Cara Melakukan Permintaan Data Efaktur yang Hilang

Data efaktur hilang? Simak cara melakukan permintaan data efaktur yang hilang disini. Ketika melakukan aktivitas perpajakan tentu sering kali mengalami kendala. Baik itu kendara teknis maupun berbagai persoalan lainnya. Dimana hal in wajar bisa jadi karena kesalahan sistem maupun keteledoran sendiri.

Proconsult

Dalam hal ini sebagai wajib pajak nantinya Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Sehingga ketika mengalami kendala Anda tidak perlu merasa khawatir maupun bingung. Tentunya nanti Anda dapat mengatasinya secara lancar dan cepat.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah kehilangan e-faktur bagi wajib pajak dengan status PKP. padahal hal ini menjadi salah satu dokumen cukup penting, yang tidak boleh sampai hilang. Oleh sebab itu untuk antisipasi dari permasalahan tersebut silahkan untuk melihat informasi cara melakukan permintaan data efaktur yang hilang secara lengkap di bawah ini:

Apa Itu Data Efaktur

Apa Itu Data Efaktur

Sumber foto : News.ddtc.co.id

Sebagai wajib pajak Anda perlu memahami berbagai istilah serta komponen-komponen perpajakan. Dalam hal ini berbagai istilah tersebut ketika dipahami secara baik akan membantu Anda dalam menjalankan aktivitas perpajakan secara baik.

Pajak menjadi elemen penting dalam pelaksanaan pembangunan dan perekonomian suatu negara. Nantinya pajak juga memegang peranan yang lebih banyak jika Anda gali secara lebih mendalam. Sehingga ada banyak sekali manfaat dalam bidang perpajakan yang bisa masyarakat dapatkan.

Pajak sendiri terdiri dari berbagai elemen, pihak serta dokumen-dokumen, yang perlu diketahui oleh wajib pajak. Dalam hal ini wajib pajak adalah seseorang, yang memiliki kewajiban pembayaran perpajakan. Bahkan wajib pajak nantinya juga memiliki berbagai kewajiban lainnya, seperti perhitungan, penyetoran sampai dengan pelaporan perpajakan.

Dalam praktiknya sebagai wajib pajak Anda perlu mengetahui berbagai komponen serta aturan perpajakan yang ada. Sehingga nantinya Anda bisa menjalankan kegiatan pajak secara baik dan sesuai pada ketentuan yang berlaku.

Salah satu kewajiban pajak yang perlu  dilakukan adalah pengisian e-faktur. Nantinya dalam pengisian tersebut terdapat data-data yang berkaitan pada kewajiban pembayaran pajak. Sehingga nantinya Anda dapat melakukan berbagai aktivitas pajak lainnya secara mudah.

Data Efaktur adalah komponen data yang terletak pada aplikasi e-faktur. Hal ini merupakan sebuah aplikasi, yang mendukung proses pembuatan faktur pajak secara elektronik. Sehingga data yang ada dalam e-faktur tersebut akan berkaitan pada proses pembayaran pajak, yang sudah dilakukan oleh masyarakat.

Baca Juga : Apa Itu Faktur Pajak Digunggung? Ini Contohnya

Sehingga dari sini dapat disimpulkan bahwa pengertian Data Efaktur merupakan informasi wajib pajak, yang terletak dalam efaktur. Dimana sebelumnya wajib pajak sudah melakukan pengisian e-faktur sesuai ketentuan yang ada.

Umumnya e-faktur ini merupakan sebuah aplikasi yang membantu wajib pajak dalam menjalankan berbagai aktivitas lainya secara mudah. Hal ini juga bisa disebut sebagai bukti pungutan untuk kewajiban pembayaran pajak PPn. 

Penggunaan e-faktur sendiri biasanya dipakai oleh PKP sebagai Pengusaha Kena Pajak. Nantinya PKP akan melakukan pembuatan faktur pajak sesuai format, yang ada dalam efaktur dan ketentuan DJP. Sehingga dengan adanya e-faktur proses pembuatannya dapat berjalan secara digital yang tentu memudahkan wajib pajak.

Namun layaknya aplikasi pada umumnya yang dibuat oleh manusia tentu bisa mempunyai kekurangan. Terlebih pada sistem tertentu yang bisa mengalami berbagai kerusakan atau kendala. Sehingga kemungkinan besar membuat datanya menjadi rusak, hilang atau bahkan tidak dapat dibuka.

Permasalahan hilangnya data efaktur tentu menjadi hambatan bagi semua wajib pajak. Khususnya PKP yang tidak paham bagaimana cara mengatasinya. Mengingat PKP adalah pihak yang mempunyai kewajiban dalam pembuatan efaktur tersebut.

Tentunya tidak semua PKP paham bagaimana cara menangani persoalan tersebut. Sehingga banyak yang merasa kesulitan atau bahkan bingung ketika dihadapkan pada kendala ini. Maka dari itu PKP perlu memahami bagaimana cara mengatasinya sekaligus permintaan data efaktur lagi setelah hilang.

Sebelum membahas lebih jauh tahukah Anda kenapa data e-faktur bisa hilang? Hal ini menjadi salah satu permasalahan yang cukup pelik, namun umumnya beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut:

Proconsult

1. Perangkat Rusak

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa proses penyimpanan data efaktur setelah pengisian terletak di penyimpanan perangkat. Biasanya seseorang melakukan pengisian melalui laptop atau laptop.

Ketika data efaktur hilang mkaa bisa saja terjadi karena terjadi kerusakan pada perangkat tersebut. DAlam hal ini wajib pajak perlu mengunduh patch pada e-faktur DJP Online tersebut. Kemudian install aplikasi pada perangkat yang digunakan.

Namun nantinya ketika perangkat yang terinstall aplikasi mengalami kerusakan, maka fata yang ada bisa hilang. Hal ini bahkan membuat kerusakan data menjadi lebih meningkat.

2. Memory Bermasalah

Selain terjadi karena adanya kerusakan pada perangkat hal ini disebabkan karena kerusakan memori, Media penyimpanan yang rusak pada komputer atau laptop membuat Anda tidak dapat mengakses data e-faktur tersebut. Sehingga bisa dikatakan bahwa data ini nantinya akan hilang.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

3. Malware atau Virus

Penyebab hilangnya data efaktur selanjutnya adalah karena terjadi serangan malware maupun virus. Tentunya serangan ini umum terjadi pada berbagai aplikasi saja, bukan hanya pada e-faktur yang ada dalam perangkat.

Ketika aplikasi terkena malware atau virus, maka rawan terkena kerusakan data. Sehingga nantinya membuat data yang ada di dalamnya memiliki akses terbatas. Untuk kasus yang lebih parah nantinya Anda bisa kehilangan data tersebut.

4. Install Ulang

Penyebab selanjutnya adalah karena Anda melakukan install ulang pada aplikasi tersebut. Umumnya aplikasi yang sudah terpasang tidak dapat Anda hapus lalu unduh kembali layaknya aplikasi biasa. Proses install ulang tersebut bisa membuat semua data e-faktur pada perangkat menjadi hilang.

5. Update Aplikasi

Kehilangan data juga dapat terjadi karena proses update pada sistem  berlangsung secara tidak benar. Sehingga nantinya mampu membuat file, yang sebelumnya terunggah berstatus corrupt atau crash.

6. Reset Aplikasi

Penyebab terakhir adalah karena Anda melakukan reset pada aplikasi tersebut.  Meski terkesan sepele hal ini dapat membuat  data yang ada menjadi hilang.

Cara Melakukan Permintaan Data Efaktur yang Hilang

Cara Melakukan Permintaan Data Efaktur yang Hilang

Sumber foto : Online-pajak.com

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari hilangnya data efaktur tentunya anda perlu berhati-hati. Utamanya pada 6 penyebab utama data efaktur hilang atau terhapus. Sehingga nantinya Anda dapat meminimalisir risiko terjadinya kerusakan atau kehilangan data efaktur.

Namun ketika Anda sudah  berada dalam posisi kehilangan data tentunya juga tidak perlu merasa khawatir. Dalam hal ini Anda dapat melakukan berbagai cara, untuk mengatasi permasalahan tersebut. Bisa juga dengan mengajukan permintaan data efaktur yang hilang.

Baca Juga : Fungsi Faktur Pajak yang Wajib Diketahui

Syarat Pengajuan Permintaan Data Efaktur

Sebelum melakukan pengajuan data efaktur hilang pastikan Anda memahami persyaratannya lebih dulu. Berikut adalah persyaratan untuk pengajuannya, yaitu:

  • Formulir permohonan untuk data efaktur.
  • Flashdisk maupun memori penyimpanan lain.

Nantinya semua data tersebut wajib Anda lengkapi sebelum melakukan pengajuan data permintaan data efaktur. Sehingga nantinya proses pengajuan Anda dapat berjalan secara lancar. Tetapi sebelum mulai mengisi formulir permintaan data efaktur tersebut Anda wajib memahami bagaimana cara permintaan data efaktur lebih dulu. Berikut adalah langkahnya secara lengkap:

  • Proses pengunduhan formulir dilakukan melalui laman resmi dari KPP domisili wajib pajak maupun KPP dimana wajib pajak terdaftar.
  • Memilih opsi “Permintaan Data eFaktur” pada pilihan menu dan klik “Unduh formulir).
  • Jika sudah silahkan isi formulir dengan data sesuai perintah kolom. Hal ini mulai dari nama. Jabatan, paspor, NIK, NPWP, PKP, alamat sampai dengan keterangan masa pajak di efaktur yang diinginkan.

Proconsult

Setelah mengetahui semua permintaan data efaktur sekarang Anda perlu memahami bagaimana cara pengajuan untuk data efaktur yang hilang. Untuk memudahkan Anda melakukannya silahkan menyimak informasinya di bawah ini:

  1. Pertama silahkan untuk ambil nomor antrian secara online melalui laman www.kunjungan.pajak.go.id.
  2. Selanjutnya ketika Anda sudah mendapatkan nomor antrean, maka silahkan datang ke KPP dan menuju layanan TPT. TPT sendiri adalah Tempat Pelayanan Terpadu yang akan membantu Anda mengatasi berbagai permasalahan pajak seperti data efaktur hilang.
  3. Jika sudah tunggu petugas memanggil nomor urut anda.
  4. Nantinya jika sudah dipanggil serahkan kepada petugas loket TPT formulir permintaan data efaktur, yang sebelumnya sudah Anda isi.
  5. Disini petugas akan mengecek semua kelengkapan dokumen Anda. Tentunya ketika terdapat kekurangan dokumen Anda bisa memenuhinya dulu dan datang keesokan harinya.
  6. Ketika dokumen sudah lengkap maka petugas TPT menyerahkan cetakan LPAD atau Lembar Pengawasan Arus Dokumen. Penyerahan LPAD ini nantinya juga akan dibarengi dengan BPS atau Bukti Penerimaan Surat. Nantinya kedua dokumen tersebut akan diserahkan kepada wajib pajak.
  7.  Berikutnya petugas dari TPT juga akan menyerahkan memori atau flashdisk, yang berisi soft copy dari data e-faktur yang Anda dapatkan.
  8. Kemudian nantinya petugas TPT akan meminta password serta mencetak tanda terimanya.
  9. Nantinya permintaan data efaktur pajak hilang ketika petugas sudah selesai memprosesnya.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Itulah tadi langkah-langkah melakukan pengajuan untuk permintaan data efaktur ke KPP. namun dalam hal ini pastikan juga memahami bagaimana prosedur verifikasi untuk pengajuan database e-faktur. Berikut ini adalah prosedurnya, yaitu:

  • Wajib pajak nanti perlu menunjukkan identitas berupa KTP.
  • Nantinya petugas juga akan memastikan kesesuaian informasi berupa nama dan NIK pada bukti penerimaan surat.
  • Nantinya ketika petugas selesai melakukan verifikasi informasi, maka wajib pajak akan memperoleh bukti penerimaan surat.
  • Nantinya petugas juga akan menyiapkan data efaktur yang diminta oleh wajib pajak.
  • Nantinya ketika wajib pajak datang mengambil data efaktur tersebut pastikan menyiapkan password PKP sekaligus KTP.

Tips Memilih Konsultan Pajak Online

Tips Memilih Konsultan Pajak Online

Sumber foto : Majoo.id

Data efaktur menjadi elemen penting bagi wajib pajak dengan status PKP. nantinya PKP akan memiliki berbagai kewajiban  lebih banyak dari wajib pajak biasanya. Maka dari itu sebagai wajib pajak pastikan untuk memperhatikan informasinya secara lengkap.

Bagi Anda yang merasa kesulitan dalam menunaikan berbagai kewajiban pajak tersebut tentunya tidak perlu merasa khawatir. Sebab saat ini telah hadir jasa konsultan pajak, yang akan membantu Anda mengatasi semua masalah perpajakan.

Tentunya ada banyak sekali kendala ketika wajib pajak melakukan kewajiban pajak. Salah satunya adalah kehilangan data efaktur bagi PKP sesuai informasi diatas. Tentunya hal ini dapat menjadi permasalahan serius ketika tidak Anda atasi secara baik. Oleh sebab itu pastikan untuk memahami informasinya secara menyeluruh.

Baca Juga : Kasus Penggelapan Pajak di Indonesia dan Penyelesaian

Saat ini ada jasa konsultan pajak online, yang akan membantu berbagai kebutuhan pajak Anda secara mudah. Namun agar manfaat penggunaan jasa konsultan pajak online ini dapat lebih maksimal Anda perlu memahami tips pemilihannya. Berikut adalah tips pemilihan jasa konsultan pajak tersebut, yaitu:

1. Izin Praktik

Tips pertama tentu saja pastikan untuk menggunakan jasa konsultan pajak, yang memiliki izin praktik secara resmi. Dalam hal ini izin praktik tersebut adalah salah satu dokumen, yang cukup penting dalam pemilihan konsultan pajak.

Izin praktik menjadi dokumen penjamin legalitas usaha dari jasa konsultan pajak. Sehingga dengan memperhatikan dokumen tersebut nantinya Anda dapat mendapatkan jasa terbaik dan terpercaya.

2. Sertifikat

Berikutnya jangan lupa untuk memperhatikan kepemilikan sertifikat konsultan pajak. Dalam penggunaan jasa ini tentu Anda membutuhkan tenaga profesional dan memiliki kemampuan. Tentunya kemampuan dari jasa konsultan pajak ini bisa Anda ketahui secara mudah melalui sertifikat tersebut.

Sertifikat konsultan pajak juga memegang peran penting baik dari segi profesionalitas sekaligus wajib pajak. Melalui sertifikat ini nantinya ada lebih banyak pihak, yang bisa memperoleh informasi di dalamnya. Sehingga bisa dikatakan bahwa nantinya bagi wajib pajak dapat mendapatkan kemudahan dalam mencari tenaga pajak terbaik.

3. Kantor

Proconsult

Banyak orang berpikir bahwa konsultan pajak yang beroperasi secara online tidak membutuhkan kantor. Padahal keberadaan kantor fisik tersebut memegang peranan yang sangat penting baik bagi wajib pajak sekaligus wajib pajak.

Memperhatikan keberadaan kantor fisik ini mampu membantu Anda menemukan jasa perpajakan terpercaya. Sedangkan bagi konsultan pajak perlu memasukkan informasi detail terkait kantor praktik ini secara rutin. Sehingga keberadaan kantor fisik juga sangat penting bagi jasa online. Oleh sebab itu pastikan Anda mencari informasi terkait keberadaan kantor fisik tersebut, untuk mendapatkan jasa terpercaya.

4. Biaya

Salah satu aspek penting dalam pemilihan jasa adalah memiliki estimasi biaya. Hal tersebut perlu Anda lakukan agar bisa memperoleh jasa, yang sesuai kemampuan ekonomi. Tentunya hal ini dapat membuat pemakaian jasa perpajakan menjadi lebih lancar.

Jasa perpajakan seperti konsultan pajak di Indonesia tersedia dengan jumlah sangat banyak. Oleh sebab itu Anda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya, untuk mendapatkan jasa terbaik dengan biaya sesuai kebutuhan. Sehingga nantinya tidak akan mengalami kendala dalam proses pembayaran.

5. Track Record

Terakhir silahkan mencari informasi terkait track record konsultan pajak. Usahakan memilih jasa dengan track record baik dan tidak pernah melakukan pelanggaran perpajakan. Hal ini dapat Anda ketahui dengan menggali informasi pada mantan client sebelumnya, internet serta media sosial.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Kesimpulan

Itulah cara melakukan permintaan data efaktur yang hilang. Permasalahan seperti kehilangan faktur pajak tentunya cukup sering ditemukan oleh wajib pajak. Dalam hal ini untuk membantu Anda mengatasi permasalahannya perlu tahu bagaimana cara meminta faktur kembali.

Pengajuan efaktur dapat dilakukan ketika wajib pajak dengan status PKP kehilangan dokumen tersebut. Sehingga agar aktivitas pajaknya dapat berjalan lancar, maka Anda perlu mengajukan kembali data e-faktur yang hilang.

Umumnya e-faktur nanti hanya akan tersimpan pada perangkat, yang Anda gunakan dalam mengunduhnya. Sehingga nantinya ada beberapa risiko kehilangan, yang terjadi akibat dari kerusakan pada media penyimpanan. Sehingga hal ini cukup berisiko yang menyebabkan banyak wajib pajak mengalami kendala tersebut.

Untuk membantu Anda mengatasi permasalahan ini saat  ini sudah tersedia jasa konsultan pajak. Pihaknya merupakan tenaga pajak terbaik, yang membantu mengatasi berbagai masalah pajak yang dimiliki. Sehingga nantinya wajib pajak dapat melaksanakan kegiatannya secara mudah.

Tentunya jasa konsultan pajak ini dapat menjadi angin segar bagi semua wajib pajak. Sementara itu bagi Anda yang masih bingung dalam menjalankan berbagai aktivitas pajak bisa menggunakan jasa konsultan pajak terbaik dari Proconsult.id.

Perlu Anda ketahui juga bahwa jasa konsultan pajak dari Proconsult.id menjadi salah satu pilihan jasa terbaik, yang dapat digunakan. Pihaknya mampu memberikan lebih banyak manfaat serta kemudahan bagi wajib pajak.

Konsultan pajak online dari Proconsult.id adalah pilihan terbaik bagi semua orang. Sehingga nantinya ketika menggunakan layanan dari Proconsult.id Anda dapat memperoleh lebih banyak keuntungan. Oleh itu tunggu apa lagi silahkan menggunakan jasa konsultan pajak online terbaik dari Proconsult.id.

Proconsult