Cara Menghitung NJOP Terbaru untuk Pemula

Sudah tahu cara menghitung NJOP? Jika belum, yuk simak disini. Pajak di Indonesia memiliki beberapa jenis yang perlu diketahui oleh wajib pajak. Selain itu penerimaan pajak juga dibedakan atas daerah dan pusat. Sehingga dalam hal ini masyarakat perlu memahami semua elemen perpajakan secara lengkap.

Proconsult

Salah satu aspek pajak yang perlu anda ketahui adalah NJOP terbaru. Umumnya banyak wajib pajak mengetahui bahwa regulasi pajak sering kali mengalami perubahan. Faktanya perubahan tersebut juga muncul dalam perhitungan penerimaan pajak daerah.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

NJOP menjadi salah satu istilah perpajakan yang erat kaitannya dengan Pajak Bumi dan Bangunan. Namun untuk mengetahui informasinya secara lengkap pastikan Anda melihat penjelasan cara menghitung NJOP di bawah ini.

Apa Itu NJOP

Apa Itu NJOP

Sumber foto : Lahanindustri.wordpress.com

Umumnya persoalan terkait NJOP tidak menjadi perbincangan yang cukup populer bagi wajib pajak. Namun hal ini menjadi salah satu poin penting dalam pembayaran pajak yang perlu Anda perhatikan.

Istilah NJOP akan berkiatan dengan proses pajak PBB atau transaksi jual beli bangunan.  Sehingga hal ini menjadi salah satu informasi penting yang harus diketahui oleh masyarakat. Sehingga bisa Anda ketahui bahwa  NJOP merupakan singkatan dari Nilai Jual Objek Pajak.

Baca Juga : Cara Menghitung PPN 11 Persen Terbaru yang Benar

Pada dasarnya mempelajari terkait NJOP akan membantu Anda mengetahui harga jual suatu properti. Namun untuk mengetahui harga jual tersebut tidak cukup hanya dengan memahami pengertiannya saja. Anda perlu memperhatikan banyak hal lain di dalamnya.

Dalam hal ini istilah NJOP perlu diketahui oleh penjual serta pembeli suatu properti. Dimana dua hal tersebut akan menjadi salah satu patokan resmi, untuk menentukan nilai harga suatu properti.

Proconsult

Pengertian NJOP sendiri ada dalam UU Tahun 2009 No. 28. Hal ini mengatur mengenai Pajak daerah serta retribusi daerah atau disingkat (PDRD). Sehingga berdasarkan landasaan tersbeut bisa diketahui definisi NJOP secara umum sebagai berikut.

Pada dasarnya NJOP merupakan sebuah harga rata-rata, yang didapatkan atas transaksi jual dan beli secara wajar. Sedangkan ketika terdapat transaksi jual beli maka penentuan nilainya dilakukan dari beberapa hal di bawah ini:

  1. Perbandingan antara harga serta objek pajak yang sejenis.
  2.  Nilai perolehan terbaru.
  3. Nilai jual onbjek pajak pengganti.

Dalam hal ini nantinya nilai jual tidak hanya berfungsi sebagai penentu harga jual dari properti. Namun juga dapat menjadi dasar dalam pengenaan PBB dalam sektor perdesaan maupun perkotaan (PBB-P2).

Sehingga dari sini bisa Anda simpulkan pengertian dari NJOP adalah salah satu variabel penting, untuk penentuan PBB. Secara umum NJOP akan digunakan sebagai dasar perhitungan PBB di pedesaan maupun perkotaan.

Bahkan sampai saat ini NJOP juga digunakan pada ranah perhutanan, pertambangan maupun perkebunan. Dalam ruang lingkup ini biasa disebut dengan PBB-P3.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Dasar Hukum NJOP

Dasar Hukum NJOP

Sumber foto : Suaramerdeka.com

Sebagai salah satu aturan perpajakan di Indonesia tentunya NJOP juga memiliki dasar hukum yang bisa Anda ketahui. Dalam hal ini dasar hukum akan menjadi sebuah acuan bagi semau pihak, untuk melakukan berbagai aktivitas perpajakan secara menyeluruh.

Dasar hukum ini juga bisa Anda jadikan sebagai pedoman dalam melakukan aktivitas perpajakan secara mudah. Sehingga nantinya Anda bisa melaksanakan semua kegiatan secara lebih mudah. Berikut adalah dasar hukum yang harus diperhatikan, yaitu:

1. UU Tahun 2009 No. 28

Mengatur mengenai PDRD atau Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Didalamnya juga terdapat aturan mengetanai NJOP bagi wajib pajak.

2. PDRD Pasal 79 Ayat 1

Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa dasar pengenaan pada PBB di pedesaan maupun perkotaan adalah NJOP. Disini juga dijelaskan mengenai fungsi NJOP diluar ruang lingkup properti, yaitu:

  • Pengisian daftar KIP
  • Penentuan jumlah pembayaran pajak
  • Perhitungan luas dan zona rumah
  • Dll

Baca Juga : Cara Menghitung PKP Badan dan Syarat Pengajuan

3. PDRD Pasal 79 Ayat 2 dan 3

Berikutnya adalah masih dalam peraturan sama yaitu PDRD di ayat 2 dan 3. Disini ikut dijelaskan bahwa besaran NJOP akan dilakukan setiap tiga tahun sekali. Hal ini akan dilakukan oleh Kepala Daerah baik bupati atau wali kota di lokasi maisng-masing.

Dari sini bisa Anda perhatikan bahwa NJOP menjadi aspek penting perpajakan, yang perlu Anda pahami. Selain itu NJOP juga memiliki beberapa fungsi serta manfaat dalam bidang perpajakan.

Umumnya NJOP menjadi salah satu dasar dalam pengenaan tarif PBB-P2. Hal tersebut akan menjadi acuan dalam penentuan harga jual suatu properti secara lebih adil. Selain itu berikut adalah fungsi maupun manfaat dari NJOP yang bisa Anda perhatikan, yaitu:

  • Menjadi alat dalam memperhitungkan seberapa besar biaya pajak, yang harus ditanggung oleh pembeli maupun penjual pada saat melakukan transaksi jual beli.
  • Dapat menjadi alat bantu untuk mengetahui harga tertinggi dan terendah properti di suatu wilayah.
  • Membantu penjual dalam menentukan harga jual yang lebih masuk akal. Sehingga nantinya penentuan harga tidak underpriced maupun overpriced.
  • Dapat mempermudah pembneli dalam melaksanakan secara lebih baik ketika menemukan pembeli yang menjual di luar NJOP.

Berdasarkan penjelasan mengenai NJOP tersebut bisa dilihat bahwa ada banyak fungsi penting yang bisa Anda perhatikan. Dalam hal ini NJOP memiliki beragam manfaat yang bisa dimanfaatkan oleh wajib pajak.

Pada dasarnya NJOP akan banyak membantu penjual dan pembeli melakukan transaksi. Sehingga kehadirannya akan membantu terciptanya hubungan kerjasama saling menguntungkan diantara dua belah pihak.

Cara Menghitung NJOP Terbaru untuk Pemula

Proconsult

Setelah mengetahui definisi NJOP secara lengkap tentu Anda bisa mengetahui seberapa penting aspek ini dalam kehidupan. Utamanya ketika Anda ingin melakukan transaksi jual beli rumah. NJOP menjadi salah satu hal yang harus Anda perhatikan lebih dulu.

Umumnya NJOP memiliki fungsi penting seperti yang sudah dijelaskan diatas. Sedangkan bagi Anda yang ingin melakukan cara menghitung NJOP bisa mengikuti beberapa tahapan di bawah ini, yaitu:

  1. Mencari informasi lebih duku mengenai nilai NJOP per m2 tanah serta bangunan pada lokasi rumah tersebut
  2. Cara menghitung NJOP kembali total luas tanah
  3. Melakukan perhitungan total untuk bangunan

Begitu selesai melakukan tiga tahapan diatas anda bisa mengetahui NJOP per m2 serta luas tanah dan bangunannya. Namun untuk melakukan cara menghitung NJOP pastikan Anda mengikutu rumus di bawah ini:

  • Total harga tanah = NJOP/meter tanah x luas tanah
  • Total harga bangunan = NJOP/meter tanah x luas bangunan
  • Nilai jual rumah = Nilai harga bangunan + nilai harga tanah

Setelah mengetahui rumus cara menghitung NJOP ini maka Anda bisa melakukan simulasi cara menghitung NJOP dengan soal cerita di bawah ini:

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Contoh Cara Menghitung NJOP

Anda ingin melakukan penjualan properti (rumah) yang berada di kwasan Samira Regency Bekasi. Disini untuk luas tanahnya sendiri adalah 72m2 dengan luas bangunan 45 m2. Selain itu untuk nilai NJOP/meter tanah adalah Rp. 1.000.000 per m2.

Sementara itu untuk NJOP/meter bangunan adalah Rp. 2.000.000 per m2. Sedangkan total harga tanahnya saat ini adalah 72 x Rp. 1.000.000, yaitu Rp. 72.000.000.

Dari sini Anda juga bisa melakukan cara menghitung NJOP untuk total harga bangunan, yaitu Rp. 2.000.000 x 45. Sehingga nilai total harga bangunan tersebut adalah rp. 90.000.000.

Sehingga dari semua perhitungan tersebut bisa Anda ketahui, bahwa nilai jual rumahnya adalah kombinasi antara total harga tanah dan total harga bangunan. Sehingga nilai jual rumahnya adalah sebagai berikut:

Nilai jual rumah` = Rp. 90.000.000 + Rp. 72.000.000

= Rp. 162.000.000

Umumnya ini adalah salah satu cara mudah dalam melakukan cara menghitung NJOP. Namun dalam menentukan NJOP biasanya bisa ditentukan dari beberapa cara lain, yaitu:

1. Perbandingan Antara Objek Pajak Lain

Hal ini bisa dilakukan melalui pengamatan maupun penelitian pada objek pajak lain yang sejenis. Tujuannya adalah menentukan nilai jual agar sesuai dengan pasarannya.

2. Pergantian NJOP

Selanjutnya adalah pergantian NJOP yang dilandaskan pada hasil pemasukan dari objek pajak tersebut. Sehingga Anda perlu memperhatikan ada tidaknya pergantian NJOpnya.

3. Nilai Perolehan Baru

Terakhir melalui nilai perolehan terbaru yang perhitungan biayanya dilandaskan pada transaksi pembelian. Nantinya hal ini perlu Anda kurangi dengan biaya yang dikeluarkan atas penempatan objek pajak secara layak.

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak

Sumber foto : Rumah.com

Tidak semua elemen pajak bisa diketahui dengan baik oleh masyarakat. Mengingat masyarakat juga pasti memiliki kesibukan sendiri, yang harus dilakukan. Sehingga dari sini banyak wajib pajak yang merasa kesulitan atau terbeban pada semua kewajiban pajak tersebut.

Pajak menjadi pungutan wajib untuk semua masyarakat di Indonesia. Sehingga bagi Anda yang masuk kategori wajib pajak perlu membayar dan menjalankan kewajiban perpajakan secara menyeluruh. Dalam hal ini persoalan NJOP juga menjadi salah satu aspek, yang harus Anda perhatikan.

Bagi Anda yang masih kesulitan cara menghitung NJOP saat ini bisa menggunakan jasa konsultan pajak. jasa profesional tersebut sudah menjadi andalan banyak wajib pajak di Indonesia, untuk menyelesaikan urusannya perpajakannya.

Pemakaian jasa konsultan pajak akan membuat kewajiban Anda menjadi jauh lebih mudah. Bahkan dengan ini semua penyelesaikan tanggung jawab pajak akan jauh lebih praktis. Sehingga setiap orang bisa fokus pada kesibukan maupun aktivitasnya sehari-hari.

Baca Juga : Tutorial Cara Menghitung PPh 21 Terbaru dan Lengkap

Sebelum menggunakan jasa konsultan pajak pastikan Anda mengetahui beberapa tips pemilihannya lebih dulu. Berikut adalah penjelasannya secara lengkap, yaitu:

1. Taat Pada Aturan

Salah satu tips penting dalam pemilihan jasa konsultan pajak adalah memastikan layanan tersebut patuh pada aturan perpajakan. Hal ini akan menunjukkan pemahaman jasa tersebut pada aturan pajak yang berlaku.

Umumnya pelaksanaan aktivitas pajak memang perlu dilakukan oleh pihak, yang memang paham aturan perpajakan. Sebab pelaksanaan pajak harus dilakukan sesuai aturan yang berlaku.

Jasa profesional pajak harus selalu mematuhi ketentuan pajak yang ada. Nantinya hal ini akan berkaitan dengan proses kerja konsultan pajak ketika menyelesaikan masalah client. Sehingga dengan memilih layanan yang taat aturan pasti akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda.

2. Mengetahui Legalitas Hukumnya

Seorang jasa konsultan hukum adalah tenaga profesional yang bisa dibuktikan melalui beberapa hal. Salah satunya bisa dilihat dari legalitas hukum yang dimilikinya. Hal ini menjadi salah satu aspek penting, yang wajib dimiliki oleh penyedia jasa.

Pastikan anda menemukan jasa konsultan pajak secara tepat, untuk membantu menyelesaikan persoalan pajak. maka dari itu pastikan jasa pilihan Anda juga memiliki legalitas hukum yang sah.

Dalam hal ini konsultan pajak biasanya memiliki izin praktik sebagai salah satu persyaratan profesinya. Kepemilikan izin  ini menjadi aspek pentng yang harus Anda pertimbangkan. Terlebih izin praktik tersebut adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh DJP. Sehingga untuk memastikan legalitasnya dapat Anda pastikan melalui media sosial DJP online.

3. Sertifikat Profesi

Proconsult

Konsultan pajak adalah jasa ahli yang memiliki keterampilan dalam perpajakan. Sehingga layanan tersebut menyediakan layanan jasa bagi wajib pajak secara tepat. Dalam hal ini jasa konsultan pajak di Indonesia memiliki 3 jenis sertifikat, yang bisa Anda pastikan.

Sertifikat konsultan pajak tersebut menjadi salah satu standar profesi, yang harus dipenuhi. Umumnya melalui sertifikat konsultan pajak bisa menunjukkan kemampuan serta keahlian dari tenaga jasa tersebut.

Sertifikat ini akan membantu Anda untuk mencari tenaga profesional dengan keterampilan sesuai kebutuhan. Sehingga Anda dapat memilih layanan terbaik, yang kompeten dalam bidang tertentu sesuai masalah pajak masing-masing.

4. Track Record

Cara lain yang perlu Anda perhatikan adalah dari segi pengalaman dan sepak terjangnya. Dalam pemilihan jasa profesional Anda perlu memperhatikan aspek track record konsultan pajak. Poin ini menjadi salah satu aspek penting yang harus Anda perhatikan dengan baik.

Track record dapat Anda ketahui melalui media sosial atau website dari jasa konsultan pajak tersebut. Selain itu jika Anda memiliki kenalan yang pernah menggunakan bisa menjadi bahan pertimbangan. Pastikan Anda menanyakan kualitas layanan serta keterampilannya.

Memiliki informasi lebih banyak terkait jasa profesional ini akan membantu Anda dalam memilih tenaga jasa terpercaya. Sehingga dari sini Anda bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan, utamanya dalam penyelesaian masalah pajak secara baik.

5. Biaya

Aspek biaya menjadi salah satu poin penting dalam memilih konsultan pajak. Pastikan Anda mempertimbangkan poin ini dalam memilih jasa profesional perpajakan tersebut. Sebab biaya menjadi salah satu aspek, yang menentukan kelancaran pelaksanaan proses perpajakan.

Saat ini semua jasa konsultan pajak memiliki variasi biaya yang bisa Anda perhatikan. Perbedaan biaya tersebut berkaitan dengan layanan, jenis kebutuhan dan lain sebagainya. Oleh sebab itu penting bagi wajib pajak untuk melakukan survey lebih dulu saat memilih konsultan pajak.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Kesimpulan

Itulah cara menghitung NJOP yang wajib diketahui. Berdasarkan penjelasan diatas dapat diketahui bahwa NJOP merupakan Nilai Jual Objek Objek Pajak. Dimana NJOP merupakan sebuah harga rata-rata yang didapatkan dari aktivitas jual beli yang dilakukan secara wajar.

Umumnya pembahasan mengenai NJOP akan erat kaitannya dengan pengenaan PBB. Hal ini menjadi salah satu pajak daerah yang juga perlu dibayarkan oleh wajib pajak. Umumnya cara menghitung NJOP tersebut dikenakan pada bangunan atau rumah.

Bagi Anda yang ingin melakukan transaksi jual beli rumah tentunya perlu memperhatikan soal NJOP. Sehingga nantinya dalam melakukan transaksi sudah bisa berjalan secara lancar dan mudah.

Umumnya NJOP menjadi salah satu aspek penting dalam sebuah transaksi jual beli rumah atau bangunan. Sehingga bagi Anda yang tidak mengetahui ketentuan NJOP bisa menggunakan bantuan dari jasa konsultan pajak.

Terkait hal ini silahkan menggunakan bantuan konsultan pajak dari Proconsult.id. Disini tersedia banyak sekali layanan profesional, yang akan membantu Anda dalam menyelesaikan persoalan pajak secara lengkap. Sehingga Anda bisa menyelesaikan semua aktivitas pajak secara lebih mudah.

Layanan pajak dari Proconsult.id tersedia dengan beragam pilihan bagi wajib pajak. Tentunya penggunaan jasa konsultan pajak dari Proconsult.id akan menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat. Selain memiliki banyak layanan bagi wajib pajak Anda bisa mendapatkan tenaga jasa profesional dengan harga terjangkau. Maka dari itu pastikan menggunakan jasa konsultan pajak dari Proconsult.id sekarang juga!

Proconsult