Sanksi Terlambat Bayar Pajak yang Wajib Diketahui

Ada beberapa sanksi terlambat bayar pajak yang wajib diketahui disini. Istilah pajak sudah menjadi pembahasan umum di tengah masyarakat Indonesia. Mengingat pajak sendiri menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan.

Proconsult

Dalam praktiknya, pajak adalah komponen penting dalam aktivitas bernegara. Pajak nantinya akan digunakan dalam berbagai pembiayaan kebutuhan negara dan masyarakat. Sehingga bagi wajib pajak perlu menjaga kepatuhan pajak secara baik.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Meki menjadi salah satu kewajiban yang harus senantiasa dilakukan sayangnya masih ada beberapa pihak yang belum memahaminya dengan baik. Bagi Anda yang masih bingung mendefinisikan pajak secara tepat silahkan melihat penjelasan sanksi terlambat bayar pajak di bawah ini:

Apa Itu Pajak

Apa Itu Pajak

Sumber foto : S2.stiami.ac.id

Berbicara tentang pajak tentunya sudah banyak masyarakat yang mengetahuinya. Hal ini sudah tidak asing bagi beberapa masyarakat. Utamanya bagi masyarakat yang memiliki kewajiban pembayaran pajak sejak lama.

Pada dasarnya pajak adalah salah satu sumber dana pemerintah yang nantinya dimanfaatkan dalam berbagai kebutuhan. Hal ini seperti pembangunan baik dalam wilayah pemerintah pusat maupun daerah.

Namun apa sih yang disebut dengan pajak itu? Untuk lebih jelasnya silahkan mengetahuinya pada penjelasan berikut.

Pajak adalah adalah sebuah pungutan resmi yang dibebankan kepada seluruh masyarakat di Indonesia. Hal ini adalah pungutan dengan sifat memaksa yang nantinya dibebankan kepada wajib pajak. Disini wajib pajak adalah penyebutan bagi mereka yang memilik kewajiban pajak.

Sehingga bisa juga diketahui pengertian Pajak sebagai kontribusi wajib, yang harus diberikan masyarakat kepada pemerintah. Hal ini adalah pungutan terutang dari badan maupun perorangan dengan sifat memaksa.

Sebenarnya perkembangan pajak di Indonesia sudah ada sejak lama. Namun dalam model pajak saat ini cenderung mengalami perubahan secara signifikan sehingga prosesnya tidak sama dengan pungutan pajak di zaman dahulu.

Zaman sekarang semua regulasi pajak sudah memiliki aturan ketat, yang disesuaikan pada kondisi masyarakat setempat. Bahkan pajak saat ini juga lebih sistematis sehingga bisa memberikan manfaat lebih besar kepada masyarakat.

Berdasarkan pada aturan UU terbaru saat ini proses kewajiban pajak dari masyarakat tidak hanya sebatas pembayaran pajak. Namun bentuk kepatuhan pajak masyarakat juga meliputi pemenuhan hak dalam pembiayaan negara atau nasional.

Pajak menjadi salah satu komponen yang sangat penting sehingga harus dilaksanakan secara baik. Meskipun Indonesia memberikan kebebasan bagi wajib pajak dalam melaksanakan kegiatan pajak, namun pemerintah tetap memiliki langkah untuk memastikan kepatuhan pajak dari masyarakat.

Baca Juga : Apa Saja Sanksi Penyidikan Pajak? Pahami Disini

Selain memiliki definisi sebagai pungutan wajib ada beberapa pengertian lain, yang perlu Anda perhatikan. Berikut adalah beberapa pengertian pajak menurut para ahli, yaitu:

1. P.J.A Adriani

Definisi pajak pertama disebutkan oleh P.J.A Adriani sebagai sebuah iuran, yang diberikan oleh masyarakat kepada negara. Dalam hal ini pungutan iuran tersebut bisa dipaksakan dan bersifat terutang  sesuai kebijakan perundang-undangan.

Dalam proses pembayaran pajak tersebut nantinya masyarakat tidak memperoleh imbalan secara langsung. Hal ini karena pajak nantinya bisa dipakai dalam pembiayaan beragam pengeluaran negara, tugas serta kebijakan pemerintah.

2. Brock Horace R, Sommerfeld dan Anderson H.M

Definisi menurut tokoh kali ini adalah pajak sebagai pengalihan dari sumber, yang dilaksanakan dari sektor swasta menuju sektor pemerintah. Hal tersebut dapat terjadi bukan karena melanggar hukum namun dilaksanakan atas dasar kebijakan yang sudah ada.

Dalam definisi kali ini juga disebutkan bahwa pajak ini tidak akan memberikan imbalan secara langsung bagi wajib pajak. Sehingga nantinya dana pajak akan dipakai pemerintah dalam menjalankan rangkaian tugas bagi kepentingan orang banyak.

3. Prof. Dr. H. Rocmat Soemitro SH

Dalam hal ini pajak adalah sebagai iuran oleh masyarakat kepada kas negara. Dimana prosesnya akan disesuaikan pada aturan UU yang berlaku. Dalam definisi ini juga disebutkan bahwa pungutan pajak tidak memberikan imbalan kepada masyarakat.

Dasar Hukum Pajak

Proconsult

Pajak sebagai salah satu aturan dan kebijakan di Indonesia sudah ditetapkan sejak lama. Dalam hal ini sudah ada banyak sekali perubahan, modifikasi sampai pada penyesuaian mengenai regulasi pajak bagi masyarakat.

Adanya perubahan aturan tersebut bertujuan dalam menyediakan landasar terbaik bagi masyarakat untuk menyelesaikan tanggung jawab pajaknya. Sehingga nantinya dasar pajak juga akan tetap berorientasi pada kondisi yang dialami oleh masyarakat.

Setiap aturan tentu memiliki dasar hukum yang mengaturnya. Selain itu Indonesia adalah negara hukum yang setiap aktivitas perlu diatur oleh negara. Dalam hal ini juga berlaku bagi bidang perpajakan, yang dasar hukumnya adalah sebagai berikut:

  1. UUD 1945 Pasal 23 A
  2. UU Tahun 2007 No. 28 mengenai Ketentuan Umum  serta Tata Cara Perpajakan.
  3. UU KUP Tahun 1983 No. 6 yang dirubah pada UU Tahun 2000 No. 16.
  4. UU PPh Tahun 1983 No. 7 dan diperbarui mellaui UU Tahun 2000 N0. 17.
  5. UU PPn Tahun 1983 No. 8 dan diganti pada UU Tahun 2000 No. 18.
  6. UU Penagihan dengan Surat Paksa Tahun 1997 No. 19 dan sudah diganti menjadi UU Tahun 2000 No. 19.
  7. UU Pengadilan Pajak Tahun 2002 No. 14.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Fungsi Bayar Pajak

Fungsi Bayar Pajak

Sumber foto : S2.stiami.ac.id

Masyarakat di dalam bidang perpajakan disebut sebagai wajib pajak. Sehingga disini masyarakat adalah sebagai bagian dari bidang perpajakan, yang memiliki kewajiban membayar pajak serta beberapa kewajiban lainnya.

Dalam prosesnya wajib pajak di Indonesia dibedakan atas wajib pajak badan serta wajib pajak pribadi. Sehingga wajib pajak akan memiliki banyak sekali kewajiban serta tanggung jawab, yang harus dilakukan kepada negara.

Bentuk kewajiban pajak dari setiap wajib pajak nantinya akan berbeda-beda. Mengingat setiap wajib pajak memiliki kondisi ekonomi berbeda sehingga membuat beban pajaknya tidak sama. Namun satu hal yang pasti setiap wajib pajak nantinya perlu membayar pajak.

Membayar pajak menjadi salah satu bentuk kewajiban yang harus dilakukan oleh wajib pajak. Dalam hal ini termasuk salah satu pelaksanaan kewajiban selain pelaporan, perhitungan dan lainnya.

Baca Juga : Sanksi Pidana Pajak Terbaru yang Wajib Diketahui

Membayar pajak tentunya perlu dilakukan secara tepat sesuai aturan perundang-undangan. Namun sebelum itu Anda juga perlu memahami beberapa fungsi pembayaran pajak, yaitu:

1. Pembangunan Infrastruktur Serta Fasilitas Umum

Manfaat pertama bisa Anda lihat dari pembuatan jalan serta fasilitas umum, yang setiap saat mengalami kemajuan. Hal tersebut menjadi salah satu fungsi pajak yang bisa Anda ketahui. Dimana nantinya uang pajak Anda akan digunakan dalam melancarkan proses pembanguan tersebut.

Fungsi pajak juga dimanfaatkan dalam berbagai infrastruktu lainnya. hal ini seperti rumah ibadah, jembatan, tol sampai sekolah. selain itu juga ada beberapa fasilitas publik lainnya, yang dapat dibangun menggunakan pungutan pajak dari masyarakat.

2. Transportasi Umum

Saat ini ketersediaan alat serta fasilitas transportasi umum di Indonesia sudah mengalami peningkatan. Bahkan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya perkembangan industri transportasi sekarang sudah sangat pesat.

Taukah Anda bahwa proses pembangunan fasilitas umum di berbagai wilayah ini dilakukan dengan uang pajak? Sehingga dengan membayar pajak secara rutin akan membantu peran pemerintah dalam menyediakan dasilitas nyaman, baik dengan harga terjangkau seperti transportasi umum.

3. Fasilitas Kesehatan

Fungsi pembayaran pajak berikutnya adalah menyediakan fasilitas kesehatan terjamin kepada semua masyarakat. sekaligus menjadi alat untuk memeratakan penyelenggaraan fasilitas kesehatan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Alokasi pajak dalam bidang kesehatan ini bisa dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan. Mulai dari peningkatan mutu pelayanan, fasilitas kesehatan maupun subsidi pembiayaan. Hal tersebut seperti KIS, JKN dan PBI.

4. Ketertiban dan Keamanan

Fungsi pembayaran pajak juga digunakan dalam menjaga keamanan maupun ketertiban masyarakat. nantinya dana pajak akan dipakai dalam pengadaan kendaraan tempur, senjata maupun modernisasi teknologo keamanan negara.

Indonesia adalah negara dengan sumber daya yang kaya. Selain itu dalam menjaga keamanan suatu negara perlu dilakukan dari aspek darat, udara maupun air. Terbentuknya keamanan negara yang baik pastinya juga bisa didukung menggunakan bantuan dana pajak.

5. Meningkatkan Keuntungan Pengusaha Domestik

Pada dasarnya fungsi pembayaran pajak juga bisa dirasakan oleh wajib pajak sebagai pihak, yang membayarkan kewajiban pajaknya. Salah satunya dari sudut pandang pebisnis, yang juga mendapatkan manfaat cukup banyak.

Fungsi pembayaran pajak membuat pemilik usaha domestik bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak. Hal ini bisa diperoleh dari pengenaan tarif pajak yang tidak sama antara wajib pajak satu dengan lainnya.

Pada dasarnya barang impor akan mendapatkan tarif pajak cenderung lebih tinggi. Sehingga dari segi ini pebisnis lokal bisa memaksimalkan keuntungan sekaligus bersaing di pasaran secara sehat.

6. Membuat Usaha Menjadi Lebih Profesional

Fungsi pajak bagi pengusaha juga bisa membuat aktivitas bisnis terlihat lebih profesional. Hal ini akan memberikan keuntungan lebih banyak di mata distributor, konsumen maupun investor.

Perusahaan yang membayar pajak tentu memiliki beberapa dokumen, seperti NPWP, SIUP dan lainnya. semua dokumen tersebut menunjukkan legalitas perusahaan sekaligus membuat usaha nampak lebih profesional.

Sanksi Terlambat Bayar Pajak

Proconsult

Pembayaran, pelaporan maupun perhitungan pajak adalah beberapa tanggung jawab yang harus dilakukan masyarakat. Semua proses perpajakan tersebut perlu dilaksankaan secara baik dan tepat waktu.

Umumnya regulasi pajak yang ada juga mengatur mengenai tenggat waktu pembayaran pajak. Umumnya wajib pajak perlu mematuhi semua aturan perpajakan tersebut tanpa terkecual. Tenggat waktu pembayaran ini juga termasuk salah satu bentuk aturan yang harus Anda patuhi.

Bagi Anda yang saat ini masih sering telat membayar pajak sepertinya perlu berhati-hati. Saat ini keterlambatan pembayaran pajak bisa membuat Anda terkena beberapa sanksi terlambat bayar pajak. Baik itu sanksi terlambat bayar pajak dalam ranah pidana maupun sanksi administrasi.

Proses pembayaran pajak tentunya menjadi salah satu kegiatan, yang memperlancar kegiatan negara. Dimana nantinya setiap aktivitas negara tersebut membutuhkan dana, yang diperoleh dari penerimaan pajak. Sehingga penting bagi Anda untuk membayar pajak secara tepat waktu.

Bagi Anda yang masih sering telat membayar pajak tentunya perlu mengetahui beberapa sanksi terlambat bayar pajak di bawah ini:

1. Sanksi Terlambat Bayar Pajak dari Administrasi

Bentuk konsekuensi pertama adalah pengenaan sanksi terlambat bayar pajak administrasi dari keterlambatan pembayaran pajak. Bentuk sanksinya meliputi pemberian bunga, denda, sanksi terlambat bayar pajak maupun sanksi kenaikan pembayaran.

Dalam hal ini penetapan sanksi terlambat bayar pajak administrasi juga sesuai dengan regulasi perpajakan. Hal tersebut ada pada UU KUP Tahun 2007 No. 28.

Bentuk sanksi terlambat bayar pajak denda yang diberlakukan bagi pelanggaran akan berkaitan pada kewajiban pelaporan.  Dalam hal ini besaran nilai denda yang akan diberikan kepada wajib pajak juga cukup beragam.

Umumnya pengenaan denda tersebut akan disesuaikan pada jenis pajak, yang terlambat dilaporkan oleh wajib pajak. dimana nantinya bentuk konsekuensi tersebut juga dapat disesuaikan pada regulasi pajaknya.

Sementara itu untuk sanksi terlambat bayar pajak bunga akan disesuaikan pada UU KUP Pasal 9 ayat 2A. Dalam hal ini biasanya keterlambatan pembayaran pajak akan dikenakan denda senilai 2% tiap bulannya. Dimana proses perhitungannya dilakukan dari tanggal jatuh tempo sampai pembayaran.

2. Sanksi Pidana

Bentuk sanksi terlambat bayar pajak selanjutnya masuk kategori konsekuensi terberat dalam bidang perpajakan. Dalam hal ini sanksi pidana bisa diberikan kepada wajib pajak, yang melaksankaan pelanggaran berat. Dimana dalam aktivitas tersebut bisa memberikan kerugian cukup besar bagi negara.

Salah satu contohnya bisa dilihat dari adanya perusahaan, yang menerbitkan faktur serta memungut PPN tanpa mendaftar sebagai PKP. Sehingga dalam prosesnya pungutan PPN tersebut tidak diberikan kepada negara. Hal tersebut ketika dilakukan akan membuat Anda terkena sanksi terlambat bayar pajak pidana perpajakan.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Tips Memilih Konsultan Pajak

Tips Memilih Konsultan Pajak

Sumber foto : Abidetaxconsulting.com

Pajak adalah salah satu aspek utama dalam menjalankan aktivitas bermasyarakat. Bahkan pajak juga memberikan kontribusi cukup besar bagi berbagai kebijakan dalam suatu negara. Sehingga masyarakat wajib menjalankan kepatuhan pajak secara baik.

Pentingnya peran pajak bagi negara tentu perlu dimanfaatkan secara baik agar tepat sasaran. Oleh sebab itu saat ini ada banyak sekali aturan perpajakan yang ada di Indonesia. Utamanya untuk mengatur aktivitas pajak secara baik agar bisa berdampak besar bagi kemajuan bangsa dan negara.

Baca Juga : Jenis Sanksi Perpajakan di Indonesia Terbaru dan Terlengkap

Sebagai wajib pajak tentunya Anda sudah mengetahui bahwa pembayaran secara tepat waktu perlu dilakukan. Selain itu Anda juga harus menjalankan aktivitas perpajakannya dengan melihat pada regulasi pajak yang ada.

Menjalankan aktivitas pajak tentunya membutuhkan pemahaman mendalam mengenai bidang pajak. Namun sayangnya saat ini tidak banyak wajib pajak, yang mengetahui aturan serta cara pelaksanaan pajak secara baik. Hal ini menjadi salah satu permasalahan, yang berdampak pada besaran penerimaan pajak dari masyarakat nantinya.

Proconsult

Saat ini ada solusi terbaik untuk membantu Anda melaksanakan aktivitas perpajakan secara tepat. Salah satunya dengan menggunakan jasa konsultan pajak yang merupakan tenaga profesional dalam bidang perpajakan. Namun sebelum itu silahkan melihat tips pemilihannya di bawah ini:

  1. Memilih tenaga jasa secara tepat sesuai kebutuhan dan masalah pajak.
  2. Menggunakan tenaga jasa dengan kepemilikan izin praktik asli dan resmi.
  3. Memiliki sertifikat konsultan pajak sebagai bukti kompetensi dan keahliannya.
  4. Menggunakan tenaga jasa profesional, berpengalaman dan bisa diandalkan.
  5. Memperhatikan track record dan biaya jasa.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Kesimpulan

Itulah beberapa sanksi terlambat bayar pajak. Pada dasarnya pajak adalah sebuah pungutan dari pemerintah yang bersifat wajib kepada semua masyarakat. Nantinya melalui pajak tersebut juga akan dikembalikan pada masyarakat meksipun tidak secara langsung.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa pajak tersebut merupakan pungutan dari rakyat dan untuk rakyat. Dimana nantinya juga akan dikembalikan kepada masyarakat kembali baik dalam bentuk pembangunan infrastruktur, fasilitas kesehatan dan lainnya.

Mengingat pentingnya peran pajak bagi kebutuhan masyarakat membuat Anda perlu melaksanakan semua aktivitas perpajakan secara baik. Dalam hal ini pastikan Anda menjaga kepatuhan pajak dengan menjalankan semua tanggung jawab sesuai aturan perpajakan.

Saat ini terdapat tenaga jasa profesional yang siap membatu peran Anda sebagai wajib pajak. konsultan pajak dari Proconsult.id merupakan tenaga profesional berkualitas, yang bisa diandalkan dalam menyelesaikan semua aktivitas pajak dari masyarakat.

Dengan menggunakan jasa konsultan pajak dari Proconsult.id nantinya setiap orang bisa menjalankan kewajibannya secara baik. Sehingga Anda akan ikut serta berkontribusi dalam pembangunan nasional dan terhindar dari sanksi perpajakan.

Tentunya jasa konsultan pajak dari Proconsult.id adalah tenaga terlatih dan berpengalaman. Semua tenaga jasa telah tersertifikat profesi bagi wajib pajak. Oleh sebab itu pastikan untuk menggunakan jasa konsultan pajak dari Proconsult.id sekarang juga!

Proconsult