Contoh Tax Planning Perusahaan di Indonesia

Ada beberapa contoh tax planning di Indonesia yang wajib diketahui disini. Menjalankan aktivitas pajak memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Baik bagi wajib pajak badan maupun perusahaan. Dalam hal ini wajib pajak perlu memiliki tujuan dalam pelaksanaan setiap aktivitas perpajakan.

Hal tersebut menjadi salah satu perhatian penting, yang tidak boleh terlewatkan. Khususnya bagi wajib pajak perusahaan dengan berbagai bentuk tanggung jawab cukup banyak. Semakin kompleks kewajiban perpajakan tersebut membuat tanggung jawabnya juga semakin besar.

Dalam dunia bisnis tentu setiap perusahaan akan senantias melalui persaingan yang kompetitif. Dalam bisnis hal ini sudah menjadi pemandangan cukup biasa dan lumrah. Namun dalam setiap persaingan tersebut harus diimbangi dengan rencana serta kepatuhan.

Proconsult

Pajak menjadi salah satu instrumen penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Dalam hal ini  dalam persaingan bisnis dan aktivitas usaha sehari-hari pajak mendominasi berbagai aspek. Sehingga penting untuk memperhatikan setiap pelaksanaan pajak secara baik.

Kewajiban pajak setiap perusahaan sebenarnya bisa diminalisir menggunakan tax planning. Umumnya hal ini menjadi salah satu aktivitas umum, yang sudah diketahui oleh semua perusahaan secara baik. Meski demikian beberapa perusahaan belum memahaminya.

Tax planning menjadi salah satu aktivitas perpajakan cukup penting bagi semua wajib pajak. Bahkan bagi wajib pajak perusahaan dapat memberikan manfaat lebih besar bagi kelancaran usahnya. Namun untuk lebih jelasnya Anda perlu mengetahui penjelasan contoh tax planning di bawah ini.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Apa Itu Tax Planning

Apa Itu Tax Planning

Sumber foto : Taxnow.co.id

Bagi seorang wajib pajak pastinya sudah tidak asing dengan istilah Tax Planning. Hal tersebut menjadi salah satu pembahasan penting dalam bidang perpajakan. Dimana semua wajib pajak bisa memaksimalkan keuntungan pajaknya melalui aktivitas tersebut.

Umumnya pembahasan terkait tax planning cukup familiar bagi wajib pajak badan. Meski demikian aktivitas tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh wajib pajak perorangan. Sehingga semua wajib pajak dapat menggunakan layanan ini secara baik.

Sebagai salah satu aktivitas umum bagi perusahaan pastinya hal ini memberikan banyak sekali keuntungan. Namun sebelum membahas lebih jauh pastikan Anda memahami definisinya lebih dulu.

Baca Juga : Apa Itu Tax Planning PPN? Ini Contoh dan Tujuannya

Tax Planning adalah sebuah perencanaan pajak yang dilakukan, untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan bagi aktivitas pajak wajib pajak. Biasanya tax planning akan dilakukan untuk meminimalkan pengeluaran pajak secara legal.

Melihat dari aktivitas tersebut wajar jika banyak perusahaan membutuhkan tax planning. Umumnya tax planning adalah perencanaan strategi, yang dibuat oleh jasa profesional perpajakan, yaitu konsultan pajak. Sehingga sudah pasti terjamin isi dan keakuratannya.

Sehingga dari sini bisa Anda perhatikan juga pengertian Tax Planning sebagai perencanaan pajak, yang menjadi aktivitas untuk mengurangi beban pajak. Sehingga nantinya kewajiban pembayaran pajak perusahaan bisa seminimal mungkin meskipun objeknya tetap sama.

Proconsult

Pembayaran pajak seminimal mungkin kepada negara tersebut tentunya bisa dilakukan tanpa perlu melanggar aturan yang ada. sehingga disinilah peran tax planning sebenarnya, yaitu mendapatkan celah dari aturan perpajakan untuk meminimalisir kewajiban pajak.

Tax planning juga bisa disebut sebagai aktivitas pengelolaan pajak, yang bisa dilakukan oleh wajib pajak. hal ini merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan pengeluaran perpajakan secara  sah. Tanpa perlu melewati risiko pelanggaran atau penyimpangan.

Pada saat menjalankan aktivitas tax planning wajib pajak perlu mengetahui rangkaian UU perpajakan secara menyeluruh. Sehingga dalam menjalankan aktivitasnya tetap bisa mematuhi aturan perpajakan.

Pada dasarnya jika melihat dari uraian kali ini Anda dapat mengetahuu bahwa perencanaan pajak menjadi aktivitas penting bagi perusahaan. Bahkan bukan tidak mungkin juga jika hal ini menjadi suatu kewajiban bagi semua perusahaan untuk memilikinya.

Pajak menjadi beban dan kewajiban melalui pengurangan laba bersih perusahaan. Sehingga ketika perusahaan memiliki perencanaan pajak, maka jumlah laba bersih perusahaan bisa jauh lebih besar. Hal ini bisa terjadi tanpa perlu melanggar aturan pajaknya,

Perencanaan pajak juga mampu membantu perusahaan dari berbagai risiko ketidakpatuhan aturan. Bahkan hal ini mampu meminimalisir terjadinya utang pajak, yang secara tidak terduga dapat hadir.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Fungsi Tax Planning

Fungsi Tax Planning

Sumber foto : Konsultanku.co.id

Dari penjelasan diatas Anda dapat mengetahui bahwa tax planning akan merangkum perencanaan serta strategi perpajakan. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan berbagai informasi, pengetahuan serta daya pikir untuk membuat perencanaan secara matang.

Bahkan pada dasarnya tax planning akan berorientasi pada aspek teknologi juga. Hal ini akan semakin meningkatkan integrasi serta solusi, untuk meningkatkan perencanaan terbaik bagi perusahaan.

Baca Juga : Income Tax Payable Adalah: Pengertian, Cara Menghitung dan Contoh

Sebagai salah satu aspek penting dalam perusahaan pastinya setiap bisnis membutuhkannya. Mengingat ada banyak sekali fungsi tax planning yang bisa didapatkan oleh perusahaan. Berikut adalah beberapa fungsi penitng dari tax planning, yaitu:

1. Perkecil Pengeluaran Pajak

Salah satu fungsi penting dari tax planning adalah memperkecil pengeluaran pajak bagi perusahaan. Hal ini hanya bisa dilakukan jika perusahaan memiliki strategi perpajakan, yang berorientasi pada solusi masa depan.

Pada hakikatnya melalui strategi perpajakan nantinya perusahaan dapat membayar kewajibannya di bawah jumlah kewajibannya. Tentunya hal ini tetap akan dilakukan sesuai ketentuan perundangan-undangan sehingga bersifat legal.

Selain itu aktivitas memperkecil tanggungan pajak juga dapat dimanfaatkan perusahaan dalam berbagai kepentingan. Sehingga nantinya perusahaan akan mampu meminimalisir pengeluaraan secara lebih maksimal.

2. Perhitungan serta Persiapan Pembayaran

Fungsi berikutnya dari tax planning adalah sebagai perhitungan maupun persiapan pembayaran kewajiban pajak. hal ini perlu diketahui oleh perusahaan secara seksama. Sehingga  nantinya ketika melakukan pembayaran bisa mendapatkan tarif paling minimal.

Pada dasarnya perusahaan juga memiliki kewajiban untuk melakukan perhitungan serta pembayaran. Hal ini menjadi salah satu aktivitas penting, yang perlu diketahui oleh perusahaan. Dalam hal ini ketika memiliki strategi perpajakan Anda bisa menghitung secara baik.

Bahkan perhitungan yang dilakukan nantinya bisa memiliki nilai minimal, namun tetap sesuai aturan yang ada. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kewajiban perpajakannya serta menghindari timbunya sanksi, yang membuat pengeluaran perusahaan menjadi lebih besar.

3. Pengaturan Pajak Secara Sistematis

Sebagian masyarakat yang belum mengetahui definisi tax planning secara menyeluruh pasti masih sering salah paham. Banyak orang menyebut aktivitas ini sebagai penyimpangan kewajiban perpajakan, yang dilarang oleh negara.

Tentunya persepsi tersebut sangat salah karena tidak sesuai dengan definisi tax planning diatas. Dalam hal ini tax planning bukanlah aktivitas untuk mengelak proses pembayaran pajak. namun lebih pada pengaturan kewajiban pembayaran secara lebih sistematis.

Tax planning membuat perusahaan mampu melakukan manajemen pengeluaran secara baik. Sehingga nantinya jumlah pembayaran yang dilakuakn tidak lebih dari keseluruhan kewajiban.

Menurut pendapat dari William H. Hoffman dalam sebuah buku akuntingnya pernah menyebutkan, bahkan tax planning adalah sebuah upaya dari WP, untuk memperoleh penghematan atau tax saving.

Masih menurut William juga disebutkan aktivitas tax planning akan dilakukan sejurus dengan prosesdur perpajakan. Sehingga tidak akan melanggar ketentuan yang ada atau tax avoidance. Bahkan pelaksanana tax planning akan dilakukan secara sistematis sesuai UU Perpajakan.

Dalam melaksanakan tax planning tentunya ada beberapa hal, yang perlu menjadi perhatian. Salah satunya adalah syarat pelaksanaan tax planning, yang bisa Anda lihat di bawah ini:

  1. Tidak bertentangan pada aturan perpajakan yang berlaku. Hal ini karena ketiak tax planning dibuat dengan melanggar ketentguan, maka bisa menyebabkan berbagai risiko perpajakan. Tentunya aktivitas tersebut akan merugikan wajib pajak dan membuat strategi perpajakan menjadi gagal. Hal ini karena nantinya akan ada potensi denda atau sanksi lain kepada wajib pajak dan perusahaan.
  2. Syarat sah melaksanakan kewajiban pajak adalah tidak melakukan pemalsuan berbagai bukti pendukung. Hal ini diantaranya semua data maupun dokumen, yang diperlukan dalam aktivitas pembayaran pajak dicantumkan secara aktual. Sehingga tidak akan ada manipulasi data atau informasi, untuk mengurangi beban pajak.
  3. Terakhir adalah masuk akal secara bisnis dan etika usaha. sebab ketika tx planning tidak masuk akal, justru akan membuat pelemahaman terjadi kepada perencanaan pajak.

Contoh Tax Planning Perusahaan di Indonesia

Proconsult

Saat ini jumlah perusahaan yang menggunakan jasa konsultan pajak di Indonesia sangatlah banyak. Tujuannya pun juga sangat beragam, namun salah satunya adalah memastikan perusahaan memiliki tax planning dalam melaksanakan aktivitas pajaknya.

Tax planning bagi perusahaan adalah salah satu aspek penting yang harus diperhatikan. Dalam praktiknya contoh tax planning pada perusahaan sangatlah beragam. Namun umumnya strategi tersebut digunakan dalam proses pembayaran kewajiban pajak.

Tahapan Contoh Tax Planning

Dalam hal ini contoh tax planning akan dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Beberapa contoh tax planning adalah sebagai berikut:

  • Melakukan analisa terkait informasi perpajakan yang ada.
  • Membuat satu model atau lebih dari perencanana pajak, yang digunakan untuk melihat besaran pajak.
  • Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dari rencana  perpajakan, yang sebelumnya sudah dibuat.
  • Mencari ada tidaknya kelemahan dari rencana pajak tersebut.
  • Melakukan perbaikan pada rencana pajak yang ada.
  • Memutakhirkan perencanaan pajak secara lebih menyeluruh.

Selain itu setiap perusahaan tergantung dari jenis industrinya biasanya memiliki contoh tax planning yang berbeda. namun dalam hal ini umumnya perencanaan digunakan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya demi kepentingan perusahaan.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Tips Memilih Jasa Tax Planning

Tips Memilih Jasa Tax Planning

Sumber foto : Linkedin.com

Setelah mengetahui contoh tax planning, ketahui juga cara memilih jasa tax planning. Bagi perusahaan yang ingin memiliki tax planning secara baik dan akurat tentunya harus menyerahkannya pada jasa profesional. Hal ini menjadi salah satu aktivitas penting, yang meningkatkan elektibitas tax planning perusahaan Anda nantinya.

Tax planning merupakan aktivitas penting yang tidak boleh disepelekan. Sehingga dari pada asal mengerjakan tanpa tau benar salahnya hal ini bisa menimbulkan beragam risiko buruk. Disini Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit biaya kepada jasa profesional perpajakan.

Jasa konsultan pajak adalah salah satu tenaga jasa terpercaya, yang bisa membantu beragam kebutuhan pajak perusahaan secara baik. Bahkan jasa konsultan pajak juga dapat digunakan oleh wajib pajak pribadi, untuk menyelesaikan beragam aktivitas perpajakannya.

Dalam hal ini jasa konsultan pajak memegang peran penting, untuk memastikan kelancaran aktivitas perpajakan. Bahkan pihaknya dapat membantu wajib pajak, untuk menemukan kemudahan dalam pelaksanaan aktivitas perpajakan.

Baca Juga : Jasa Perencanaan Pajak Perusahaan Multinasional | Tips Memilih

Namun ada satu hal penting,  yang harus diperhatikan ketika menggunakan jasa konsultan pajak. hal tersebut adalah tips pemilihan konsultan pajak, untuk menemukan jasa terbaik dan berkualitas. Berikut adalah tipsnya secara lengkap:

1. Izin Praktik

Hal penting pertama yang perlu diperhatikan adalah izin praktik dari jasa konsultan pajak. hal ini menjadi langkah paling penting yang wajib Anda perhatikan. Dari sini nantinya wajib pajak bisa mendapatkan jasa terpercaya dan resmi untuk berbagai masalah Anda.

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa jasa konsultan pajak adalah tenaga ahli dalam bidang perpajakan. Pihaknya memiliki berbagai persyaratan penting, untuk menjadi profesi tersebutt. Salah satunya adalah izin praktik sebagai legalitas membuka praktik sebagai tenaga jasa.

Jika baru pertama ingin menggunakan jasa konsultan pajak pastikan untuk memperhatikan hal ini terlebih dahulu. Umumnya izin praktik konsultan pajak adalah dokumen resmi, yang dikeluarkan oleh DJP. Sehingga legalitasnya akan sangat terjamin.

2. Sertifikat

Salah satu syarat penting menjadi konsultan pajak berikutnya adalah sertifikat konsultan pajak. Hal ini menjadi salah satu persyaratan penting, yang harus dipenuhi oleh konsultan pajak. Selanjutnya dokumen tersebut juga menjadi salah satu kelengkapan jasa profesional ini.

Sertifikat konsultan pajak akan menunjukkan kualitas serta kemampuan jasa konsultan pajak. hal ini perlu Anda pertimbangkan ketika ingin menggunakan jasa profesional. Pastikan bahwa sertifikatnya selarasa dengan permasalahan yang Anda miliki.

Salah satu contohny adalah sertifikat tingkat 1, yang jasanya memiliki kemampuan penyelesaian masalah pajak dari wajib pajak pribadi. Sehingga bagi Anda wajib pajak perorangan bisa menggunakan jasa konsultan pajak dengan sertifikat tersebut.

3. Reputasi

Proconsult

Dalam menggunakan jasa konsultan pajak ada banyak hal, yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah reputasi konsultan pajak di mata masyarakat, lembaga perpajakan, client serta konsultan pajak lain.

Sebagai penyedia jasa reputasi menjadi hal penting, yang perlu Anda perhatikan. Hal ini akan membantu Anda menemukan jasa terbaik, yang memiliki reputasi terpercaya di mata masyarakat. Sehingga nanti pihaknya juga bisa menyelesaikan masalah pajak Anda secara baik.

4. Layanan

Setiap jasa konsultan pajak pastinya memiliki layanan berbeda-beda. Hal ini perlu menjadi perhatikan khusus, yang tidak boleh terlewatkan. Pastikan Anda menggunakan jasa konsultan pajak, yang memiliki layanan sesuai pada permasalahan Anda.

Cari jasa konsultan pajak yang menyediakan layanan lengkap dengan kualitas terbaik. pastikan juga bahwa layanannya memiliki integrai serta komprehensif terbaik.

5. Biaya

Terakhir pastikan Anda memilih jasa konsultan pajak, yang memiliki biaya terjangkau. dalam artian jasa tersebut menyediakan pilihan tarif, yang sesuai dengan anggaran serta kemampuan Anda. Sehingga nantinya akan membantu kelancaran aktivitas perpajakan.

Saat ini ada banyak sekai jasa konsultan pajak, yang menyediakan rentang tarif berbeda. hal tersebut dapat Anda jadikan sebuah kesempatan, untuk mendapatkan layanan jasa sesuai kebuituhan.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Kesimpulan

Pada dasarnya contoh tax planning adalah satu aktivitas penting dalam bidang perpajakan. Hal ini mampu memberikan manfaat lebih besar bagi kelancaran usaha perusahaan. Hal ini menjadi sebuah perencanaan dalam sektor perpajakan untuk mengelola kewajiban pajak secara baik.

Aturan perpajakan di Indonesia tentunya sangat beragam. Dalam hal ini terdapat celah tertentu, yang bisa dimanfaatkan untuk meminimalisir besarnya kewajiban pajak tersebut. namun tentunya hal ini adalah aktivitas legal, yang tidak melanggar aturan perpajakan.

Memiliki tax planning dalam bidang perpajakan menjadi salah satu aktivitas, yang perlu dilakukan. Hal ini menjadi salah satu agenda penting bagi semua wajib pajak, yang ingin memaksimalkan keutungan perpajakannya.

Bagi Anda yang membutuhkan perencanaan pajak terbaik saat ini dapat menggunakan jasa konsultan pajak. Proconsult.id adalah perusahaan penyedia jasa konsultan pajak terbaik, yang kualifikasi profesinya sudah terjamin.

Proconsult.id menyediakan beragam layanan perpajakan terbaik bagi wajib pajak. salah satunya adalah tax planning, yang  bisa dimanfaatkan oleh semua wajib pajak. Tentunya kehadiran jasa tersebut akan memberikan lebih banyak manfaat bagi aktivitas usaha Anda.

Pastikan Anda menggunakan jasa konsultan terbaik dari Proconsult.id. Sampai sekarang sudah banyak sekali wajib pajak, yang menggunakan jasa konsultan pajak dari Proconsult.id. Hal tersebut karena kualitas, pelayanan serta biaya yang diberikan sangatlah bersaing.

Proconsult