Dalam bidang perpajakan pastinya wajib pajak perlu mengetahui berbagai istilah atau ketentuan yang berlaku. Hal ini nantinya akan berkaitan langsung dengan kelancaran pelaksanaanya. Nah, PBK adalah salah satu yang penting untuk Anda pahami juga.
Pada dasarnya PBK adalah istilah yang berkaitan erat dengan kegiatan administrasi perpajakan. Hal ini berkaitan erat dengan pemindahbukuan antara penerimaan pajak. Karena berkaitan erat dengan administrasi, inilah yang menjadi asalan kenapa PBK adalah hal yang sangat penting untuk para wajib dipahami.
Punya Masalah Pajak? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882
Sayangnya, masih banyak orang yang tidak paham dengan PBK bahkan belum pernah mendengar tentang PBK. Mengingat PBK adalah hal yang penting, inilah informasi selengkapnya yang bisa Anda simak mengenai PBK adalah. Mulai dari pengertian PBK adalah, syarat PBK adalah, cara PBK adalah, dan juga contoh PBK adalah.
PBK Adalah
Terdapat berbagai macam istilah yang bisa Anda ketahui dalam bidang perpajakan. Istilah tersebut tentunya akan sangat berhubungan erat dengan Anda sebagai wajib pajak. Maka dari itu belajar tentang apapun dalam bidang perpajakan akan sangat membantu Anda dalam proses pelaksanaan hak dan kewajiban.
Sehingga nantinya Anda dapat mengerti jenis kewajiban pajak yang dimiliki. Selain itu pada tahap yang lebih baik lagi, sebagai wajib pajak Anda dapat mengerti apa saja prosedur penyelesaian masalah pajak, yang bisa Anda tempuh.
Salah satu istilah perpajakan yang cukup sering disebut dalam sektor pajak adalah PBK. PBK adalah istilah perpajakan yang mungkin pernah Anda dengar. Namun faktanya masih banyak masyarakat, terutama dari golongan wajib pajak yang belum mengetahuinya. Lantas apa itu PBK?
Sebagai wajib pajak yang aktif dalam kegiatan perpajakan dan memiliki kewajiban disini, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. PBK adalah hal yang sering wajib pajak temui dalam proses administrasi bidang perpajakan.
Baca Juga : LHP Adalah: Pengertian, Fungsi dan Contoh
Singkatan PBK adalah Pemindahbukuan
Sedangkan untuk pengertiannya sendiri juga perlu diketahui dengan baik. Pengertian PBK adalah suatu proses administrasi pemindahbukuan antara penerimaan pajak yang nantinya akan digunakan dalam proses pembukuan dari penerimaan pajak yang telah sesuai.
Dalam kegiatannya proses ini nanti akan dilakukan ketika wajib pajak melakukan kesalahan dalam hal penyetoran maupun pembayaran pajak. Maka dari itu sebagai wajib pajak Anda perlu hati-hati pada saat melakukan kewajiban pada bidang perpajakan.
Kesalahan merupakan salah satu hal, yang tidak bisa dihindari oleh semua orang. Maka dari itu kegiatan pemindahbukuan atau PBK adalah hal yang tidak bisa dihindari lagi. Apalagi saat wajib pajak yang tidak mempunyai pengalaman dalam bidang perpajakan berusaha untuk menyelesaikannya sendiri. maka dari itu risiko kesalahan akan lebih besar untuk muncul.
Beberapa kesalahan yang biasanya terjadi dan menyebabkan agenda pemidahbukuan atau PBK adalah:
- Kesalahan dalam pengisian NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak.
- Salah dalam proses pengisian masa pajak.
- Salah input jenis pajak.
- Salah dalam pembayaran dan nominal pajak.
- Dll.
Jenis kesalahan administrasi diatas dapat diperbaiki lagi oleh wajib pajak dengan cara menempuh jalur PBK atau Pemindahbukuan tersebut. Maka dari itu alangkah lebih baik untuk menyelesaikan masalah pajak secara benar. Agar Anda terhindar dari risiko kesalahan dan pelaksanaan pemindahbukuan atau PBK ini.
Tentunya hal ini akan menyita waktu Anda sebagai wajib pajak juga. Sehingga nantinya dalam proses pelaksanaan kewajiban pajak akan ada risiko mengerjakan dua kali, saat pada tahap awal pengerjaannya Anda tidak bisa menyelesaikannya dengan baik. Maka dari itu hal ini perlu diperhatikan dengan benar.
Dasar Hukum Pemberlakukan PBK
Setiap kegiatan dalam bidang perpajakan, tentunya memiliki aturan hukum atau dasar hukum yang menyertainya. Hal ini bertujuan untuk menyamakan cara pandang antara wajib pajak, jasa profesional pajak maupun petugas pajak.
Sehingga nantinya semua pihak yang memiliki kepentingan dalam bidang perpajakan dapat menyelesaikannya dengan baik. Hal tersebut karena dilandasai oleh dasar hukum yang sama. Begitu juga dengan aturan pelaksanaan dan penyelesaiannya, yang bisa diketahui oleh semua orang dari sumber yang sama.
Dalam prosesnya perlu diketahui bahwa landasan dasar hukum pemberlakukan aturan PBK adalah pasal 1 di ayat 28, hal ini bisa Anda temukan pada PMK No 242 pada tahun 2014.
Pada pasal tersebut juga ikut dijelaskan mengenai pengertian dari PBK adalah sebuah proses administrasi pajak pemindahan buku pada jenis penerimaan pajak, yang dilakukan untuk selanjutnya dibukukuan pada jenis terimaan pajak yang suda sesuai.
Punya Masalah Pajak? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882
Mengacu pada PMK di nomor yang sama yaitu 242 pada tahun 2014, yang bisa Anda temukan apda pasal 16 dan ayat 2. Secara lebih lanjut lagi ikut dijelaskan bahwa dalam proses pemindahbukuan ini akan dilakukan pada saat terjadi kesalahan administrasi pajak. Kesalahan yang bisa menyebabkan pemindahbukuan seperti yang telah disebutkan diatas. Sedangkan mengacu lebih spesifik lagi pada jenis penyetoran atau pembayaran pajak yang salah. Pada pasal ini juga dijelaskan terdapat 8 sebab seorang wajib pajak harus menempuh jalur PBK atau pemindahbukuan tersebut.
Sedangkan kesalahan yang dimaksud dalam proses pelaksanaan PBK adalah tidak hanya dari kesalahan wajib pajaknya saja. Kesalahan dari kegiatan administrasi paja dari bank persepsi, wajib pajak, pegawai Direktorat Jenderal Pajak dan pihak lagi dalam bidang perpajakan juga bisa mengakibatkan PBK atau Pemindahbukuan tersebut.
Secara lebih ringkas lagi pelaksanaan dari PBK adalah hal yang dilakukan diantara masa pajak satu ke masa pajak lainnya.
Syarat PBK
Dalam proses pengajuan PBK ini terdapat beberapa hal yang harus diketahui oleh wajib pajak. Jika Anda hendak melakukan PBK maka pastikan untuk lebih dahulu mengetahui penjelasan terkait hal ini. Selanjutnya silahkan untuk mengetahui persyaratan yang dimiliki untuk bisa menyelesaikannya.
Hal tersebut juga bertujuan agar dalam proses penyelesaian masalah pajak Anda bisa menyelesaikannya dengan baik. Sehingga nantinya tidak akan ada risiko kesalahan administrasi lain dalam proses PBK atau pemindahbukuan.
Sedangkan untuk syarat dari pelaksanaan PBK adalah:
1. Menyertakan surat permohonan untuk kegiatan pemindahbukuan
2. Menyertakakan beberapa dokumen asli, yaitu sebagai berikut:
- SSP satu lembar.
- SSPCP satu lembar.
- Bukti pemindahbukuan pada lembar pertama.
- Dokumen BPN.
- Bukti pembayaran asli dari PPh, yang telah dilakukan dengan menggunakan mata uang dollar Amerika Serikat secara langsung wajib untuk dilakukan PBK.
Punya Masalah Pajak? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882
3. Surat pernyataan dalam bentuk asli kesalahan dari rekaman, yang menyebabkan pelaksanaan PBK ini. surat pernyataan tersebut hendaklah didapatkan dari pimpinan Pos persepsi, Bank persepsi, Bank persepsi dari mata uang asing yang melakukan pembayaran dan bank devisa persepsi.
4. Dokumen asli dari pabean yang menyatakan pemberitahuan impor, dokumen asli dari cukai atau bisa juga denan dokumen asli surat penetapan atau tagihan. Dimana permohonan PBK adalah hal yang bisa dilakukan oleh SSPCP.
5. FCP KTP dari penyetor maupun pihak yang menerima pemindahbukuan. Sedangkan dalam hal ini permohonan harus dilakukan oleh SSPCP, SSP, BPN atau bisa juga dengan menyertakan bukti PBK dimana tidak tercantum NPWP didalamnya.
6. Surat pertanyataan wajib pajak, yang menerangkan bahwa pembayaran pajak yang dilakukan bukan atas kepentingan sendiri.
Cara PBK Online dan Offline
Prosesnya pelaksanaan PBK adalah hal yang mudah bisa dilakukan secara online maupun offline. Namun untuk prosedur pelaksanannya berbeda. Jadi ketika Anda sudah melengkapi semua dokumen persyaratan diatas, silahkan untuk melakukan pengajuan PBK baik online maupun offline. Cara pengajuan PBK adalah:
- Silahkan datang ke KPP setempat dengan membawa dokumen persyaratan.
- Setelah dokumen diteliti oleh petugas maka akan dilakukan penerbitan BPS atau bukti terima suratnya.
- Selajutnya untuk bukti dari pemindahbukuan akan dilakukan maksimal 30 hari dari permohonan dilakukan.
- Wajib pajak bisa mengambil bukti tersebut pada KPP maksimal dalam jangka waktu 30 hari setelah dinyatakan lengkap.
Baca Juga : SSP PPN Adalah: Pengertian dan Contoh Pengisian
Saat ini website resmi perpajakan belum bisa memproses PBK secara online via laman. Namun jika wajib pajak ingin melakukanya secara online bisa dilakukan dengan mengirimkan dokumen persyaratan yang sudah lengkap seperti diatas pada email resmi dari KPP yang bersangkutan.
Namun perlu diketahui bahwa jika hendak ingin menyampaikan PBK melalui email, harap untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu pada KPP setempat. Hal tersebut untuk memastikan izin yang diperbolehkan. Beberapa KPP mengizinkan proses pelaksanaan PBK melalui email, namun juga ada yang tidak memperbolehkan penyampaian permohonan melalui email.
Contoh PBK
Terdapat beberapa kesalahan dalam bidang administrasi, yang bisa menyebabkan wajib pajak harus menempuh jalur pemindahbukuan. Hal ini karena menyangkut data administrasi wajib pajak, yang nantinya akan berkaitan langsung dengan kepatuhan pembayaran pajak.
Sedangkan dalam bidang perpajakan hal ini sering disebut sebagai rekonsiliasi. Namun untuk beberapa kegiatan yang bisa dilakukan PBK adalah sebagai berikut:
- Diantara jenis pajak yang berbeda atau sama.
- Adanya kesalahan perbedaan apda masa tahun pajaknya.
- Dapat digunakan pada kesalahan untuk jenis wajib pajak yang berbeda atau sama.
- Bisa dipakai dalam kantor pelayanan pajak yang berbeda atau sama.
Perlu diketahui bahwa PBK adalah sarana administrasi selain dari SSP atau surat setoran pajak. Sehingga nantinya akan ada hal administrasi perpajakan, yang butuh PBK nmaun ada hal lain yang tidak perlu.
Punya Masalah Pajak? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882
Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak
Setelah memahami PBK adalah hal penting, Anda juga harus memikirkan hal penting lainnya seperti pemilihan jasa konsultan pajak yang berpengalaman. Ketika hendak menggunakan jasa konsultan pajak, tentunya Anda harus mengetahui ciri dari jasa yang tepat. Hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan dan juga penanganan masalah pajak, yang Anda miliki sebagai wajib pajak. Oleh sebab hal ini sangatlah penting untuk dilakukan.
Sedangkan saat ini terdapat beberapa tips pemilihan jasa konsultan pajak terbaik, yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan jasa konsultan pajak terpercaya. Tentunya hal ini nanti akan membantu Anda dalam memperoleh jasa profesional dan ahli pada bidang perpajakan. Lantas apa saja tips pemilihan yang harus Anda perhatikan, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:
Baca Juga : PPBJ Adalah: Pengertian dan Fungsi dalam Pajak
1. Pastikan Legalitas Jasa dan Usahanya
Hal pertama untuk diperhatikan saat memilih konsultan pajak terbaik adalah mengetahui legalitas dari layanan jasa, yang mereka sediakan. Cara ini menjadi salah satu langkah untuk membantu wajib pajak, dalam memilih jasa terbaik dan resmi pada bidang perpajakan.
Tentunya pada saat wajib pajak memakai jasa konsultan pajak resmi, maka legalitas dan pelayanannya akan diakui oleh lembaga perpajakan. Sehingga untuk kedepannya proses penyelesaian dari permasalahan pajak dari wajib pajak dapat selesai dengan baik. Maka dari itu tips pertama yang wajib diperhatikan oleh wajib pajak, pada saat memilih konsultan pajak adalah surat izin yang dimiliki.
Jenis dokumen ini merupakan jenis berkas wajib, yang harus dimiliki oleh wajib pajak. Selain itu perlu diketahui juga bahwa lembaga perpajakan yang bertugas untuk mengeluarkannya merupakan Direktorat Jenderal Pajak. Sehingga untuk kebenaran layanan, yang dimiliki oleh tenaga konsultan pajak dengan kepemilikan surat izin ini bisa dipertanggung jawabkan. Oleh sebab itu bagi Anda wajib pajak yang ingin menggunakan jasa dari konsultan pajak terpercaya, pastikan untuk tidak melewatkan tips satu ini.
2. Melihat Kemampuan yang Dimiliki
Hal selanjutnya adalah silahkan untuk mengetahui kemampuan dari penyedia jasa konsultan pajak tersebut. Pastinya cara ini bisa membantu Anda dalam menggambarkan jasa konsultan pajak terbaik, yang cocok dengan kapasitas masalah pajak yang dimiliki.
Tiap jasa konsultan pajak yang ada di dunia, tentunya memiliki kualifikasi dan kemampuan yang berbeda. Maka dari itu antara jasa konsultan pajak satu dengan yang lainnya tidak bisa disamakan dalam hal kemampuannya.
Hal inilah yang perlu ditekankan oleh wajib pajak dalam proses pemilihan jasa konsultan pajak terbaik. Kualifikasi ini menentukan jenis wajib pajak, yang bisa ditangani oleh jasa konsultan pajak. Sehingga bisa disimpulkan tidak semua jasa konsultan pajak, mampu menangani semua permasalahan dari wajib pajak termasuk memberikan konsultasi seputar PBK, mengingat PBK adalah hal penting yang harus dipahami.
Maka dari itu sebagai wajib pajak pastikan untuk paham dan mengenal beberapa jenis sertifikat konsultan pajak. Sebab hal ini menjadi salah satu jalan dalam membantu wajib pajak untuk melihat kemampuan dan kualifikasi dari jasa perpajakan yang hendak digunakan.
3. Ketahui Riwayat dan Pengalaman Kerjanya
Lalu silahkan untuk mengetahui riwayat atau pengalaman bekerja, selama menjadi seorang penyedia jasa profesional perpajakan. Usahakan untuk melihat track record yang dimiliki agar Anda tidak salah dalam memilih penyedia jasa. Hal ini bisa Anda lakukan dengan mudh mengingat perkembangan teknologi informasi yang telah tersedia saat ini.
Silahkan untuk menggunakan berbagai platform yang tersedia, agar Anda bisa mendapatkan informasi terbaik terkait penyedia jasa tersebut. Pastikan untuk memanfaatkan website resmi, media sosial maupun melihat pada komentar di halaman google, yang biasanya dapat ditemukan secara mudah di internet.
Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan gambaran terkait kualitas layanan, maupun bagaimana jasa konsultan pajak menangani masalah perpajakan client sebelumnya. Jika Anda memiliki kenalan atau kerabat yang sudah pernah menggunakan jasanya. Maka hal tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik. Silahkan bertanya pada mereka mengenai kualitas layanan, yang ditawarkan oleh jasa konsultan pajak tersebut.
4. Sesuaikan dengan Dana yang Dimiliki
Selanjutnya dan tidak boleh dilupakan adalah menyesuaikan penggunaan jasa konsultan pajak dengan dana yang dimiliki. Jangan memiliki jasa dengan patokan tarif diluar jangkauan kemampuan Anda. Hal ini dikarenakan hubungan kerja antara jasa konsultan pajak dan wajib pajak memerlukan waktu yang tidak sebentar.
Maka dari itu dari segi dan faktor ekonomi perlu dipertimbangkan secara matang. hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap kelancaran proses penyelesaian dari masalah pajak yang dihadapi. Oleh sebab itu pastikan memakai jasa konsultan pajak, yang memiliki biaya jelas dan sesuai dengan kemampuan finasial masing-masing.
Saat ini terdapat berbagai jenis jasa konsultan pajak, yang bisa dipilih oleh wajib pajak. Maka dari tu silahkan untuk mnggunakan layanan, yang menurut Anda memiliki tarif paling sesuai dengan kesanggupan pembayaran Anda.
5. Pilih Jasa yang Bisa Menjadi Seorang Teman
Tidak kalah penting juga untuk dilakukan adalah memilih jasa konsultan pajak, yang bisa diajak kerjasama dengan baik. Sehingga memilih jasa yang bisa menjaid seorang teman perlu untuk dilakukan. Jadi ketika bekerja sama dalam agenda penyelesaian masalah pajak Anda, sebagai wajib pajak Anda bisa merasa nyaman. Sehingga proses penyelesaian masalah pajak bisa berjalan lancar dan tidak membebani Anda sebagai wajib pajak.
Punya Masalah Pajak? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882
Kesimpulan
PBK adalah salah satu jenis kegiatan adminsitrasi, yang bisa dilakukan oleh wajib pajak. PBK adalah singkatan dari pemindahbukuan dokumen penerimaan pajak dari wajib pajak, yang terjadi karena adanya kesalahan administrasi. Maka dari itu sebagai wajib pajak Anda perlu mengetahuinya dengan baik.
Salah satu pihak yang bisa membantu wajib pajak dalam proses penyelesaian masalah pajaknya adalah jasa konsultan pajak. Sedangkan saat ini terdapat penyedia jasa profesional, yang bisa dipilih oleh wajib pajak.
Proconsult.id merupakan penyedia jasa terbaik untuk membantu penyelesaian masalah pajak Anda. Maka dari itu pastikan untuk menggunakan layanan konsultan pajak dari Proconsult.id, agar Anda bisa menyelesaikan masalah pajak anda dengan baik. Anda bisa berkonsultasi terkait pemindahbukuan atau PBK dalam pajak mengingat PBK adalah penting yang harus dipahami.