Penyebab Gagal Kirim SPT Data Tidak Valid dan Solusi

Informasi tentang gagal kirim spt data tidak valid dan permasalahan pajak lainnya bisa menghubungi jasa konsultasi pajak Alberth Limandau Alikin, S.H di nomor 081350882882. Sebagai wajib pajak membuat Anda harus mengetahui apa saja kebutuhan dalam bidang perpajakan. Salah satunya mengenai kewajiban perpajakan, yang umum dimiliki oleh semua wajib pajak.

Proconsult

Menjadi wajib pajak memang membuat Anda mempunyai pemahaman mendalam di bidang perpajakan. Tentunya langkah kali ini menjadi salah satu aspek penting, yang harus diperhatikan oleh wajib pajak. Mengingat informasi perpajakan menjadi salah satu aspek utama untuk melaksanakan aktivitas pajak secara baik.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Salah satu contohnya dalam proses penyampaian SPT. Terkadang wajib pajak gagal melakukan penyampaian SPT karena berbagai alasan salah satunya gagal kirim SPT data tidak valid. Bagi Anda yang tidak ingin menemui kesulitan dalam penyampaian SPT bisa memperhatikan informasi lengkap penyebab gagal kirim SPT data tidak valid dan solusi di bawah ini:

Apa Itu SPT?

Apa Itu SPT

Sumber foto : Bolmut.kemenag.go.id

Sebagai wajib pajak nantinya Anda akan memperoleh banyak sekali kewajiban, yang harus dijalankan secara baik. Berbagai kewajiban ini menjadi bagian dalam proses menjalankan kepatuhan pajak.

Dalam hal ini ada salah satu jenis kewajiban, yang harus dijalankan secara baik oleh wajib pajak. Hal tersebut adalah melaporkan SPT secara tepat waktu sesuai jenis wajib pajaknya. Sehingga penting bagi semua wajib pajak, untuk memperhatikan komponen ini secara baik.

Sayangnya masih banyak sekali wajib pajak, yang belum mengenal pengertian SPT secara baik. Padahal pemahaman mengenai SPT ini menjadi salah satu kebutuhan penting, yang harus Anda perhatikan secara baik.

Baca Juga : Pembetulan Harta pada SPT Tahunan, Ini Syarat dan Prosedurnya

Memahami definisi SPT akan membantu Anda, untuk mengenal kewajiban pajak tersebut secara baik. Sehingga nantinya Anda dapat memperoleh lebih banyak manfaat dalam proses pelaksanaan pajaknya.

SPT adalah Surat Pemberitahuan Pajak, yang wajib dilaporkan oleh wajib pajak dalam kurun waktu tertentu sesuai jenis SPT-nya. Melaporkan SPT ini tentunya akan menjadi salah satu kewajiban utama dari wajib pajak. Terlebih dari golongan wajib pajak badan maupun perorangan.

Tentunya kewajiban dalam pelaporan SPT tersebut terdapat dalam UU Perpajakan. Sehingga jika wajib pajak lalai maupun lupa mengirimkan SPT, maka dapat dikenai sanksi-sanksi tertentu sesuai aturan pajak. Dalam hal ini Anda dapat dikenai sanksi administrasi maupun denda yang nominalnya beragam tergantung dari jenis SPT tersebut.

Proconsult

Meski menjadi salah satu kewajiban utama masih banyak wajib pajak, yang kurang mengerti kewajiban SPT tersebut. Padahal dalam pemahaman terkait SPt nantinya Anda juga perlu menggali lebih lanjut mengenai fungsi, jeis maupun prosedur penyampaikan.

Semua informasi tersebut akan membantu wajib pajak, untuk menyelesaikan kewajiban pajaknya secara baik. Dalam hal ini kesalahan dalam proses penyampaian juga dapat terjadi karena kurangnya pemahaman Anda mengenai informasi perpajakan.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diketahui pengertian SPT sebagai surat, yang akan dipakai oleh wajib pajak dalam proses pelaporan berbagai tanggung jawab pajaknya. Hal ini akan dilakukan dengan berorientasi pada berbagai aturan dalam bidang perpajaakan.

SPT nantinya juga akan memuat banyak sekali informasi, yang berkaitan pada kewajiban pajak wajib pajak. Nantinya wajib pajak juga perlu menyampaikan SPT sesuai jenis kewajiban pajak masing-masing. Tentunya ada 2 kategori SPT, yang umumnya perlu Anda perhatikan. Berikut adalah dua kategori SPT tersebut:

  1. SPT tahunan
  2. SPT masa

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Penyebab Gagal Kirim SPT Data Tidak Valid

Penyebab Gagal Kirim SPT Data Tidak Valid

Sumber foto : Youtube.com

SPT yang sudah terisi nantinya harus Anda kirimkan. Baik secara langsung dengan mengunjungi KPP terdekat maupun secara online. Tentunya metode online akan banyak dipilih oleh wajib pajak karena sistemnya tergolong sangat praktis.

Meski praktis dan mudah sayangnya ada beberapa kendala ketika Anda melakukan pengiriman secara online. Salah satunya gagal kirim SPT data tidak valid. Umumnya kondisi tersebut menjadi kendala yang menyebabkan SPT gagal dikirimkan.

Tentu saja kendala tersebut menjadi hal lumrah ketika mengisi SPT secara online. Mengingat SPT tersebut memiliki sistem tersendiri, yang akan langsung mendeteksi adanya kesalahan. Sehingga ketika data yang dimasukkan tidak valid Anda akan mengalami gagal ketika submit SPT.

Baca Juga : Pertanyaan Tentang SPT Pajak Terbaru dan Jawabannya

Tentunya ada banyak sekali alasan gagal kirim SPT data tidak valid. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  1. Aktivasi NE yang tidak berhasil karena gagal dalam melakukan aktivitas WP non efektif.
  2. Permintaan token tidak berhasil karena tidak terkirim pada email.
  3. BPS telah tersedia karena WP sudah mengirimkan SPT ke DJP.
  4. BPJS sebelumnya belum ada karena WP mengirim SPT tidak selaras dengan urutan status dalam pembetulan.
  5. Token invalid karena wajib pajak tidak logout ketika sesi terakhir memakai aplikasi perpajakan.
  6. Token yang digunakan tidak sesuai karena berulang kali meminta token. Bisa juga karena token yang dipakai bukan termasuk token terakhir.
  7. Pilihan kirim SPT tidak muncul karena error atau Null.

Sementara itu dalam proses penyampaian SPT juga dapat mengalami kendala karena data tidak valid. Kondisi gagal kirim SPT data tidak valid tersebut merupakan permasalahan teknis yang kadang kala terjadi saat hendak mengirimkan SPT.

Jika gagal submit e-form dengan status “Gagal Kirim SPT Data Tidak Valid”, maka ada beberapa kemungkinan. Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkaan gagal kirim SPT data tidak valid:

  1. Tidak terdapat angka decimal. Penyebab ini dapat dikecualikan pada form SPT 1771.
  2. Tidak terdapat karakter ampersand (&).
  3. Tahun pajak wajib berjumlah 4 digit dalam lampiran khusus A1.
  4. Tanggal wajib memakai format formal, yaitu DD/MM/YYYY.
  5. Dalam penyusutan wajib memilih garis lurus dan bukannya GL atau Saldo menurun bukannya SM.
  6. Tidak boleh terdapat karakter double quote.
  7. KLU wajib terisi.

Solusi Gagal Kirim SPT Data Tidak Valid

Proconsult

Kendala teknis dalam proses penyampaian SPT menjadi salah satu kebutuhan penting bagi wajib pajak. Informasi tersebut nantinya akan memudahkan Anda dalam mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin saja ada ketika proses penyampaian SPT.

Pastinya kendala teknis menjadi salah satu permasalahan yang sering kali membuat wajib pajak geram. Terlebih bagi Anda yang sebelumnya belum pernah melaksanakan aktivitas pajak. Kegagalan dalam proses submit dapat menjadi penghalang pelaksanaan kepatuhan pajak.

Tentunya menghadapi kemungkinan tersebut wajib pajak juga tidak tinggal diam. Direktorat Jenderal Pajak telah menyediakan cara untuk mengatasi kegagalan dalam proses pelaporan SPT tersebut. Sehingga wajib pajak dapat memanfaatkan informasinya, untuk membereskan semua permasalahan tersebut. Dalam hal ini Anda juga dapat secara lancar menyelesaikan proses permasalahan pajak tersebut secara baik.

Umumnya ketika mengalami status gagal kirim SPT data tidak valid pastikan untuk mengecek kembali. Dalam tahapan ini Anda perlu memastikan penyebab permasalahan gagal kirim SPT data tidak valid tersebut.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Namun ketika masih memiliki kendala sama meski telah menyeselaikan akar masalahnya, maka silahkan Anda memastikan isian dalam SPT tersebut. Hal ini juga termasuk bagian identitas wajib pajak pastikan sudah terisi secara benar dan pastinya lengkap.

Nantinya wajib pajak juga dapat mencoba untuk submit SPT tahunan menggunakan perangkat lain, jika masih menemukan kendala serupa. Sementara itu pihak Direktorat Jenderal Pajak juga menjelaskan bahwa sangat penting untuk memakai adobe acrobat reader versi 32 bit.

Pastikan juga adobe acrobat reader tersebut tidak ada dalam kondisi terupdate secara otomatis kedalam versi 64 bit. Sehingga Anda dapat mengatasi kendala gagal kirim SPT data tidak valid secara lancar.

Sementara ketika masih menemukan kendala seruupa, silahkan Anda menghubungi 1500200. Anda juga dapat menghubungi layanan perpajakan lainnya, seperti live chat di halaman website pajak.go.id. Bisa juga dengan berkonsultasi langsung ke KPP dimana Anda terdaftar sebagai wajib pajak.

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak Online

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak Online

Sumber foto : Smartlegal.id

Dalam bidang perpajakan nantinya Anda akan mengenal banyak sekali aspek, yang wajib diperhatikan. Tentunya semua faktor tersebut menjadi hal penting dalam bidang perpajakan. Sehingga penting bagi wajib pajak, untuk memperhatikan semua komponen pajak tersebut secara baik.

Banyaknya informasi di dalam bidang perpajakan  tentunya harus diperhatikan oleh wajib pajak secara baik. Mengingat hal ini menjadi salah satu kebutuhan penting bagi Anda, untuk menyelesaikan kewajiban pajak secara lancar.

Namun sayangnya di Indonesia aada banyak sekali wajib pajak, yang berasal dari berbagai latar belakang. Tidak semua wajib pajak mempunyai pemahaman mendalam mengenai pajak. Oleh sebab itu tidak jarang beberapa wajib pajak akan merasa kesulitan, jika disuruh menyelesaikan kewajiban pajaknya secara mandiri.

Berbagai alasan tersebut membuat kebutuhan mengenai tenaga jasa profesional pajak menjadi sangat penting. Dalam hal ini Anda membutuhkan bantuan tenaga konsultan pajak, yang dapat membantu proses pelaksanaan perpajakan.

Pastinya sebagai wajib pajak Anda sudah tidak asing dengan istilah konsultan pajak. Pihaknya menjadi tenaga profesional, yang banyak diperlukan oleh berbagai wajib pajak. Adanya jasa konsultan pajak ini akan membantu Anda, untuk membuat aktivitas pajak menjadi lebih mudah.

Bagi Anda yang belum mengetahui konsultan pajak tentunya harus mengenal tenaga jasa tersebut secara menyeluruh. Konsultan pajak merupakan perorangan maupun badan, yang dapat memberikan bantuan konsultasi kepada clientnya.

Konsultan pajak ini juga akan membantu berbagai pihak, untuk melaksanakan kewajiban sekaligus hak di bidang perpajakan. Tentunya konsultan pajak tersebut akan mempermudah proses pajak dari masyarakat. Mengingat pihaknya juga merupakan tenaga ahli, yang akan bekerja sesuai UU Perpajakan.

Baca Juga : Denda Telat Lapor SPT Tahunan Badan Terbaru

Pastinya ada banyak sekali peran dari konsultan pajak, yang nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat. Namun penting bagi Anda memperhatikan beberapa tips dalam pemilihan konsultan pajak, seperti:

1. Sertifikat

Hal pertama ketika ingin mendapatkan tenaga perpajakan dengan keahlian terjamin adalah memperhatikan sertifikatnya. Tentunya langkah kali ini sangatlah penting, untuk menjamin hasil pekerjaan dari konsultan pajak.

Nantinya konsultan pajak akan berpran dalam pemberian berbagai layanan pajak. Bahkan ada banyak sekali jenis layanan, yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh konsultan pajak. Agar tidak salah memilih Anda dapat memperhatikan informasi lengkapnya melalui sertifikatnya.

Seorang jasa konsultan pajak di masyarakat nantinya juga akan mempunyai beberapa jenis sertifikat, yang disesuaikan pada keahliannya masing-masing. Di Indonesia terdapat 3 tingkataan sertifikat konsultan pajak, yang harus diperhatikan dalam proses pemilihan jasanya.

2. Mengetahui Kebutuhan

Langkah selanjutnya dalam pemilihan konsultan pajak dapat dilakukan dengan mengetahui kebutuhan terlebih dhaulu. Hal ini sangatlah penting untuk membantu Anda menemukan tenaga jasa secaraa tepat.

Pastinya kebutuhan pajak wajib pajak badan dan perorangan sangatlah berbeda. Atas dasar pemahaman tersebut menjadi landasan cukup penting dalam proses pemilihan konsultan paajak.

Ketika mengetahui kebutuhan pajak Anda dapat menyesuaikan dengan jenis konsultan pajak yang dipilih. Sehingga cara tersebut dapat membantu Anda dalam menemukan layanan jasa terbaik dan sesuai kebutuhan. dari sini wajib pajak dapat memperoleh manfaat perpajakan secara lebih maksimal.

3. Berpengalaman dan Profesional

Proconsult

Opsi berikutnya dalam pemilihan konsultan pajak dapat dilakukan dengan memperhatikan pengalaman maupun profesionalitasnya. Langkah kali ini menjadi salah satu komponen penting yang pastinya tidak boleh dilewatkan.

Sebagai tenaga jasa tentu saja pengalaman dan profesional menjadi bagian penting dan tidak dapat terpisahkan. Pemakaian jasa dengan pengalaman mumpuni akan membantu Anda dalam memperoleh manfaaat perpajakan secara baik.

Sementara itu tenaga jasa profesional juga pasti menguntungkan client. Terutama dalam penyelesaian masalah pajak mengingat jasa tersebut akan fokus pada permasalahan Anda. Sehingga Anda tidak perlu khawatir masalah pajak tidak terselesaikan maupun terlambat dalam proses penyampaiannya.

4. Ketersediaan Layanan

Berikutnya silahkan Anda juga memperhatikan apa saja layanan yang disediakan oleh konsultan pajak. Langkah kali ini menjadi kebutuhan cukup penting, untuk membantu Anda dalam memilih tenaga pajak terpercaya.

Tentu saja aspek kali ini sangat penting dalam membantu Anda, untuk mengetahui apakah jasa tersebut sesuai pada permasalahan Anda. Misalnya saja ketika Anda membutuhkan jasa asistensi pengajuan keberatan pajak, maka silahkan memilih konsultan pajak dengan layanan dispute.

Pastinya ada banyaak sekali layanan dari konsultan pajak tersebut. Namun setiap jasa tersebut akan menyediakan layanan berbeda-beda sesuai kualifikasi skillnya. Maka dari itu penting bagi anda memperhatikan aspek kali ini secara baik.

5. Biaya

Terakhir jangan lupa memperhatikan berapa biaya, yang akan dibebankan oleh konsultan pajak tersebut. Langkah kali ini menjadi sangat penting agar Anda dapat menyesuaikan pemakaian konsultan pajak sesuai anggaran masing-masing.

Dalam penggunaan konsultan pajak pastinya Anda akan memiliki anggaran budget. Antara wajib pajak satu dengan lainnya tentu akan mempunyai anggaran berbeda-beda. Maka dari itu penting bagi Anda untuk memperhatikan biaya sesuai kemampuan dalam memilih jasa perpajakan.

Di masyarakat saat ini tersedia banyak sekali tenaaga konsultan pajak, yang menyediakan tarif beragam. Hal tersebut dapat Anda jadikan sebagai salah satu kesempatan dalam pemilihan konsultan pajak secara tepat. sehingga dapat memilih jasa pastikan memperhatikan berapa tarifnya agar Anda tidak merasa terbebani.

Informasi Kontak Jasa Konsultasi Pajak Online

ALBERTH LIMANDAU ALIKIN, S.H.

NIA : 01. 002683

SK Pengangkatan : 11.2682/SKEP-ADV/PPKHI/VIII/2022

Email : alberthmandau@gmail.com

Whatsapp : 081350882882

Facebook : https://web.facebook.com/alberth.alikin

Instagram : https://www.instagram.com/alberthmandau

Office : Jl. Ngagel Tirto II No. 44 Surabaya

Kesimpulan

Itulah beberapa penyebab gagal kirim spt data tidak valid dan solusi. SPT bagi wajib pajak menjadi komponen penting yang tidak dapat terpisahkan. Dalam hal ini setiap wajib pajak mempunyai kewajiban melaporkan SPT sesuai kewajibannya masing-masing. Sehingga anda perlu mengirimkans SPT dengan jenis tepat.

Dalam hal ini SPT menjadi salah satu surat pemberitahuan pajak yang digunakan wajib pajak dalam aktivitas serta beban pajaknya. Tentu saja SPT yang ada bisa berupa SPT Masa maupun SPT Tahunan. Sedangkan kewajiban pelaporan SPT tersebut bisa dilakukan oleh wajib pajak perorangan maupun badan.

Agar Anda bisa menjalankan pelaporan SPT secara baik harus bisa mengisi data dan kelengkapan informasi secara benar. Hal ini juga untuk menghindari adanya kegagalan dalam proses pengiriman SPT pajak karena berbagai hal. Salah satunya ketika data perpajakan tidak valid.

Selain mempelajari semua informasi perpajakaan tersebut ada banyak informasi terkait penyebab dan solusi gagal kirim SPT tentunya ada beberapa informasi lainnya. Salah satunya dengan memanfaatkan tenaga profesional di dalam bidang perpajakan.

Jasa konsultan pajak tersebut menjadi tenaga ahli yang dapat dimanfaatkan oleh wajib pajak. Bagi Anda yang kesulitan maupun tidak mampu menyelesaikan kewajiban pajaknya sendiri dapat memanfaatkan tenaga konsultan pajak tersebut.

Pastinya silahkan Anda memanfaatkan layanan pajak yang diberikan oleh Proconsult.id. tenaga konsultan pajak dari Proconsult.id akan memberikan lebih banyak manfaat bagi Anda, untuk melaksanakan aktivitas perpajakaan secara tepat sasaran.

Jasa konsultan pajak ini juga membantu Anda meringankan beban perpajakan. Maka dari itu silahkan memanfaatkan tenaga konsultan pajak dari Proconsult.id sekarang juga!

Proconsult