SPT Nihil Adalah: Pengertian, Cara Lapor dan Contoh

SPT Nihil menjadi salah satu istilah perpajakan yang penting dipahami. Informasi tentang SPT Nihil dan permasalahan pajak lainnya bisa menghubungi jasa konsultasi pajak Alberth Limandau Alikin, S.H di nomor 081350882882. Ketika melakukan pengisian SPT akan ada status, yang muncul dalam penyampaiannya. Beberapa status tersebut tentu akan mempunyai mekanisme berbeda dalam pelaksanaannya. Oleh sebab itu penting bagi masyarakat memperhatikan bagaimana cara pelaksanaan dari setiap status SPT secara baik.

Proconsult

Salah satu status SPT yang dapat muncul adalah SPT nihil. Hal ini akan muncul dengan berbagai alasan untuk anda perhatikan. Namun sebelum membahas lebih jauh Anda juga harus memperhatikan pengertian dari SPT nihil secara lengkap.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Bagi semua wajib pajak harus memahami semua informasinya secara baik. Dengan begitu Anda hanya perlu membaca informasi SPT Nihil adalah:

SPT Nihil Adalah

Apa Itu SPT Nihil

Sumber foto : Jawapos.com

Dalam proses pengisian SPT tahunan PPh biasanya wajib pajak akan mendapatkan status berbeda-beda. salah satunya adalah status nihil, yang dapat muncul ketika penghasilan Anda kurang dari PTKP. Namun sebenarnya apa yang dimaksud SPT nihil tersebut?

Sebelum membahas mengenai SPT nihil pertama-tama mari Anda mengenal pengertian SPT terlebih dahulu. SPT nihil adalah surat pemberitahuan. Idealnya SPT nihil adalah sebuah formulir yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh wajib pajak badan maupun perorangan dalam proses pelaporan pajak.

Baca Juga : Penyebab Status SPT Kurang Bayar dan Solusi

Namun fungsi SPT juga tidak hanya berfokus pada pelaporan saja. Namun keberadaan SPT sangat mampu Anda gunakan dalam perhitungan serta pembayaran pajak, yang telah dilakukan sesuai pada ketentuan UU Perpajakan.

Tentunya dengan pengisian SPT individu dan badan dapat menjadi alat terbaik, untuk melihat status serta jumlah pajak. Dimana semua aspek tersbeut menjadi komponen penting, yang wajib Anda bayarkan.

Sementara itu berdasarkan pada jumlah pajak terutang akan ada 3 kategori status, yang bisa muncul terkait SPT tersebut. Salah satunya adalah SPT berstatus nihil atau yang sering disebut sebagai SPT nihil.

Proconsult

SPT Nihil adalah Status dalam Surat Pemberitahuan Pajak

SPT Nihil adalah status dalam surat pemberitahuan pajak yang menunjukkan tidak adanya pajak terutang dari wajib pajak. Hal ini juga akan menunjukkan bahwa jumlah pajak terutang sama seperti jumlah pajak dibayarkan. Baik dibayarkan sendiri maupun dipungut oleh pihak wajib.

Sehingga jika dilihat secara sederhana pengertian SPT Nihil adalah status yang menunjukkan bahwa wajib pajak terbebas dari pembayaran pajak. Nantinya wajib pajak dengan status SPT nihil tersebut bisa dikatakan memiliki pendapatan di bawah PTKP.

PTKP sendiri merupakan Penghasilan Tidak Kena Pajak yang ditentukan oleh Mennteri keuangan. Sedangkan besaran PTKP tersebut dapat Anda lihat dalam Permenkeu tahun 2016 No. 101.

Dalam aturan tersebut bisa Anda lihat bahwa besarnya PTKP bagi wajib pajak perorangan adalah Rp. 54 juta per tahun. Sehingga wajib pajak di bawah penghasilan tersebut tidak perlu membayar pajak.

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

Cara Lapor SPT Nihil

Cara Lapor SPT Nihil

Sumber foto : Koalisi.co

Perlu wajib pajak ketahui bahwa saat ini proses pelaporan pajak tidak melulu harus mengunjungi kantor pelayanan pajak. Saat ini terdapat mekanisme terbaru dalam proses pelaporan SPT pajak nihil melalui laman DJP online.

Laman tersebut memang sengaja dibuat oleh pemerintah agar memudahkan setiap wajib pajak dalam pelaksanaan aktivitas pajaknya. Metode tersebut dapat Anda manfaatkan untuk melaporkan SPT nihil dan semua status SPT lainnya secara mudah.

Sebagai informasi tambahan SPT yang berstatus nihil tersebut tidak perlu Anda laporkan setiap bulannya. Nantinya wajib pajak hanya perlu melaporkannya 1 tahun sekali. Tepatnya pada akhir masa pajak atau di bulan Desember setiap tahunnya.

Tujuan pelaporan SPT nihil adalah sebagai alat pengawasan kepada wajib pajak. Melalui pelaporan tersebut pemerintah dapat mengetahui apakah wajib pajak masih aktif serta NPWP masih digunakan.

Sementara itu biasanya proses pelaporan maupun periode lapornya tidak ditemukan SPT tahunan. Maka terkadang pihak KPP maupun DJP juga akan mengirimkan surat rekomendasi agar wajib pajak melalukan non aktivias NPWP. Sehingga nantinya NWPW wajib pajak akan berstatus non efektif.

Nantinya Anda dapat melakukan pelaporan SPT secara mudah di laman DJP online. Namun pastikan Anda sebelumnya sudah membuat akaun di halaman DJP tersebut.

Sementara itu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan pelaporan SPT. Berikut adalah beberapa syarat pelaporan SPT yang wajib diperhatikan:

  • Wajib pajak telah mempunyai EFIN atau nomor identitas yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Pajak. Nomor tersebut akan dipakai dalam proses pelaporan pajak secaraa online.
  • Membuat akun di halaman DJP online terlebih dahulu.

Baca Juga : Pertanyaan Tentang SPT Pajak Terbaru dan Jawabannya

Jika semua syarat dalam pelaporan SPT nihil sudah Anda penuhi, maka silahkan mulai melakukan pelaporan SPT. Berikut adalah cara mudah melaporkan SPT nihil adalah:

  1. Langkah pertama silahkan Anda mengunjungi laman perpajakan di alamat https://www.pajak.go.id.
  2. Jika sudah berhasil masuk silahkan Anda klik opsi “login”. Opsi tersebut dapat Anda pilih agar bisa masuk ke halaman akun pribadi masing-masing.
  3. Selanjutnya masukkan juga NIK atau NPWP yang dimiliki. Jangan lupa memasukkan password serta captcha yang disediakan platform. Pastikan semua data Anda masukkan secara benar lalu klik “login”.
  4. Tunggu beberapa saat sampai laman memproses permintaan Anda.
  5. Nantinya laman akan menampilkan informasi mengenai dashboard maupun homepage akun pajak pribadi Anda.
  6. Jika ingin melakukan pelaporan pajak silahkan klik menu “Lapor”.
  7. Setelah itu Anda bisa memilih menu “e-filling” agar bisa melakukan pelaporan pajak. Disini Anda perlu mengisi formulir penyerahan SPT secara online dalam situs tersebut.
  8. Jika sudah langkah selanjutnya silahkan klik opsi “Buat SPT”.
  9. Di halaman tersbeut nantinya juga akan muncul beberapa pertanyaan, yang perlu diisi oleh wajib pajak. Perlu Anda ketahui juga bahwa berbagai pertanyaan tersebut akan membantu Anda dalam memilih formulir SPT secara tepat. maka dari itu pastikan memperhatikan pengisian SPT secara benar.
  10. Selanjutnya untuk pertanyaan terakhir Anda bisa memilih opsi “Dengan bentuk formulir”. Pertanyaan tersebut akan membantu anda dalam mengisi formulir SPT dalam format online di laman tersebut.
  11. Meski demikain terdapat alternatif lain, yang dapat diperhatikan oleh wajib pajak. Anda nantinya dapat memilihs opsi “Dengan Panduan” jika ingin memperoleh panduan untuk pengisian formulir SPT dalam laman e-Filling milik Direktorat Jenderal Pajak.
  12. Nantinya silahkan mengisi panduan formulir SPT sesuai pada data Anda. Jika sudah silahkan klik pilihan “SPT,..” yang letaknya di bawah pertanyaan terakhir.
  13. Jika sudah berhasil Anda dapat memilih menu “SPT 1770 S” dengan panduan.
  14. Isikan tahun pajak, status serta status pembetulan.
  15. Jika sudah menyelesaikannya silahkan klik opsi “Selanjutnya”.
  16. Dibagian ini silahkan Aanda isi berbagai pertanyaan yang ada sesuai fakta serta keadaan sebenarnya dari wajib pajak.
  17. Sementara itu jika proses pelaporan SPT sudah berhasil, maka Anda dapat langsung memperoleh bukti pelaporan. Nantinya bukti pelaporan tersebut akan dikirimkan langsung melalui email, yang sebelumnya telah Anda daftarkan pada akun perpajakan.

Contoh SPT Nihil

Proconsult

Karena status SPT nihil umumnya banyak wajib pajak, yang merasa kesulitan dalam memahaminya. Bahkan ada beberapa wajib pajak yang juga bingung mengenai contoh SPT nihil tersebut.

Idealnya formulir SPT tahunan nihil sebenarnya dapat Anda peroleh secara langsung melalui KPP dimana Anda terdaftar. Hal tersebut dapat Anda peroleh ketika mendatangi KPP tersebut secara langsung. Sedangkan proses pengurusan SPT nihil nantinya juga akan dibantung oleh petugas KPP.

Meski demikian saat ini ada langkah mudah, yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Anda dapat melakukan pelaporan SPT secara online agar prosesnya bisa jauh lebih cepat dan praktis. Tentu saja metode tersebut sangat mudah dibandingkan harus datang dan antri di KPP.

Dalam proses pembuatan SPT tahunan nihil nantinya umumnya sama dengan pembuatan SPT biasanya. Hanya saja akan ada beberapa bagian, yang sebenarnya tidak pelru Anda isi. Hal tersebut karena kenyataannya bagian ini tidak Anda miliki ketika SPT berstatus nihil.

Berikut adalah beberapa bagian dalam SPT Nihil adalah:

  1. Bagain A dalam SPT tahunan yang berisi identitas dari pemotong termasuk masa pajak bulan serta tahun. NPWP, nomor telepon kantor dan email, alamat perusahaan. Di bagian tersebut wajib pajak perlu mengisinya secara rinci dan lengkap
  2. Di bagian B nantinya perlu mengisi terkait objek pajak. Di bagian ini wajib pajak tidak mempunyai objek yang perlu dilaporkan. Sehingga pada bagian B dapat Anda kosongkan.
  3. Di bagian C nantinya akan berisi informasi mengenai pajak final dan dapat Anda kosongkan seperti bagian B
  4. Bagian D nantinya akan berisikan lampiran, yang wajib pajak SPT nihil tidak mempunyainya. Sehingga wajib pajak dapat mengosongkan bagian tersebut
  5. Untuk again pernyataan serta tanda tangan pemotong silahkan centang kotak pemotong. Jika sudah isikan nama wakil dan direktur serta tanggal dan hari pelaporan. Jangan lupa untuk mengisi juga tempat serta tanda tangan maupun stemple perusahaan.

Sementara itu bagi Anda masih bingung memahami SPT pajak nihil tentunya tidak perlu merasa khawatir. Berikut adalah salah satu contoh SPT nihil terkait SPT tahunan badan 1771 nihil, yaitu:

Konsultasi Pajak Online? Hubungi Nomor Whatsapp : 081350882882

PT ABC berdiri di tahun 2021 namun sampai 2022 belum beroperasi. Sehingga dari kondisi tersebut tidak terdapat transaksi, yang sesuai seperti halnya usaha didirikan. Meski demikian PT ABC tersebut juga mempunyai status sebagai wajib pajak badan.

Atas dasar kondisi tersbeut PT ABC mempunyai kewajiban melaporkan SPT tahunan. Namun karena belum beroperasi sebagaimana mestinya maka SPt tersbeut akan berstatus Nihil. Sehingga dalam proses pelaporan SPT badan nihil semuanya hanya perlu Anda isi 0 (nol).

Sedangkan Anda hanya perlu mengisi di elemen laporan keuangan, yang mengikuti neraca. Setelah itu perusahaan juga perlu melampirkan laba rugi nihil maupun neraca. Sedangkan di kolom modal tetap wajib diisi oleh wajib pajak. Hal ini karena perusahaan pasti akan mempunyai modal. Terlebih dalam akte pendirian perusahaan sudah tercantum modal dasar dari perusahaan tersebut.

Bagi perusahaan yang akan mengisi SPT badan nihil ada beberapa dokumen, yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa kelengkapan dokumen tersebut, yaitu:

  1. Formulir SPt 1771
  2. Data pemotongan pajak di formulir 1721 atau SPT Masa PPh pasal 21 dan 26
  3. Lembar SPP atau surat setoran pajak

Nantinya formulri 1721 tersebut dapat dimanfaatkan oleh pemberi kerja sebagai bukti yang dimiliki perusahaan. Bukti tersebut akan menjelaskan baahwa perusahaan telah memotong PPh pasal 21/26 terhadap penerima penghasilan.

Sementara itu bukti pelaporan formulir 1721 juga perlu dilampirkan oleh wajib pajak badan. Dimana pihaknya telah memotong pajak dalam proses penyampaian SPT tahunan PPh tersebut.

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak Online

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak Online

Sumber foto : Ruangmenyala.com

Meski SPT nihil adalah formalitas dalam pelaksanaan aturan pajak, namun prosesnya tetap harus dilakukan secara baik. Sebagai wajib pajak Anda tetap mempunyai kewajiban melaporan SPt berstatus nihil tersebut setiap tahunnya.

Pelaporan SPT nihil adalah aktivitas penting yang sangat berpengaruh dalam bidang perpajakan. Melalui pelaporan pajak Anda dapat menjalankan semua kegiatan dan kepatuhan pajak secara maksimal.

Meski prosesnya cukup mudah namun sayangnya masih banyak sekali wajib pajak, yang merasa kesulitan dalam melaksanakannya. Wajib pajak tersebut saat ini dapat memanfaatkan tenaga konsultan pajak, yang hadir membantu berbagai aktivitas pajak Anda secara baik.

Jasa konsultan pajak sendiri menjadi tenaga ahli perpajakan yang nantinya dapat membantu dalam menyelesaiakn masalah pajak. Dengan pemakaian jasa konsultan pajak Anda dapat menyelesikan semua berbagai kebutuhan pajak tanpa perlu merasa kesulitan.

Baca Juga : Cara Lapor PPN Nihil Terbaru untuk Pemula

Untuk membantu Anda menemukan profesional terbaik dan berkualitas silahkan memperhatikan tips pemilihannya. Berikut ini adalah tips bagi Anda agar bisa memilih tenaga konsultan pajak secara tepat, yaitu:

1. Pengalaman dan Keahlian

Pertama pastikan konsultan pajak tersebut mempunyai pengalaman serta keahlian. Hal ini menjadi faktor utama ketika Anda ingin menggunakan tenaga jasa perpajakan. Pastikan bahwa pihaknya mempunyai pengetahuan secara mendalam mengenai teknis sekaligus peraturan perpajakan.

Pengalaman relevan juga akan memberikan lebih banyak keuntungan bagi Anda. Oleh sebab itu aspek kali ini sangat penting dan harus Anda terapkan.

2. Reputasi

Proconsult

Sebagai seorang penyedia jasa reputasi menjadi faktor penting yang tidak boleh sampai dilewatkan. Reputasi akan menjadi takaran bagaimana pandangan masyarakat terhadap jasa konsultan pajak terbaik. reputasi yang baik tentu menjadi jaminan bagaimana kualitas pekerjaan tenaga pajak tersebut.

3. Biaya

Hal penting berikutnya ketika ingin memilih tenaga konsultan pajak juga dapat Anda perhatikan dari segi biaya. Silahkan Anda mempertimbangkan biaya ideal ketika memilih jasa perpajakan. Usahakan biayanya sesuai anggaran sehingga tidak membuat pengeluaran membengkak.

4. Sertifikat

Aspek penting selanjutnya adalah mengetahui ada tidaknya sertifikat dari konsultan pajak. Metode kali ini sangatlah penting untuk membantu Anda dalam mengetahui tenaga jasa perpajakan yang berkualitas. Sertifikat ini juga dapat menjadi alat terbaik untuk mengetahui ada tidaknya kemampuan pajaknya.

Informasi Kontak Jasa Konsultasi Pajak Online

ALBERTH LIMANDAU ALIKIN, S.H.

NIA : 01. 002683

SK Pengangkatan : 11.2682/SKEP-ADV/PPKHI/VIII/2022

Email : alberthmandau@gmail.com

Whatsapp : 081350882882

Facebook : https://web.facebook.com/alberth.alikin

Instagram : https://www.instagram.com/alberthmandau

Office : Jl. Ngagel Tirto II No. 44 Surabaya

Kesimpulan

Berdasarkan informasi diatas Anda dapat mengetahui bahwa status SPT nihil adalah ketika Anda tidak memiliki lebih atau kurang bayar. SPT ini umumnya tidak wajib dilaporkan setiap bulannya. Namun Anda hanya perlu melaporkannya setiap tahunnya di akhir masa pajak.

Pelaporan SPT nihil adalah salah satu kewajiban, yang harus diperhatikan oleh wajib pajak. Sehingga Anda perlu mengetahui bagaimana cara pelaporannya secara baik. Tujuannya agar Anda nantinya bisa melaksanakan berbagai kegiatan pajak tersebut secara lancar.

Meski demikian saat ini Anda juga dapat menyelesaikan semua aktivitas pajak tersebut secara mudah. Salah satu caranya dengan memanfaatkan tenaga konsultan pajak. Layanan tersebut menjadi ahli perpajakan, yang dapat Anda manfaatkan secara baik.

Tenaga konsultan pajak ini akan membantu berbagai kebutuhan Anda di dalam bidang perpajakan. Tentu saja melalui cara ini Anda dapat menjalankan berbagai aktivitas pajak secara baik. Oleh sebab itu silahkan Anda menggunakan tenaga perpajakan terpercaya dari Proconsult.id.

Layanan jasa Proconsult.id nantinya akan membantu dalam semua proses pajak Anda. Sehingga Anda tidak perlu khawatir atau bingung ketika ingin menyelesaikan aktivitas pajak. Oleh sebab itu pastikan memanfaatkan tenaga jasa perpajakan dari Proconsult.id saat ini juga!

Proconsult