Tarif Biaya Jasa Pengacara Perdata dan Layanan

Biaya jasa pengacara perdata apakah sama dengan pengacara pidana? Hal ini tentu masih menjadi pertanyaan banyak orang. Bagi masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan kuasa hukum untuk menghadapi masalah perdata tentu informasi tarif  pengacara sangat penting. Di sini akan dibahas secara jelas dan singkat mengenai biaya jasa pengacara perdata.

Peran seorang pengacara perdata sama pentingnya dengan pengacara pidana.Tanpa adanya pencara tersebut tentu orang yang sedang ada masalah perdata akan kesulitan dalam menyelesaikannya. Biaya jasa pengacara perdata pun dapat dikatakan beragam. Dilihat dari jenis masalah apa yang dihadapi.

Cari Pengacara Perdata? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Agar bisa lebih jelas lagi, mari simak penjelasan singkat tentang biaya jasa pengacara perdata dan layanan yang ditawarkan.

Apa Itu Pengacara Perdata

Apa Itu Pengacara Perdata

Sumber foto : Konsultanhukum.web.id

Jika dilihat dari artinya dalam dunia hukum perdata ini merupakan masalah yang bersifat pribadi. Perdata di sini menekankan hubungan baik antar individu maupun individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok.

Pengacara perdata di sini lebih sering berkaitan dengan hal yang ada hubungannya dengan kerugian yang dihadapi klien baik itu secara materiil maupun immateriil. Kerugian yang dimaksud di sini disebabkan oleh ingkar janji atau perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh individu atau kelompok atas hak yang seharusnya didapatkan oleh seseorang atau kelompok.

Oleh karena itu seseorang atau sekelompok orang bisa mengajukan kerugian yang dialami secara perdata. Pengajuan tersebut dapat dilakukan melalui pengadilan negeri atau pengadilan agama setempat.

Baca Juga : Biaya Pengacara Perdata Terbaru dan Terupdate

Di sini pengacara perdata harus bisa memahami dengan baik dua hal penting tentang unsur perbedaan dari perbuatan melawan hukun dengan wanprestasi atau ingkar janji. Jika seorang pengacara tidak bisa memahami perbedaan tersebut, nanti akan sulit untuk bisa memenangkan sebuah perkara yang sedang dihadapi di pengadilan.

Umumnya memang gugatan yang diajukan baik oleh individu maupun kelompok ke pengadilan dalam perkara perdata merupakan dua bagian kalau tidak perbuatan melawan hukum maka tentang wanprestasi atau ingkar janji. 

Jadi dapat dikatakan di sini pengertian pengacara perdata adalah orang ahli hukum yang menangani kasus tersebut. Tujuannya untuk membantu klien mendapatkan hak dan memperjuangkan upaya hukum serta melancarkan proses pengadilan.

Tugas Pengacara Perdata

Tugas seorang pengacara baik itu dalam kasus pidana maupun perdata dapat dikatakan tidak jauh berbeda. Peran seorang pengacara adalah untuk membantu klien mendapatkan keadilan dan haknya sesuai hukum yang berlaku.

Di sini ada beberapa tugas pengacara perdata yang perlu diketahui oleh masyarakat, diantaranya:

1. Memberikan Nasihat Hukum

Tugas pertama seorang pengacara adalah memberikan nasihat hukum kepada klien. Ini penting karena klien biasanya tidak memahami apa yang menjadi masalah dan seperti apa hukum yang akan dihadapi nanti. 

Sudah menjadi tugas seorang pengacara untuk memberikan penjelasan serta nasihat seputar hukum sesuai dengan perkara yang sedang dialami klien. Sebagai kuasa hukum klien, pengacara memberikan apa penyebab masalah yang ada, seperti apa cara mengahadapinya, serta memberikan gambaran nanti putusannya kemungkinan seperti apa. 

Dari sini klien bisa tahu posisinya dan sudah bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik karena sudah mendapatkan gambaran nanti selama proses penyelesaian perkara perdata ini apa yang akan terjadi dan harus dilakukan. 

2. Membela Klien

Pengacara perdata juga memiliki tugas dan tanggung jawab dalam membela klien. Di sini tentu saja pembelaan yang dilakukan tetap berpedoman pada aturan dan hukum yang berlaku. Klien di sini dibela artinya pengacara membantu klien untuk bisa memperjuangkan haknya serta bisa meringankan atau mengurangi kerugian yang mungkin dihadapi. 

Ini adalah salah satu tugas utama dari seorang pengacara. Membela klien sendiri tidaklah mudah, harus melalui beberapa tahapan atau proses yang cukup rumit. Jadi tidak heran jika nanti biaya jasa pengacara perdata pun akan sama tingginya dengan pengacara pidana.

Cari Pengacara Perdata? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

3. Mencegah Terjadinya Kecurangan

Tugas lain dari seorang pengacara perdata adalah mencegah terjadinya kecurangan terhadap kliennya. Selama proses penyelesaian perkara perdata klien akan dibantu oleh kuasa hukumnya agar semua berjalan secara sesuai aturan dan hukum berlaku. Klien yang biasanya tidak memahami hukum yang sedang berlaku membutuhkan bantuan dari pengacara untuk tidak diperlakukan semena-mena dan dicurangi menghadapi masalah perdatanya. 

Pengacara akan mengupayakan hukum yang adil serta membantu klien untuk tetap diperlakukan dengan baik selama proses penyelesaian masalah perdata yang dihadapi. Menghindari konflik lebih parah dan berjalan sesuai prosedur dengan lancar sudah menjadi tugas dari seorang pengacara.

Layanan Pengacara Perdata

Layanan Pengacara Perdata

Sumber foto : Mployee.id

Jika sebelumnya sudah ada tugas pengacara perdata, maka sekarang ada beberapa layanan yang perlu diketahu. Pengacara perdata tentu memiliki layanan yang berbeda dari pengacara pidana. Untuk pengacara perdata, layanana diberikan hanya seputar kasus perdata saja. Beriku ini adalah masalah yang biasa ditangani oleh pengacara perdata.

1. Gugatan Pencemaran Nama Baik

Layanan pengacara perdata yang pertama adalah menangani gugatan pencemaran nama baik. Pada prinsipnya konflik atau masalah pencemaran nama baik telah diatur dalam KUP pasal 310 sampai 321. Di dalam pasal 310 dapat dilihat bahwa ada 6 jenis yang termasuk dalam penghinaan.

Penghinaan yang pertama adalah penistaan atau menuduh orang sudah melakukan perbuatan tertentu. Lalu ada juga penistaan dengan surat dimana artinya menuduh orang melakukan suatu perbuatan melalui tulisan atau secara tertulis.

Fitnah juga masuh dalam penghinaan yang artinya menuduh orang lain baik lisan atau tertulis dengan tujuan membela dirinya sendiri dan tidak mampu membuktikan tuduhan tersebut. Kemudian ada juga yang disebut penghinaan ringan yaitu mengatakan sesuati selain menuduh maupun menghina.

Pada pasal 310 sampai 321 juga ada pengaduan palsu dimana artinya seseorang sengaja memerintahkan atau menyuruh orang lain untuk membuat pengaduan paslu. Terakhir adalah perbuatan fitnah dimana ada kesengajaan membuat orang lain terlibat dalam hal yang sebenarnya tidak dilakukan orang tersebut.

Semua masalah perdata itu menjadi bagian layanan pengacara perdata. Siapa saja yang merasa mendapatkan salah satu perlakukan tersebut bisa menuntut orang terkait dan meminta bantuan pengacara perdata dalam proses penyelesaiannya. Pihak yang terlapor pun juga perlu meminta bantuan kuasa hukum jika terjerat salah satu jenis masalah pencemaran nama baik tadi.

2. Kasus Utang Piutang

Layanan hukum perkara perdata lain yang ditawarkan pengacara adalah masalah utang piutang. Utang ini merupakan sesuatu yang wajib dibayarkan oleh pihak yang meminta. Namun sekarang ini orang yang meminjam terkadang bisa dianggap lebih mengancam dan berbahaya. Oleh karena itu baiknya segera percayakan pada jasa pengacara untuk bisa menyelesaikan masalah ini dengan aman.

Pasalnya masalah utang ini sekarang banyak dilakukan dengan cara menipu, jika sudah seperti itu maka artinya itu masuk ke dalam masalah pidana. Jadi meski utang piutang ini masuk ke dalam perkara perdata namun perlu juga melakukan laporan pada pihak kepolisian tentang kasus penipuan.

Baca Juga : Berapa Biaya Pengacara Pidana Terbaru? Ini Jawabannya

3. Pembagian Warisan

Pembagian warisan juga terkadang menjadi masalah tersendiri yang harus diselesaikan dengan bantuan pengacara perdata. Untuk perkara pembagian warisan ini juga telah diatur sedemikian rupa di dalam hukum perdata. Ada 4 golongan waris yang perlu diketahui di sini yaitu anak dan keturunanya ke bawah tanpa batas.

Kemudian golongan waris yang kedua ada ayah dan ibu pewaris serta keturunan dan saudara perempuan. Pada golongan yang ketiga keluarga sedarah urut lurus ke atas. Lalu pada golongan keempat golongan waris merupakan keluarga sedarah dalam haris ke samping hingga derakat keenam.

Bagian setiap golongan waris tersebut berbeda-beda. Dan itu biasanya menjadi salah satu pemicu terjadinya masalah perdata. Jika sudah timbul masalah yang sudah semakin serius, maka pengacara perdata siap untuk diajak bekerja sama dan diminati bantuan dalam menyelesaikan maslaah warisan tersebut sesuai hukum yang berlaku.

4. Perceraian

Dalam pernikahan memang akan banyak masalah yang datang dan ini kerap kali membuat pasangan suami istri memiliki pandangan untuk berpisah atau bercerai. Alasan perceraian pun cukup beragam dan ini pun masuk ke dalam perkara perdata.

Jika ingin mengurus perceraian apalagi ada pembagian harta maka perlu bantuan pihak ketiga yang netral dan mengerti hukum dengan baik. Pengacara perdata juga memberikan layanan kepada klien yang akan bercerai. Setiap prosesnya akan dibantu dan diselesaikan sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku oleh pengacara.

5. Perebutan Hak Asuh Anak

Selain kasus perceraian, penentuan hak asuh anak juga bisa diurus oleh pengacara perdata. Bagi orang tua yang bercerai dan memiliki anak yang masih di bawah umur, perlu adanya pengacara dalam menentukan siapa yang mendapatkan hak asuh anak.

Ini berlaku bila orang tua yang bercerai sama-sama menginginkan hak asuh anak. Jika anak masih sangat kecil maka sudah pasti hak asuh akan jatuh ke tangan ibu, namun dengan beberapa pertimbangan lagi. Namun untuk anak yang sudah mulai mandiri dan bisa memilih, bisa ditanyai oleh hakim ketika di persidangan dan menentukan siapa yang berhak mendapatkan hak asuh anak tersebut.

Banyak kasus perdata lain yang bisa ditangani oleh seorang pengacara, namum kelima kasus yang diulas di atas adalah perkara perdata yang paling umum dan biasa dicari oleh masyarakat. Pengacara pasti memiliki pelayanan di atas dalam praktiknya, jadi siapa saja yang memiliki masalah perdata bisa langsung meminta bantuan kepada pengacara.

Biaya Jasa Pengacara Perdata

Biaya jasa pengacara perdata ini tidak ada angka pastinya. Setiap pengacara tentu memiliki tarif dan kebijakannya masing-masing. Tak hanya itu saja, dalam menentukan biaya, pengacara juga melihat seberapa rumit masalah perdata yang akan diselesaikan, lalu ada 3 jenis fee atau tarif dalam perhitungan biaya jasa pengacara perdata maupun pidana.

Biaya Jasa Pengacara Perdata

Untuk menyelesaikan sebuah kasus perdata, pengacara memiliki 3 biaya yang harus diketahui klien. Pertama disebut dengan lawyer fee atau biaya jasa pengacara. Itu pun masih dilihat lagi kemana larinya kasus perdata yang nanti akan ditangani. Jika larinya ke pengadilan agama maka biaya sekitar 8 hingga 10 juta. Untuk yang kasusnya lari ke pengadilan negeri maka tarifnya bisa sampai 50 juta rupiah.

Cari Pengacara Perdata? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Lalu ada juga biaya yang perlu dikeluarkan klien selain lawyer fee yaitu, biaya operasional. Biaya jasa pengacara perdata ini misalnya transportasi untuk pengacara selama menyelesaikan masalah perdata klien. Terakhir ada biaya panjar pengadilan yang biasanya berkisar pada angka 1 hingga 3 juta rupiah.

Dilihat dari tugas seorang pengacara tentu biaya jasa pengacara perdata tersebut masih tergolong wajar. Hal ini karena memang tanggung jawab dan tugas yang dipikul cukup berat dan rumit. Namun ada baiknya sebelum menyewa jasa pengacara, Anda menanyakan perihal biaya ini secara terbuka agar semuanya jelas.

Tips Memilih Jasa Pengacara Perdata

Tips Memilih Jasa Pengacara Perdata

Sumber foto : Raharjolaw.com

Tips memilih jasa pengacara perdata tidaklah sulit. Pada intinya dalam memilih seorang pengacara yang nanti membantu dalam menyelesaikan sebuah masalah hukum hal paling utama adalah memperhatikan apakah jasa pengacara tersebut legal atau tidak.

Legalitas seorang pengacara itu penting karena dari resmi atau tidaknya seorang pengacara bisa mempengaruhi kualitas layanan dan kinerjanya. Untuk pengacara yang sudah legal dan memiliki surat izin praktik, kinerjanya tidak perlu diragukan lagi. Sudah pasti pelayanan yang diberikan yang terbaik dan sudah sesuai dengan standar pengacara resmi.

Baca Juga : Rincian Biaya Pengacara Terbaru di Indonesia

Sebab dalam mendapatkan surat izin praktik resmi sebagai pengacara ada banyak rangkaian pelatihan dan tes yang harus dilalui. Jadi dapat dikatakan pengacara yang sudah legal artinya sudah terlatih dengan baik dan memang menjadi tenaga ahli hukum yang bisa diandalkan klien.

Selain itu cobalah mencari pengacara yang tergabung dalam asosiasi PERADI atau semacamnya. Pengacara yang menjadi anggota asosiasi resmi artinya sudah diakui kualitas kerjanya dan bisa dilihat track recordnya melalui keanggotaannya tersebut.

Jika sudah mendapatkan pengacara yang legal atau resmi memiliki surat izin praktek, tergabung dalam asosiasi resmi, maka tips selanjutnya adalah mencari pengacara yang memiliki tarif sesuai dengan budget Anda.

Biaya pengacara perdata yang cukup tinggi perlu ditanyakan di awal sebelum deal melakukan kerja sama dengan kuasa hukum tersebut. Ini untuk mencegah adanya masalah serius di kemudian hari. Saat terlintas dalam pikiran Anda bahwa membutuhkan bantuan seorang pengacara untuk menyelesaikan masalah hukum, maka siapkan dananya terlebih dahulu.

Tanyakan kepada pengacara terkait berapa tarifnya, seperti apa cara pelunasannya, dan pelayanan yang didapatkan dari tarif yang sudah ditetapkan meliputi apa saja. Itu semua perlu dicari tahu pada awal mencari dan menentukan pengacara yang akan diajak bekerja sama.

Diperingatkan di sini untuk tidak menyewa pengacara dengan tarif yang di luar kemampuan kantong Anda. Ini bukan menyelesaikan masalah malah nanti menimbulkan masalah baru yang cukup merepotkan.

Cari Pengacara Perdata? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Kesimpulan

Nah, dari semua penjelasan di atas, dapat dilihat biaya jasa pengacara perdata sama tingginya dengan pengacara pidana. Hal ini dikarenakan tugas yang dimiliki pengacara perdata sama beratnya dengan pengacara pidana. Setiap pengacara memiliki kebijakannya masing-masing dalam menentukan tarifnya, jadi lebih baik cari tahu dengan bertanya langsung agar pihak pengacara sendiri menjelaskan dengan rinci dan jelas perihal biaya yang perlu disiapkan klien.

Jika sedang membutuhkan pengacara yang professional dan terpercaya, Anda bisa mempercayakan masalah hukum Anda pada Proconsult.id. Buka saja situs resminya dan lihat banyaknya ragam layanan hukum yang siap membantu Anda. 

Proconsult.id memiliki tenaga ahli yang professional dan memiliki jenis layanan yang lengkap jadi bisa disesuaikan dengan masalah hukum yang Anda hadapi. Hubungi kontak yang tertera di situs resmi Proconsult.id, dapatkan bantuan dari tenaga ahli hukum terpercaya dalam menyelesaikan masalah Anda. 

Sekian penjelasan singkat seputar biaya jasa pengacara perdata yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan membantu.