Cara Pemindahbukuan Pajak Online Terbaru

Informasi cara pemindahbukuan pajak online terbaru dan masalah perpajakan lainnya bisa menghubungi jasa konsultan pajak online Alberth Limandau Alikin, S.H di nomor 081350882882. Di bidang perpajakan nantinya Anda akan mengenal banyak sekali kegiatan, yang harus dijalankan secara baik. Salah satunya mengenai proses pemindahbukuan pajak online. Tentunya hal tersebut merupakan salah satu kegiatan penting yang ada dalam bidang perpajakan.

Proconsult

Sejauh ini pemindahbukuan pajak hanya bisa dilakukan secara langsung. Namun seiring berkembangnya teknologi dan internet proses pemindahbukuan pajak sudah bisa Anda lakukan secara online. Hal tersebut menjadi salah satu layanan terbaik, yang tentu akan memudahkan wajib pajak.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Namun sebelum membahas lebih jauh pastikan Anda memahami pengertian pemindahbukuan pajak online terlebih dahulu. Sehingga nantinya Anda juga dapat melakukan cara pemindahbukuan pajak online secara tepat. berikut adalah informasi lengkapnya:

Apa Itu Pemindahbukuan Pajak

Apa Itu Pemindahbukuan Pajak Online

Sumber foto : Pajak.com

Dalam bidang perpajakan terdapat berbagai aktivitas yang harus dilakukan. Maka dari itu sebagai wajib pajak Anda harus mengetahui semua kegiatan tersebut secara mudah. sehingga dalam melaksanakannya Anda bisa melakukan secara mudah sesuai ketentuan yang berlaku.

Dalam melaksanakan setiap kegiatan pajak tersebut nantinya Anda akan mengenal istilah pemindahbukuan pajak. Hal tersebut termasuk aktivitas penting, yang tentunya harus Anda lakukan secara tepat. terlebih saat ini proses pemindahbukuan pajak sudah bisa dilakukan secara online.

Baca Juga : Beda Pembukuan dan Pencatatan, Apa Saja Perbedaanya?

Meski demikian sebelum membahas lebih jauh mengenai aktivitas tersebut pastikan untuk mengetahui definisinya lebih dulu. Sehingga Anda dapat memahami proses pemindahbukuan pajak online secara tepat.

Pemindahbukuan Pajak Online adalah sebuah proses memindahkan pembukuan pada penerimaan pajak. Hal tersebut dimaksudkan agar informasi pajak di dalamnya dapat sesuai. Sehingga nantinya Anda bisa menjalankan setiap aktivitas pemindahbukuan sesuai ketentuan.

Dari sini Anda juga dapat mengetahui pengertian Pemindahbukuan Pajak Online sebagai proses memindahkanbukukan penerimaan perpajakan. Hal tersebut akan digunakan sebagai poembukuan pada penerimaan agar sesuai.

Proconsult

Dalam hal ini pemindahbukuan pajak juga dapat disingkat dengan Pbk. Hal tersebut dapat dilakukan karena terjadinya kesalahan input NPWP, yang tidak sesuai pada base data. Sehingga nantinya akan menyebabkan kesalahan dalam admnistrasi perpajakan.

Tentunya Pbk atau proses pemindahbukuan tersebut menjadi upaya, yang dapat dilakukan oleh wajib pajak. Khususnya ketika mengelami kesalahan dalam proses pembayaran maupun pelaporan pajak.

Nantinya proses tersebut hadir dalam bentuk memindahkan penerimaan pajak, yang selanjutnya dibukukan menjadi penerimaan pajak secara tepat. selanjutnya untuk pajak yang dapat dilakukan pemindahbukuan ini hadir dalam beberapa bentuk, seperti:

  • PPh
  • PPnBM
  • PPn untuk barang dan jasa

Sementara itu untuk pemindahbukuan pajak sendiri bisa dilakukan:

  • Jenis pajak sama atau berbeda
  • Masa maupun tahun pajak sama atau berbeda

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Syarat Pemindahbukuan Pajak Online

Syarat Pemindahbukuan Pajak Online

Sumber foto : Belasting.id

Pemindahbukuan pajak menjadi salah satu kebutuhan penting bagi wajib pajak. Dalam bidang perpajakan aktivitas tersebut nantinya bisa mempermudah wajib pajak dalam melakukan beberapa aktivitas pajak.

Sementara itu pemindahbukuan juga dapat dilakukan ketika wajib pajak melakukan keslahan administrasi, yang erat kaitannya pada proses penyetoran dan pembayaran pajak. Nantinya kesalahan tersebut dapat berupa:

  • Pengisian NPWP
  • Mas apajak
  • Jenis pajak
  • Nominal pembayaran

Ketika melakukan kesalahan tersebut nantinya Anda bisa membetulkannya melalui pemindahbukuan pajak yang disingkat dengan Pbk. Sementara itu bagi Anda yang ingin mengajukan pemindahbukuan harus menyiapkan beberapa data seperti:

  • Pengisian formulir untuk permohonan Pbk secara lengkap
  • Surat setoran pajak asli

Selanjutnya ketika sudah memenuhi semua persyaratan tersebut Anda bisa mulai melakukan pemindahbukuan. Dalam hal ini pemindahbukuan juga membutuhkan beberapa persyaratan lain agar dapat dilakukan.

Nantinya proses pemindahbukuan online tersebut dapat dilakukan oleh wajib pajak melalui aplikasi ePBK v.1. aplikasi tersebut akan membantu anda, untuk melakukan pemindahbukuan secara tepat dan mudah.

Baca Juga : Jasa Konsultan Pajak dan Pembukuan | Tips Memilih Konsultan Pajak

Selanjutnya dalam melakukan pemindahbukuan pajak online ada beberapa syarat penting, yang harus Anda perhatikan. Berikut adalah syarat pemindahbukuan pajak online, yang dapat diketahui:

1. Proses pemindahbukuan pajak online menggunakan aplikasi DJP online sehingga pastikan Anda sudah terdaftar secara resmi.

2. Mempunyai sertifikat elektronik ketika ingin melakukan pengajuan ePBK.

3. Dalam proses pengajuan pemindahbukuan pajak online tersebut dilakukan sesuai ketentuan di bawah ini:

  • Proses pemindahbukuan hanya dapat dilakukan oleh wajib pajak dengan NPWP sama.
  • Proses pemindahbukuan tersebut hanya dapat dilakukan pada pembayaran dan setoran pajak. Dimana sebelumnya proses tersebut belum terlapor atau terekam dalam SPT.
  • Pemindahbukuan hanya dapat dilakukan khusus pada kode billing, yang terbit melalui DJP online.
  • Hanya untuk NTPN.
  • Bagi KJS dan KAP proses pembayaran pajak masa serta tahunan tertentu.
  • Dapat dilakukan jika terjadi indikasi kesalahan dalam pemecahan dan setor SSP nonPBB.

4. Sementara itu terdapat beberapa aktivitas yang tidak dapat dilakukan pemindahbukuan pajak online, yaitu:

  • Tidak dapat melakukan pemindahbukuan pada NPWP lain.
  • Non NPWP serta NPWP 000 tidak bisa melakukan pemindahbukuan.
  • Tidak dapat digunakan untuk pemindahbukuan terhadap pemindahbukuan lainnya.
  • Setoran ketetapan pajak serta sanksi pajak tidak bisa dilakukan.
  • Tidak dapat dilakukan pemindahbukuan yang memakai jumlah bayar pajak lebih besar daripada utang pajak.

5. Menggunakan hasil pemindahbukuan produk dengan hukum asli, yang dapat diunduh dari aplikasi e-PBK v.1 yang merupakan Salinan.

6. Hasil pemindabukuan asli tersebut harus sesuai pada aturan hukum. Sedangkan pada manualnya harus ditandatangani serta mendapatkan cap basah oleh KPP.

7. Dokumen bukti dalam pemindahbukuan asli bisa dimintakan dengan persyaratan menghubungi KPP terdaftar lebih dulu.

Cara Pemindahbukuan Pajak Online

Proconsult

Setelah memahami semua penjelasan diatas, maka berikutnya Anda bisa mempelajari tentang cara pemindahbukuan pajak online. Hal ini menjadi salah satu pembahasan penting, yang harus diperhatikaan oleh wajib pajak.

Tentunya untuk proses pemindahbukuan pajak tersebut sudah bisa dilakukan secara online. Meski demikian nantinya Anda juga tetap dapat melakukan pemindahbukuan secara manual. Namun kali ini kami akan memberikan informasi terkait pemakaian aplikasi e-Pbk v.1 untuk aktivasi sekaligus pemindahbukuan pajak online, yaitu:

  1. Pertama pastikan Anda sudah mempunyai akun pajak di DJP online. Bagi yang belum memilikinya bisa langsung melakukan registrasi lebih dulu pada website Direktorat Jenderal Pajak.
  2. Selanjutnya ketika sudah mempunyai akun DJP online, maka lanjutkan login ke akun dengan input NPWP maupun NIK.
  3. Jika sudah silahkan masuk pada halaman utama DJP online dan pilih menu “profil”.
  4. Selanjutnya di halaman tersebut Anda akan menemukan beberapa menu. Sedangkan untuk melakukan aktivasi silahkan klik aktivasi fitur.
  5. Lalu jangan lupa di bagian aktivasi fitur beri tanda centang pada kotak tersebut.
  6. Berikutnya silahkan klik pada menu “ubah fitur layanan”. Disini sistem akan langsung menunjukkan notifikasi berupa konfirmasi persetujuan. Hal tersebut dipakai dalam merubah fitur layanan dan klik “Ya”.
  7. Berikutnya pada sistem akan menampilkan pemberitahuan untuk perubahan fitur dan layanan yang harus dipilih. Di bagian tersebut Anda hanya perlu klik pilihan “Ok”.
  8. Jika proses sudah selesai maka Anda akan langsung diarahkan pada halaman login DJP online.
  9. Terakhir silahkan login kembali pada akun DJP online tersbeut. Disini Anda sudah dapat mengakses fitur e-Pbk secara mudah dan tersedia, untuk melakukan pemrohonan pemindahbukuan pajak online.
  10. Sementara itu untuk pengajuan pemindahbukuan sendiri Anda hanya perlu mengakses DJP online dan memasukkan NTPN lalu klik cari.
  11. Disini akan terdapat pilihan menu e-Pbk dan silahkan melakukan permohonan.
  12. Lanjutkan melakukan perekaman untuk permohonan pemindahbukuan secara benar.
  13. Disini validasai akan muncul secara otomatis, yang menunjukkan lolos atau tidaknya disertai keterangan pada bagian kesalahannya.
  14. Usahakan untuk nominal pemindahbukuan tersebut tidak lebih atas nilai sisa NTPN.
  15. Terakhir masukkan nomor hp dan email aktif. disini Anda dapat mengakses monitoring dengan klik menu “monitoring”.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak Online

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak Online

Sumber foto : Indopajak.id

Proses pemindahbukuan pajak online tentunya masih terasa asing bagi Sebagian besar wajib pajak. Hal tersebut membuat masih sedikit sekali wajib pajak, yang nantinya dapat mengetahui proses pembukuan pajak secara tepat.

Pada dasarnya pembukuan pajak adalah salah satu cara, yang dapat dilakukan oleh masyarakat ketika melakukan kesalahan tertentu di bidang perpajakan. Atas dasar tersebut tentu dalam pelaksanaan pembukuan juga tidak boleh salah lagi. Sehingga penting bagi Anda mengetahui tata cara pembukuan pajak online secara tepat.

Proses pembukuan pajak online dapat memundahkan berbagai kebutuhan pajak masyarakat secara baik. Dalam hal ini Anda bisa menjalankan setiap aktivitas pajak tersebut secara baik asalkan mampu melakukan pembukuan pajak dengan tepat.

Baca Juga : Kursus Pajak Perusahaan 081350882882, Hubungi Sekarang Juga!

Namun sayangnya terbatasnya pengetahuan masyarakat saat ini membuat minimnya pengetahuan pajak. Oleh sebab itu Anda harus menggunakan jasa profesional dari konsultan pajak. Berikut ini adalah tips untuk menggunakan jasa konsultan pajak, yaitu:

1. Kompetensi

Tips pertama yang harus dilakukan dalam memilih konsultan pajak online adalah memperhatikan kompetensinya. Hal ini menjadi salah satu langkah penting, yang membutkikan jasa tersebut berkualitas.

Setiap jasa konsultan pajak nantinya akan mempunyai beberapa kompetensi resmil, yang dapat Anda jadikan patokan pemilihan. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat pajak. Sebab setiap tingkatan sertifikat konsultan pajak dapat menunjukkan kualifikasi serta keterampilan jasanya.

Saat ini terdapat 3 tingkatan sertifikat konsultan pajak, yang masing-masing menunjukkan keahlian berbeda. Oleh sebab itu silahkan Anda mempertimbangkan kompetensi konsultan pajak terbaik, untuk memperoleh tenaga jasa sesuai kebutuhan.

Sementara itu konsultan pajak yang sudah profesional tentu akan memiliki kompetensi resmi. Dimana ketika Anda mengecek nama tersebut akan termasuk sebagai anggota dalam salah satu asosiasi konsultan pajak resmi di Indonesia.

Perlu diketahui juga bahwa kompetensi tersebut dapat diperoleh dari beberapa cara. Mulai dari brevet pajak, USKP. US AAP atau lulusan dari universitas pajak. Sehingga pastikan mencari informasi terkait kompetensi tenaga jasa tersebut secara baik.

2. Memiliki Izin Praktik

Meski menggunakan tenaga konsultan pajak secara online, namun pemilihan jasa terpercaya tidak boleh dilewatkan. Dalam hal ini Anda harus memilih tenaga profesional, yang mempunyai izin praktik resmi.

Izin praktik tersebut menjadi bukti legalitas dari tenaga jasa perpajakan, yang nantinya Anda gunakan. Dalam hal ini izin praktik tersebut akan menjamin kualitas serta kepercayaan jasa ketika Anda menggunakannya.

Izin praktik juga menjadi bukti legalitas dari tenaga profesional perpajakan. Maka dari itu jangan lupa untuk memperhatikan aspek legalitas tersebut secara baik. Sedangkan untuk izin praktik konsultan pajak sendiri nantinya akan dikeluarkan langsung oleh Direktorat Jenderal Pajak selaku lembaga tinggi di perpajakan.

3. Track Record Terpercaya

Proconsult

Tips selanjutnya dalam memilih tenaga profesional pajak online adalah dengan memperhatikan track recordnya. Hal ini dapat menjadi salah satu cara terbaik bagi Anda yang ingin mencari tenaga jasa perpajakan terbaik dan terpercaya.

Silahkan melihat rekam jejak konsultan pajak dan pastikan pihaknya memiliki pengalaman dan dapat diandalkan. Hal tersebut tentunya menjadi langkah penting ketika Anda mencari jasa perpajakan secara online. Dimana sebagai client pasti ingin memperoleh pelayanan terbaik dalam melaksanakan kegiatan perpajakan.

Anda bisa melihat dan mencari informasi seputar rekam jejak tersebut melalui berbagai cara. Bisa melalui internet, website atau testimoni dari pelanggan sebelumnya. Tentunya ketika jasa tersebut memberikan pelayanan terbaik, maka client sebelumnya juga memberikan ulasan memuaskan.

4. Latar Belakang Pendidikan

Dalam bidang perpajakan kehadiran tenaga konsultan pajak tentunya memberikan banyak sekali manfaat bagi wajib pajak. Maka dari itu dalam proses pemilihannya tidak boleh Anda lakukan secara sembarangan.

Pastikan Anda memilih tenaga konsultan pajak terpercaya, yang memiliki latar belakang pendidikan relevan. Hal tersebut juga menjadi salah satu point penitng dalam pemilihan. Sehingga pastikan untuk memperhatikan pengalaman dan pendidikannya secara baik.

Pendidikan tenaga konsultan pajak relevan tentu akan berpengaruh terhadap keterampilan dari jasa tersebut. Sehingga ketika latar belakang karir serta pendidikan bagus, maka bisa membuktikan keterampilan perpajakannya layak diakui.

Tentunya setiap tenaga konsultan pajak pasti akan memberikan pelayanan terbaik kepada semua clientnya. Namun manfaat pemakaian jasa tersebut akan semakin maksimal jika keahlian dan pendidikannya relevan pada bidang perpajakan.

5. Menyesuaikan Anggaran

Terakhir pastikan untuk menggunakan jasa konsultan terbaik, yang biayanya sesuai anggaran Anda. Meski terbilang sepele tentunya tips kali ini menjadi langkah penting yang harus Anda perhatikan.

Dalam menggunakan jasa konsultan pajak tentu Anda harus mengeluarkan sejumlah uang. Hal tersebut merupakan kebutuhan penting, yang digunakan sebagai alat pembayaran jasanya. Dalam hal ini setiap jasa akan mempunyai biaya jasa berbeda-beda.

Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa terbaik silahkan untuk menanyakan lebih dulu estimasi budget jasanya. Anda juga bisa mengumpulkan perbandingan dari tenaga perpajakan lain, untuk memperoleh biaya terbaik sesuai kebutuhan.

Informasi Kontak Jasa Konsultasi Pajak Online

ALBERTH LIMANDAU ALIKIN, S.H.

NIA : 01. 002683

SK Pengangkatan : 11.2682/SKEP-ADV/PPKHI/VIII/2022

Email : alberthmandau@gmail.com

Whatsapp : 081350882882

Facebook : https://web.facebook.com/alberth.alikin

Instagram : https://www.instagram.com/alberthmandau

Office : Jl. Ngagel Tirto II No. 44 Surabaya

Kesimpulan

Dari informasi diatas Anda dapat mengetahui berbagai penjelasan terkait bidang perpajakan. Salah satunya mengenai tata cara pemindahan pajak online.

Sementara itu berdasarkan penjelasan tersebut Anda juga sudah mengetahui bahwa pemindahbukuan adalah salah satu prosesn, yang ada di bidang perpajakan. Hal tersebut menjadi kegiatan memindahbukukan penerimaan pajak. Dimana nantinya akan dibukukan pada penerimaan pajak secara tepat sesuai aturan perpajakan.

Selanjutnya nanti proses pemindahbukuan tersebut juga dilkaukan ketika terjadi penyetoran pajak maupun kesalahan pembayaran. Sehingga Anda dapat mengetahui bahwa pemindahbukuan tersebut mampu menjadi salah satu instrument penting, yang harus Anda perhatikan.

Dalam proses pemindahbukuan tersebut tentunya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Dalam hal ini Anda membutuhkan bantuan tenaga profesional pajak, yang nantinya akan membantu setiap proses perpajakan secara mudah. Sehingga pelaksanaan pajak juga dapat berjalan secara benar serta tepat sasaran.

Tentunya silahkan untuk menggunakan jasa konsultan pajak online dari Proconsult.id. Layanan jasa tersebut menjadi salah satu kebutuhan penting, yang tentunya bisa Anda manfaatkan.

Sementara itu jasa konsultan pajak dari Proconsult.id merupakan tenaga profesional terbaik, yang bisa Anda manfaatkan. Hadirnya jasa perpajakan tersebut tentu akan memberikan banyak sekali kemudahan serta manfaat bagi wajib pajak.

Pastikan untuk menggunakan jasa pajak terpercaya dari Proconsult.id. selain proses yang mudah Anda juga bisa memperoleh berbagai kemudahan, seperti penggunaan jasa ahli dan tarif terjangkau. Oleh karenanya gunakanlah jasa konsultan pajak terpercaya dari Proconsult.id sekarang juga!

Proconsult