Hak dan Kewajiban Pemeriksa Pajak di Indonesia

Hak dan kewajiban pemeriksa pajak penting diketahui dari sekarang. Dalam bidang perpajakan Anda akan mengenal banyak sekali profesi di dalamnya. Tentunya semua profesi tersebut akan mempunyai peran dan tanggung jawabnya masing-masing dalam ruang lingkup perpajakan. Hal ini perlu diketahui oleh wajib pajak secara menyeluruh.

Proconsult

Pada dasarnya profesi atau petugas dalam aktivitas perpajakan ada banyak. Salah satunya adalah pemeriksa pajak, yang akan kita bahas dalam artikel kali ini. berbicara tentang pemeriksa pajak pasti tidak akan terpiasah dari agenda pemeriksaan pajak.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Dua hal tersebut merupakan satu kombinasi yang tidak dapat terpisahkan satu sama lain. Jika Anda belum mengetahui definisinya secara lengkap pastinya harus mempelajarinya lebih dulu. Di bawah ini adalah informasi lengkap seputar hak dan kewajiban pemeriksa pajak untuk Anda ketahui.

Apa Itu Pemeriksa Pajak

Apa Itu Pemeriksa Pajak

Sumber foto : Aguspajak.com

Aktivitas perpajakan selalu menyita perhatian banyak pihak. Bukan hanya dari golongan wajib pajak namun juga masyarakat umum. Hal ini membuktikan bahwa perpajakan memiliki hubungan luas dalam kegiatan masyarakat sehari-hari.

Aktivitas perpajakan merupakan salah satu kewajiban warga negara, yang memang harus dilakukan. Dalam hal ini ada banyak sekali aktivitas perpajakan, yang bisa saja terjadi di bidang perpajakan. Salah satunya adalah pemeriksaan pajak.

Secara umum aktivitas pemeriksaan pajak menjadi salah satu hal penting, yang dilakukan sebagai langkah kontrol pada sistem perpajakan. Umumnya pemeriksaan pajak akan dilakukan untuk menemukan bukti permulaan, yang mengindikasi terjadi pidana pajak.

Baca Juga : Pertanyaan Tentang Pemeriksaan dan Penyidikan Pajak

Pastinya Anda sudah mengetahui bahwa sistem perpajakan di Indonesia menganut konsep self assesstement. Hal ini mengindikasikan sebuah sistem, yang memberikan kebebasan bagi wajib pajak. Baik dalam melakukan pembayaran, perhitungan maupun pelaporan pajak.

Sebenarnya adanya sistem kebebasan tersebut tidak serta merta wajib pajak bebas melakukan apa saja. Tentunya jika sebuah sistem tidak ada aturannya membuat tingkat kepatuhan pajak dikalangan masyarakat akan menurun.

Melihat dari fakta tersebut pemerintah membuat sebuah sistem kontrol, yang bertujuan menjaga kepatuhan dari wajib pajak. Salah satunya adalah pemeriksaan pajak, untuk menjadi langkah kontrol agar pelaksanaan perpajakan tetap berjalan secara lancar.

Proconsult

Sehingga bisa disimpulkan bahwa pemeriksaan pajak menjadi langkah, yang dilakukan DJP dalam menemukan bukti pidana perpajakan. Dalam hal ini petugas yang melakukan pemeriksaan disebut sebagai pemeriksa pajak.

Sehingga dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa Pemeriksa Pajak adalah petugas perpajakan, yang nantinya akan melaksanakan pemeriksaan pajak. Dalam hal ini pemeriksaan pajak akan dilakukan sesuai permasalahan dari wajib pajak.

Dari sini Anda juga bisa mengetahui pengertian Pemeriksa Pajak sebagai tenaga ahli, yang melakukan pemeriksaan pajak. Sebagai wajib pajak Anda perlu mengetahui secara lengkap pemeriksaan pajak. Termasuk juga setiap ketentuan dan aktivitas lainnya.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Pemeriksa pajak merupakan tenaga pajak profesional, yang nantinya bekerja langsung di bawah otoritas perpajakan. Dalam hal ini pihanya akan bekerja di bawah kewenangan dari Direktorat Jenderal Pajak.

Secara umum pemeriksa pajak juga akaan memiliki berbagai kewajiban, yang erat kaitannya pada pelkasanaan tugas serta profesinya. Namun secara umum aktivitasnya akan meliputi beberapa hal, seperti evaluasi, pemeriksaan serta penemuan bukti permulaan.

Sehingga dapat juga Anda ketahui bahwa pemeriksa pajak memilik peran, yang berhubungan pada aktivitas pengumpulan informasi. Disini pihaknya akan melakukan pemeriksaan lapangan tentang pelaksanaan pajak dari wajib pajak.

Tugas Pemeriksa Pajak

Tugas Pemeriksa Pajak

Sumber foto : Blogkeuangan.com

Sebagai seorang tenaga profesional di bawah Direktorat Jenderal Pajak pemeriksa memiliki beberapa tugas penting. Dalam hal ini rangkaian tugas dari pemeriksa pajak tersebut perlu Anda ketahui secara lengkap.

Umumnya tugas pemeriksa pajak dapat Anda lihat didalam PMK Tahun 2022 No. 131 Pasal 4. Disini dijelaskan bahwa tugas dari pemeriksa pajak adalah:

Baca Juga : Pemeriksaan dan Penyidikan Pajak di Indonesia

1. Melakukan Pengujian Kepatuhan Pajak

Dalam hal ini aktivitas pemeriksa pajak meliputi pengawasan perpajakan, analisa teknis pada pelaksanaan aktivitas pajak. selain itu disini pemeriksa pajak juga bertugas memastikan kepatuhan dari wajib pajak.

2. Penegakan Hukum Pajak

Berikutnya pemeriksa pajak juga bertugas dalam menegakkan hukum perpajakan. Disini petugas pemeriksa akan melakukan berbagai tugas, seperti:

  1. Intelijen perpajakan.
  2. Pemeriksaan adanya bukti permulaan.
  3. Investigasi dan penyidikan.
  4. Forensik digital dalam perpajakan.
  5. Penagihan pajak.
  6. Penelaah keberatan.
  7. Penanganan sengketa pajak.

Hak dan Kewajiban Pemeriksa Pajak

Proconsult

Seorang tenaga pemeriksa pajak juga bisa disebut dengan penguji. Profesi tersebut akan bekerja untuk menguji bagaimana pemenuhan kewajiban pajak dari wajib pajak. tentunya dalam melaksanakan pekerjaannya ada beberapa hak dan kewajiban, yang perlu dilakukan.

Hak dan Kewajiban Pemeriksa Pajak

Berikut ini beberapa hak dan kewajiban pemeriksa pajak, yang bisa Anda ketahui secara jelas, yaitu:

1. Penyampaian SPPL

Pertama hak dan kewajiban pemeriksa pajak adalah menyampaikan SPPL (Surat Pemberitahuan Pemeriksaan Lapangan). Surat tersebut harus disampaikan kepada wajib pajak, untuk memberitahukan pemeriksaan pajak, yang akan dilakukan oleh pemeriksa.

Dalam hal ini penyampaian surat tersebut juga dilakukan bersama dengan jenis pemeriksaan yang ingin dilakukan. Hal tersebut dapat Anda ketahui dari adanya surat panggilan untuk pemeriksaan lapangan atau kantor.

2. Perlihatkan Tanda Pengenal dan SP2

Hak dan kewajiban pemeriksa pajak berikutnya adalah memperlihatkan tanda pengenalnya ketika melakukan pemeriksaan. Selain itu pihaknya juga harus menyampaikan SP2 atau  Surat Perintah Pemeriksaan. Dua sistematika ini tentunya juga perlu diketahui oleh wajib pajak.

Penting untuk Anda ketahui juga bahwa tanda pengenal merupakan atribut resmi, yang dimiliki oleh pemeriksa pajak. Dalam hal ini setiap pemeriksa pajak perlu memiliki dokumen yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Tentunya tanda pengenal tersebut akan membuktikan bahwa tenaga pemeriksa pajak merupakan tenaga resmi dari DJP. Sehingga bagi wajib pajak perlu memastikannya terlebih dahulu untuk memastikan kembali.

3. Surat Perubahan Tim

Ketika pemeriksa pajak datang ke tempat pemeriksaan dan memiliki anggota yang berubah, maka perlu menyampaikan surta perubahan tim lebih dulu. Hal ini perlu disampaikan pemerika kepada wajib pajak secara langsung.

4. Pertemuan dengan Wajib Pajak

Hak dan kewajiban pemeriksa pajak berikutnya pemeriksa pajak akan melakukan pertemukan dengan wajib pajak. Hal tersebut ditujukan untuk memberikan penjelasan terkait pelaksanaan pemeriksa pajak, yaitu:

  1. Tujuan dan alasan dilakukannya pemeriksaan.
  2. Hak serta kewajiban yang dimiliki oleh wajib pajak dalam proses maupun setelah pemeriksaan.
  3. Hak dari wajib pajak untuk melakukan permohonan pembahasan dengan tim quality assurance pemeriksaan pajak. Hal ini akan dilakukan ketika hasil pemeriksaaan terbatas dan dasar hukum koreksi belum tersepakati antara pemeriksa dan wajib pajak.
  4. Kewajiban dari wajib pajak untuk menyampaikan permintaan selama pemeriksaan baik buku, catatan maupun dokumen pembukuan lainnya. Dalam hal ini konsultan pajak dapat meminjamnya kepada wajib pajak.

5. Berita Acara

Setelah melakukan pertemuan dan mendapatkan hasil dari sana, hak dan kewajiban pemeriksa pajak wajib membuat berita acara. Hal tersebut dilakukan dengan menuangkan semua hasil pertemuan, untuk kemudian menjadi salah satu dokumen resmi pemeriksaan.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

6. Penyampaian SPHP

Hak dan kewajiban pemeriksa pajak berikutnya pemeriksa pajak wajib melakukan penyampaian SPHP. Hal tersebut merupakan Surat Pemberitahuan Hasil Pemeriksaan yang ditujukan kepada wajib pajak.

7. Hak Kehadiran Wajib Pajak

Disini pemeriksa pajak akan memberikan hak kepada wajib pajak untuk hadir dalam pembahasan terakhir. Hal tersebut merupakan kehadiran dalam upaya pembahasan akhir terkait hasil pemeriksaan pajak, yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu.

8. Kuisioner Pemeriksaan

Pemeriksa pajak nantinya akan menyampaikan kuisioner pemeriksaan kepada wajib pajak. disini wajib pajak perlu mengisi sesuai pengalamannya dalam mengalami pemeriksaan bersama pemeriksa pajak.

9. Pembinaan

Jika hasil akhirnya sudah sesuai maka pemeriksa pajak juga memiliki kewajiban dalam melakukan pembinaan. Hal ini ditujukan kepada wajib pajak dalam rangka meningkatkan pemenuhan kewajiban pajak sesuai aturan UU.  Hal ini bisa disampaikan secara tertulis.

10. Pengembalian Berkas

Setelah pemeriksaan selesai dilakukan dan hasilnya telah keluar, maka pemerika perlu mengembalikan semua dokumen yang dipinjam. Hal itu baik dalam bentuk dokumen, buku, catatan maupun pembukuan lainnya.

11. Privasi

Salah satu kewajiban dari pemeriksa pajak adalah merahasiakan identitas wajib pajak dan semua dokumen lainnya. hal ini merupakan salah stau kewajiban penting yang harus dilakukan oleh pemeriksa pajak dalam agenda pemeriksaan.

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak

Sumber foto : Glints.com

Menghadapi berbagai agenda dalam bidang perpajakan memang tidak bisa dilakukan secara asal. Bahkan banyak aktivitas perpajakan yang tidak dapat Anda lakukan sendiri. dalam hal ini Anda memerlukan bantuan orang lain untuk menyelesaikannya.

Bukan rahasia umum lagi bahwa  masalah pajak menjadi salah satu konteks, yang merepotkan bagi semua wajib pajak. Pastinya hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat aktivitas pajak menjadi salah satu masalah cukup kompleks dan rumit.

Saat ini jenis dan jumlah wajib pajak di tengah masyarakat sangat banyak. Setiap orang pasti memiliki kewajiban pajak berbeda dengan kesibukan tidak sama. Namun sayanya tidak semua wajib pajak di Indonesia memiliki pemahaman mumpuni dalam bidang perpajakan.

Berbagai aspek tersebut membuat banyak wajib pajak terkena pemeriksaan pajak. dimana sebelumnya wajib pajak tidak dapat melaksanakan kewajiban pajaknya secara baik. Sehingga kesalahan tersebut menimbulkan masalah lain berupa pemeriksaan pajak.

Baca Juga : Pemeriksaan Bukti Permulaan Pajak di Indonesia

Tentunya bagi Anda yang terkena pemeriksaan pajak perlu melaksanakan setiap aturan dengan baik. Sehingga nantinya Anda dapat menyelesaikan aktivitas pemeriksaan secara baik. Dimana setiap pelaksanaannya harus diseuaikan pada aturan pajak yang ada.

Untuk membantu wajib pajak dalam menyelesaikan masalah perpajakan secara baik, maka Anda membutuhkan bantuan dari jasa terpercaya. Dalam hal ini silahkan untuk menggunakan jasa konsultan pajak terbaik, yang memiliki kapasitas di bidangnya.

Konsultan pajak menjadi salah satu pilihan terbaik, yang sudah sejak lama hadir di tengah masyarakat. Dikalangan wajib pajak dirinya juga telah menjadi tenaga jasa andalan, untuk membantu menyelesaikan masalah perpajakan secara baik.

Bagi Anda yang belum pernah memakai jasa konsultan pajak sebelumnya ada beberapa hal yang harus disiapkan. Salah satunya adalah memahami bagaimana tips pemilihan jasa konsultan secara baik. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. Mengenal Kebutuhan

Tips pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengenali kebutuhan pemakaian jasa konsultan pajak terlebih dahulu. Dari sini nantinya Anda dapat mengenali kebutuhan terkait permasalahan pajak yang dialami. Sehingga pemililhan jasa akan lebih tepat sasaran.

Saat ini setiap wajib pajak di masyarakat pasti memiliki kebutuhan berbeda-beda. Hal tersebut sejalan dengan bentuk kewajiban maupun tanggung jawab perpajakannya. Maka dari itu kebutuhan dalam menggunakan layanan perpajakan juga tidak sama.

2. Sertifikat Konsultan Pajak

Langkah berikutnya dalam memilih konsultan pajak adalah melihat sertifikat yang dimilikinya. Jasa konsultan pajak adalah tenaga profesional resmi yang bisa Anda pastikan dari berbagai aspek. Salah satunya melalui sertifikat konsultan pajak yang ada.

Sebagai tenaga jasa profesional banyak sekali dokumen resmi, yang akan membuktikan kapasitanya. Sertifikat konsultan pajak tersebut mampu memberikan informasinya tentang tingkat kemampuan yang dimiliki jasa tersebut.

Sertifikat konsultan pajak di Indonesia ada 3 jenis. Dalam hal ini setiap tingkatan sertifikat memiliki fungsi dan informasi berbeda. Sehingga dari sini Anda dapat memanfaatkannya untuk memperoleh informasi terkait pemakaian jasa konsultan paja tersebut.

3. Izin Praktik

Proconsult

Konsultan pajak adalah tenaga profesional resmi yang memiliki bukti legalitas secara konkret. Hal tersebut menunjukkan posisinya dan pengakuan terhadap hukum. Hal tersebut dapat Anda ketahui dari izin praktik yang dimiliki oleh konsultan pajak tersebut.

Izin praktik merupakan salah satu syarat bagi seseorang, yang ingin menjabat sebagai seorang konsultan pajak. Dokumen tersebut dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak, yang dapat membuktikan keresmian jasa dalam membuka praktik.

Mengetahui izin praktik dari konsultan pajak akan memberikan Anda lebih banyak kesempatan. Salah satunya mendapatkan tenaga jasa terbaik yang membantu permasalahan pajak secara maksimal.

4. Biaya

Jangan lupa untuk memperhatikan opsi biaya yang menjadi salah satu hal penting dalam pemakaian jasa konsultan pajak. Saat ini jumlah konsultan pajak di Indonesia cukup banyak. Keseluruhan jasa tersebut memiliki patokan tarif yang tidak sama.

Disini Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai berapa besaran biaya jasa konsultan pajaknya. Utamakan menggunakan jasa konsultan pajak, yang memiliki biaya sesuai dengan kebutuhan. Sehingga tidak aakan memberatkan Anda nantinya.

Usahakaan menyesuaikan pemilihan jasa dengan budget yang dimiliki. Tentunya  dengan memperhatikan berbagai opsi diatas Anda dapat mendapatkan kualitas layanan jasa terbaik, meskipun patokan tarifnya terjangkau.

5. Track Record

Terakhir adalah melihat track record yang dimiliki oleh konsultan pajak. hal ini menjadi langkah penting yang pastinya perlu Anda lakukan. Opsi kali ini akan sangat berkaitan pada bagaimana citra dan reputasinya di bidang usaha tersebut.

Mengetahui track record konsultan pajak akan membantu Anda dalam mengetahui kualitas yang dimilikinya. Disini Anda akan menggali informasi tentang kualitas pekerjaannya sebelumnya. Sehingga  Anda akan semakin yakin untuk menggunakannya.

Opsi kali ini tentunya dapat Anda lakukan melalui banyak hal. Seperti bertanya pada rekan, yang pernah menggunakan jasa tersebut. Selain itu silahkan untuk mencari informasi serupa melalui internet baik lewat media sosial, website dan lainnya.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Kesimpulan

Itulah hak dan kewajiban pemeriksa pajak. Jika melihat dari uraian artikel diatas maka dapat disimpulkan bahwa pemeriksa pajak menjadi salah satu profesi cukup penting dalam bidang perpajakan. Utamanya dalam ruang lingkup agenda pemeriksaan pajak.

Pemeriksa pajak adalah profesi atau individu yang melakukan aktivitas pemeriksaan pajak. sehingga bisa disimpulan bahkan pemeriksa pajak memiliki tanggung jawab cukup penting dalam aktivitas pemeriksaan pajak.

Peran krusial pemeriksa pajak tersebut sebagai salah satu pelaksanaan tugasnya dalam menjaga kepatuhan serta keadilan perpajakan. Sehingga proses pelaksanaan dari sistem perpajakan dalam sebuah negara dapat berlangsung secara baik.

Dalam pelaksanaan perpajakan setiap wajib pajak memiliki peluang sama, untuk mengalami pemeriksaan pajak. Sehingga terdapat peluang bagi semua wajib pajak, untuk berhadapan dengan petugas pemeriksa pajak.

Bagi Anda yang sedang mengalami kendala tersebut saat ini dapat menyerahkan semua aktivitas perpajaknnya pada jasa konsultan pajak. Pihaknya merupakan pilihan tenaga jasa terpercaya, yang mampu membantu semua proses perpajakan dari wajib pajak.

Menggunakan jasa konsultan pajak dari Proconsult.id merupakan keputusan terbaik yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Dalam hal ini semua permasalahan pajak Anda dapat selesai dengan baik melalui jasa konsultan pajak profesional.

Proconsult.id adalah perusahaan tenaga jasa konsultan pajak terbaik, yang dapat Anda andalkan dalam berbagai masalah perpajakan. Selain memiliki kualitas tenaga terpercaya tentunya kualitas layanan, harga dan track recordnya tidak teragukan lagi.

Proconsult