan keuangan negara serta stabilitas sistem keuangan.

Baca Juga : Biaya Konsultan Pajak Bulanan Terbaru

Secara sederhana dapat diketahui bahwa menurut Perpu tersebut terdapat penambahan pada anggaaran belajar serta pembiayaan APBN tahun 2020. Khususnya demi kebutuhan penanganan Covid-19.

Tidak tanggung-tanggung total penambahan anggaran belanja serta pembiayaan alam APBN di tahun 2020 tersebut mencapai angka Rp. 405, 1 triliun. Tentunya nilai yang cukup fantastis untuk disebut sebagai penambahan anggaran, yang nominalnya sangatlah besar.

Berikut adalah beberapa isi mengenai Perpu 1 Tahun 2020, yang lahir dalam proses penanganan pandemi covid-19, yaitu:

1. Penyesuaian alokasi dana untuk bagi hasil yang dilakukan berlandaskan pada perkembangan ekonomi maupun penerimaaan negara. Dalam hal ini berdasarkan Perpu No 1 Tahun 2020 pemerintah secara jelas menekankan adanya penyesuaianm terhadap alokasi dana bagi hasil. DBH tersebut digunakan sebagai respon pada perkembangan ekonomi dan penerimaan negara secara fluktuatif.

Berikutnya dana bagi hasil tersebut juga merupakan dana, yang nantinya dibagikan kepada setiap daerah berdasarkan pada perolehan sumber daya alam maupun pengumpulan pajak di wilayahh.

Penyesuaian tersebut dianggap sangat penting dalam masa pandemi covid-19. Khususnya dalaam memastikan bahwa proses distribusi dana tetap berjalan secara adil serta penyesuaiannya dilakukan dengan kondisi ekonomi terkini. Hal ini juga berperan penting dalam menjaga stabilitas fiscal yang baik pada tingkat pusat maupun daerah.

Proconsult

2. Adanya penyesuaian untuk alokasi dana alokasi umum per daerah, yang didasrkan pada kriteria tertentu yang telah ditetapkan oleh Menteri Keuangan. Hal ini menjelaskan bahwa dalam peraturan tersebut juga mencakup mengenai penyesuaian Dana Alokasi Umum per daerah. Aktivitas tersebut nantinya akan ditentukan oleh Menteri Keuangan berlandaskan pada kriteria tertentu.

Selanjutnya DAU tersebut juga merupakan sebuah dana yang diberikan pemerintah pusat kepada daerah tanpa memerlukan syarat khusus. Fungsinya adalah demi pendanaan kebutuhan daerah.

Selanjutnya untuk kriteria penyesuaiannya akan mencakup faktor-faktor seperti halnya kebutuhan fiscal, kapasitas fiscal, luas wilayah dan lain sebagainya. Tujuan aktivitas ini adalah demi memastikan bahwa dana yang telah disediakan tersebut sesuai pada kebutuhan serta karakteristik masing-masing daerah. Sehingga nantinya mampu menciptakan pembangunan secara adil dan merata.

3. Adanya penambangan maupun pengurangan alokasi dana transfer khusus, pengalihan alokasi diantara bida DAK Fisik serta penyesuaian pemakaian Dana Transfer Khusus. Hal tersebt dapat terjadi karena adanya berbagai kondisi tertentu, yang perlu pemaakaian anggaran secara mendesak.

Pada Perpu Tahun 2020 No. 1 dijelaskan mengenai wewenang, yang diberikan dalam melakukan penyesuaian pada Dana Transfer Khusus. Dimana didalamnya akan mencakup Dana Alokasi Fisik maupun pengalokasian pada berbagai bidang.

Kebijakan kali ini diterapkan secara mendesak ketiga menghadapi situasi bencana, keadaan darurat maupun pembangunan mendesak. Tujuannnya adalah memastikan bahwa danaa tersebut nantinya dapat dipakai secara efisien dengan memperhatikan angka prioritasnya.

4. Penyesuaian pagu anggaran dana desa. Sementara itu dalam Perpu tersebut juga secara jelas mengatur mengenai penyesuaian pagu anggaran dana desa. Hal tersebut merupakan dana, yang naantinya dialokasikan dari APBN untuk desa demi mendukung proses pembangunan serta pemberdayaan masyarakat desa.

Penyesuaian pagu tersebut juga akan menjadi wujud akomodasi perubahan kebutuhan serta kondisi desa dan bertujuan dalam mendukung prioritas desa secara fleksibel. Sehingga berbagai kebutuhan maupun potensi tersebut dapat terlaksana demi terciptanya kesejahteraan masyarakat desa.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Tips Memilih Konsultan Pajak Online

Tips Memilih Konsultan Pajak Online

Sumber foto : Online-pajak.com

Impilikasi pada Perpu tahun 2020 No. 1 hanya salah satu dari banyaknya aturan di bidang perpajakan, yang mengalami pergantian berkaitan pada kondisi tertentu. Hal ini menjelaskan bahwa aspek perpajakan tersebut terbuka pada semua kemungkinan.

Berdasarkan penjelasan tersebut sudah pasti sebagai wajib pajak nantinya Anda memiliki aktivitas penting, untuk menerapkan berbagai aturan tersebut secara baik. Dengan melaksanakan aktivitas pajak berdasarkan pada aturan yang ada, maka Anda dapat melakasanakan kegiatan pajak secara tepat.

Pastinya masih ada banyak sekali perubahan aturan pajak, yang sering kali terjadi di bidang perpajakan. Bahkan sebagai wajib pajak Anda juga harus mengetahui bahwa berbagai aturan tersebut sering kali mengalami perubahan.

Atas dasar situasi tersebut sudah menjadi kewajiban Anda sebagai wajib pajak, untuk memahami bagaimaana pelaksanaan pajak seharusnyaa dilakukan. Oleh sebab itu pastikan untuk memanfaatkan jasa konsultan pajak sebagai tenaga terpercaya di bidang pajak.

Konsultan pajak tersebut adalah tenaga ahli, yang nantinya bisa membantu Anda mengatasi semua persoalan pajak. Dalam hal ini konsultan pajak juga akan menjalankan semua tanggung jawab perpajakan Anda secara tepat sesuai ketentuan yang ada.

Baca Juga : Konsultan Pajak Bisnis Online 081350882882

Namun sebelum itu silahkan untuk memilih tenaga konsultan pajak secara tepat. berikut adalah tips untuk memilih tenaga konsultan pajak, yang bisa Anda terapkan:

1. Sertifikat

Dalam memilih konsultan pajak tentunya wajib pajak harus bisa mendapatkan tenaga profesional secara tepat. sebenarnya ada banyak sekali panduan, yang dapat diterapkan dalam memilih tenaga perpajakan.

Dalam melaksanakan pemilihan tenaga konsultan pajak pastikan, untuk memperhatikan keberadaan sertifikat profesinya. Berdasarkan penjelasan tersebut perlu diketahui bahwa konsultan pajak tersebut akan memiliki peran, untuk menyediakan layanan konsultasi pajak sesuai tingkat keahlian pada sertifikat konsultan pajaknya.

Di Indonesia setidaknya ada 3 jenis sertifikat konsultan pajak, yang harus dikenali oleh wajib pajak. Khususnya ketika Anda ingin melakukan pemilihan tenaga konsultan pajak secara mudah. Sehingga keberadaaan sertifikat konsultan pajak tersebut harus diperhatikan.

Pertama adalah sertifikat konsultan pajaak tingkat A, yang ditujukan pada kemamapuan pajak bagi WP perorangan. Sehingga konsultan pajak tersebut akan membantu Anda untuk menjalankan hak serta tanggung jawab perpajakan.

Berikutnya adalah sertifikat tingkat B, yang menunjukkan pengetahuan konsultan pajak Bagai wajib pajak badan. Sehingga bagi perusahaan di dalam negeri dapat memanfaatkan konsultan pajak tersebut untuk membantu mengatasi semua persoalan pajaknya.

Terakhir adalah konsultan pajak tingkat C yang menjadi tingkatan tertinggi di bidang perpajakan. Tenaga konsultan pajak tersebut nantnya akan membantu pengurusan pajak internasional kepada semua wajib pajak.

2. Mengenali Bisnis yang Dilakukan

Berikutnya tips dalam proses pemilihan konsultan pajak dapat dilakukan dengan mengenali bisnis terlebih dahulu. Jika Anda merupakan wajib p;ajak badan, maka ketahui dulu apa jenis atau bidang usaha yang dijalankan.

Jika jenis perusahaan yang dijalankan masuk kategori biasa, maka  hindari memilih konsultan pajak bersertifikat A. Sesuai penjelasan sebelumnya sertifikat tingkat A tersebut menunjukkan pemahamannya di bidang pajak bagi wajib pajak perorangan.

Berdasarkan case tersebut bagi wajib pajak badan dapat memilih konsultan pajak dengan sertfikatr B. sehingga nantinya konsultan pajak tersebut dapat dengan mudah membantu mengatasi semua permasalahan pajak Anda.

Berikutnya jika Anda merupakan wajib pajak dengan kategori Bentuk Usaha Tetap atau BUT, maka silahkan memilih jasa pajak bersertifikat C. dengan begitu kualifikasi jasa perpajakan yang Anda perlukan sangat tepat, untuk membantu proses perpajakan tersebut.

Begitu selesai mengetahui jenis bisnis tersebut, maka Anda adapat memilih tenaga perpajakan secara tepat bagi kebutuhan masing-masing. Oleh sebab itu langkah kali ini menjadi salah satu kebutuhan penting, yang pastinya tidak boleh dilewatkan.

3. Pengalaman dan Profesionalitas

Proconsult

Tips berikutnya dalam memilih tenaga konsultan pajak dapat dilakukan dengan memperhatikan profesionalitas serta pengalamannya. Tentu saja aspek tersebut dapat diperhatikan dengan mengeceknya lewat track record konsultan pajak.

Melalui track record tersebut Anda sebagai wajib pajak dapat melihat bagaimana cara kerja konsultan pajak dalam menangani persoalan pajaknya. Pastikan juga bahwa konsultan pajak pilihan Anda tersebut tidak pernah melakukan pengemplaangan pajak.

Disini Anda juga harus memastikan bahwa konsultan pajak memiliki kepatuhan pada aturan perpajakan. Sehingga ketika menjalankaan aktivitas pajak Anda pihaknya tidak akan melanggar ketentuan yang ada.

Aspek kali ini menjadi salah satu kebutuhan penting, yang harus Aanda perhatikan secara baik. Kepatuhan dan profesionalitas tersebut adalah salah satu poin penting untuk menjamin penyelesaian masalah pajak berjalaan secara baik.

Sementara itu pengalaman juga mencakup berapa lama jasa perpajakan tersebut menekuni profesinya. Tentunya semakin lama pihaknya menekuni profesi tersebut akan membuktikan pemahamannya di bidang perpajakan.

Konsultan pajak profesional dan sudah bekerja dalam kurun waktu lama akan menjadi nilai tambah. Namun perlu diketahui bahwa biasanya jasa konsultan pajak dengan ciri tersebut cenderung memiliki biaya lebih tinggi. Namun sudah pasti hasil kerjanya tidak perlu diragukan lagi.

4. Ketersediaan Layanan

Sementara itu dalam memilih konsultan pajak Anda juga perlu menyesuaikan pada ketersediaan layanannya. Hal ini menjadi salah satu faktor penting, yang harus diperhatikan secara baik. Tujuannya agar ketika sudah memilih konsultan pajak pihaknya mampu mengatasi persoalan Anda dengan baik.

Secara umum konsultan pajak memunyai banyak sekali layanan, yang nantinya dapat dipilih oleh wajib pajak. Oleh karenanya silahkan untuk memilih tenaga konsultan pajak, yang menyediakan layanan relevan pada kebutuhaan masing-masing.

Aspek kali ini akan membantu Anda menemukan tenaga konsultan pajak secara tepat. bahkan tips kali ini menjadi strategi ideal, untuk mendapatkan konsultan pajak sesuai kebutuhan.

Saat ini tersedia berbagai layanan, yang pastinya antara konsultan pajak satu dengan lainnya tidak sama. Maka dari itu sebelum fiks memilih pastikan menggali informasi sebanyak-banyaknya. Terutama informasi mengenai apa saja layanan dari konsultan pajak tersebut.

5. Biaya

Terakhir adalah memperhatikan berapa biaya, yang harus dikeluarkan. Sebelum menggunakan konsultan pajak pastinya Anda harus mempersiapkan sejumlah biaya tertentu.

Dalam hal ini kemampuan keuangan setiap individu tidaklah sama. Sedangkan dari sekian banyaknya konsultan pajak di Indonesia juga mempunyai rentang tarif berbeda-beda. Oleh sebab itu pastikan memilih konsultan pajak secara tepat dengan memperhatikan biaya tersebut.

Silahkan Anda memilih konsultan pajak, yang memiliki biaya sesuai kemampuan finansial. Artinya biaya tersebut tidak terlalu tinggi atau bahkan terlalu rendah. Dengan begitu Anda dapat memakai layanan jasa konsultan pajak secara nyaman tanpa perlu merasa keberatan.

Informasi Kontak Jasa Konsultasi Pajak Online

ALBERTH LIMANDAU ALIKIN, S.H.

NIA : 01. 002683

SK Pengangkatan : 11.2682/SKEP-ADV/PPKHI/VIII/2022

Email : alberthmandau@gmail.com

Whatsapp : 081350882882

Facebook : https://web.facebook.com/alberth.alikin

Instagram : https://www.instagram.com/alberthmandau

Office : Jl. Ngagel Tirto II No. 44 Surabaya

Kesimpulan

Itulah Perpu 1 Tahun 2020 Untuk Penanganan Pandemi Covid-19. Berdasarkan penjelasan diatas dapat diketahui bahwa Perppu Nomor 1 Tahun 2020 lahir di masa pandemi Covid-19. Banyak orang juga menyebutnya sebagai Perpu untuk penanganan wabah global tersebut di Indonesia.

Aturan ini merupakan ketentuan mengenai kebijakan keuangan negara beserta stabilitas keuangan. Tujuannya tidak lain adalah demi penanganan pandemi corona virud serta menghadapi ancaman, yang nantinya membahayakan perekonomian nasional serta stabilitas keuangan.

Lahirnyaa aturan tersebut tentunya membuat banyak rakyat merasa sedikit lega. Mengingat pandemi covid tersebut menjadi ancaman cukup serius, yang nantinya dapat menggoyahkan tatanan perekonomian secara global.

Dalam hal ini Perpu tersebut juga erat kaitannyaa pada kebijakan di bidang perpajakan. Oleh sebab itu bagi Anda yang ingin menjalankan aktivitasnya secara baik bisa mulai memanfaatkan tenaga konsultan pajak.

Konsultan pajak tersebut akan membantu Anda dalam menjalankan aktivitas pajak sesuai ketentuan terbaru. sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk meyelesaikan aktivitas pajak tersebut secara baik.

Pastikan untuk menggunakaan tenaga konsultan pajak terpercaya di Proconsult.id. disini Anda akan mendapatkan tenaga jasa terpercaya secara mudah. oleh sebab itu percayakan semua urusan pajak Anda bersama layanan profesional hanya di Proconsult.id.

Proconsult