Kapan Kadaluarsa Utang Pajak? Ini Penjelasannya

Dalam menjalani aktivitas pajak setiap orang perlu memahami berbagai istilah serta ketentuan di dalamnya salah satunya kadaluarsa utang pajak. Hal tersebut sangat berpengaruh dalam menjaga kelancaran pelaksanaan pajak secara keseluruhan. Sehingga nantinya Anda dapat melaksanakan kegiatan pajak secara benar sesuai aturan UU Perpajakan.

Proconsult

Sementara itu dalam bidang perpajakan ada banyak sekali istilah yang nantinya perlu diketahui. Salah satunya adalah kadaluarsa utang pajak, yang merujuk pada kepemilikan tanggung jawab pembayaran pajak.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Tentunya informasi ini sangat penting tidak hanya bagi wajib pajak, yang memiliki utang pajak. Namun semua wajib pajak perlu mengetahui informasinya secara lengkap. Oleh sebab itu untuk memudahkan Anda dalam memahaminya silahkan untuk mengetahui penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Apa Itu Kadaluarsa Utang Pajak

Apa Itu Kadaluarsa Utang Pajak

Sumber foto : Hukumonline.com

Secara umum memahami istilah kadaluarsa pajak menjadi salah satu kewajiban bagi semua masyarakat. Utamanya bagi wajib pajak yang mempunyai tanggung jawab perpajakan. Sehingga nantinya Anda dapat mengelola kewajiban pajak secara baik sesuai pada aturan yang berlaku.

Dalam hal ini istilah kadaluarsa dalam bidang pajak akan mengacu pada banyak aspek. Baik itu dalam pemeriksaan, penetapan, penagihan maupun jatuh tempo dalam SKPKP. Sehingga bisa dikatakan bahwa berbagai rutinitas pajak akan erat kaitannya dengan istilah kadalursa.

Sementara itu untuk kadaluarsa sendiri juga tidak hanya sebatas pada pembayaran maupun pelaporan pajak. Sehingga terdapat banyak sekali kegiatan pajak, yang nantinya berkaitan pada istilah kadaluarsa tersebut. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk memahaminya secara lebih mendalam.

Dalam kesempatan kali ini nantinya Anda akan mengenal istilah kadaluarsa utang pajak. Namun sebelum membahas kadaluarsa utang pajak pastikan mengetahui definisi dari utang pajak serta kadalursa lebih dulu.

Baca Juga : Apa Itu Daluwarsa Pajak? Ini Penjelasannya

Umumnya istilah kadaluarsa juga dapat disebut dengan expired dalam Bahasa inggris. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Anda akan menemukan istilah kadalursa berupa kadaluwarsa atau kedaluwarsa. Sedangkan untuk bentuk bakunya adalah kadaluwarsa.

Sementara itu istilah kedaluwarsa tersebut dalam KBBI adalah jatuh temponya, terlewatnya batas waktu sesuai ketentuan yang berlaku dan telah ditetapkan. Sehingga Anda dapat mendefinisikan kedaluwarsa sebagai terlewatnya jatuh tempo sesuai ketentuan.

Sedangkan untuk utang pajak tentunya semua wajib pajak sudah mengetahuinya secara lengkap. Umumnya utang pajak adalah sebuah kewajiban pembayaran, yang wajib dilakukan oleh wajib pajak. Baik itu individu maupun perusahaan dalam bentuk wajib pajak badan.

Utang pajak adalah utang pembayaran pajak, yang harus dilunasi dan wajib dibayarkan. Ketentuan mengenai utang pajak sendiri ada dalam UU Perpajakan di Indonesia. Sehingga ketentuan terkait utang pajak adalah sebuah mekanisme penting, yang wajib diketahui oleh masyarakat.

Bahkan umumnya utang juga memiliki keterkaitan hukum perdata di Indonesia. Sehingga baik utang biasa maupun utang pajak memiliki kewajiban pembayaran, bagi pihak yang mempunyai tanggung jawab tersebut.

Sementara itu apa yang dimaksud dengan kadaluarsa utang pajak?

Proconsult

Dalam hal ini Kadaluarsa Utang Pajak adalah salah satu upaya dalam mekanisme pembebasan utang pajak. Sedangkan untuk  pengertian Kadaluarsa Utang Pajak merupakan pembebasan wajib pajak terhadap kewajiban pajaknya. Dalam hal ini wajib pajak sudah melewati masa penagihan, yang telah melampau jangka waktu dari pajak terutangnya.

Umumnya kondisi ini sudah mempunyai kepaastian hukumnya sendiri. Sehingga semua mekanisme terkait kapan hutang pajak sudah tidak dapat ditagih kemabli telah ada kepastian secara hukum sesuai ketentuan UU Perpajakan.

Umumnya terdapat beberapa mekansime penghapusan utang pajak, yang dapat Anda ketahui. Salah satunya adalah kadaluarsa tersebut. Lantas apa sisa metode penghapusan pajak lainnya? Berikut adalah penjelasan lengkapnya, yaitu:

  1. Pembayaran yang merupakan proses pelunasan untuk menghapus utang pajak.
  2. Kompensasi berupa peralihan pembayaran utang menggunakan peralihan tagihan, yang dimiliki dan diluar hasil bruto.
  3. Pembebasan yang dapat dihilangkan oleh salah satu pihak kepada sanksi administrasi dan bukannya nilai pokok pajak.
  4. Penghapusan yang hamper sama pada pembebasan. Namun untuk metode ini lebih condong dengan  melihat kondisi keuangan maupun terjadinya kematian sesuai ketentuan UU Perpajakan.
  5. Kadaluarsa beruapa pembebasan karena telah melampaui waktu penagihan sesuai aturan UU Perpajakan.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Meski mempunyai mekanisme penghapusan namun utang adalah kewajiban, yang harus dilunasi sesuai ketentuan yang ada. Dalam hal ini utang pajak juga merupakan salah satu kewajiban bagi wajib pajak.

Nantinya terdapat rangkaian sanksi, denda serta hukuman bisa dikenakan bagi wajib, yang dengan sengaja tidak membayarkan kewajiban utang pajaknya. Tentunya meski memiliki mekanisme penghapusan, namun nantinya DJP telah memiliki rangkaian petugas pajak, untuk menjalankan fungsi penagihan kepada pemilik utang pajak di Indonesia.

Kapan Kadaluarsa Utang Pajak?

Kapan Kadaluarsa Utang Pajak?

Sumber foto : Belasting.id

Tentunya sebagai wajib pajak Anda sudah mengetahui bahwa Indonesia memberlakukan prinsip self assessment dalam pelaksanaan kewajiban pajak. Sehingga wajib pajak memiliki kewajiban dalam melakukan perhitungan, pembayaran sekaligus pelaporan sendiri pada pajak yang terutang. Dimana nantinya pelaksanaan tersebut perlu disesuaikan terhadap aturan serta mekanisme perpajakan yang ada.

Dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa penentuan besarnya pajak terutang ini dapat dipercayakan kepada wajib pajak sendiri. Nantinya pelaksanaan menggunakan SPT yang disampaikan setuap tahunnya.

Sementara itu penerbitaan dari surat ketetapan pajak hanya terbatas bagi wajib pajak, yang melakukan pengisian SPT tidak benar. Hal ini dikarenakan adanya temuan fiscal, yang tidak dilaporkan oleh wajib pajak. Salah satu bentunya adalah terdapatnya utang pajak.

Dalam hal ini Anda sudah mengetahui bahwa utang pajak juga dapat berakhir sesuai jangka waktu yang sudah ditentukan. Pada ruang lingkup perpajakan hal tersebut merupakan kadaluarsa utang pajak.

Baca Juga : Pembebasan Utang Pajak: Syarat, Keuntungan dan Contoh

Lantas kapan kadaluarsa utang pajak itu terjadi?

Sesuai dengan UU Tahun 2007 No. 28 disebutkan bahwa penagihan utang pajak adalah 5 tahun. Sehingga dapat dikatakan bahwa proses penagihan pajak, yang didalamnya mencakup denda, bunga, kenaikan serta biaya penagihan adalah 5 tahun.

Jangka waktu 5 tahun tersebut akan terhitung semenjak penerbitan usrta penagihan pajak, surat ketetapan kurang bayar serta surat ketetapan pajak terhadap kurang bayar tambahan. Sehingga dapat dikatakan bahwa secara umum dalam kurun waktu 5 tahun tersebut telah ada banyak sekali rangkaian perpajakan, yang dilakukan dalam proses penagihan pajak.

Semenatar untuk proses kadaluarsa pajak sendiri akan tertanggung Ketika sudah memenuhi beberapa persyaratan. Berikut adalah beberapa penyebab tertanggungnya, yaitu:

  1. Terdapat penerbitan surat paksa.
  2. Terdapat pengakuan utang dari wajib pajak baik langsung atau tidak langsung.
  3. Terjadi penerbitan SKPKB mauapun SKPKBT.
  4. Dilakukan penyediakan terkait tindak pidana dalam bidang perpajakan.

Sementara itu dalam praktiknya terdapat beberapa tahapan lain, yang dilakukan sebelum masa kadaluarsa utang pajak berakhir. Hal ini meliputi rangkaian upaya dari Direktorat Jenderal Pajak, untuk menegakkan kewajiban pembayaran utang pajak  dari wajib pajak.

Sebelum jatuh tempo pembayaran nantinya DJP akan melakukan berbagai aktivitas, seperti pemeriksaan, pengiriman teguran atau pemberitahuan, pemeriksaan lapangan, penagihan dan lainnya. Dalam hal ini setiap aktivitas tersebut mempunyai aturan sendiri terkait mekanisme sekaligus jangka waktu pelaksanaan. Namun umumnya untuk jangka waktu keseluruhan dari kadaluarsa utang pajak adalah 5 tahun.

Utang pajak ini juga menjadi salah satu elemen penting, untuk memenuhi target pendapatan kas negara dari sector pajak. Oleh sebab itu sebagai wajib pajak Anda perlu menjalankannya secara baik. Sementara itu bagi staff dan petugas perpajakan di bawah DJP juga perlu melakukan berbagai upaya, agar target pajak negara dapat terpenuhi.

Contoh Kasus

Proconsult

Pada dasarnya utang pajak menjadi salah satu kewajiban, yang melekat pada wajib pajak. Sehingga bagi Anda yang memiliki utang pajak tentunya wajib membayarkannya sesuai ketentuan yang ada.

Jika melihat dari data yang ada maka dapat disebutkan bahwa untuk pelunasan utang pajak sendiri dapat dilakukan oleh pihak lain. Sehingga terhapusnya utang pajak tersebut dapat terjadi karena muncul insiatif dari wajib pajak, yang telah memenuhi syarat sesuai ketentuan pajak.

Contohnya Ketika terdapat insetif dalam pembebasan PPh pasal 21 bagi karyawan dengan gaji di bawah Rp. 200.000.000 per tahunnya selama pandemic covid. Dalam hal ini penghapusan pajak dapat dilakukan Ketika wajib pajak meninggal serta tidak mempunyai warisan atau harta. Sehingga tidak adanya nilai ekonomis, yang dapat digunakan sebagai alat pelunasan utang pajak tersebut.

Tentunya dari contoh tersebut akan terjadi kadaluarsa utang pajak yang dimiliki wajib pajak. Sehingga akan menghapus utang pajak yang dimilikinya.

Untuk memudahkan Anda dalam memahami berbagai contoh kasus kadaluarsa pajak pastikan menyimak informasinya disini. Berikut beberapa contoh kasus kadaluarsa utang pajak di Indonesia, yaitu:

1. Piutang Pajak Senilai Rp. 32,7 Triliun yang Dinyatakan Kadaluarsa, Diaudit Kembali

Ketika Anda terkena kadaluarsa utang pajak tentunya jangan merasa senang lebih dulu. Ada beberapa kasus utang pajak tersebut akan diurus dan ditagih Kembali oleh DJP sesuai pada aturan pajak yang ada.

Contoh kasus muncul dalam informasi terbaru, yang menyebutkan bahwa DJP akan menagih Kembali utang pajak kedaluarsa senilai Rp. 32,7 triliun. Rencananya untuk proses identifikasi dapat dilakukan karena utang pajak tersebut sudaj diaudit oleh BPK dan masuk dalam LKPP pada tahun 2017.

DJP menegaskan bahwa utang pajak senilai Rp. 32,7 triliun tersebut sebelumnya sudah berstatus hapus buku. Dimana piutang tersebut tercatat mulai tahun 1995 sampai dengan 2005. Dimana bagi para wajib pajak tidak dapat ditagih Kembali karena subjeknya tidak ada atau tidak mempunyai harta.

Dilain sisi BPK menegaskan bahwa penyajian dalam hapus buku dalam LKPP dinilai tidak wajar. Sebab melalui UU Tahun 2000 utang tersebut dianggap belum kadaluarsa. Sebaliknya dalam UU Tahun 2007 No. 28 disebutkan bahwa masa kadaluarsa pajak adalah 5 tahun setelahpenerbitan SKPKB serta SPPT. Namun umumnya penagihan tetap dapat dilakukan Ketika wajib pajak terkena kasus pidana.

Sehingga nantinya nilai utang pajak Rp. 32,7 triliun tersebut akan diteliti Kembali. Sehingga Ketika ada potensi penagihan utang pajak, maka jumlah tersebut akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

2. Kasus Rafael Alun

Ingatkah Anda pada kasus tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh petinggi pajak Rafael Alun? Umumnya Rafael Alun dinyatakan bersalah karena mendapatkan gratifikasi suap sejak tahun 2002 atau selama 21 tahun.

Melihat dari jangka waktu tersebt penasihat hukum dari Rafael Alun menyatakan bahwa kasus tersebut dinyatakan kadaluarsa. Dasar hukumnya adalah kadaluarsa utang pajak tersebut adalah 5 tahun. Namun pernyataan penasihat hukum tersebut ditolak oleh jaksa KPK pada siding PN Tipikor Jakarta.

Tips Memilih Konsultan Pajak Online

Tips Memilih Konsultan Pajak Online

Sumber foto : Ihsansantoso.com

Pelaksanaan kadaluarsa pajak ini cenderung cukup sistematis dan kompleks. Dalam praktiknya pelaksanaan kadaluarsa utang pajak tentunya perlu dilakukan dengan baik. Bahkan umumnya Anda bisa terhindar dari kewajiban pembayaran utang pajak Ketika melaksanakan kegiatan secara baik.

Pelaksanaan aktivitas pajak secara efektif membuat Anda dapat melakukan kewajiban secara baik. Sehingga nantinya Anda akan terhindar dari kesalahan sekaligus utang pajak. Namun jika terlanjur terkena utang pajak Anda juga tetap bisa menyelesaikannya secara baik.

Dalam hal ini Anda dapat menggunakan jasa konsultan pajak, yang mempunyai banyak sekali manfaat bagi wajib paja. Umumnya konsultan pajak adalah tenaga ahli dalam bidang perpajakan. Pihaknya mempunyai tanggung jawab dalam membantu wajib pajak, agar bisa melaksanakan kegiatan pajaknya secara baik.

Tentunya pelaksanaan pajak secara baik akan membantu wajib pajak terhndar dari utang pajak. Bahkan nantinya Ketika Anda memiliki utang pajak konsultan pajak online juga bisa membantu proses penyelesaiannya. Sehingga ada banyak sekali kemudahan, yang nantinya bisa Anda manfaatkan.

Baca Juga : Berapa Tarif Konsultan Pajak 2024? Ini Rinciran Biayanya

Jika berminat untuk menggunakan jasa konsultan pajak tentunya bisa dilakukan mulai dari sekarang. Namun untuk mendapatkan jasa terbaik dan terpercaya silahkan memperhatikan tips pemilihan di bawah ini:

1. Sertifikat

Tips pertama yang perlu diperhatikan dalam penggunaan jasa konsultan pajak online adalah sertifikatnya. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah keterampilan jasa yang dimilkinya. Usahakan sertifikat tersebut resmi dan sesuai pada kebutuhan pemakaian.

2. Izin Praktik

Selanjutnya melihat izin praktik yang menjadi syarat penting jasa konsulttan pajak. Hal ini menujukkan legalitas yang secara langsung dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Proconsult

3. Biaya

Pastikan juga melihat besaran biaya yang dikeluarkan oleh jasa konsultan pajak tersebut. Terlebih saat ini Anda bisa mendapatkan lebih banyak referensi pilihan, untuk mendapatkan tenaga jasa konsultan pajak terbaik dan terpercaya dengan harga terjangkau. Hal ini menjadi peluang Anda untuk memilih tenaga jasa terbaik dan terpercaya.

4. Kantor

Sebagai tenaga jasa konsultan pajak terdapat kewajiban, untuk memiliki kantor fisik. Sehingga meskipun bekerja secara offline pihaknya juga pasti mempunyai kantor fisik. Agar Anda bisa mendapatkan tenaga terpercaya pastikan juga keberadaan kantornya.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Kesimpulan

Dalam bidang perpajakan masyarakat perlu belajar banyak hal terkait istilah-istilah serta mekanisme pelaksanaan kegiatan pajak. Tentunya hal tersebut akan membantu setiap orang dalam menjalani kegiatan perpajakannya secara baik.

Menjalani aktivitas pajak tentu membantu Anda melaksanakan proses kepatuhan pajak secara signifikan. Sehingga dengan terjadinya penegakan kepatuhan pajak, maka bisa memberikan lebih banyak kemudahan bagi semua pihak perpajakan. Bukan hanya wajib pajak namun juga negara terkait pendapatan dari sector pajak.

Kadaluarsa utang pajak menjadi istilah yang merujuk pada terjadinya pembebasan utang pajak. Sehingga Ketika telah jatuh tempo waktu penagihan pajak, yang sebelumnya sudah diikuti dengan berbagai mekanisme penagihan. Namun tidak membuahkan hasil dan sudah masuk jangka waktu penagihan.

Sehingga bisa dikatakan bahwa kadaluarsa utang pajak tersebut merupakan tenggat waktu, yang ditekankan pada pembayaran utang pajak. Namun nantinya Ketika telah masuk kadaluarsa utang pajak nantinya Anda tidak serta merta terbebas dari kewajiban utang pajak.

Sesuai Namanya utang menjadi salah satu tanggung jawab yang tentunya perlu diperhatikan. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk memahami mekanisme lainnya. Sebab nantinya wajib pajak tetap akan mengajar kewajiban pembayaran utang kepada pihak lain yang berkaitan sesuai pada aturan perundang-undangan.

Untuk memudahkan Anda dalam menjalankan kegiatan tersebut silahkan untuk menggunakan jasa konsultan pajak online dari Proconsult.id. jasa ini menjadi solusi terbaik dalam menyediakan pelayanan pajak professional kepada wajib pajak.

Melalui tenaga konsultan pajak semua wajib pajak dapat menjalankan kewajibannya secara tepat. Bahkan bagi Anda yang tidak memiliki pengetahuan terkait pajak tetap bisa melaksanakan kepatuhan pajak secara baik. Oleh sebab itu tunggu apalagi, silahkan menggunakan jasa konsultan pajak online melalui Proconsult.id sekarang juga!

Proconsult