NTPN Pajak Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Cek

NTPN pajak adalah istilah perpajakan yang penting diketahui. Umumnya membahas soal pajak memang tidak ada habisnya. Sehingga sebagai wajib pajak Anda perlu mempelajari banyak hal seputar bidang perpajakan. Mengingat pasti tetap ada instrumen perpajakan, yang tidak Anda ketahui.

Proconsult

Salah satu instrumen pajak yang harus Anda ketahui adalah NTPN pajak. Meski cukup asing namun hal ini cukup familiar dalam transaksi perpajakan setiap masyarakat. Sehingga Anda perlu mengetahuinya secara tepat.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Bagi Anda yang belum mengetahui definisi dari NTPN tentunya tidak perlu khawatir. Di bawah ini adalah penjelasan lengkap NTPN pajak adalah.

NTPN Pajak Adalah

Apa Itu NTPN Pajak

Sumber foto : Wahyuddinrosi.com

Pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebuah transaksi. Bukan hanya dalam kebutuhan sehari-hari namun juga bidang perpajakan pasti identik dengan proses transaksi.

Umumnnya sebuah transaksi dapat terjadi karena adanya kesepakatan diantara dua belah pihak. Sementara itu setelah transaksi terjadi pasti akan ada bukti pembayaran, yang menujukkan nomimal transaksi.

Umumnya bukti transaksi tersebut bisa dalam bentuk faktur, nota, invoice, struk dan bukti pembayaran lainnya. Hal tersebut juga hampir sama dengan bidang perpajakan setelah selesai melakukan pelaporan SPT.

Begitu selesai melaksanakan kewajiban pajak wajib pajak akan diberikan bukti pembayaran. Dokumen tersebut akan diterbitkan begitu Anda mendapatkan pemberitahuan terkait status SPT. Bisa dalam bentuk lebih bayar, kurang bayar atau nihil.

Baca Juga : SSP PPN Adalah: Pengertian dan Contoh Pengisian

Sementara itu dalam proses pembayaran pastinya wajib pajak membutuhkan sebuah kode billing. Hal ini dapat digunakan sebagai nomor untuk pembayaran pajak. Baik pembayaran melalui ATM mapun bank persepsi.

Selanjutnya jika pembayaran sudah bertatus lunas, maka menunjukkan tidak adanya tanggungan pajak dari wajib pajak. sehingga wajib pajak akan memperoleh surat SSP atau Surat Setoran Pajak.

Singkatan NTPN Pajak adalah Nomor Transaksi Penerimaan Negara

Dalam surat inilah nanti Anda akan berkenalan dengan NTPN. NTPN Pajak adalah Nomor Transaksi Penerimaan Negara. Hal tersebut akan diperoleh oleh semua wajib pajak, yang sudah menunaikan transaksi atau pembayaran pajak.

Umumnya NTPN pajak adalah kode yang bisa menjadi bukti pembayaran pajak dan bisa Anda temukan pada lembar SSP. Sementara itu kode ini juga terdapat dalam  BPN atau Bukti Penerimaan Negara.

Proconsult

Selanjutnya ketika wajib pajak sudah memperoleh NTPN ini, maka petugas pajak sudah bisa melaksankaan pengecekan nomor NTPN. Nomor tersebut terdapat dalam SSP, lalu beralih pada SSE, BPN sampai ke beberapa dokumen perpajakan lainnya.

Nantinya pengecekan tersebut akan dilakukan pada semua dokumen baik digital maupun fisik. Sehingga nantinya NTPN akan berfungsi sebagai alat pembantu pengecekan berbagai berkas perpajakan secara keseluruhan.

Tentunya melihat dari hal ini Anda dapat mengetahui bahwa NTPN termasuk salah satu syarat serta ketentuan penting dalam aktivitas pelaporan pajak. Sementara itu pengertian NTPN Pajak menurut PER- DJP No. Per-05/PJ Tahun 2017 disebutkan terkait definisinya yaitu bukti atau tanda bukti pembayaran ke kas negara yang ada dalam BPN.

Nantinya NTPN tersebut akan diterbitkan melalui sistem settlement yang dikelola langsung oleh Direktorat Jendral Perbendaharaan. Umumnya NTPN tersebut terdiri dari 16 digit unik. Digit NTPN pajak adalah gabungan antara angka serta huruf, yang digunakan sebagai alat pengecekan berkas.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Sementara itu NTPN pajak adalah hal yang  bisa diterbitkan oleh pihak yang mempunyai wewenang dalam bidang perpajakan. Hal ini akan dipakai dalam memastikan bahwa proses pembayaran pajak sudah dilaksankan dan telah tervalidasi.

Meski cukup akrab dalam proses perpajakan di Indonesia sayangnya masih banyak wajib pajak, yang kurang familiar dengan NTPN. Umumnya hal ini adalah salah satu istilah dalam bagian administrasi perpajakan.

Definisi lain dari NTPN pajak adalah PMK Tahun 2014 No. 32/PMK.05 pasal 1 ayat 14. Disebutkan bahwa NTPN pajak adalah sebuah nomor tanda bukti pembyaaran ke kas negara yang ada dalam BPN dan diterbitkan melalui sistem settlement.

Fungsi NTPN Pajak

Fungsi NTPN Pajak

Sumber foto : Youtube.com

Pada penjelasan sebelumnya Anda sudah mengetahui bahwa NTPN pajak adalah salah satu komponen penting dalam bidang perpajakan. Umumnya ketika Anda sudah mendapatkan NTPN, maka nomornya sudah ada dalam BPN, SSP dan SSE pajak.

Sementara itu bukti-bukti tersebut juga tercantum dalam dokumen perpajakan lain. Dari sini petugas pajak sudah bisa melakukan penilaian secara resmi dan sah pada semua dokumen perpajakan tersebut.

Umumnya NTPN sendiri memiliki banyak sekali fungsi penting, yang bisa Anda ketahui. Sementara itu NTPN tidak hanya mememang peran dalam administrasi perpajakan. Untuk lebih jelasnya Anda dapat mengetahui fungsi NTPN secara lengkap di bawah ini:

Baca Juga : Mengapa Kita Harus Membayar Pajak?

1. Alat Bukti

Fungsi pertama dari NTPN pajak adalah sebagai alat bukti, yang  dipakai dalam proses validasi semua transaksi dalam perpajakan. Sehingga ketika wajib pajak sudah melakukan pembayaran, maka harus mendapatkan alat bukti tersebut yang dinami dengan NTPN.

Namun di beberapa kesempatan ada kesalahan sistem, yang membuat wajib pajak tidak memperoleh NTPN. Maka dari itu ketika mengalaminya Anda harus melakukan pengecekan secara manual, untuk melihat nomor tersebut.

2. Syarat Pelaporan Pajak

Selain menjadi bukti perpajakan tentunya NTPN juga berperan sebagai salah satu syarat dalam pelaporan pajak.  Hal ini menjadi salah satu syarat pelengkap yang wajib ada dalam melaksanakan proses pelaporan pajak dari wajib pajak.

Sehingga dari sini bisa Anda ketahui bahwa NTPN menjadi syarat mutlak dam sangat penting dalam pelaporan pajak. elemennya ini akan berperan dalam semua prosedur perpajakan, baik pelaporan agar lebih terstruktur. Sehingga nantinya dapat dipakai dalam memastikan keabsahan proses transaksi, yang dilaporkan wajib pajak.

Cara Cek NTPN Pajak

Proconsult

Dalam pelaksanaan aktivitas pajak tidak jarang wajib pajak sering kali mengalami kesulitan. Tentunya berbagai kesulitan tersebut menjadi salah satu penghalang dalam proses perpajakan, yang harus segera Anda selesaikan.

Pada penerimaan NTPN wajib pajak tentunya juga bisa mendapatkan berbagai kendala. Hal ini seperti tidak tercepatnya NTPN secara jelas atau pudar. Tentunya jika mengalami kendala tersebut akan menyulitkan Anda dalam melakukan pembacaan.

Jika Anda mengalami masalah ini tentunya harus secara melakukan pengecekan. Tujuannya adalah mencegah terjadi kesalahan input kode NTPN, yang bisa menghambat proses pelaporan pajak. Maka dari itu berikut adalah cara praktis untuk mengecek NTPN pajak, yaitu:

1. Situs DJP Online

Pertama Anda bisa melakukan pengecekan melalui sistus DJP online dengan mengakses situsnya di alamat www.pajak.go.id. Selanjutnya untuk tahapan lainnya bisa Anda ikuti secara lengkap seperti berikut:

  1. Silahkan login memakai kredensial WP.
  2. Berikutnya pilih opsi “Layanan” dan nagikasikan pada “Rumah Konfirmasi Dokumen”.
  3. Jika sudah Anda hanya perlu klik pilihan “Konfirmasi NTPN” disini Anda perlu memilih berdasarkan pada kode billing yang diperoleh.
  4. Jika sudah silahkan melakukan input kode billing dan isi captcha sebagai alat konfirmasi. Berikutnya klik pada pilihan tombol “Cari”.
  5. Tunggu beberapa saat dan nantinya situs akan langsung menampilkan beragam informasi pajak penting, seperti NTPN, kode billing dan lainnya.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

2. SSP e-Blling

Metode pengecekan berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah melalui SSP e-Billing.  Hal ini bisa menjadi salah satu alternatif lain, yang dapat Anda pakai dalam melakukan verifikasi NTPN tidak terbaca.

Caranya cukup mudah hanya perlu mengalami SSP e-Billing. Dalam lembar tersebut akan ada kode verifikasi dari pihak bank, yang prosesnya dicetak memakai mesin laser. Sehingga Anda bisa mendapatkan informasi terkait NTPN secara mudah.

3. SSE Pajak

Cara alternatif lain yang bisa dilakukan untuk cek NTPN pajak adalah menggunakan SSE Pajak. hal ini menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan melalui portal SSE Pajak dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Pertama silahkan buka situs http://sse.pajak.go.id.
  2. Lanjutkan melakukan login memakai akun wajib pajak Anda.
  3. Berikutnya akses menu “View Data” dan lanjutkan klik pilihan “Konfirmasi NTPN”.
  4. Jika sudah tunggu beberapa saat dan situs akan menampilkan data wajib pajak yang dapat Anda filter berdasarkan NTPN atau Billingnya.

Umumnya ketiga metode diatas bisa Anda lakukan untuk mengatasi NTPN tidak terbaca. Sehingga jika mengalami kendala tersebut Anda tidak perlu panik dan dapat menegcek NTPN menggunakan salah satu dari 3 cara diatas.

Tips Memilih Konsultan Pajak

Tips Memilih Konsultan Pajak

Sumber foto : Gardens.id

Kompleksnya aktivitas perpajakan tidak jarang membuat banyak masyarakat merasa kesulitan. Terutama bagi individu atau badan yang sudah memiliki kesibukan sehari-hari cukup padat.

Terlebih pajak sendiri adalah aktivitas wajib masyarakat, yang cukup sulit untuk dilakukan. Terlepas dari sistematikanya ada banyak sekali perubahan aturan perpajakan, yang sering terjadi setiap tahunnya.

Ada banyaknya kemungkinan perubahan tersebut membuat proses penyelesaian pajak menjadi lebih sulit. Terutama bagi Anda yang pada awalnya tidak memiliki latar belakang perpajakan.

Jika Anda mengalami kendala tersebut tentunya bisa menggunakan jasa konsultan pajak. hal ini menjadi salah satu pilihan jasa terbaik, yang bisa menjadi solusi dari semua kendala perpajakan ini.

Semua penyelesain masalah perpajakan tentunya bisa selesai dengan cepat ketika Anda menggunakan  jasa konsultan pajak. Pihaknya merupakan tenaga profesional, yang memiliki kemampuan perpajakan terbaik dan bisa Anda percaya.

Baca Juga : SKT Pajak Adalah: Contoh dan Cara Mendapatkan

Namun sebelum menggunakan jasa konsultan pajak ada beberapa hal penting, yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah tips pemilihan jasa konsultan pajak, untuk membantu Anda menemukan tenaga jasa terpercaya dan terbaik. Berikut adalah tips pemilihan yang perlu Anda lakukan:

1. Relevan dengan Kebutuhan

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan pemilihan dengan kebutuhan. Sehingga dalam memilihnya usahakan Anda menyesuaikan pada masalah pajak yang dimiliki. Terlebih saat ini ada banyak sekali jasa konsultan pajak yang ada di Indonesia.

Latar belakang ini membuat Anda bisa memilih tenaga jasa terbaik, yang sesuai kebutuhan perpajakan. Namun agar pemilihannya jauh lebih tepat silahkan mengetahui terlebih dahulu jenis kebutuhan pajak yang Anda perlukan.

Saat ini ada banyak sekali kebutuhan atau layanan yang disediakan oleh konsultan pajak. baik pemeriksaan laporan, restitusi pajak, penyelesaian masalah dan lainnya. Sehingga untuk membantu Anda memilih tenaga jasa terbaik pastikan memperhatikan kebutuhan sendiri lebih dulu.

2. Izin Praktik

Tips berikutnya adalah memperhatikan izin praktik yang dimiliki oleh konsultan pajak. umumnya hal tersebut menjadi salah satu syarat utama, yang harus dipenuhi oleh jasa konsultan pajak. Sehingga pastikan untuk memastikan kepemilikan izin praktik ini lebih dulu.

Izin praktik dapat menjadi bukti legalitas, yang menunjukkan keresmian layanan jasa dari konsultan pajak. sementara itu izin praktik juga dikeluarkan langsung oleh Direktorat Jenderal Pajak sehingga bisa Anda jadikan acuan pemilihan.

Pemilhan jasa terbaik dengan melihat izin praktik akan membantu Anda dalam melihat profesionalitas konsultan pajak. Sehingga nantinya Anda bisa menggunakan jasa tersebut secara nyaman.

3. Sertifikat

Proconsult

Hal yang tidak kalah penting untuk diterapkan adalah melihat sertifikat konsultan pajak. Hal ini menjadi dokumen resmi yang juga harus dimiliki oleh konsultan pajak. dimana di Indonesia sendiri ada tiga jenis sertifikat konsultan pajak, yang menunjukkan kemampuan layanan berbeda.

Mengetahui sertifikat konsultan pajak akan membantu calon client memilih layanan secara baik. Hal ini bisa menunjukkan bagaimana kemampuan serta keterampilan yang dimiliki jasa tersebut. Sehingga nantinya Anda tidak akan salah pilih jasa untuk penyelesaian masalah perpajakan.

Sertifikat konsultan pajak tipe 1 biasanya memberikan pelayanan kepada wajib pajak perorangan. Sedangkan sertifikat tipe 2 bisa memberikan layanan bagi wajib pajak badan dan perorangan. Sementara itu untuk tipe tiga akan menyediakan layanan bagi wajib pajak badan dan perorangan di dalam dan luar negeri.

4. Memastikan Pengalaman

Langkah berikutnya adalah memastikan pengalaman yang dimiliki oleh konsultan pajak. hal tersebut juga menjadi langkah penting yang harus Anda perhatikan saat memilih tenaga profesional perpajakan. Pengalaman akan menjamin kualitas pelayanan yang dimiliki oleh tenaga perpajakan tersebut.

Tentunya konsultan pajak yang baik pasti mempunyai pengalaman relevan dalam menangani beragam kasus perpajakan. Semakin lama jasa tersebut bekerja dalam bidang ini juga menunjukkan kualitas pengalaman profesinya.

Sebagai salah satu contoh ketika jasa konsultan pajak sudah memiliki pengalaman pendampingan pemeriksaan pajak selama 10 tahun. Hal tersebut menunjukkan bagaimana kualitas pengalamanannya dalam menyelesaikan permasahan client nantinya.

5. Tarif

Terakhir adalah memastikan tarif yang dipatok oleh konsultan pajak tersebut. Sebenarnya poin ini perlu Anda pehrtaikan sebelum mempekerjakan tenaga konsultan pajak. Pastikan Anda riset lebih dahulu terkait tarif yang dimilkinya.

Saat ini di Indonesia ada banyak sekali jasa konsultan pajak yang bisa Anda gunakan. Tentuya setiap jasa tersebut memiliki tarif berbeda, yang dapat Anda sesuaikan pada kebutuhan pemakaian sekaligus anggaran setiap wajib pajak.

Penting bagi Anda untuk memilih jasa konsultan pajak, yang memiliki tarif sesuai kemampuan finansial. Sehingga hal ini bisa mempermudah Anda dalam pemakaian jasa sampai masalah selesai.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas, NTPN pajak adalah Nomor Transaksi Peenrimaan Negara. Hal ini adalah rangkaian gabungan kode baik nomor serta huruf, yang bisa Anda temui pada BPN atau Bukti Penerimaan Negara.

Sehingga dalam hal ini NTPN pajak adalah kode bukti pembayaran, yang sangat penting bagi wajib pajak. NTPN pajak adalah sebuah bukti pembayaran pajak secara online yang cukup aman serta bisa dengan mudah Anda temukan.

Umumnya setiap wajib pajak bisa langsung memperoleh NTPN atau BPN setelah melakukan pembayaran. Begitu pembayarannya berhasil maka kode tersebut sudah bisa Anda peroleh. Namun sayangnya tidak semua wajib pajak mengetahui cara pemakaian NTPN tersebut.

NTPN memiliki beragam fungsi penting yang bisa Anda ketahui dalam bidang perpajakan. Sementara itu untuk pengecekannya Anda bisa melakukannya secara mudah sesuai penjelasan diatas. Namun jika Anda merasa sistem tersebut cukup sulit silahkan menggunakan layanan profesional perpajakan dari Proconsult.id.

Ketika menggunakan jasa konsultan pajak dari Proconsult.id, maka semua proses penyelesaian pajak bisa secara secara cepat. Bahkan Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan pelaksanaan kewajiban pajak karena semuanya sudah ditangani oleh konsultan pajak.

Pastinya konsultan pajak ini menjadi salah satu solusi terbaik bagi wajib pajak dalam penyelesaikan masalah pajak secara mudah. Sementara itu tenaga profesional dari Proconsult.id menyediakan banyak sekali layanan, kualitas terbaik serta harta terjangkau bagi semua wajib pajak.

Proconsult