Apa Itu PPH Kurang Bayar? Ini Penjelasannya

Sudah tahu apa itu PPH kurang bayar? Jika belum, simak penjelasannya disini. Menjalankan aktivitas pajak tentunya membutuhkan pemahaman mendalam dalam bidang tersebut. Pemahaman terkait bidang perpajakan ini tentunya memberikan bantuan kepada semua wajib pajak. Sehingga nantniya dapat melakukan berbagai aktivitas secara lancar dan benar.

Proconsult

Salah satu jenis pajak yang perlu Anda bayarkan adalah PPh atau pajak penghasilan. Dalam hal ini PPh sendiri memiliki berbagai macam bentuk yang perlu Anda pahami. Salah satunya adalah pajak penghasilan kurang bayar.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Bagi Anda yang memiliki kewajiban pajak tersebut tentunya perlu menjalankannya secara baik. Namun sebelum itu pastikan untuk mengetahui informasi lengkapnya dalam penjelasan di bawah ini:

Apa Itu PPH Kurang Bayar

Apa Itu PPH Kurang Bayar

Sumber foto : Klikpajak.id

Umumnya pajak merupakan aspek utama dalam menjalankan sebuah negara. Sehingga di berbagai negara juga memiliki mekanisme berbeda dalam menjalankan aktivitas perpajakannya. Dalam hal ini pastikan anda memahami aturannya secara tepat.

Hal sama juga berlaku untuk mekanisme perpajakan di Indonesia. Pajak di Indonesia juga memiliki aturan berbeda, yang perlu Anda perhatikan. Bahkan di Indonesia terdapat banyak sekali instrumen pajak, yang tentunya perlu untuk Anda ketahui.

Di Indonesia sendiri pajak menjadi salah satu sumber pendapatan utama. Sehingga nantinya dari dana tersebut akan dipakai dalam berbagai kegiatan maupun program pemerintah. Baik itu pembangunan, pengadaan fasilitas umum, program dan lainnya.

Secara umum Anda dapat mendefinisikan pajak sebagai pungutan, yang dibebankan kepada masyarakat. Namun nantinya dana pajak tersebut akan digunakan kembali untuk berbagai program, yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sehingga dari sini bisa disimpulkan bahwa pajak menjadi pungutan kepada masyarakat, yang digunakan demi kepentingan rakyat dan dikembalikan lagi kepada rakyat. Meskipun dikembalikan dalam bentuk tidak langsung nantinya semua masyarakat dapat merasakan manfaat dari pembayaran perpajakan tersebut.

Tentunya sebagai masyarakat Anda akan mempunyai kewajiban pajak sendiri-sendiri. terdapat banyak sekali kewajiban pajak yang nantinya perlu Anda lakukan. Salah satunya adalah PPh kurang pajak.

Tahukah Anda apa itu PPh kurang bayar? Istilah  PPH Kurang Bayar adalah PPh pasal 29 yang juga sering disebut KB atau (Kurang Bayar). Dalam hal ini  pengertian PPH Kurang Bayar merupakan sisa atas PPh terutang dalam tahun pajak bersangkutan.

Baca Juga : Cara Bayar Kurang Bayar Pajak PPH 21

Dalam hal ini nantinya nilai dari PPh tersebut akan diperoleh melalui pengurangan serta kredit pajak terhadap PPh pasal 21, 22, 23, 24 dan 25. Untuk aturan terkait PPh tersebut tentunya juga terdapat dalam UU Perpajakan.

Nantinya wajib pajak di dalam negeri maupun bentuk usaha tetap (BUT) akan melakukan pembayaran pajak terutang pada kredit pajak dalam setahun. Secara sederhana untuk PPh pasal 29 atau PPh kurang bayar ini nantinya terdapat dalam SPT tahunan PPh.

Sedangkan untuk definisi dari PPh kurang bayar sendri merupakan sisa kredit pajak terutang. Dalam prosesnya nanti Anda perlu mengetahui aturan sekaligus cara perhitungan dari PPh pasal 29. Dalam hal ini terdapat setidaknya dua hal yang perlu diperhatikan dalam proses perhitungannya, yaitu:

  • Pajak terutang
  • Kredit pajak

Nantinya sebagai wajib pajak dalam negeri suatu perusahaan Anda pelru membayar pajak tersebut sejak berdiri di Indonesia. Sedangkan untuk jangka waktu berakhirnya pembayaran pajak adalah ketika perusahan tersebut bubar maupun berhenti beroperasi di Indonesia.

Dari semua penjelasan diatas Anda dapat menyimpulkan bahwa PPh kurang bayar atau pasal 29 adalah serangkaian proses, yang perlu dilakukan dalam setiap pelaporan SPT Tahunan PPh.

Dalam praktiknya PPh 29 juga sering disamakan pada PPh 25. Padahal antara PPh pasal 29 dan PPh pasal 25 tersebut memiliki banyak sekali perbedaan. Meskipun memiliki beberapa hubungan erat, umumnya keduanya adalah pungutan pajak cukup berbeda.

PPh pasal 29 ini secara sederhana adalah sebuah pajak kurang bayar. Sementara untuk PPh pasal 25 adalah angsuran pada PPh terutang. Dimana nantinya akan dipakai untuk pengurang dari PPh terutang, yang hasulnya adalah PPh pasal 29 yang wajib dilunasi.

Tarif Terbaru 2024

Proconsult

Selain memahami tentang pengertian dari PPh kurang bayar tentunya Anda perlu melihat tarif dari jenis pajak tersebut. hal ini sangat penting untuk membantu masyarakat dalam menjalankan aktivitas pajaknya secara tepat.

Sebelum memahami tarif PPh kurang bayar tentu Anda perlu tahu apa saja, yang menjadi subjek dari jenis pajak tersebut. Sebab umumnya proses pelaporan SPT Tahunan PPh ini dapat dilakukan oleh setiap wajib pajak.

Sementara itu dalam pelaporan SPT PPh, yang memiliki kurang bayar sesuai aturan dalam PPh pasal 29 memiliki beberapa subjek pajak. Berikut adalah dua subjek pajak adalah PPh kurang bayar, yaitu:

1. Wajib Pajak Perorangan

Untuk wajib pajak peorangan pajak kurang bayar ini wajib dilakukan pelunasan maksimal tanggal 31 Maret setiap tahunnya. Hal ini jika tahun buku cenderung sama pada tahun kalender.

Sebaliknya ketika tidak ada kesamaan dalam tahun buku serta tahun kalende, maka jangka waktu pelunasan maksimalnya adalah tanggal 31 Oktober dalam satu tahun pajak. contohnya ketika mulai dari tanggal 1 Agustus sampai dengan 31 Juli tahun depan.

2. Wajib Pajak Badan

Sementara pada wajib pajak perusahaan maupun badan proses pembayaran dari pajak kurang bayar ini maksimal di tanggal 31 April. Namun juga terdapat makenisme berbeda ketika perbedaan dalam tahun bukunya.

Proses pembayaran maksimal saat ada ketidaksamaan tahun buku dan tahun kalender, maka bisa dilakukan di tanggal 30 November. Contohnya ketika mulai dari tanggal 1 Agustus sampai dengan 31 Juli di tahun depan.

Meski demikian dalam praktiknya untuk jenis PPh pasal 29 atau pajak kurang bayar tersebut sangat jarang terjadi dalam pelaporan SPT Tahunan, yaitu bagi karyawan dalam PPh pasal 21. Salah satu alasannya karena besaran pajak cenderung bersifat konstan atau tidak berubah dalam setiap bulan di 1 tahun pajak.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Namun pada PPh 21 karyawan tersdapat pengecualian, yaitu ada tambahan dalam aspek bonus. Bisa juga dalam aktivitas pindah kerja di dua maupun lebih perushaaan dalam 1 tahun pajak. dimana nantinya akan menimbulkan PPh pasal 29 kurang bayar ini.

Selain memahami subjek pajak dari PPh kurang bayar Anda perlu mengetahui tarif pungutannya. Dalam hal ini setiap subjek pajak tersebut memiliki tarif pungutan berbeda.

Berikut ini merupakan  tarif serta rumus, yang bisa dilakukan dalam perhitungan PPh pasal 29. Berikut informasi lengkapnya:

Tarif Perorangan Pengusaha Tertentu

  • PPh pasal 25 yang terlunasi = 0.75% x jumlah omzet per bulan atau penghasilan
  • PPh pasal 29 yang wajib dilunasi = PPh yang terutang – PPh pasal 25 yang terlunasi

Tarif Badan

  • Angsuran PPh pasal 25 = PPh terutang tahun lalu x 12 selama 1 tahun
  • PPh pasal 29 yang wajib dilunasi = PPh terutang – angsuran untuk PPh pasal 25

Dari sini bisa diketahui bahwa untuk tarif PPh pasal 29 mengikuti nilai dari PPh pasal 25. Sehingga wajar jika kedua jenis pajak tersebut senantiasa berkaitan. Sehingga nantinya dalam perhitungan tersebut perlu adanya pemahaman lebih mendalam mengenai tarif pajak untuk PPh pasal 29.

Contoh

Contoh PPH Kurang Bayar

Sumber foto : Kompas.com

Tentunya sudah banyak yang mengetahui bahwa pajak penghasilan menjadi salah satu jenis pajak di Indonesia. Umumnya jenis pajak tersebut dapat dikenakan terhadap semua wajib pajak, baik badan maupun perorangan.

Salah satu jenis PPh tersebut adalah pajak kurang bayar atau PPh pasal 29. Dalam hal ini terdapat beberapa ketentuan terkait wajib pajak tersebut. Sehingga untuknya contoh dari PPh kurang bayar ini bisa Anda lihat dari wajib pajak perorangan maupun badan dengan kategori tertentu.

Selanjutnya untuk proses pembayaran dari pajak kurang bayar umumnya dilakukan begitu tahun pajak berakhir. Sehingga hal ini menjadi salah satu ciri dalam pelaksanaan pajak kurang bayar di Indonesia.

Baca Juga : Tunjangan PPH Adalah: Tarif, Cara Menghitung dan Contoh

Sehingga bisa dikatakan bahwa pelunasan pajak kurang bayar tersebut adalah sesuai jangka waktu yang ada. Namun umumnya jangka waktu tersebut masuk dalam kategori setelah tahun pajaknya bwerakhir.

Kemudian perlu Anda ketahui juga bahwa ketika pajak terutang dalam satu tahun pajak jauh lebih besar dari kredit pajak, maka akan menimbulkan kekurangan pembayaran pajak terutang. Dimana nantinya hal tersebut perlu dilunasi sebelum SPT dari PPh Anda sampaikan.

Sesuai namanya, maka jenis pajak tersebut akan dikenakan kepada wajib pajak, yang memiliki kredit PPh. Sebagai contohnya PPh terutang akan dibebankan kepada wajib pajak, yang mempunyai utang pajak dikurangi terhadap kerdit untuk beberapa jenis PPh dibawah ini:

  1. PPh pasal 21
  2. PPh pasal 22
  3. PPh pasal 23
  4. PPh pasal 24
  5. PPh pasal 25

Cara Menghitung

Proconsult

Setelah mengetahui penjelasan, aturan dan contoh dari PPh kurang bayar maka Anda sudah memahami sebagian besar dari PPh pasal 29. Namun tentunya masih ada lebih banyak informasi lain, yang tentunya perlu Anda perhatikan.

Ada beragam informasi lain, yang tentunya perlu Anda ketahui. Salah satunya terkait proses perhitungan dari pajak kurang bayar ini. Sehingga nantinya Anda sebagai wajib pajak dapat menemukan kemudahan dalam proses pembayaran pajak tersebut.

Sesuai objek pajaknya maka contoh dan cara perhitungan ini mengikuti setiap pengenaan PPh pasal 29 tersebut. Meski umumnya tarif dan rumus perhitungannya sudah dijelaskan di atas tentunya Anda masih menemui beberapa kesulitan. Oleh sebab itu berikut adalah informasi lengkapnya untuk Anda:

1. Perhitungan PPh Kurang Bayar Bagi WP Perorangan Pengusaha Tertentu

Contoh bapak Wahyu merupakan seorang pengusaha dalam bidang tekstil di wilayah Jakarta, yang memiliki omzet senilai Rp. 2.000.000.00 dalam setahun di 2020. Selanjutnya ada perhitungan untuk pajak kurang bayar, yang tentunya wajib dilunasi.

Dalam hal ini untuk pajak kurang bayar tersebut adalah ketika pelaporan SPT tahunan PPh dengan jangka waktu 31 maret 2021. Sedangkan untuk jumlah PPh terutang dari Pak Wahtu tersebut setelah dilakukan perhitungan kembali telah mencapai Rp. 15.500.000.

Dari sini Anda perlu melakukan perhitungan untuk PPh kurang bayar pasal 29 serta PPh pasal 25 sebagai berikut:

a. PPh Pasal 25 yang Telah Dilunasi

= 0.75% x Rp. 2.000.000.000

= Rp. 2.000.000.000

= Rp. 15.000.000

= Rp. 15.500.000

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

b. PPh Kurang Bayar yang Wajib Dilunasi

= Rp. 15.500.000 – Rp. 15.000.000

= Rp. 500.000

c. Perhitungan Pajak Kurang Bayar WP Badan

Contoh kedua adalah model perhitungan untuk pajak kurang bayar bagi wajib pajak badan. Contoh PT SSB sudah melakukan perhitungan untuk PPh terutang dengan tahun pajak di 2020 yaitu Rp. 500.000.000.

Namun di tahun 2021 PT SSB mempunyai laba jauh lebih besar. Kemudian ketika sudah melakukan perhitungan ulang, maka besaran PPh terutang di tahun 2021 menjadi Rp. 700.000.000.

Dari sini nantinya Anda bisa melakukan perhitungan, untuk angsuran PPh pasal 25. Berikut adalah perhitungannya sekaligus untuk PPh kurang bayar, yaitu:

Angsuran PPh Pasal 25 Tahun 2020

= RP. 500.000.000 : 12 bulan

= Rp. 41.666.666

PPh Terutang 2021

= Rp. 700.000.000

PPh Pasal 29 Wajib Dilunasi

= Rp. 700.000.000 – Rp. 500.000.000

= Rp. 200.000.000

Itulah tadi gambaran sederhana untuk model perhitungan dari PPh pasal 25 dan pajak kurang bayar. Sehingga dengan melihat contoh perhitungan tersebut nantinya semua wajib pajak dapat melakukan perhitungan secara tepat.

Tips Memilih Konsultan Pajak Online

Tips Memilih Konsultan Pajak Online

Sumber foto : Toffeedev.com

Melaksanakan sebuah aktivitas pajak sendiri memang cukup sulit. Terutama bagi masyarakat yang memiliki kesibukan sendiri. Baik itu sebagai pekerja maupun memiliki usaha.

Melihat dari fakta tersebut membuat beban pekerjaan setiap hari masyarakat menjadi cukup besar. Terlebih pajak menjadi salah satu persoalan cukup kompleks, yang tidak bisa diselesaikan secara sembarangan.

Baca Juga : Contoh Kasus Penundaan Pembayaran Pajak

Melihat dari fakta tersebut nantinya wajib pajak perlu melakukan perhitungan, pelaporan sekaligus pembayaran seorang diri. Sehingga hal ini membuat banyak wajib pajak merasa kesulitan.

Namun saat ini Anda tidak perlu merasa khawatir tentang hal tersebut. Sebab sudah ada jasa konsultan pajak terpercaya, yang siap membantu berbagai kebutuhan pajak Anda sebagai wajib pajak. Sehingga nantinya semua persoalan pajak Anda dapat selesai secara cepat dan mudah.

Proconsult

Jasa konsultan pajak online menyediakan berbagai kebutuhan pajak bagi masyarakat secara lengkap. Sehingga nantinya semua kebutuhan pajak bisa selesai dengan baik. Salah satunya adalah menyelesaikan dan perhitungan PPh kurang bayar.

Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa tersebut tentunya perlu memperhatikan banyak hal. Salah satunya adalah tips memilih jasa konsultan online seperti berikut:

  1. Memperhatikan izin praktik.
  2. Kepemilikan kantor.
  3. Melihat sertifikat jasa.
  4. Memastikan biaya.
  5. Melihat track record serta reputasi jasa.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Kesimpulan

Melalui artikel ini Anda dapat mengetahui bahwa ada banyak sekali jenis pajak yang perlu dibayarkan oleh wajib pajak. Salah satunya adalah wajib pajak kurang bayar atau biasa disebut sebagai PPh pasal 29. Sehingga bagi Anda yang memiliki kewajiban PPh 29 juga bisa menyebutnya sebagai PPh kurang bayar.

Dalam hal ini KB atau PPH kurang bayar merupakan sisa atas PPh, yang terutang pada tahun pajak bersangkutan. Sehingga nantinya nilai PPh tersebut diperoleh melalui pengurangan terhadap kredit pajak di PPh pasal 21, 22, 23, 24  serta 25.

Dalam konteks pelaksanaan pajak PPh kurang bayar tentunya Anda perlu memahami apa saja, yang termasuk dalam mekanisme perpajakannya. Sehingga nantinya setiap orang dapat melaksanakan aktivitas pajak tersebut secara baik.

Bagi Anda yang merasa kesulitan dalam menyelesaikan aktivitas pajak sendiri sekarang bisa menggunakan jasa profesionel perpajakan. Jasa tersebut merupakan konsultan pajak online, yang mempunyai lebih banyak manfaat bagi masyarakat dalam proses penyelesaian masalah perpajakan.

Sementara itu konsultan pajak online dari Proconsult.id tentunya memiliki banyak sekali manfaat, yang bisa digunakan oleh wajib pajak. Sehingga dengan menggunakannya nanti Anda bisa memperoleh lebih banyak keuntungan.

Sementara itu Proconsult.id juga menjadi penyedia jasa profesional terbaik, yang ada di Indonesia saat ini. Sehingga pelayanan serta kualitasnya sudah tidak perlu Anda khawatirkan. Oleh sebab itu tunggu apalagi, silahkan mempercayakan semua kebutuhan pajak bersama Proconsult.id sekarang juga!

Proconsult