Apa Itu Konsultan Akuntansi? Ini Tugas dan Harga Jasa Terbaru

Di era seperti sekarang ini, akan sangat mudah untuk Anda jumpai penyedia jasa profesional dalam berbagai bidang. Salah satu jasa yang banyak dicari oleh beberapa perusahaan adalah jasa konsultan akuntansi. Untuk lebih jelasnya, hubungi konsultan pajak Jakarta dan instagram @alberthmandau.

Saat ini kebutuhan perusahaan akan layanan yang mampu melakukan kegiatan akuntansi, yang berhubungan dengan pembuatan laporan keuangannya sangatlah tinggi. Bukan hanya sebagai seorang akuntan, namun konsultan akuntansi juga dapat menjadi penasehat perusahaan dalam melakukan pengambilan keputusan yang tepat.

Cari Konsultan Akuntansi? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Lantas tahukah Anda apa yang dimaksud dengan konsultan akuntansi? Lalu apa sajakah tugas dan harga yang dipatok untuk menggunakan jasa konsultan akuntansi tersebut? Untuk menjawab semua pertanyaan itu, silahkan untuk melihat penjelasan lengkap yang ada pada uraian di bawah ini.

Apa Itu Konsultan Akuntansi?

Apa Itu Konsultan Akuntansi?

Sumber foto : Ziprecruiter.com

Perusahaan membutuhkan laporan keuangan yang tersusun rapi dan sesuai dengan aturan akuntansi. Memiliki laporan keuangan yang rapi tentu saja akan memberikan banyak sekali keuntungan bagi perusahaan. Maka dari itu saat ini banyak sekali perusahaan yang menggunakan jasa konsultan akuntansi untuk mewujudkannya.

Lalu apa itu konsultan akuntansi? Pasti masih banyak masyarakat yang belum paham akan pengertian dari konsultan akuntansi tersebut. Jadi yang dimaksud dengan konsultan akuntansi adalah perorangan maupun badan hukum yang memiliki kewenangan untuk membantu suatu perusahaan dalam melakukan audit terhadap keuangan perusahaan.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan untuk pengertian konsultan akuntansi seseorang ataupun kelompok yang menyediakan jasa akuntansi untuk memberikan pelayanan akuntansi kepada clientnya. Tugas pokok dari jasa konsultan akuntansi adalah membantu perusahaan dalam menjalankan proses audit dan keuangan perusahaan.

Baca Juga : Kegunaan Teknologi Informasi Bagi Bidang Akuntansi

Tiap perusahaan yang ada pasti tidak terlepas dari kegiatan dan kebutuhan hitung menghitung. Perhitungan dalam bidang keuangan di perusahaan meliputi perhitungan kerugian, keuntungan dan juga modal.

Entah itu perusahaan kecil atau besar pasti selalu berkaitan dengan akuntansi untuk kegiataan pengelolaan adanya. Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui mengenai konsultan akuntansi.

Konsultan akuntansi sering disebut juga dengan istilah akuntan. Sedangkan pihak atau client yang biasanya menggunakan jasa akuntansi faktanya bukan hanya dari perusahaan saja. Terdapat beberapa pihak lain yang membutuhkan jasa dari seorang konsultan akuntansi, seperti perorangan, CV, BUMN, BUMD, Koperasi, Badan hukum dari persekutuan modal seperti PT, Firma, Yayasan dan beberapa badan hukum lainnya yang memerlukan jasa akuntansi dalam kegiatan perusahaannya.

Tidak hanya itu, terdapat beberapa bidang usaha yang bisa memakai layanan dari jasa konsultan akuntansi. Di bawah ini adalah jenis usaha yang perlu untuk menggunakan jasa konsultan akuntansi, yaitu:

1. Perusahaan Sektor Jasa

Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa memerlukan konsultan akuntansi dalam menjaga kelancaran perusahaannya. Faktanya mayoritas perusahaan yang berada di sektor jasa di Indonesia menggunakan jasa dari konsultan akuntansi, dalam kegiatan audit keuangannya. Perusahaan jasa yang dimaksud dalam hal ini seperti halnya perusahaan jasa periklanan, jasa konstruksi sampai dengan media.

2. Perusahaan Sektor Dagang

Biasanya kebanyakan perusahan yang bergerak dalam sektor dagang memiliki jumlah karyawan yang banyak. Tidak jarang juga terdapat karyawan yang memang bertugas untuk kegiatan pengelolaan keuangan perusahaan. Meski demikian perusahaan dagang tetap memakai jasa konsultan akuntansi untuk pelaksanaan audit keuangan perusahaannya.

Hal ini karena seorang konsultan akuntansi dinilai lebih berpengalaman dalam pengelolaan keuangan. Tidak hanya itu seorang konsultan akuntansi adalah tenaga ahli yang dapat bertugas untuk kegiatan yang lebih spesifik. Seperti halnya dalam pengelolaan akuntansi perusahaan dan manajemen untuk kelancaran pengelolaan keuangannya.

3. Perusahaan Industri

Perusahaan industri juga termasuk golongan pihak yang membutuhkan jasa akuntan dalam pengelolaan keuangannya. Seperti yang sudah diketahui bahwa perusahaan industri merupakan perusahaan manufaktur yang memiliki kegiatan usaha dalam melakukan pengelolaan barang mentah menjadi barang siap pakai atau jadi.

Dalam kegiatan akuntansi perusahaan industri, biasanya seorang konsultan akuntansi akan berperan dalam pengerjaan laporan keuangan dan macam yang dibutuhkan dalam segala macam bidang industri.

Pekerjaan seorang konsultan akuntansi tentu saja memiliki banyak benefit. Terlepas dari tugas dan kewajiban yang dimiliki. Faktanya nilai dari benefit tersebut sesuai dengan tantangan yang ada dalam pekerjaan ini. Meski demikian menjadi seorang konsultan akuntansi dapat menjadi kebanggan tersendiri.

Dibawah ini adalah beberapa tantangan yang harus dipersiapkan ketika Anda menjadi seorang konsultan akuntansi, yaitu:

a. Jam Kerja yang Berbeda dari Pekerjaan Lainnya

Mayoritas orang pasti ingin memiliki jam kerja yang baik dan pasti. Sebenarnya jam kerja yang dimiliki seorang konsultan akuntansi sama dengan pegawai pada umumnya, yaitu sebesar 8 jam tiap hari mulai hari Senin sampai dengan Jumat.

Meski begitu akan ada pengecualian bagi konsultan akuntansi, jika memiliki client yang banyak dan tenggat waktu atau deadline yang mepet. Mayoritas jasa konsultan akuntansi memiliki jam kerja yang tidak menentu. Sehingga sangat jarang ditemui seorang konsultan yang bisa pulang tepat waktu sesuai dengan jam kerjanya.

Oleh karena itu seorang konsultan akuntansi dituntut untuk bisa bekerja lebih keras, agar penyelesaian pekerjaannya bisa selesai tepat waktu. Melihat fakta tersebut seorang konsultan akuntansi harus pandai dalam menjaga kondisi kesehatannya supaya tidak tumbang.

b. Dituntut untuk Perfect dalam Berbagai Bidang

Menjadi seorang konsultan akuntansi memang dituntut untuk kompeten dalam berbagai bidang. Seorang akuntan wajib memiliki penampilan yang profesional, elegan dan rapi yang bisa mencerminkan kompetensi dari seorang konsultan akuntansi. Bukan hanya itu saja faktanya kemampuan berbicara atau public speaking di depan publik sangat perlu untuk dimiliki oleh jasa konsultan akuntansi. Hal ini karena konsultan akuntansi sering melakukan presentasi atau rapat, yang mengharuskan berbicara di depan kliennya.

c. Harus Bisa Berbahasa Asing

Seorang akuntan diwajibkan untuk mampu berbicara dalam bahasa asing. Tujuannya adalah supaya konsultan akuntansi tersebut dapat bersaing di pasar global dengan para akuntan yang lainnya.

Cari Konsultan Akuntansi? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Tugas Konsultan Akuntansi

Tugas Konsultan Akuntansi

Sumber foto : Fiverr.com

Menjadi seorang konsultan akuntansi tentu saja mempunyai beberapa tugas yang harus dilaksanakan. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada client yang ingin menggunakan jasanya agar tidak salah sasaran. Di bawah ini adalah rincian terkait tugas konsultan akuntansi yang bisa Anda ketahui, yaitu:

1. Tugas Bidang Legalitas

Tugas dari konsultan akuntansi dalam bidang legalitas adalah berfungsi untuk memberikan perlindungan hukum kepada client yang menggunakan jasanya. Bukan hanya itu saja, konsultan akuntansi mempunyai payung hukum yang sudah diakui masyarakat beserta dengan lembaga terkait lainnya. Hal ini menjadikan kepercayaan dan perasaan aman pada masyarakat yang menggunakan jasa dari konsultan akuntansi.

2. Tugas Bidang Standar Mutu

Dalam hal ini seorang konsultan pajak dapat memberikan layanan yang berhubungan dengan standar mutu bagi perusahaan. Tidak hanya itu konsultan pajak juga dapat menjadi suatu alat dan wadah kontrol, dalam rangka menjaga standar mutunya.

3. Tugas Bidang Profesionalitas

Menjadi seorang konsultan akuntansi juga wajib senantiasa dalam menjaga standar profesionalismenya sebagai seorang jasa ahli bidang akuntansi. Konsultan akuntansi juga harus senantiasa menjaga kompetensi yang dimiliki, dalam hal pemberian jasa bidang akuntansi kepada client yang datang kepadanya.

4. Tugas Bidang Integritas

Bukan hanya harus mampu menjaga profesionalisme ketika sedang bekerja. Seorang konsultan akuntansi juga wajib menjaga integritas profesinya. Dimana dalam bekerja konsultan akuntansi harus senantiasa mematuhi aturan dan juga kode etik profesi yang sudah disepakati.

Cari Konsultan Akuntansi? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

5. Tugas Bidang Pengawasan

Salah satu tugas dari seorang jasa profesional bidang akuntansi adalah melakukan pengawasan dalam bidang akuntansi yang dilakukannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja dari konsultan akuntansi akan selalu diawasi agar berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Itu tadi adalah rincian mengenai beberapa tugas yang dimiliki oleh seorang konsultan akuntansi. Dari tugas yang telah disebutkan diatas dapat disimpulkan bahwa jasa konsultan akuntansi merupakan seorang tenaga profesional di bidangnya.

Tentu saja hal ini menjadikan masyarakat yang hendak menggunakan jasanya menjadi lebih aman dan tenang. Sebab segala permasalahan bidang akuntansi yang dihadapi akan diselesaikan oleh pihak terlatih dan profesional.

Pengerjaan persoalan akuntansi memang membutuhkan ketelitian dan juga pemahaman. Bagi Anda yang kurang begitu paham tentang ilmu akuntansi, jalan paling tepat adalah dengan menggunakan jasa konsultan akuntansi. Selain menjamin kualitas pengerjaan ternyata terdapat beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dalam menggunakan jasa konsultan akuntansi, yaitu:

  1. Memberikan jaminan kebenaran laporan keuangan dari perusahaan.
  2. Meningkatkan nilai kredibilitas laporan keuangan dari perusahaan, sebab pengerjaan laporan keuangan ditangani oleh profesional, yang telah disesuaikan standar akuntansi keuangan.
  3. Menjadikan perusahaan Anda memiliki persepsi keuangan yang bagus, karena pengerjaannya ditangani langsung oleh konsultan akuntansi, yang profesional dan terpercaya kredibilitasnya.
  4. Laporan keuangan perusahaan Anda dapat tersusun dengan rapi dan akuntabel. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap kelancaran bisnis yang Anda jalankan.
  5. Memiliki laporan keuangan yang rapi dan tersusun baik sesuai dengan dasar akuntansi, akan memberikan Anda manfaat lebih yaitu kemudahan dalam mendapatkan investor.
  6. Perusahaan akan mendapatkan manfaat dalam hal penghematan biaya yang dikeluarkan untuk tenaga kerja. Disini Anda tidak perlu memiliki karyawan khusus dalam bidang akuntansi, sebab persoalan bidang akuntansi Anda sudah ditangani oleh tenaga ahli. Hal ini akan sangat menghemat pengeluaran dari perusahaan.
  7. Menjamin keamanan dan kenyamanan bagi perusahaan. Sebab laporan keuangan yang didapatkan dari konsultan akuntansi dibuat berdasarkan fakta sebenarnya yang ada di lapangan. Sehingga kebenaran datanya dapat dipertanggung jawabkan.
  8. Menggunakan jasa konsultan akuntansi dapat menjamin privasi dari perusahaan. Sebab konsultan akuntansi akan menjamin kerahasiaan informasi perusahaan dan bekerja sesuai dengan kode etik yang dimiliki.

Jasa konsultan akuntansi memiliki beban kerja dan tugas yang dimiliki. Seiring dengan banyaknya tugas yang diemban, hal ini akan memberikan banyak sekali manfaat serta keuntungan yang bisa didapatkan bagi Anda yang memilih untuk menggunakan jasa konsultan akuntansi.

Baca Juga : Cara Tepat Memilih Software Akuntansi

Harga Jasa Konsultan Akuntansi

Sebelum menggunakan jasa dari konsultan akuntansi, Anda perlu untuk mengetahui harga jasa konsultan akuntansi tersebut. Sedangkan untuk mengetahui harga yang ditawarkan, Anda perlu untuk mengetahui layanan yang ada pada jasa konsultan akuntansi. Maka dari itu, berikut ini adalah layanan yang ada pada jasa konsultan akuntansi yang bisa Anda ketahui, yaitu:

1. Layanan Konsultasi Manajemen

Jasa konsultan akuntansi juga menyediakan layanan konsultasi manajemen. Sebab bidang akuntansi juga sangat berkaitan dengan bidang manajemen. Sedangkan untuk jenis jasa yang ada pada layanan konsultasi manajemen, yaitu:

  • Pembuatan rencana bisnis.
  • Pembuatan studi layak bisnis.
  • Pembuatan strategi bisnis.
  • Pelaksanaan kegiatan restrukturisasi modal dan hutang.
  • Pembuatan pengawasan dan anggaran keuangan perusahaan.
  • Pelaksanaan uraian tugas dan tanggung jawab serta rancangan strukturnya.
  • Pelaksanaan kegiatan rekrutmen karyawan pada posisi yang ditentukan.
  • Melakukan perancangan aturan pegawai yang disesuaikan dengan UU ketenagakerjaan.
  • Melakukan penyusunan SOP perusahaan.

2. Layanan Pelatihan Akuntansi

Dalam hal ini seorang jasa konsultan akuntansi bertugas untuk melakukan pelatihan akuntansi, melakukan penyiapan buku pembantu hingga penyusunan laporan keuangan dan melakukan pemrosesan data transaksi. Melakukan pelatihan bidang perpajakan dari penyiapan laporan PPh 25 masa, 21,23 sampai dengan PPh final pada pasal 4 di ayat 2. Layanan ini juga meliputi pelatihan e-SPT sampai ke kantor pajak dan bagi perusahaan baru dapat mendapatkan layanan pembuatan sistem administrasi dan operasional.

3. Layanan Jasa Pembukuan

Untuk layanan jasa pembukuan yang ada pada konsultan akuntansi berupa penyusunan laporan raba rubi, neraca serta pembuatan perubahan modal. Bukan hanya itu konsultan akuntansi juga bisa melakukan pembuatan standar operasional, desain sistem akuntansi dan prosedurnya.

Cari Konsultan Akuntansi? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

4. Layanan Pengumpulan Laporan Keuangan

Client dapat menggunakan layanan pengumpulan laporan keuangan dalam rangka pembuatan laporan keuangan dan juga catatan, yang telah disesuaikan pada standar akuntansi yang berlaku. Tidak hanya itu pada layanan ini client juga bisa mendapatkan engagement letter antara perusahaan dan akuntan.

5. Layanan Sistem Komputerisasi Akuntansi

Layanan sistem yang dimaksud disini adalah pengembangan IT bagi perusahaan yang didukung dengan pemahaman bidang akuntansi. Sistem akuntansi ini merupakan sebuah aplikasi yang mempermudah perusahaan dalam melakukan kegiatan akuntansi di perusahaannya.

Tips Memilih Jasa Konsultan Akuntansi

Tips Memilih Jasa Konsultan Akuntansi

Sumber foto : Lplegal.com

Sebelum menggunakan jasa konsultan akuntansi, terdapat beberapa tips dalam memilih jasa konsultan akuntansi. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan jasa konsultan akuntansi terbaik, untuk penyelesaian urusan keuangan perusahaan Anda. Berikut ini adalah tata cara memilih jasa konsultan akuntansi, yaitu:

Baca Juga : Jasa Pembuatan Aplikasi Akuntansi

1. Memastikan Layanan yang Disediakan

Sebelum memilih jasa konsultan akuntansi, Anda perlu untuk mengetahui jenis layanan yang disediakan dari kantor akuntan tersebut. Pastikan layanan yang disediakan sesuai dengan permasalahan yang ingin Anda selesaikan.

2. Disesuaikan dengan Biaya yang Dimiliki

Dalam memilih jasa konsultan akuntansi Anda juga harus menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Jangan sampai Anda memilih jasa akuntan dengan budget yang melebihi budget yang Anda terapkan.

3. Memiliki Sertifikat Profesi dan Credential

Seorang konsultan akuntansi wajib memiliki sertifikat kompetensi yang mendukung. BPA adalah penyebutan bagi seorang konsultan akuntansi yang sudah sertifikat. Hal ini juga bisa menjadi acuan yang menunjukkan bagaimana seorang jasa konsultan akuntansi bekerja.

4. Paham dengan Teknologi

Menjadi seorang jasa konsultan akuntansi juga harus paham dengan perkembangan teknologi akuntansi yang dipakai oleh perusahaan. Pemahaman sistem teknologi yang dimiliki akan menjadikan pekerjaan Anda menjadi lebih mudah. Hal ini juga bisa memberikan penekanan pada pengeluaraan yang Anda keluarkan.

Kesimpulan

Dari artikel diatas maka dapat disimpulkan seorang konsultan akuntansi adalah tenaga profesional yang berpengalaman. Sedangkan untuk bidang kerjanya adalah memberikan layanan akuntansi kepada client yang memerlukan jasa dalam bidang pengelolaan keuangannya.

Cari Konsultan Akuntansi? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Faktanya bukan hanya perusahaan saja yang membutuhkan jasa dari seorang akuntan. Masih banyak beberapa jenis usaha dan bidang jasa yang bisa memakai jasa konsultan akuntansi, tidak terkecuali juga bagi perorangan.

Proconsult.id adalah tempat dimana Anda bisa mendapatkan beberapa layanan dalam bidang akuntansi. Sudah banyak client yang menggunakan layanan dari Proconsult.id. Disini persoalan Anda akan diselesaikan oleh tenaga profesional yang sudah berpengalaman dalam bidang akuntansi.