Perbedaan SPT Masa dan SPT Tahunan

Dalam bidang perpajakan ada banyak sekali istilah dan perbedaannya yang wajib diketahui seperti perbedaan SPT masa dan SPT tahunan. Hal tersebut seperti bagian tahun pajak, tahun pajak, obyek pajak, masa pajak dan lainnya. tentu saja sebagai orang yang memiliki hak dan kewajiban didalamnya, Anda wajib mengetahui definisi dari berbayar istilah tersebut.

Proconsult

Dalam kesempatan kali ini Anda akan diajak untuk belajar dan memahami pengertian dari masa pajak. Hal tersebut menjadi landasan pemahaman bagi Anda untuk belajar tentang perbedaan SPT masa dan SPT Tahunan dengan lebih mendetail. Oleh karena itu silahkan melihat penjelasannya di bawah ini.

Konsultasi Pajak? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

SPT Adalah

SPT Adalah

Sumber foto : Kuncie.com

Sebagai individu yang aktif dalam bidang perpajakan pasti Anda sudah tidak asing dengan istilah masa pajak. Merujuk pada PMK dan UU di No. 28 tahun 2007 pasal 2A Anda dapat melihat bahwa masa pajak merupkaan satu bulan dalam kalender. Atau bisa juga disebut sebagai jangka waktu dengan tenggat maksimal selama 3 bulan.

Maka dari itu Anda bisa mengetahui pengertian dari masa pajak adalah sebagai jangka waktu satu bulan. Hal ini dalam bidang perpajakannya bukannya pajak bulanan. Sehingga nantinya Anda bisa melihat masa pajak dari setiap bulannya, yaitu:

  • Masa pajak bulan Januari.
  • Masa pajak bulan Februari.
  • Masa pajak bulan Maret.
  • Dst.

Dalam hal ini masa pajak tersebut akan dipakai sebagai waktu pengelolaan pajak seperti:

  • SPT Masa.
  • Pembayaran atau penyetoran pajak.
  • PPN terutang dan PPH.
  • Denda pajak dan sanksi.
  • Perhitungan bunga pajak.

Sehingga sesuai dengan penjelasan diatas SPT pajak ini masuk kedalam kategori perhitungan, yang membutuhkan pengertian masa pajak lebih dahulu. Dengan begitu sebagai masyarakat Anda dapat mengetahui perbedaan SPT masa dan SPT Tahunan dengan baik.

Lantas apa apa itu SPT? Pengertian SPT(Surat Pemberitahuan) Pajak adalah sejumlah dokumen, yang harus disampaikan oleh wajib pajak kepada Direktorat Jenderal Pajak. Hal ini nantinya akan digunakan untuk melaporkan jumlah penghasilan, yang diterima dan pajak dan telah dibayarkan selama satu tahun pajak.

Baca Juga : Jenis-Jenis SPT Pajak di Indonesia dan Fungsinya

Dalam hal ini SPT dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. SPT Masa

SPT Masa adalah SPT yang harus disampaikan oleh wajib pajak setiap bulan atau setiap tiga bulan. hal ini tergantung dari jenis usaha atau kegiatan yang dilakukan. SPT Masa berguna untuk menghitung besaran pajak, yang harus dibayar sebelum akhir tahun pajak tiba. Tentunya setiap wajib pajak yang telah memperoleh penghasilan dari kegiatan usaha atau profesi harus menyampaikan SPT Masa.

2. SPT Tahunan

SPT Tahunan adalah jenis SPT yang harus disampaikan oleh wajib pajak pada akhir tahun pajak. Sesuai dengan definisinya maka SPT ini akan digunakan, untuk melaporkan jumlah penghasilan selama satu tahun pajak.

Sehingga Anda juga bisa melihat bahwa SPT tahunan memiliki satu tingkat diatas SPT Masa. SPT Tahunan biasanya disampaikan pada awal tahun berikutnya, yaitu pada bulan Maret atau April. SPT Tahunan digunakan untuk menghitung besaran pajak, yang harus dibayar pada tahun pajak berikutnya.

Dalam mengisi SPT, wajib pajak harus memperhatikan beberapa hal. Tujuannya adalah agar pengisiannya dapat sesuai dengan aturan dan memiliki data benar. Sehingga nantinya tidak ada case, yang menjadi masalah dibelakang. Berikut adalah hal untuk diperhatikan, yaitu:

  1. Pertama wajib pajak harus mengetahui jenis SPT, yang harus disampaikan. Hal tersebut seperti apakah SPT Masa atau SPT Tahunan.
  2. Kedua wajib pajak harus mengumpulkan semua data dan dokumen yang diperlukan untuk mengisi SPT. Hal ini seperti bukti penghasilan dan bukti pembayaran pajak.
  3. Ketiga wajib pajak harus memastikan bahwa semua data yang diisi pada SPT benar dan akurat. Tentu saja langkah ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahan dalam perhitungan pajak.

Kesimpulannya, perbedaan SPT Masa dan SPT Tahunan adalah dokumen penting, yang harus disampaikan oleh wajib pajak. Tujuannya untuk melaporkan jumlah penghasilan dan pajak, yang telah dibayarkan selama satu tahun pajak.

SPT Masa harus disampaikan setiap bulan atau setiap tiga bulan tergantung dari jenis usaha atau kegiatan yang dilakukan. Sedangkan SPT Tahunan harus disampaikan pada akhir tahun pajak, untuk melaporkan jumlah penghasilan selama satu tahun pajak. Wajib pajak harus memastikan bahwa semua data yang diisi pada SPT benar dan akurat untuk menghindari kesalahan perhitungan pajak dikemudian hari.

Jenis SPT

Proconsult

Dalam prakteknya ada beberapa bentuk SPT untuk Anda ketahui. Hal ini merupakan salah satu kelanjutan dari penjelasan tentang beberapa bentuk SPT, pada bagian diatas. Oleh sebab itu dalam pembahasan kali ini anda bisa mengetahui perbedaan SPT masa dan SPT tahunan, yaitu:

1. Jenis SPT Masa

Hal ini merupakan salah satu dokumen, yang dibuat untuk kepentingan kewajiban pajak dari wajib pajak. Setidaknya dalam hal ini Anda bisa mengenal perbedaan SPT Masa dan SPT tahunan.

a. SPT Masa PPN

Definisi dari SPT ini merupakan surat pemberitahuan, yang digunakan dalam waktu pembayaran PPN wajib pajak. Dalam hal ini Anda bisa mengetahui beberapa jenis dari spt masa PPN sebagai berikut:

  • SPT Masa PPnBM dan PPN.
  • SPT Masa PPN ada PKP Pedagang Eceran.
  • SPT Masa PPN untuk Pemungut.

b. SPT Masa PPh

SPT masa PPH adalah surat pemberitahuan, yang digunakan dalam masa pembayaran pajak Penghasilan atau PPh. Sedangkan untuk jenis SPT masanya adalah sebagai berikut:

  • SPT Masa PPH pada Pasal 21/26.
  • SPT Masa PPH pada Pasal 22.
  • SPT Masa PPH pada Pasal 23/26.
  • SPT Masa PPH pada Pasal 15.
  • SPT Masa PPH pada Pasal 4 Ayat 2.
  • SPT Masa PPH Berdasarkan PP di No. 23 pada Tahun 2018.
  • SPT Masa PPH Pasal 15.

Konsultasi Pajak? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

2. Jenis SPT Tahunan

Berikutnya adalah SPT tahunan untuk mengetahui perbedaan SPT masa dan SPT tahunan, yang nantinya bisa dipakai oleh wajib pajak dalam pelaporan kewajiban pajaknya. Hal tersebut termasuk pembayaran atau perhitungan pajak. Baik termasuk dalam hal objek pajak atau bukan.

Sedangkan untuk jenis dari SPT ini ada dua untuk diketahui, yaitu:

a. SPT Tahunan Badan

Jenis SPT tahunan badan adalah sebuah dokumen pemberitahuan, yang digunakan dalam pelaporan pembayaran bukan obyek pajak atau obyek pajaknya. Hal tersebut juga termasuk dalam hal harta maupun kewajiban perusahaan sesuai dengan aturan UU perpajakan.

b. SPT Tahunan Perorangan

Jenis SPT tahunan orang pribadi merupakan dokumen pemberitahuan, yang secara langsung dikeluarkan oleh DJP. Hal tersebut berisi data mengenai jumlah kewajiban pajak, yang perlu dibayarkan oleh perorangan kepada negara dalam setiap tahun pajaknya.

Perbedaan SPT Masa dan SPT Tahunan

Perbedaan SPT Masa dan SPT Tahunan

Sumber foto : Ortax.org

SPT (Surat Pemberitahuan) adalah dokumen resmi, yang harus disampaikan oleh Wajib Pajak kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Hal tersebut akan digunakan sebagai bukti pemenuhan kewajiban perpajakan. Terdapat dua jenis SPT yang harus disampaikan oleh Wajib Pajak, yaitu perbedaan SPT Masa dan SPT Tahunan sesuai dengan penjelasan diatas.

Perbedaan SPT Masa dan SPT Tahunan dalam beberapa hal, di antaranya:

Baca Juga : BPS SPT Adalah: Contoh dan Cara Mendapatkan

1. Waktu Pelaporan

SPT Masa disampaikan secara berkala dalam jangka waktu tertentu, sementara SPT Tahunan hanya dilaporkan sekali dalam setahun.

2. Isi Laporan

SPT Masa hanya melaporkan penghasilan dan pemotongan pajak dalam jangka waktu tertentu, sedangkan SPT Tahunan melaporkan seluruh penghasilan, pengurangan pajak, dan kewajiban pajak selama satu tahun pajak.

3. Batas Waktu Pelaporan

Waktu pelaporan SPT Masa biasanya memiliki batas waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan SPT Tahunan. Batas waktu pelaporan SPT Masa adalah tanggal 15 bulan berikutnya setelah jangka waktu pelaporan berakhir, sementara SPT Tahunan harus disampaikan paling lambat tanggal 31 Maret tahun berikutnya setelah tahun pajak berakhir.

Perbedaan Lainnya

Proconsult

Selain informasi diatas tentunya Anda bisa mengetahui beberapa point yang bisa menjadi pembeda, antara SPT Masa dan SPT Tahunan sebagai berikut:

Perbedaan SPT Masa dan SPT Tahunan

SPT Masa

a. Pelaporan Setiap Bulan

Sistem pelaporan dari SPT Masa adalah setiap bulan atau masa pajaknya. Hal ini akan digunakan sebagai alat dalam melaporkan potongan pajak orang lain.

b. Jenisnya

SPT masa ini memiliki jenis yang cukup beragam. Sehingga wajib pajak perlu mengetahui setiap jenisnya untuk disesuaikan dengan kewajiban pajak, yang dimilikinya, yaitu:

  • Pasal 15.
  • Pasal 4 ayat 2.
  • Pasal 21.
  • Pasal 22.
  • Pasal 23.
  • Pasal 26.
  • PPN.

c. Pelampiran Bukti Potong

Selanjutnya SPT Masa juga wajib dilampirkan dokumen lain berupa bukti pemotongan pajak. Hal ini berlaku utuk SPT Masa PPH atau PPN

d. Format Berbeda

Format SPT ini berbeda-beda antara jenis satu dengan lainnya. selain itu hal ni juga ditentukan atas dasar tarif maupun obyek pajak, yang akan dikenakan pada tiap macam pajaknya.

Konsultasi Pajak? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

SPT Tahunan

a. Penghasilan Sendiri

SPT ini digunakan untuk pelaporan penghasilan dari diri sendiri. hal tersebut juga termasuk untuk penghasilan dalam tarif umum, final atau pengecualian objek pajak. Dokumen ini juga akan dipakai dalam pelaporan utang dan harta di tiap akhir periode pajak tahunan.

b. Waktu Pelaporan

Sesuai dengan namanya maka jenis SPT ini perlu dilaporkan setiap akhir tahun pajak. Maka dari itu pastikan untuk update jadwal dan batas waktunya dengan baik.

c. Terdapat Dua Pengguna

Dalam hal ini SPT tahunan memiliki dua pengguna, yaitu WP badan dan WP pribadi. Dari kedua pengguna tersebut akan menggunakan dua jenis SPT yang berbeda.

d. Formulir

Setidaknya ada 3 formulir untuk SPT tahunan, hal tersebut seperti : 1770 S, 1770, 1770 SS, yang ditujukan pada SPT tahunan perorangan. Sedangkan untuk SPT tahunan badan hanya mempunyai 1 jennis formulir,yaitu 1771.

e. Ketentuan Buku Tahunan Pajak

Bagi wajib pajak, yang memiliki tahun buku akhir di tanggal 31 Desember. Maka untuk batas waktu penyerahannya adalah di tanggal 31 Maret. Hal tersebut berlaku lagi untuk wajib pajak orang pribadi. Sedangkan untuk wajib pajak badan adalah di tanggal 30 April.

Lalu bagi wajib pajak, yang tahun buku pajak berakhir pada tanggal 31 Juli. Maka pelaporannya di tanggal 31 Oktober untuk wajib pajak orang pribadi dan tanggal 30 November untuk wajib pajak badan.

Tips Memilih Jasa SPT

Tips Memilih Jasa SPT

Sumber foto : Taxnow.co.id

Mengurus Surat Pemberitahuan (SPT) pajak bukanlah pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan keahlian khusus untuk memastikan bahwa SPT tersebut disusun dengan benar dan lengkap. hal ini dilakukan agar tidak terjadi masalah dengan otoritas pajak. Jasa SPT bisa menjadi solusi terbaik untuk memastikan SPT Anda disusun dengan benar dan tepat waktu. Berikut adalah tips untuk memilih jasa SPT terbaik.

Baca Juga : Jasa Konsultan Pajak SPT Tahunan Terbaik, Ini Ciri-Cirinya!

1. Cari Tahu Reputasi Jasa SPT

Sebelum memilih jasa SPT pastikan untuk melakukan pengecekan reputasi perusahaan tersebut. Cari informasi dari sumber yang dapat dipercaya, seperti teman atau keluarga yang pernah menggunakan jasa SPT tersebut. Selain itu Anda juga bisa melihat review online dari pelanggan sebelumnya. Pastikan perusahaan jasa SPT memiliki reputasi yang baik dan terpercaya.

2. Periksa Legalitas Perusahaan

Pastikan perusahaan jasa SPT yang Anda pilih memiliki legalitas yang sah dan terdaftar di otoritas pajak. Periksa apakah perusahaan tersebut memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) yang valid. Hal ini penting untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut dapat memberikan layanan SPT secara resmi dan legal.

3. Cari Jasa SPT yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Pastikan jasa SPT yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa perusahaan mungkin hanya melayani jenis SPT tertentu, seperti SPT Masa atau SPT Tahunan. Pastikan Anda memilih jasa SPT yang menyediakan layanan sesuai pada kebutuhan Anda. Hal ini penting dilakukan agar proses pengurusan SPT menjadi lebih mudah dan efisien.

Proconsult

4. Cari Tahu Pengalaman Perusahaan

Perusahaan jasa SPT yang berpengalaman memiliki keahlian dalam mengurus SPT. Pastikan untuk mencari tahu pengalaman perusahaan, seperti berapa lama mereka telah beroperasi dan berapa banyak klien yang mereka layani. Jasa SPT yang berpengalaman juga dapat memberikan saran dan solusi terbaik untuk masalah perpajakan Anda.

5. Pastikan Biaya Jasa SPT Terjangkau

Biaya jasa SPT dapat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Pastikan untuk membandingkan biaya jasa SPT dari beberapa perusahaan sebelum memutuskan memilihnya. Pilih perusahaan jasa SPT yang memberikan biaya terjangkau dan transparan. Pastikan juga bahwa jasa tersebut tidak  memiliki biaya tersembunyi, yang dapat menambah biaya pengeluaran Anda.

6. Pastikan Ketersediaan Layanan Purnajual

Pastikan perusahaan jasa SPT yang Anda pilih menyediakan layanan purnajual, seperti bantuan konsultasi perpajakan atau pengajuan permohonan banding. Layanan purnajual yang baik dapat membantu Anda menghindari masalah perpajakan di masa depan dan memberikan rasa nyaman dan kepercayaan pada jasa SPT yang Anda gunakan.

Menggunakan jasa SPT yang tepat dapat memudahkan dan mempercepat proses pengurusan SPT Anda. Pastikan untuk memilih jasa SPT yang terbaik dan dapat memberikan hasil terbaik pada pengurusan dokumen pajak Anda. Oleh sebab itu penting bagi masyarakat memilih jasa SPT terbaik dengan memperhatikan tips diatas.

Konsultasi Pajak? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Kesimpulan

Dari informasi diatas Anda dapat mengetahui perbedaan SPT masa dan SPT tahunan dan SPT pajak menjadi salah satu dokumen penting dalam bidang perpajakan. Sedangkan untuk jenisnya sendiri ada dua, yaitu SPT Masa dan SPT tahunan.

Dari dua jenis tersebut didalamnya masih dibedakan lagi menjadi beberapa macam untuk diketahui. Maka dari itu formulir dan teknis pelaksanaan juga akan berbeda antara satu sama lain. Sehingga untuk memudahkan Anda dalam pengurusannya, pastikan untuk menggunakan jasa SPT profesional.

Proconsult.id adalah salah satu jasa profesional, yang bergerak dalam bidang perpajakan. Jasa layanannya dapat digunakan dalam mengelola dan membantu proses pengurusan dokumen wajib pajak secara baik.

Dalam hal ini seluruh ketentuan SPT pajak dapat diurus dengan baik dan sesuai dengan standard yang ada. Proconsult.id sudah sejak lama hadir di tengah masyarakat Indonesia dan membantu seluruh proses penyelesaian pajaknya. Oleh sebab itu tunggu apalagi, silahkan untuk menggunakan layanan jasa profesional terbaik di Proconsult.id.

Proconsult