Jasa Konsultan Pajak Medan│Tips Memilih Konsultan Pajak

Jasa konsultan pajak Medan siap membantu Anda menyelesaikan semua permasalahan terkait perpajakan. Masalah pajak memang bisa dikatakan bukanlah hal yang sederhana karena banyaknya tahapan serta komponen yang harus dicantumkan. Namun tentu saja kerumitan masalah perpajakan tersebut tidak bisa dijadikan alasan untuk menghindari kewajiban membayar pajak.

Oleh sebab itulah jasa konsultan pajak Medan hadir khusus untuk membantu Anda yang selalu merasa kerepotan dan kesulitan menyelesaikan persoalan perpajakan. Anda bisa memilih sendiri jenis layanan yang ditawarkan jasa konsultan pajak sesuai dengan kebutuhan supaya hak dan kewajiban sebagai wajib pajak dapat dipenuhi sesuai waktu yang telah ditentukan.

Jasa konsultan pajak Medan hadir untuk melayani kebutuhan wajib pajak pribadi maupun badan. Banyaknya regulasi perpajakan yang diperbarui beberapa tahun sekali dan rumitnya proses membuat wajib pajak lebih memilih menyerahkan urusan pajak kepada konsultan. Penggunaan jasa konsultan pajak dinilai lebih praktis dan efisien dalam menyelesaikan semua urusan terkait perpajakan.

Baca Juga : Jasa Konsultan Pajak Surabaya

Apa Itu Jasa Konsultan Pajak Medan?

Apa Itu Jasa Konsultan Pajak Medan?

Sumber foto : Adtyadjavanet.blogspot.com

Mungkin sebagian besar dari masyarakat belum paham benar apa yang dimaksud dengan konsultan pajak walaupun saat ini sudah banyak perusahaan maupun orang pribadi yang menggunakannya. Sehingga wajar jika Anda bertanya apa itu jasa konsultan pajak Medan.

Secara garis besar pengertian jasa konsultan pajak Medan adalah orang ataupun badan yang memberikan pelayanan jasa konsultasi bidang perpajakan. Jadi apapun masalah dan urusan yang terkait dengan perpajakan bisa ditanyakan kepada konsultan. Wajib pajak sebagai klien juga bisa memilih jenis layanan yang memang dibutuhkan mulai dari konsultasi hingga penyelesaian sengketa pajak.

Sedangkan artian secara luas yang dimaksud dengan jasa konsultan pajak yaitu orang ataupun badan yang tugasnya memberikan jasa layanan konsultasi terkait perpajakan dalam rangka membantu wajib pajak supaya bisa mendapatkan hak serta memenuhi apa yang menjadi kewajiban pajaknya sesuai peraturan perundangan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Disamping itu untuk dapat melaksanakan kegiatan operasionalnya dan memberikan pelayanan kepada masyarakat seorang konsultan pajak haruslah memiliki kompetensi tertentu yang dibuktikan dengan izin dan sertifikat. Adapun izin dan sertifikasi konsultan pajak terdiri dari :

1. Tingkat A

Izin dan sertifikat tingkat A diberikan kepada konsultan pajak yang bertugas untuk memberikan bantuan dan pelayanan kepada klien wajib pajak orang pribadi yang tinggal di dalam negeri. 

2. Tingkat B

Konsultan pajak tingkat B memiliki tugas memberikan bantuan kepada wajib pajak berupa orang pribadi maupun badan dalam memenuhi hak serta kewajibannya di bidang perpajakan sesuai UU yang berlaku. Namun bantuan tidak bisa diberikan kepada wajib pajak yang telah menetap di negara asing serta perusahaan PMA supaya tidak terjadi pengenaan pajak berganda.

3. Tingkat C

Sementara itu konsultan pajak tingkat C bisa memberikan bantuan dan pelayanan kepada wajib pajak orang pribadi maupun badan dalam kaitannya untuk memenuhi hak serta kewajiban pajaknya sesuai UU yang telah diatur oleh negara.

Jasa konsultan pajak membantu Wajib Pajak (WP) agar bisa memperoleh apa yang menjadi haknya namun tetap bisa memenuhi kewajibannya di bidang perpajakan sesuai peraturan negara. Artinya jasa konsultan pajak juga membantu WP untuk lebih taat pajak sehingga tidak menimbulkan sanksi seperti denda maupun kasus sengketa pajak.

Saat ini melihat dari kebutuhan yang dirasa semakin diperlukan sudah cukup banyak perusahaan yang memilih memakai jasa konsultan pajak untuk mengurus semua masalah perpajakan mereka. Apalagi komponen pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan tentu saja jauh lebih banyak dan lebih rumit tentunya.

Ketidaktahuan mengenai regulasi perpajakan sangat rawan dengan kesalahan yang bisa merugikan perusahaan seperti kelebihan pembayaran pajak misalnya.

Lalu bagaimanakah dengan wajib pajak orang pribadi? Apakah juga memerlukan bantuan dari konsultan pajak? Tentu saja iya. Sama halnya dengan wajib pajak badan seperti perusahaan, wajib pajak orang pribadi juga harus mengetahui komponen apa saja yang harus dilaporkan dalam SPT.

Bukan sebatas itu saja nyatanya hingga saat ini masih banyak juga orang yang kebingungan bagaimana cara mengisi SPT yang benar. Belum lagi adanya regulasi baru yang diberikan pemerintah melalui Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Pajak (UU HPP) yang membuat besaran penghasilan kena pajak mengalami perubahan.

Nah, jika wajib pajak tidak memahami semua regulasi dan bagaimana tata cara pelaporan pajak seperti pengisian SPT Tahunan yang benar tentu saja akan sangat merepotkan. Bahkan hanya karena faktor ketidaktahuan saja seorang wajib pajak bisa dikenakan sanksi administrasi bahkan pidana.

Baca Juga : Mengenal dan Jenis Jasa Konsultan Pajak

Tugas Konsultan Pajak Medan

Mengacu dari ilustrasi di atas bisa diperkirakan bahwa fungsi dan tugas konsultan pajak ternyata cukup penting bagi wajib pajak selaku kliennya. Supaya Anda dapat lebih memahaminya silahkan cermati apa saja tugas-tugas konsultan pajak tersebut berikut ini.

  1. Memberikan bimbingan, nasehat dan juga saran kepada klien yang berhubungan dengan masalah perpajakan.
  2. Membuat dan menyusun estimasi/ perkiraan perhitungan pajak yang harus dibayarkan oleh klien berikut melakukan koreksi terhadap fiskal dan sebagainya.
  3. Membantu klien dalam mempersiapkan informasi, data maupun dokumen perpajakan untuk disusun dalam laporan pajak sesuai ketentuan pemerintah.
  4. Melakukan pengaturan perpajakan klien dan menyesuaikannya dengan perkembangan maupun perubahan peraturan yang berlaku.
  5. Melakukan penekanan pajak sehingga besaran pajak yang harus dibayar oleh klien bisa berkurang tanpa adanya pelanggaran terhadap peraturan dan UU yang berlaku.
  6. Memberikan informasi kepada klien mengenai informasi perubahan yang terjadi pada peraturan perpajakan.
  7. Memberikan pendampingan kepada klien saat pemeriksaan pajak maupun jika terjadi banding maupun perkara pajak lainnya.
  8. Membantu meminimalisasi kesalahan dan kekeliruan yang mungkin terjadi dalam pelaporan pajak.
  9. Mengurangi beban perusahaan karena masalah terkait perpajakan bisa lebih cepat selesai secara tepat dan akurat.
  10. Membantu manajerial perusahaan supaya bisa lebih fokus kepada kegiatan utama dalam bisnisnya sehingga dapat lebih maju dan berkembang.

Mengapa sekarang ini makin banyak jumlah perusahaan yang lebih suka menggunakan jasa konsultan pajak? Hanya dengan melihat apa saja yang menjadi tugas jasa konsultan pajak Medan seperti penjelasan di atas sebenarnya pertanyaan tersebut sudah bisa terjawab.

Konsultan pajak memberikan pelayanan menyeluruh terhadap semua kebutuhan klien dalam hal perpajakan. Sehingga klien baik wajib pajak orang pribadi maupun badan bisa memenuhi kewajiban membayar pajak sesuai peraturan perundangan dengan tepat waktu.

Anda bisa bayangkan bagaimana kalau perusahaan yang setiap harinya sudah disibukkan dengan kegiatan operasionalnya harus menyelesaikan persoalan pajaknya juga. sementara itu komponen yang harus dilaporkan dalam SPT sangat banyak dan harus selalu disesuaikan dengan peraturan terbaru tentu hanya menambah kerumitannya saja.

Tugas konsultan pajak adalah membantu klien agar ketika terjadi permsalahan yang terkait dengan pajak bisa diselesaikan dengan baik tanpa adanya sanksi. Konsultan pajak juga ikut membantu menyusun strategi dan rencana perpajakan klien supaya bisa lebih efisien tanpa melanggar peraturan dan ketetapan dari pemerintah.

Biaya Konsultan Pajak Medan

Biaya Konsultan Pajak Medan

Sumber foto : Pwcons.co.id

Secara jujur pasti masih cukup banyak juga masyarakat yang menganggap bahwa biaya konsultan pajak Medan sangat mahal. Apakah pendapat tersebut benar? Walaupun tidak sepenuhnya salah namun pemikiran tersebut tidak bisa juga dibenarkan. Biaya konsultan pajak tentu saja sesuai dengan jenis layanan yang diberikan kepada klien.

Semakin rumit masalah yang dihadapi dan harus diselesaikan tentu saja biayanya juga lebih mahal. Sehingga memang sebaiknya Anda mengetahui jenis layanan yang disediakan oleh jasa konsultan pajak secara umum, yaitu :

1. Kepatuhan Pajak

Dengan menggunakan jasa konsultan pajak maka secara tidak langsung tingkat kepatuhan pajak akan meningkat. Mayoritas masalah pelanggaran pajak disebabkan oleh faktor ketidaktahuan dari wajib pajak mengenai regulasi perpajakan yang berlaku.

Konsultan pajak akan memberikan pelayanan berupa informasi, saran, nasihat dan sejenisnya yang berkaitan dengan pajak sehingga WP bisa memenuhi kewajiban perpajakan sesuai peraturan yang ada dan tepat waktu.

2. Perencanaan Pajak

Jenis pajak ada bermacam-macam misalnya PPh 21, PPh 23, PPN dan sebagainya. Nah, konsultan pajak akan membantu klien baik orang pribadi maupun perusahaan untuk membuat perencanaan pajak (tax planning) yang efisien. Perencanaan pajak yang dibuat dengan efektif dan efisien mampu mengurangi beban pajak yang harus dibayarkan kepada negara tanpa melanggar peraturan yang ada.

3. Pendampingan Pemeriksaan

Seorang konsultan pajak juga berkewajiban memberikan pendampingan kepada klien selama proses perhitungan, pemeriksaan hingga semua proses perpajakan selesai. Banyaknya regulasi dan komponen pajak disertai dengan ketidaktahuan klien seringkali membuat wajib pajak kebingungan saat melakukan perhitungan, membuat laporan serta mengikuti pemeriksaan pajak oleh petugas.

Melalui pendampingan yang diberikan oleh konsultan pajak maka klien tidak perlu khawatir lagi karena akan dibantu menyelesaikan semuanya termasuk dalam mempersiapkan dokumen dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh petugas pajak.

4. Pemeriksaan Laporan Pajak

Ketika wajib pajak sudah memenuhi kewajibannya membayar pajak bukan berarti semuanya selesai. Terlebih lagi bagi WP badan usaha dimana jika sampai terjadi kekeliruan dalam laporan pajak bisa mengakibatkan kerugian.

Oleh sebab itu konsultan pajak bertugas membantu wajib pajak untuk memeriksa kembali laporan pajak yang telah dibayarkannya tersebut. Konsultan akan melakukan evaluasi apakah laporan pajak tersebut sudah dibuat berdasarkan prosedur dan aturan yang benar atau belum. Dengan demikian maka laporan pajak untuk tahun selanjutnya kesalahan bisa dikurangi ataupun dihindari.

5. Restitusi Pajak

Kompleksitas dalam peraturan maupun komponen perpajakan memang rawan dengan kekeliruan dalam memberikan data maupun dokumen. Kekeliruan tersebut dapat berakibat pada terjadinya kelebihan pembayaran pajak oleh wajib pajak kepada negara. Ketika kondisi semacam itu terjadi maka pemerintah memberikan kesempatan kepada wajib pajak untuk mengajukan permohonan pengembalian pajak atau restitusi.

Agar proses permohonan restitusi bisa disetujui pastinya wajib pajak harus menyertakan dokumen pendukung yang dibutuhkan. Konsultan pajak dalam hal ini membantu klien untuk mengumpulkan data dan dokumen untuk pengajuan restitusi hingga seluruh proses pengembalian kelebihan pajak selesai.

6. Penyelesaian Sengketa Pajak

Kekeliruan dalam penyampaian laporan pajak maupun ketidaktahuan tentang peraturan perpajakan oleh wajib pajak sangat berpotensi menimbulkan sengketa pajak yang harus diselesaikan melalui Pengadilan Pajak. Wajib pajak yang terpaksa harus mengalami sengketa pajak bisa meminta bantuan kepada konsultan pajak untuk menyelesaikannya.

7. Konsultasi

Anda tidak harus memiliki masalah terkait perpajakan ataupun menghadapi situasi kurang menguntungkan untuk mendapatkan pelayanan dari jasa konsultan pajak. Salah satu jenis layanan yang diberikan oleh konsultan pajak adalah konsultasi yang ditujukan kepada semua wajib pajak orang pribadi dan badan yang membutuhkannya.

Bahkan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat sebagai wajib pajak jasa konsultan pajak terkemuka melayani juga konsultasi pajak secara online. Sehingga sekali lagi perlu ditekankan bahwa biaya jasa konsultan pajak tidak bisa serta merta dikatakan murah atau mahal karena sangat dipengaruhi oleh jenis layanan yang diminta klien.

Baca Juga : Jenis Layanan Jasa Konsultasi Pajak Surabaya Terbaru

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak Medan

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak Medan

Sumber foto : Flazztax.com

Keberadaan jasa konsultan pajak memang semakin diperlukan oleh masyarakat belakangan ini. Tingginya kebutuhan masyarakat membuat jumlah jasa konsultan pajak juga makin banyak namun belum tentu semuanya memberikan pelayanan berkualitas. Untuk semua kebutuhan masalah perpajakan Anda pastikan Anda memperhatikan cara memilih jasa konsultan pajak Medan berikut ini:

1. Memiliki Kompetensi Perpajakan

Pada pembahasan bagian sebelumnya sudah disebutkan bahwa seorang konsultan pajak harus sudah mengantongi izin dan sertifikat dari Direktorat Jenderal Pajak RI. Pastikan bahwa jasa konsultan pajak yang Anda pilih dan gunakan telah memiliki izin baik tingkat A, B atau C sesuai dengan kondisi wajib pajak.

2. Menjadi Anggota dari Asosiasi Konsultan Perpajakan

Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh konsultan pajak adalah sudah tergabung ke dalam asosiasi konsultan pajak yang ada di Indonesia. Asosiasi konsultan pajak tersebut tentu saja wajib terdaftar pada Direktorat Jenderal Pajak sebagai bentuk legalitas. Setidaknya sampai saat ini sudah ada tiga (3) asosiasi konsultan pajak yang resmi yaitu IKPI, AKP2I dan Perkoppi. Anda bisa melakukan cek tentang status konsultan pajak melalui website resmi dari masing-masing asosiasi tersebut.

3. Reputasinya Dikenal Baik

Hal yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan dalam memilih jasa konsultan pajak adalah reputasi atau track record. Tidak ada salahnya kalau Anda mencari informasi dulu siapa saja klien yang pernah dibantu oleh jasa konsultan tersebut, bagaimana sistem kerjanya dan lain-lain. Satu lagi yang tidak boleh diabaikan pilih jasa konsultan yang tidak pernah menyarankan kepada kliennya untuk melakukan penghindaraan pajak.

4. Mampu Bersikap Profesional

Kerjasama yang terjadi antara wajib pajak sebagai klien dengan jasa konsultan merupakan hubungan jangka panjang apalagi jika layanan pajak yang diberikan bermacam-macam. Kerjasama jangka panjang tersebut tidak akan bisa berjalan dengan lancar dan sebagaimana mestinya jika tidak disertai dengan kepercayaan dan sikap profesionalisme.

Salah satu bentuk profesionalisme yang harus dimiliki oleh konsultan pajak adalah kemampuan dalam menjaga kerahasiaan klien. Mengingat masalah perpajakan bisa menjadi isu yang sensitif maka profesionalisme konsultan pajak menjadi sangat penting bagi kliennya.

Dengan memperhatikan tips memilih jasa konsultan pajak Medan seperti yang disebutkan diatas maka tujuan Anda akan tercapai dan masalah pajak bisa terselesaikan sebaik-baiknya.

Kesimpulan

Keberadaan jasa konsultan pajak saat ini makin dirasakan terutama oleh wajib pajak badan usaha yaitu perusahaan. Kegiatan operasional harian perusahaan yang sudah cukup banyak membuat urusan pajak menjadi terbengkalai sehingga berpotensi menimbulkan sanksi yang merugikan. Solusinya agar kegiatan operasional perusahaan tidak terganggu oleh urusan pajak maka menyerahkan kepada orang yang memang menguasai masalah perpajakan adalah pilihan terbaik.

Hal yang sama juga berlaku bagi wajib pajak orang pribadi yang pada umumnya memiliki kesibukan pekerjaan luar biasa sehingga tidak sempat memikirkan tentang pajak yang menjadi kewajibannya. Meminta bantuan dari jasa konsultan pajak Medan membuat urusan pajak pribadi  menjadi tidak rumit lagi.

Hubungi Jasa Konsultan Pajak Medan Sekarang Juga! Whatsapp : 081350882882