Contoh Kasus Pidana Pajak di Indonesia dan Analisanya

Dalam bidang hukum istilah yang akan sangat sering ditemui adalah pidana. Melansir dari KBBI arti dari pidana adalah kejahatan yang bisa berupa pembunuhan, perampokan, korupsi, dan lain sebagainya. Pidana ini bisa terjadi pada banyak hal termasuk dalam bidang pajak. Di Indonesia ada banyak kasus pidana pajak yang bisa Anda temui.

Proconsult

Kasus pidana pajak tersebut tentu menjadi bukti bahwa memang masih ada banyak wajib pajak yang tidak patuh dan cenderung meremehkan persoalan pajak. Padahal urusan pajak adalah hal yang sangat krusial dan memiliki ketentuan hukumnya sendiri. Apalagi pajak merupakan pemasukan yang sangat penting bagi negara.

Punya Masalah Pajak? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Jika pajak tidak dibayarkan dengan tepat waktu dan sesuai kewajibannya, tentu negara berhak melakukan pemberian sanksi kepada wajib pajak tersebut. Lalu, apa saja contoh kasus pidana pajak di Indonesia yang merugikan negara itu? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Pidana Pajak?

Apa Itu Pidana Pajak?

Sumber foto : Pajakku.com

Dalam bidang perpajakan sebagai wajib pajak maupun orang yang erat kaitannya dengan bidang ini tentunya sudah mengetahui. Bahwa dalam bidang perpajakan ini memiliki berbagai jenis aturan dan ketentuan hukum, yang terpisah dengan aturan hukum lainnya. Oleh sebab itulah kenapa sebagai wajib pajak juga harus mengetahui aturan tersebut dengan baik.

Hal tersebut akan berkaitan dengan proses pelaksanaan kewajiban pajak Anda dan cara pemenuhannya. Pengetahuan mengenai hal ini perlu dilakukan untuk mempermudah proses pelaksanaan kewajiban dalam bidang perpajakan. Bahkan bukan hanya sebagai wajib pajak saja, namun juga semua pihak yang berada dalam bidang perpajakan. Baik itu petugas atau pejabat pajak dan orang ketiga.

Baca Juga : Sanksi Pidana Pajak Terbaru yang Wajib Diketahui

Salah satu ketentuannya adalah yang berkaitan dengan pengenaan sanksi kepada pelanggar aturan pajak tersebut. Pidana pajak merupakan salah satu hal atau pengenaan sanksi, yang bisa menjerat siapa saja dalam bidang perpajakan. Namun sudah tahukan Anda apa yang dimaksud dengan pidana pajak tersebut?

Pidana pajak adalah kegiatan memberikan data atau informasi dalam bidang perpajakan  yang isinya tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya dalam bidang pajak. Dapat diambil contoh bahwa kegiatan pidana pajak merupakan kegiatan melanggar hukum perpajakan seperti memberikan informasi pada saat penyampaian SPT pajak dengan isi yang tidak sesuai. Sehingga antara data pada SPT dan keadaan beban pajak, yang dimiliki oleh wajib pajak tidak balance.

Proconsult

Dari informasi ini dapat disimpulkan bahwa pengertian pidana pajak merupakan pengenaan sanksi yang dibebankan kepada semua pihak dalam bidang perpajakan dan terbukti melakukan tindak pidana pajak.  Tindak pidana pajak sendiri merupakan sebuah perlakukan atau tingkah perilaku dari wajib pajak, pihak ketiga dalam bidang perpajakan, pejabat pajak dan melakukan kerugian atau kesalahan yang dimaksud dalam ketentuan tindak pidana pajak.

Sedangkan pengenaan sanksi ini dapat berupa denda pajak maupun hukuman badan layaknya kurungan atau penjara. Perlu diketahui bahwa segala kegiatan atau perbuatan, yang terbukti melanggar aturan dalam bidang perpajakan di Indonesia akan terkena sanksi pidana pajak. Sehingga bagi pihak atau pelaku yang terbukti melakukan pelanggaran hukum akan menerima konsekuensi sesuai dengan ketentuan, yang telah ditetapkan sebelumnya.

Terdapat dua alasan kenapa ada aturan mengenai sanksi pidana pajak ini. sebab ketentuan mengenai sanksi ini dibuat dengan beberapa tujuan, yang berfungsi untuk berbagai hal, yaitu:

  1. Berfungsi supaya wajib pajak, petugas pajak maupun pejabat pajak orang ketiga dalam bidang perpajakan memiliki aturan yang mengikat dan kuat.
  2. Memiliki fungsi untuk membuat wajib pajak, petugas pajak dan pejabat pajak beserta pihak ketiga pajak memiliki ketentuan yang berfungsi untuk mengatur dan dipatuhi oleh pihak terkait.
  3. Agar memberikan efek jera kepada wajib pajak, petugas pajak maupun pihak ketiga yang melakukan pelanggaran dalam bidang perpajakan.

Punya Masalah Pajak? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Sedangkan dalam prosesnya terdapat beberapa hal, yang menyebabkan seseorang tersebut dapat dikenakan sanksi pidana pajak. Pada dasarnya sanksi ini dapat muncul karena adanya dakwaan terhadap tindak penggelapan pajak. Sedangkan di Indonesia sendiri sanksi mengenai pidana pajak ini dapat muncul disebabkan oleh beberapa hal berikut, yaitu:

  1. Wajib pajak tidak melakukan penyampaian pajak secara benar atau sesuai dengan keadaan sebenarnya. Hal ini bisa juga saat wajib pajak dengan sengaja memalsukan SPT saat menyampaikannya kepada Direktorat Jenderal Pajak.
  2. Wajib pajak secara sadar dan sengaja mangkir dari kewajibannya melakukan pelaporan SPT pajak.
  3. Wajib pajak menolak ketiga petugas pajak hendak melakukan agenda pemeriksaan pajak.
  4. Wajib pajak maupun pihak ketiga telah terbukti tidak melakukan penyelenggaraan pembukuan pajak dengan benar.
  5. Tindakan melakukan penyalahgunaan NPWP.

Contoh Kasus Pidana Pajak

Contoh Kasus Pidana Pajak

Sumber foto : Torontodefencelawyers.com

Pidana pajak menjadi salah satu sanksi dalam bidang perpajakan yang harus dihindari oleh semua pihak dalam bidang perpajakan. Selain memberatkan juga akan ada beberapa sanksi lain yang mengikuti kasus pidana pajak. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa kasus pidana pajak yang bisa Anda ketahui.

Baca Juga : Jenis Sanksi Perpajakan di Indonesia Terbaru dan Terlengkap

Kasus Pidana Pajak oleh Pengadilan Negeri

Kasus dibawah ini merupakan rangkaian kasus pidana pajak di Indonesia, yang telah diputuskan dan dibacakan putusannya oleh Pengadilan Negeri. Sehingga dalam poin pembahasan di bawah ini Anda dapat mengetahui beberapa kasus pidana pajak yang pernah terjadi dalam bidang perpajakan Indonesia:

Proconsult

  1. Putusan pengadilan tentang kasus pidana pajak yang menjerat pengusaha berasal dari Sumbawa. Putusan tersebut menjatuhkan hukuman 3 tahun penjara beserta dengan denda senilai 16 miliar kepada terdakwa CM.
  2. Pemalsuan faktur pajak yang dilakukan oleh terdakwa berinisial HI di daerah Jakarta Selatan. Tindak pidana yang dilakukan oleh terdakwa tersebut memberikan kerugian kepada negara sebesar 10,2 miliar.
  3. Direktur CV Bumi Raya, yang terbukti melakukan pelanggaran dalam bidang perpajakan. Pihaknya dituntut hukuman penjara selama 7 bulan dn pembayaran denda sebesar 11,74 miliar.
  4. Pemalsuan faktur pajak yang dilakukan oleh wajib pajak pada tahun 2020. Pihaknya menerima hukuman kurungan selama 5,6 tahun dan denda sebanyak 20,5 miliar.

Punya Masalah Pajak? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak

Sumber foto : Communitytax.com

Setelah mengetahui bahwa kasus pidana pajak ini bisa mengenai siapa saja, maka Anda perlu memiliki kesadaran mengenai pengerjaan kewajiban dalam bidang perpajakan. Pastikan untuk melakukan pengerjaan perpajakan secara benar dan bertanggung jawab. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengisikan data aktual dan sesuai dengan kondisi sebenarnya pada saat pelaporan pajak.

Hal tersebut dapat menjadi salah satu langkah pencegahan bagi Anda agar tidak terkena kasus pidana pajak. Namun perlu diketahui bahwa terdapat salah satu cara terbaik, yang bisa dilakukan oleh wajib pajak untuk menghindari kasus pidana pajak tersebut.

Cara tersebut adalah dengan menggunakan jasa profesional perpajakan berupa konsultan pajak. Saat menggunakan jasa konsultan pajak Anda akan memiliki peluang agar bisa melaksanakan kegiatan pajak secara benar.

Hal ini juga menjadi salah satu cara terbaik, yang bisa dilakukan oleh wajib pajak dengan waktu minimal. Sehingga meskipun Anda sibuk dan memiliki banyak pekerjaan. Anda tetap bisa menjadi warga negara yang baik dengan taat melakukan  pembayaran pajak.

Meski begitu dalam memilih jasa profesional pajak atau konsultan pajak tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pastikan untuk mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan dalam memilih jasa konsultan pajak. Sebab terdapat berbagai jenis konsultan pajak tergantung dari kualifikasi maupun legalitasnya.

Maka dari sebagai wajib pajak Anda harus dapat memilih jasa konsultan pajak terbaik, yang telah disesuaikan dengan pertimbangan-pertimbangan yang ada. Di bawah ini merupakan beberapa tips dalam memilih jasa konsultan pajak, yang dapat Anda ketahui, yaitu:

Baca Juga : Pelanggaran Pajak: Jenis, Contoh Kasus dan Sanksi

1. Memastikan Izin Praktik

Dalam bidang perpajakan izin menjadi salah satu hal umum, yang perlu diperhatikan sebagai langkah awal dalam berbagai kegiatan. Begitu pula pada saat Anda memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan pajak. Maka izin praktik ini merupakan titik awal bagi Anda, untuk bisa memilih jasa konsultan pajak terbaik dan terpercaya.

Untuk menjadi seorang jasa konsultan pajak seseorang perlu melengkapi dan memenuhi persyaratan terlebih dahulu. Sedangkan dalam hal ini izin praktik menjadi salah satu syarat tersebut. Izin praktik bagi jasa konsultan pajak menjadi bukti legalita, yang menjamin keaslian dan keresmian dari badan dan jasa tersebut. Maka dari itu sebagai wajib pajak pastikan untuk melihat izin praktik ini terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan pajak.

Saat ini Anda bisa melihat asli tidaknya nomor dari surat izin tersebut dengan mudah. Direktorat Jenderal Pajak sebagai lembaga resmi yang mengeluarkan surat izin konsultan pajak akan menyediakan layanan call center atau web, yang mempermudahkan masyarakat untuk melihat daftar konsultan pajak resmi tersebut.

2. Melihat Kualifikasi dan Kemampuan

Berikutnya adalah wajib pajak perlu untuk mengetahui kualifikasi dan kemampuan yang dimiliki jasa konsultan pajak tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa terdapat bebeapa jenis konsultan pajak di masyarakat.

Berbeda jenis tentu akan membuat cakupan penyelesaian masalah dan kemampuannya berbeda. Maka dari itu untuk bisa memilih jasa konsultan pajak sesuai kualifikasi, mampu membantu wajib pajak dalam memilih layanan jasa yang tepat dan sesuai dengan permasalahan pajak mereka.

Kualifikasi dari jasa konsultan pajak tersebut dapat dilihat pada sertifikat konsultan pajak. Setidaknya saat ini terdapat 3 jenis sertifikat konsultan pajak, yang dapat dimiliki setelah konsultan pajak mengikuti ujian sertifikasi.

Setelah dinyatakan lulus sesuai dengan tingkatan ujiannya, maka dapat memiliki sertifikat konsultan pajaknya. Hal ini menjadi dasar ukuran bagi wajib pajak, yang ingin menggunakan jasa konsultan pajak agar dapat memilih dengan tepat.

Proconsult

3. Menyesuaikan dengan Budget dan Kemampuan

Ketiga adalah pastikan untuk memilih jasa konsultan pajak, yang sesuai dengan kemampuan ekonomi Anda. Mengingat pada setiap layanan tentu memerlukan biaya tertentu. Pada dasarnya tiap jasa konsultan pajak memiliki tarif berbeda. Ada yang mematok biaya mahal namun juga ada yang memberikan layanan dari jasa dengan harga standar.

Sebab terdapat beberapa hal yang bisa mempengaruhi pemberian harga tersebut. Sehingga pada berapa wilayah bisa jadi memiliki tarif tidak sama. Namun dapat dipastikan bahwa konsultan pajak yang telah memenuhi dua persyaratan diatas, meski memiliki tarif murah kualitas pelayanannya juga bagus.

Sebab dalam menentukan kualitas dari layanan jasa konsultan pajak tidak serta merta ditetapkan oleh besaran harganya. Terdapat beragam variabel lain, yang dapat menentukan kualitas baik buruknya seorang penyedia jasa konsultan pajak tersebut.

4. Memastikan Kejujurannya

Berikutnya adalah jangan lupa untuk memastikan sikap yang dimiliki oleh jasa konsultan pajak tersebut. Sebagai wajib pajak pastikan untuk memilih jasa yang jujur dan bertanggung jawab. Pastikan pihaknya selama menjalani profesi sebagai konsultan pajak jujur dan patuh terhadap aturan dan ketentuan perundang-undangan.

Hal tersebut menjadi penting untuk dilakukan, mengingat pihaknya akan bertugas untuk menangani setiap masalah pajak Anda. Maka Anda juga harus memastikan bahwa jasanya dapat bekerja dengan baik dan patuh terhadap aturan yang berlaku.

Jasa konsultan pajak profesional dan jujur adalah seorang penyelenggara layanan jasa, yang bisa bekerja dengan baik sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan. Pihaknya tidak pernah menyelesaikan masalah pajak client dengan buruk. Sehingga semua kegiatan pajaknya akan tetap dijalankan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

5. Melihat Track Record dari Jasa Konsultan Pajak

Penting untuk dilakukan terlebih dalam memilih jasa konsultan pajak adalah melihat pada track record yang dimiliki. Hal ini juga dapat membantu Anda dalam memilih jasa konsultan pajak yang tepat dan terbaik untuk digunakan.

Saat ini Anda dapat dengan mudah untuk mencari rekam jejak dari seorang jasa konsultan pajak. Anda bisa menggunakan berbagai media seperti internet yang dapat diakses dengan mudah oleh semua orang.

Biasanya rekam jejak dari seorang jasa konsultan pajak akan mudah ditemukan dari sana. Mantan client atau wajib pajak yang pernah menggunakan jasanya akan meninggalkan komentar atau ulasan terkait dengan kinerja jasa konsultan pajak tersebut. Hal ini dapat Anda jadikan ukuran dan salah satu standar penilaian, untuk menggunakan layanan perpajakan tersebut.

Selain itu hal ini juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan jasa konsultan pajak terbaik. Hal ini juga mampu menjadi standar dalam mendapatkan jasa konsultan pajak tanpa adanya sengketa pajak sebelumnya.

Itulah tadi beberapa tips yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan jasa konsultan pajak. Tips memilih menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dilakukan agar Anda tidak salah dalam memilih layanan penyedia jasa profesional perpajakan.

Punya Masalah Pajak? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas maka Anda dapat mengetahui bahwa kasus pidana pajak merupakan salah satu kasus kejahatan berat dalam bidang perpajakan. Hal tersebut dapat menjangkit siapapun dalam bidang perpajakan. Selain itu, pidana seperti ini juga dapat berpengaruh buruk terhadap kepentingan lainnya.

Ada banyak sekali contoh kasus pidana pajak yang terjadi di Indonesia dan semuanya berpotensi merugikan negara. Padahal, pajak adalah pemasukan negara yang sangat penting dan harus wajib dibayar oleh setiap wajib pajak. Para wajib pajak yang melanggar pun akhirnya mendapatkan sanksi sesuai dengan perbuatannya sampai lalai membayar pajak.

Untuk itu, diharapkan untuk taat terhadap aturan pajak, sehingga Anda tidak memiliki peluang untuk terkena kasus pidana  pajak. Agar Anda bisa lebih mudah untuk menyelesaikan masalah pajaknya dengan lebih baik. Maka silahkan untuk menggunakan jasa konsultan pajak dari Proconsult.id. Disini Anda akan mendapatkan kualitas layanan terbaik dan bermutu dari seorang tenaga ahli dalam bidang perpajakan.

Penggunaan jasa konsultan pajak dari Proconsult.id akan membantu Anda untuk mendapatkan pelayanan yang baik. Sedangkan untuk tenaga ahli perpajakan dari Proconsult.id juga telah terbukti memiliki banyak penglamaan dan kemampuan dalam bidang perpajakan.

Proconsult