Informasi mengenai prosedur permohonan penggunaan nilai buku bisa dipelajari disini. Bagi yang membutuhkan jasa akuntansi bisa menghubungi Alberth Limandau Alikin, S.H di nomor 081350882882 . Dalam menjalankan semua aktivitas perusahaan pastinya ada berbagai kebutuhan penting yang wajib Anda perhatikan. Mengingat perusahaan merupakan salah satu entitas bisnis dengan berbagai komponen penting didalamnya yang pastinya saling berhubungan satu sama lain.
Ada beberapa aspek penting yang perlu Anda ketahui. Salah satunya mengenai prosedur permohonan penggunaan nilai buku sebagai salah satu instrumen penitng yang masih cukup asing bagi masyarakat awam. Namun bagi pelaku bisnis atau tenaga akuntansi hal ini sudah menjadi konsumsi sehari-hari.
Cari Jasa Akuntansi? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882
Namun apasih yang disebut dengan nilai buku tersebut? Sebelum membahas lebih jauh prosedur permohonan penggunaan nilai buku silahkan Anda memperhatikan penjelasannya di bawah ini:
Apa Itu Nilai Buku?
Ketika menjalankan sebuah perusahaan pastinya ada banyak informasi penting, yang harus diperhatikan. semua informasi tersebut menjadi salah satu modal penting bagi semua orang dalam melakukan aktivitas perusahaan secara lancar.
Umumnya perusahaan merupakan salah satu unit kerja, yang berkiatan pada bidang-bidang lainnya. Hal ini seperti kepatuhan hukum, pajak, pembukuan maupun akuntansi. Bahkan masih ada banyak sekali sektor-sektor lain di masyarakat, yang memiliki hubungan erat pada perusahaan.
Maka dari itu bagi pemilik bisnis ada lebih banyak informasi, yang harus Anda perhatikan secara menyeluruh. Salah satunya adalah mengenai nilai buku, yang pastinya masih cukup asing bagi beberapa orang. Sebelum membahas lebih jauh terkait prosedurnya silahkan untuk mengetahui definisi lengkapnya disini.
Baca Juga : Jasa Akuntansi Online Terbaik Berpengalaman | Tips Memilih
pengertian Nilai Buku juga sering disebut sebagai book value. Hal ini merupakan salah satu istilah, yang sering dipakai dalam proses pembukuan akuntansi perusahaan.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Nilai Buku adalah sebuah nilai aset dari perusahaan, yang umumnya akan tercantum pada catatan informasi akun perakunan. Hal ini tentunya tidak akan sama dengan nilai pasar dan beberapa komponen yang dicatat seperti hraga ketika aset dibeli.
Namun pada akhirnya nilai aset tersebut nantinya akan dikurangi maupun didepresiasikan terhadap pengurangan nilai tersebut. Sehingga nantinya dapat dibebankan kepada pendapatan dari perusahaan tersebut.
Sehingg dari sini dapat disimpulkan bahwa nilai buku merupakan sebuah biaya, yang dikurangi pada akumasi depresiasi. Secara sederhana Anda dapat mengetahui nilai buku sebagai sebuah nilai milik terhadap aset dalam neraca keuangan maupun pembukuan. Sehingga ketika nilai pada aset ini mengalami penyusutan, maka nilai bukunya sama pada harga kecil serta dapat dikurangkan pada akumulasi penyusutannya.
Umumnya rumus perhitungan nilai buku cukuplaah sederhana. Sehingga Anda dapat menerapkannya secara mudah. namun tentu saja mekanisme serta ketentuan dalam perhitungannya perlu Anda perhatikan secara baik.
Nilai buku adalah nilai aset – akumulasi penyusutan aset
Nilai buku pada jenis aset yang sama pada jumlah periode waktu tetentu jumlahnya dapat berbeda-beda. tentunya perbedaan nilai aset antara perusahaan satu dengan lainnya ini dapat terjadi karena adanya pengaruh metode penyusutan, yang dilaksanakan oleh perusahaan terkait.
Sementara itu perusahaan yang memakai metode penyusutan garis lurus nantinya juga akan mempunyai hasil, yang jauh lebih berbeda dari emtode penyusutan saldo menurun. Sehingga meski pencatatan awal nilai asetnya sama, namun nantinya akan terdapat perbedaan jauh setelah terjadi penyusutan.
Dalam konteks perusahaan untuk nilai buku sendiri dapat disebut juga sebagai NAB atau nilai aktiva bersih. Hal ini merupakan Net Asset Value atau NAV di perusahaan. Hal ini akan dihitung sebagai sebuah total aset, yang nantinya akan dikurangkan pada kewajiban serta aset tidak berwujud.
Sementara itu dalam konteknya pada fundamental saham nanitnya nilai buku tersebut merupakan sebuah selisih antara jumlah aset perusahaan, yang dapat dikurangi pada utang maupun liabilitas. Sehingga tidak jarang nilai buku tersebut juga sering disebut sebagai ekuitas.
Ekuitas tersebut dalam pengertian akuntansinya merupakan sebuah kekayaan bersih, yang nantinya akan menjadi milik perusahaan. Hal tersebut juga bisa disebut sebagai sisa kepemilikan aset perusahaan, yang sebelumnya telah dilakukan pengurangan terhadap seluruh kewajibannya.
Dalam hal in untu kmetode penentuan besarnya nilai ekuitas pada laporan keuangan sangatlah beragam. Dimana semua proses tersebut akan disesuaikan pada bentuk usaha dalam perusahaan tersebut. Sehingga perlu diperhatikan secara baik mengenai karakteristik perusahaan dalam pelaksanaannya.
Cari Jasa Akuntansi? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882
Selanjutnya untuk perusahaan perorangan nantinya nilai ekuitas dapat dilaporkan pada sebuah perkiraan modal tunggal. Namun pada perusahaan dalam bentuk PT nantinya selisih yang terdapat dalam set serta liabilitas juga disebut sebagai pemik saham. Anda juga dapat menyebutnya sebagai stockholder equity.
Book value atau nilai buku tentunya juga memiliki berbagai tujuan, yang perlu Anda perhatikan secara baik. Umumnya terdapat 2 tujuan penting dalam pelaksanaan book value tersebut ketika dilihat dari kacamata akuntansi, yaitu:
- Tujuan dari nilai buku adalah sebagai sebuah penunjuk nilai rupiah aset dalam sebuah perusahaan, yang annitnya dapat diterima oleh para pemilik bisnis. Hal ini dapat diperoleh disuatu hari nanti ketika melakukan likuidasi.
- Tujuan berikutnya dari nilai buku adalah sebagai pemberi gambaran mengenai sebuah perusahaan, yang dapat dijual melalui harga diatas maupun dibawah harga pasar. Terutama ketika terjadi perbandingan terhadap nilai pasar yang ada.
Prosedur Permohonan Penggunaan Nilai Buku
Nilai buku menjadi salah satu istilah penitng yang harus diperhatikan oleh semua pihak. Terutama bagi Anda yang memiliki kegiatan di sebuah perusahaan. Atau bahkan bagi Anda sebagai pemilik perusahaan yang ingin melakukan berbagai kegiatan tertentu.
Umumnya pemakaian nilai buku dari sebuah perusahaan ini memiliki mekanisme penting yang perlu diperhatikan. hal ini menjadi salah satu kebutuhan penting, yang akan memudahkan semua aktivitas serta kebutuhan Anda dalam melakukan permohonan pemakaian nilai buku.
Permohonan pemakaian nilai buku sendiri bisa dimanfaatkan dalam berbagai hal. Contohnya mulai dari peleburan, penggabungan maupun pemekaran usaha. Sehingga banyak sekali perusahaan yang melakukan permohonan pemakaian nilai buku sesuai tujuannya masing-masing.
Dalam hal ini prosedur permohonan penggunaan nilai buku tersebut memiliki aturan pokok yang tentu saja harus diperhatikan semua pihak. Dimana untuk persyaratannya cukup dengan menyerahkan surat permohonan dari wajib pajak.
Baca Juga : Sistem Pencatatan Akuntansi: Metode, Proses dan Contoh
Setelah Anda mengisi dan menyerahkan surat permohonan tersebut, langkah berikutnya adalah menerapkan mekanisme serta prosedur permohonan penggunaan nilai buku secara tepat. Untuk permohonan pemakaian nilai buku tersebut prosedurnya adalah sebagai berikut:
- Prosedur permohonan penggunaan nilai buku pertama wajib pajak perlu melakukan pengajuan terkait permohonan pemakaian nilai buku. Hal ini pemrohonan terhadap pengalihan serta perolehan harta dalam upaya peleburan, penggabungan, pemekaran maupun pengambilalihan usaha yang dilakukan oleh Kepala kantor wilayah.
- Langkah kedua dalam prosedur penggunaan nilai buku adalah pelaksana seksi bimbingan serta konsultasi nantinya akan menerbitkan sebuah surat perintah. Hal tersebut merupakan perintah terhadap penyelesaian harta dalam upaya peleburan, penggabungan, pemekaran maupun pengambilalihan uasaha tersebut, yang diberikan kepada petugas fungsional penyuluh.
- Tahapan selanjutnya petugas penyuluh fungsional tersebut akan melakukan penelitian terhadap permohonan, yang dilakukan oleh wajib pajak tersebut. Hal ini juga mencakup berbagai dokumen kelengkapannya. Namun ketika dokumen kelengkapannya belum lengkap, maka nantinya petugas penyuluh fungsional akan meminta wajib pajak agar segera melengkapinya. Namun ketika sampai dengan batas waktu kelengkapan administrasi tersebut tidak terpenuhi, maka permohonan yang dilakukan oleh wajib pajak tersebut tidak dapat dipertimbangkan.
- Nantinya petugas fungsional penyuluh juga akan melakukan pembuatan laporan penelitian terhadap permohonan pemakaian nilai buku terhadap pengalihan maupun perolehan harta, yang dimanfaatkan sesuai kebutuhan-kebutuhan sebelumnya. Selanjutnya petugas juga akan melakukan pembuatan surat persetujuan maupun penolakan terhadap permohonan, yang dilakukan oleh wajib pajak. hal ini akan disampaikan kepada kepala Seksi Bimbingan Pelayanan serta Konsultasi.
- Berikutnya kepala seksi bimbingan pelayanan maupun konsultasi akan melanjutkan penleitian serta melakukan penandatanganan terhadpa laporan tersebut. Disini kepala seksi tersebut juga akan memaraf adanya konsep surat penolakan atau persetujuan atas pemakain nilai buku tersebut. Setelah itu baru akan disampaikan kepada kepala bidang penyuluhan, kehumasan dan pelayanan.
- Selanjutnya pihak kepala bidang penyuluhan, pelayanan serta kehumasan akan melanjutkan pada tahap penelitian lanjutan. Jika laporan tersebut sesuai maka pihaknya akan langsung memberikan tanda tangan serta paraf apda konsep surat dan menyampaikannya pada kantor wilayah.
- Dalam hal ini nantinya kepala kantor Direktorat Jenderal Pajak juga akan memberikan penandatanganan terhadpa laproan penelitian. Pihak DJP nantinya juga akan memberikan paraf pada konsep surat penolakan maupun persetujuan terhadap pemakaian nilai buku tersebut. Jika sudah pihaknya juga akan langsung meneruskannya pada kepala seksi bimbingan pelayanan serta konsultasi.
- Dalam tahap ini pihak seksi bimbingan melakukan penatausahaan serta penyampaian surat penolakan maupun persetujuann pemakain nilai buku. Secara langsung surat tersebut akan disampaikan kepada pihak wajib pajak terkait.
Itulah tadi informasi mengenai prosedur permohonan penggunaan nilai buku yang bisa digunakan sesuai kebutuhan masing-masing perusahaan. Sehingga dari sini dapat diketahui bahwa proses pelaksanaan pemakaian nilai buku tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan.
Dalam hal ini pemakaian nilai buku tersebut dapat digunakan ketika sudah melalui berbagai tahapan dan mekanisme terbaru sesuai penjelasan diatas. Sementara itu perlu Anda ketahui juga bahwa pemakaian nilai buku ini prosedurnya memiliki jangka waktu, yang perlu diperhatikan.
Waktu penyelesaian pengajuan pemakaian nilai buku tersebut umumnya adalah 1 bulan. Hal ini akan dihitung sejak permohonan diterima secara lengkap dengan berbagai persyaratannya. Sementara itu bagi Anda yang melakukan pengajuan pemakaian nilai buku secara mandiri nantinya tidak akan dipungut biaya alias gratis.
Tentu saja mekanisme pengajuan pemakaian nilai buku ini memiliki aturan ketat, yang wajib diperhatikan. bahkan tidak jarang banyak sekali wajib pajak, yang mengalami kesulitan dalam proses pengajuan permohonan pemakaian nilai buku tersebut.
Maka dari itu akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk melakukan pengajuan dengan memanfaatkan tenaga jasa akuntansi. Sehingga semua aktivitas pengajuan nilai buku tersebutu dapat terlaksana secara lancar tanpa perlu merasa kesulitan.
Dari permohonan pengajuan pemakaian nilai buku tersebut nantinya Anda akan memperoleh produk berupa surat keputusan penolakan maupun persetujua dari Direktorat Jenderal Pajak serta berbagai instansi terkait lainnya.
Perlu Anda ketahui juga bahwa prosedur pemakaian nilai buku ini menjadi aktivitas penting, yang perlu diperhatikan. hal ini juga menjadi salah satu informasi penting, yang secara resmi dijelaskan oleh Direktorat Jenderal Pajak maupun Kementerian Keuangan.
Prosedur Permohonan Penggunaan Nilai Buku
(52/PMK.010/2017 jo 205/PMK.010/2018)
1. Wajib Pajak yang melakukan pengalihan atau menerima pengalihan harta dalam rangka penggabungan, peleburan, pemekaran, atau
pengambilalihan usaha dengan menggunakan nilai buku wajib memenuhi syarat sebagai berikut:
a. mengajukan permohonan kepada Direktur Jenderal Pajak paling lama 6 (enam) bulan setelah tanggal efektif penggabungan, peleburan, pemekaran, atau pengambilalihan usaha dilakukan, dengan melampirkan alasan dan tujuan melakukan penggabungan, peleburan, pemekaran, atau pengambilalihan usaha;
b. memenuhi persyaratan tujuan bisnis (business purpose test); dan
c. memperoleh surat keterangan fiskal dari Direktur Jenderal Pajak untuk tiap Wajib Pajak badan dalam negeri dan Bentuk Usaha Tetap yang terkait.
2. Permohonan sebagaimana dimaksud diajukan oleh :
a. Wajib Pajak yang menerima harta, dalam hal dilakukan penggabungan, peleburan, atau pengambilalihan usaha; atau
b. Wajib Pajak yang mengalihkan harta, dalam hal dilakukan pemekaran usaha.
3. Permohonan yang diajukan oleh Wajib Pajak harus dilengkapi dengan dokumen sebagai berikut:
a. surat pernyataan yang mengemukakan alasan dan tujuan melakukan penggabungan, peleburan, pemekaran, atau pengambilalihan usaha;
b. surat pernyataan yang menerangkan bahwa penggabungan, peleburan, pemekaran, atau pengambilalihan usaha yang dilakukan memenuhi persyaratan tujuan bisnis (business purpose test); dan
c. surat keterangan fiskal dari Direktur Jenderal Pajak untuk tiap Wajib Pajak dalam negeri dan Bentuk Usaha Tetap yang terkait.
4. Terhadap permohonan sebagaimana dimaksud, Direktur Jenderal Pajak menerbitkan keputusan persetujuan atau penolakan permohonan, paling lambat 1 (satu) bulan terhitung sejak diterimanya permohonan Wajib Pajak secara lengkap.
5. Apabila dalam jangka waktu sebagaimana dimaksud Direktur Jenderal Pajak belum menerbitkan keputusan, terhadap permohonan Wajib Pajak dianggap disetujui.
6. Terhadap permohonan yang dianggap disetujui, Direktur Jenderal Pajak dalam jangka waktu paling lama 5 (lima) hari kerja terhitung sejak jangka waktu 1 (satu) bulan terlampaui, harus menerbitkan keputusan persetujuan penggunaan nilai buku dalam rangka penggabungan, peleburan, pemekaran, atau pengambilalihan usaha.
Cari Jasa Akuntansi? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882
Tips Memilih Jasa Akuntansi Online
Umumnya kesuksesan bisnis dapat terjadi karena berbagai hal. Banyak sekali faktor pendukung kelancaran bisnis, yang bisa menjadi pertimbangan para pemilik usaha.
Selanjutnya sebuah bisnis yang bisa dikatakan sukses tidak hanya tentang penjualan produk atau jasa secara baik. Namun hal ini juga dapat Anda perhatikan dari proses menajemen keuangan maupun pelaksanaan berbagai kegiatan akuntansi yang menjadi kewajibannya.
Dalam hal ini untuk melaksanakan manajemen keuangan secara efektif, maka Anda memerlukan seorang tenaga jasa akuntansi terpercaya. Saat ini semua orang dapat memperoleh tenaga jasa akuntansi online secara mudah. dimana semua jasa tersebut akan menjadi pilihan tepat bagi semua pemilik usaha, untuk melaksanakan berbagai kegiatan perusahaannya secara tepat.
Baca Juga : Sistem Akuntansi di Indonesia, Ini Macam-Macam Jenisnya!
Jasa akuntansi online tentunya juga dapat Anda peroleh secara mudah. namun sebelum itu silahkan untuk memperhatikan tips-tipsnya di bawah ini:
1. Mengetahui Spesialisasinya
Langkah pertama dalam pemilihan tenaga jasa akuntansi terpercaya adalah dengan memperhatikan spesialisasi jasanya. Dimana setiap bisnis umumnya akan mempunyai kebutuhan mengenai manajemen, keuangan maupun akuntansi secara berbeda-beda.
Dalam proses pencarian tenaga jasa akuntansi silahkan untuk memperhatikan spesialisasi yang dimiliki jasa tersebut terlebih dahulu. Hal ini akan sangat membantu upaya Anda, untuk memperoleh tenaga jasa akuntansi terbaik dan pastinya sesuai kebutuhan.
2. Berpengalaman
Sementara itu jangan lupa juga untuk mencari tenaga jasa akuntansi, yang mempunyai pengalaman terpercaya. Sebagai seorang penyedia jasa pengalaman akan menjadi salah satu aspek penting, yang tidak boleh sampai terlewat.
Pengalaman dalam hal ini merupakan sebuah kunci terhadap keberhasilan dalam berbagai bidang. Termasuk juga didalamnya mengenai aspek akuntansi. Oleh sebab itu silahkan Anda mencari tenaga jasa akuntansi online, yang mempunyai pengalaman bekerja secara baik serta pengendalian bisnis client. Tentu saja hal ini akan membawa manfaat serta keuntungan dalam pemakaian tenaga jasa.
3. Mempertimbangkan Ukuran
Langkah selanjutnya dalam pemilihan tenaga jasa akuntansi adalah dengan mengetahui ukuran tenaga jasa tersebut. Dalam hal ini silahkan untuk menggunakan tenaga jasa akuntan, yang ukuran jasanya sesuai pada kapasitas bisnis Anda.
Saat ini tersedia banyak sekali layanan akuntansi online, yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. maka dari itu pastikan Anda memperoleh tenaga jasa terbaik, yang nantinya dapat memberikan manfaat sesuai pada kebutuhan client.
Informasi Kontak Jasa Akuntansi Online
ALBERTH LIMANDAU ALIKIN, S.H.
NIA : 01. 002683
SK Pengangkatan : 11.2682/SKEP-ADV/PPKHI/VIII/2022
Email : alberthmandau@gmail.com
Whatsapp : 081350882882
Facebook : https://web.facebook.com/alberth.alikin
Instagram : https://www.instagram.com/alberthmandau
Office : Jl. Ngagel Tirto II No. 44 Surabaya
Kesimpulan
Itulah penjelasan mengenai prosedur permohonan penggunaan nilai buku. Melalui informasi diatas Anda dapat mengetahui tentang beberapa instrumen penting yang harus diperhatikan semua orang. Terutama bagi para pebisnis maupun tenaga akuntansi yang setiap harinya memiliki aktivitas melakukan berbagai kegiatan akuntansi perusahaan.
Secara umum nilai buku juga sering disebut sebagai book value. Hal ini merupakan salah satu istilah, yang merujuk pada sebuah nilai aset maupun kelompok aset setelah dilakukan pengurangan sejumalh penyusutan nilai. Hal ini nantinya akan menjadi beban selama umur pemakaian aset tersebut.
Umumnya untuk nilai buku aset di periode tertentu ini dapat berbeda-beda. Sehingga antara satu perusahaan dengan lainnya dapat mempunyai book value yang tidak sama. Maka dari itu penting bagi Anda untuk memperhatikan semua prosedurnya secara lengkap.
Namun bagi Anda yang kurang paham mengenai mekanisme book value tentunya tidak perlu khawatir. Saat ini Anda dapat menggunakan tenaga jasa akuntansi yang merupakan jasa terpercaya dalam bidang akuntansi perusahaan. Sehingga pihaknya juga dapat menangani procedural terkait nilai buku perusahaan secara tepat.
Pastinya silahkan untuk memanfaatkan tenaga jasa akuntansi terbaik, yang diberikan oleh Proconsult.id. Kami merupakan penyedia jasa terbaik dan terpercaya dalam bidang akuntansi. Sehingga dengan kehadiran tenaga jasa akuntansi semua proses akuntansi perusahaan dapat berjalan secara mudah tanpa hambatan. Maka dari itu silahkan untuk memakai layanan jasa akuntansi terbaik dari Proconsult.id mulai dari sekarang!